0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4 - Spesifikasi & Harga

Tecno Mobile Indonesia kembali merilis seri terbarunya pada Oktober 2022. Seri yang baru saja dirilis itu adalah Tecno POVA 4 dan juga Tecno POVA 4 Pro. Kedua smartphone ini merupakan sebagai penerus dari pendahulunya, yaitu Tecno POVA 3 yang sudah pernah penulis bahas sebelumnya. Akan tetapi, seri Tecno POVA 4 ini sudah mengalami pembaruan untuk beberapa sektor.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4

Contohnya dari segi SoC (System on Chip) yang lebih ngebut daripada pendahulunya. Bukan hanya SoC (System on Chip) yang ngebut di kelasnya, Tecno POVA 4 ini tampaknya hadir dengan desain yang lebih baru dengan tema kapal perang dengan energi yang lebih powerfull. Dengan begitu, bukan hanya memiliki perfoma yang lebih baik, si ponsel juga mampu memberikan kenyamanan dalam setiap penggunaannya.

Apabila diantara Anda penasaran dengan HP gaming murah ini, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Tecno POVA 4 beserta spesifikasi dan harganya. Simak sampai habis, ya.

Kelebihan Tecno POVA 4

Kelebihan Tecno POVA 4

1. Desain Unik dan Berkelas

Kelebihan yang dimiliki oleh Tecno POVA 4 ini terletak pada tampilan desainnya yang terlihat sangat unik dan berkelas. Berbeda dari pendahulunya, HP Tecno terbaru kali ini memamerkan desain dengan tema Energy Warship. Di sisi belakang, ponsel ini akan terlihat menarik dengan Energy Light ID, merupakan desain yang menyala seperti energi yang mengalir.

Sehingga, Tecno POVA 4 bisa menampilkan kesan yang keras dan energi ekstrem dengan tekstur premiummnya. Ponsel ini juga dibekali 2 (dua) lensa kamera yang diletakkan di dalam sebuah modul yang memiliki bentuk unik.

Ini juga hadir dalam 3 (tiga) opsi warna yang bisa dipilih oleh pengguna. Beberapa diantaranya adalah Lava Orange, Cryolite Blue, dan juga Uranolith Gray. Kemudian, Tecno POVA 4 juga memiliki dimensi yang ringkas dari pendahulunya yaitu 170.6 x 77.5 x 8.7 mm.

2. Kamera Utama 50 MP

Berbicara soal kamera, Tecno POVA 4 ini masih memiliki resolusi kamera utama yang sama dengan pendahulunya yaitu sama-sama beresolusi 50 MP. Sementara itu, di sisi depan terdapat sebuah kamera selfie yang memiliki resolusi 8 MP yang berfungsi untuk video call, selfie, face unlock, dan lain sebagainya.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari Tecno POVA 4 ini sudah mampu mencapai resolusi 2K alias 1440p pada 30 fps. Sedangkan, kamera selfie dari si ponsel mampu merekam video sampai dengan resolusi 1080p pada 30 fps.

Meskipun ponsel ini hadir dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Namun, gambar yang dihasilkan justru tidak begitu konsisten dan masih terdapat kontras warna yang tidak sesuai dan noise yang seringkali muncul. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi masalah besar lantaran Tecno POVA 4 berfokus untuk kegiatan gaming. Yang terpenting, Tecno POVA 4 memiliki fokus yang cukup baik.

3. Dapur Pacu Mumpuni

Sebagai sebuah smartphone yang dikhususkan untuk bermain game, maka Tecno POVA 4 diperkuat oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99. Di mana, SoC (System on Chip) ini memiliki perfoma yang lebih tinggi dari pendahulunya, yaitu MediaTek Helio G88. 

MediaTek Helio G99 sendiri diarsitekturi 6 nanometer ini yang ditenagai oleh 8 (delapan) core CPU (Central Processing Unit) yang terdiri dari 2 (dua) core Cortex A76 (2,2 GHz) dan 6 (enam) core Cortex A55 (2,0 GHz).

Tidak hanya CPU (Central Processing Unit), MediaTek Helio G99 juga didukung oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 MC2. Terlebih lagi, ponsel ini mampu meraih skor AnTuTu 9 sebesar 371.268. Sehingga, Anda bisa bermain game-game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, Mobile Legends, Free Fire, dan lain sebagainya.

4. Memori Luas

Demi untuk meningkatkan perfoma yang dihasilkan, Tecno POVA 4 ini pun menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup luas. Bukan hanya itu saja, Anda juga masih dapat memanfaatkan kapasitas luas tersebut untuk menyimpan berbagai file dalam jumlah yang cukup banyak seperti foto, video, aplikasi, dan sejenisnya.

Tecno POVA 4 sendiri hadir dengan RAM 8 GB yang masih bisa diperluas sampai dengan 5 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Apabila masih dirasa kurang, maka Anda masih bisa meningkatkannya berkat adanya slot microSD yang disediakan.

5. Baterai

Jika pendahulunya menanamkan baterai badak berkapasitas 7.000 mAh. Kini, Tecno POVA 4 menurunkan-nya menjadi 6.000 mAh. Hal tersebut dilakukan mungkin untuk menekan harga agar dijual dengan harga murah. Akan tetapi, kapasitas 6.000 mAh tersebut bisa dikatakan cukup besar dibandingkan dengan beberapa smartphone Android lain yang menggunakan baterai 5.000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, tentu saja ponsel ini mampu bertahan bahkan digunakan dalam bermain game hingga 10 jam lamanya. Saking awetnya, Tecno POVA 4 mengklaim bahwa ini bisa digunakan untuk menelepon lebih dari 12 jam, bermain game hampir 3 jam, dan menonton YouTube selama 4 jam dengan keadaan baterai tersisa 20%.

Kemudian, baterai tersebut juga didukung dengan fitur fast charging 18W. Memang bukan yang tercepat, tapi itu bisa membantu proses pengisian daya baterai dalam waktu yang tidak terlalu lama dibandingkan tidak adanya fast charging sama sekali.

Tidak sampai disitu saja, Tecno POVA 4 pun memiliki teknologi keamanan yang dimiliki oleh baterai-nya yaitu STS. Sehingga, si ponsel bisa memberikan lebih banyak daya dan keamanan tingkat tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga nantinya mampu untuk meningkatkan kemanan demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, misalnya terjadi korsleting internal.

6. Speaker Stereo

Untuk mengimbangi kualitas visual dan kenyamanan dalam bermain game, menonton film, sampai dengan mendengarkan musik. Tecno POVA 4 ini juga menghadirkan spekaer stereo alias speaker ganda. Dengan begini, ponsel ini mampu mengurangi kebisingan AI sehingga bermain game menjadi semakin menarik dan seolah terbawa masuk ke dalam game yang sedang dimainkan nantinya. Di mana, speaker utama dari Tecno POVA 4 ini diletakkan di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya diletakkan di bagian atas yang menyatu dengan earpice.

7. Tersedia Fitur Hard Gyroscope

Sebagai HP gaming, tentu saja fitur Gyroscope menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pada saat bermain game. Bahkan, Tecno POVA 4 menawarkan Hard Gyroscope yang memiliki sensor yang jauh lebih tinggi dan responsif. Sehingga, Anda akan nyaman dalam bermain game PUBG Mobile, balap-balapan, dan lain sebagainya.

Kekurangan Tecno POVA 4

Kekurangan Tecno POVA 4

1. Layar Masih HD+

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Tecno POVA 4 ini adalah kemampuan layarnya yang bisa dikatakan kurang memuaskan. Sebab, si ponsel hanya dibekali panel IPS LCD yang memiliki resolusi HD+ saja alias 720 x 1600 piksel dengan kerapatan piksel 257 ppi (pixels per inch). Coba saja ponsel ini hadir dengan resolusi yang lebih tinggi seperti Full HD+ misalnya, tentu saja akan masih bisa ditoleransikan.

Meski resolusinya kurang memuaskan, layar berukuran 6,82 inci ini tampaknya sudah didukung refresh rate tinggi yaitu 90 Hz. Dengan begitu, kenyamanan bermain game menjadi lebih lancar dan mendapatkan respon layar yang lebih cepat.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Dengan harga di kisaran Rp2 jutaan, tampaknya Tecno POVA 4 masih belum dibekali dengan kamera ultrawide. Padahal, beberapa kompetitornya sudah menggunakan kamera ultrawide. Sedikit informasi, kamera ultrawide sendiri berfungsi untuk menghasilkan foto dengan jarak yang lebih luas. Oleh karena itu, kamera ultrawide sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar seperti pemandangan seperti pantai, gunung, persawahan, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Tecno POVA 4

Spesifikasi Tecno POVA 4

  • Warna : Lava Orange, Cryolite Blue, Uranolith Gray.
  • Dimensi : 170.6 x 77.5 x 8.7 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, HiOS.
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno POVA 4

Harga Tecno POVA 4

Di Indonesia sendiri, Tecno POVA 4 dibanderol dengan harga Rp2.399.000 untuk kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Ini juga hadir dalam 3 (tiga) opsi warna yaitu Lava Orange, Cryolite Blue, Uranolith Gray. Dengan harga tersebut, menurut penulis ponsel ini sangat worth it untuk dibeli. Terlebih lagi, ia memiliki fitur-fitur menarik seperti Hard Gyroscope, teknologi STS, desain menarik, RAM virtual, dan lain sebagainya.