0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12i - Spesifikasi & Harga

Infinix Mobility Indonesia kembali merilis ponsel mid-range terbaru mereka dengan nama Infinix Note 12i. Sebenarnya, ponsel ini lebih dulu diluncurkan di negara Afrika. Namun, ini baru diluncurkan di Indonesia pada akhir September 2022. Dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, ponsel ini hadir dengan segala keunggulan seperti desain yang lebih fresh, layar, dapur pacu, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12i

Namun tentu saja Infinix Note 12i juga tidak lepas dari beberapa kekurangan yang wajib untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini penulis akan membagikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12i.

Kelebihan Infinix Note 12i

Kelebihan Infinix Note 12i

1. Desain Fresh

Desain dari Infinix Note 12i ini memang cukup berbeda dan lebih fresh jika dibandingkan dengan seri Infinix Note 12 yang sebelumnya sudah penulis bahas. Hal ini tampak dari sisi bodi belakang yang kini nampak lebih mewah dan berkelas, meskipun ia dibanderol dengan harga Rp2 jutaan saja.

Modul kamera dari si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal. Sekilas, modul kamera-nya mirip dengan Infinix Note 12 reguler. Di dalam modulnya terdapat kamera utama dan kamera kedalaman di bagian tengah yang agak ke tengah modul, serta kamera AI dan ditemani dengan lampu flash.

Di sekitaran modul kamera dari Infinix Note 12i ini pun terdapat bagian bodi yang glossy berbentuk persegi panjang dari ujung bodi layaknya seperti POCO. Untuk dimensi, si ponsel memiliki dimensi 170.7 x 77.4 x 8.3 mm dengan bobot 188 gram.

Sisi depan, ponsel ini menggunakan layar yang mengusung desain waterdrop notch atau poni tetesan air seperti halnya kebanyakan HP 2 jutaan lainnya. Namun, ia hadir dengan bezel yang tipis di semua sisi, ini tentunya terlihat lebih mewah dan berbeda dengan ponsel lainnya yang memiliki bezel yang agak tebal.

Beralih ke sisi samping, terdapat sensor pemindai sidik jari yang bisa dikatakan cukup mudah digunakan dan terlihat lebih modern ketimbang diletakkan di bagian belakang. Di mana, sensor pemindai sidik jari ini langsung disatukan dengan tombol power.

2. Layar AMOLED

Infinix Note 12i hadir dengan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) berukuran 6,7 inci yang mengusung resolusi Full HD+ atau 720 x 1640 piksel dan menawarkan kerapatan 393 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Dengan demikian, ini akan cukup nyaman ketika digunakan untuk bermain game, menonton video, dan lain sebagainya.

Kemudian, layar tersebut juga sudah tersematkan fitur Full Screen Sunlight Display dan Reading Mode terbaru. Artinya, layar si ponsel akan tetap mudah dilihat meskipun Anda sedang berada di bawah terik matahari sekali pun. Meski tingkat kecerahannya hanya mencapai 500 nits, namun ia cukup bisa diandalkan ketika digunakan di luar ruangan.

3. Dapur Pacu Memadai

Berbicara soal perfoma, Infinix Note 12i ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang tergolong cukup memadai dalam menunjang aktivitas gaming, dan lain sebagainya. SoC (System on Chip) ini dibekali delapan inti dengan konfigurasi dua core berkecepatan 2,0 GHz Cortex A75, dan enam core berkecepatan 1,8 GHz Cortex A55 yang dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer.

Tidak hanya itu, MediaTek Helio G85 ini juga mengandung komponen lain, salah satunya adalah GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G52 MC2. Teknologi HyperEngine nampaknya disematkan dalam membantu meningkatkan perfoma prosesor agar bisa berjalan dengan lancar.

4. Kamera Utama 50 MP

Kamera dari Infinix Note 12i ini menurut penulis tidak jauh berbeda dengan Infinix Note 12 reguler. Sebab, ini menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang dan terdapat juga kamera depan, dengan penggunaan teknologi Ultra Night Camera di kamera utamanya untuk memaksimalkan fotografi di malam hari atau di ruangan yang redup cahaya.

Komposisi kamera dari Infinix Note 12i ini adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1.6 yang dilengkapi dengan fitur autofokus PDAF, kamera kedua beresolusi 2 MP dengan fungsi depth, dan kamera beresolusi 0,3 MP yang penulis sendiri tidak mengetahui fungsinya.

Beralih ke sisi depan, terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 8 MP. Perihal perekaman video, kamera belakang sanggup merekam video hingga resolusi 1440p@30fps. Sedangkan, kamera depan sanggup merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

5. RAM Virtual Hingga 5 GB

Untuk media penyimpanan, Infinix Note 12i hadir dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Selain itu, si ponsel ini pun hadir dengan fitur RAM Virtual yang bisa diperluas hingga 5 GB yang diambil dari memori internal. 

Selanjutnya, ponsel ini juga didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 2 TB dedicated slot, serta mendukung juga USB On-The-Go (OTG).

6. Baterai

Demi memenuhi kebutuhan dayanya, Infinix Note 12i ditandemkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim sanggup bertahan seharian penuh dengan penggunaan normal seperti browsing dan sejenisnya. Tidak lupa, tersematkan juga fitur pengisian cepat 33W yang diklaim sanggup mengisi daya dari 15% hingga 100% dalam kurun waktu 90 menit saja.

Tidak jauh berbeda dengan ponsel Infinix lainnya, ponsel ini juga dibekali fitur penghemat baterai. Di mana, fitur ini akan mengaktifkan mode ultra power ketika baterai ini tersisa 5% saja. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tambahan baterai yang sanggup digunakan untuk beberapa jam kedepan.

7. Stereo Speaker

Jika Anda memang mencari sebuah smartphone yang memiliki kualitas audio yang baik di rentang harga Rp2 jutaan, mungkin Infinix Note 12i ini menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Pasalnya, ia hadir dengan stereo speaker yang disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Sehingga, pengalaman menonton video, mendengarkan musik, sampai dengan bermain game terdengar lebih baik.

Kekurangan Infinix Note 12i

Kekurangan Infinix Note 12i

1. Refresh Rate Hanya 60Hz

Kekurangan dari Infinix Note 12i yang pertama adalah penggunaan refresh rate yang terbilang standar. Pasalnya, seri Infinix Note 12 dan juga Infinix Note 12 VIP, ia menghadirkan refresh rate 90 Hz dan juga 120 Hz. Kendati demikian, pada seri kali ini produsen hanya mengandalkan refresh rate standar yaitu 60 Hz. Sehingga, tampilan animasinya menjadi kurang smooth dan responsif.

2. NFC Absen

Sama halnya seperti varian reguler yaitu Infinix Note 12. Infinix Note 12i juga nampak tidak hadir dengan fitur NFC (Near Field Communication). Sebagaimana yang sudah diketahui, NFC (Near Field Communication) adalah salah satu sarana komunikasi medan dekat yang memberikan beragam manfaat untuk mengecek saldo eMoney, bertukar data perangkat dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Infinix Note 12i

Spesifikasi Infinix Note 12i

  • Warna : Force Black, Alpine White, Metaverse Blue.
  • Dimensi : 164.47 x 76.70 x 7.80mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : AMOLED, Full HD+ (720 x 1640 piksel), 6.82 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G85 (12 nm).
  • GPU : Mali-G25 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, fast charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Note 12i

Harga Infinix Note 12i

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi Infinix Mobility Indonesia. Infinix Note 12i ini dibanderol dengan harga Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Ini tersedia dalam tiga varian warna seperti Force Black, Alpine White, dan juga Metaverse Blue.

Related Posts
Mahesa Putra
Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Kini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Related Posts