Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s - Spesifikasi & Harga

POCO Indonesia resmi meluncurkan POCO M5s di Indonesia. Nah, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan POCO M5s, langsung saja simak ulasan berikut.

POCO Indonesia secara resmi meluncurkan smartphone 2 jutaan mereka, yakni POCO M5 dan POCO M5s. Kedua ponsel ini hadir dengan spesifikasi dan desain yang berbeda. Contohnya, POCO M5 hadir dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang lebih kencang. 

Kelebihan dan Kekurangan POCO M5s

Sedangkan, POCO M5s hadir dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G95. Di sektor layar, kedua ponsel ini jelas berbeda. Sebab, POCO M5 hadir dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD. Sementara itu, POCO M5s hadir dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Baik itu POCO M5 dan POCO M5s sendiri memang selalu berusaha memenuhi kebutuhan yang spesifik. Nah, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan POCO M5s, langsung saja simak ulasan sebagai berikut. Sebelum itu, pastikan juga Anda membaca artikel mengenai “Kelebihan dan Kekurangan POCO M5” yang sebelumnya sudah penulis bahas.

Kelebihan POCO M5s

Kelebihan POCO M5s

1. Desain

POCO M5s ini hadir dengan desain yang sama miripnya dengan Redmi Note 10s mirip Xiaomi. Hal ini sih bisa dimaklumi. Sebab, dulunya POCO ini menjadi sub-brand dari Xiaomi. Kini, di bodi belakang dari POCO M5s ini tidak ada lagi tulisan Redmi, tapi diganti dengan tambahan aksen geometri pada modul kameranya yang bertuliskan POCO.

Menurut penulis, POCO M5s ini cocok dibeli apabila sebelumnya Anda menginginkan Redmi Note 10s. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan POCO M5s sudah menggunakan software yang lebih baru dari Redmi Note 10s. Wajar sih, mengingat Redmi Note 10s dirilis pada tahun 2021 lalu.

Contoh lain, jika sebelumnya Redmi Note 10s menggunakan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 60Hz. Kini, di dalam POCO M5s sudah mendukung refresh rate 60Hz yang sama.

Untuk dimensi, POCO M5s memiliki dimensi 160.5 x 74.5 x 8.3 mm dengan bobot 178.8 gram yang tergolong cukup ringan meskipun ia ditanami baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Selanjutnya, POCO M5s hadir dalam 2 (dua) varian warna yaitu Grey dan Blue.

Tidak sampai disitu saja, POCO M5s ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP53. Bekat adanya sertifikasi tersebut, tentu saja membuat si ponsel tahan terhadap percikan air. Menariknya, layar dari POCO M5s juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3.

2. Panel Layar AMOLED

Di saat sebagian ponsel kompetitornya menawarkan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD, POCO M5s kini sudah selangkah lebih maju dikarenakan telah dibekali panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Ini memiliki bentang layar 6,43 inci yang mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel.

Mengingat ponsel ini sudah menggunakan panel layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) , tentu saja reproduksi warnanya sudah lebih bagus dan memanjakan indra visual. Sebab, ia kini menganut warna DCI-P3. Kemudian, layar si ponsel ini pun mendukung kontras rasio 4.500.000:1 dan mampu meraih peak brightness sampai 1100 nits.

3. Perfoma Powerful

Beralih ke sektor dapur pacu, POCO M5s ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G95 yang tergolong powerful untuk bermain game sampai dengan menjalankan aktivitas berat. SoC (System on Chip) ini memiliki konfigurasi CPU (Central Processing Unit) 8 (delapan) inti. Komposisinya adalah 2 (dua) inti high perfomance dengana clock speed hingga 2,05 GHz, ditambah 6 (enam) unit hemat daya Cortex A55.

Untuk pengolah grafisnya, MediaTek Helio G95 ini disokong oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G76 MC4 dengan frekuensi 900 MHz. Selanjutnya, ini juga disandingkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, serta RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

4. Kamera 64 MP

Sisi fotografi, POCO M5s ini hadir dengan konfigurasi quad camera yang tidak bisa dianggap remeh. Bagaimana tidak, ia menghadirkan kamera utama berkekuatan 64 MP wide-angle apertur f/1.8, focal lenght 28 mm, dan ukuran sensor 1/19.7 inci.

Kemudian, terdapat juga kamera ultrawide yang memiliki resolusi 8 MP (POV 118 derajat), sensor makro beresolusi 2 MP, dan juga sensor depth beresolusi 2 MP. Perekaman video dari kamera belakang ini mampu mencapai resolusi 4K pada 30fps.

Beralih ke sisi depan, terdapat juga kamera selfie yang memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.4. Soal perekaman video, kamera selfie dari POCO M5s ini hanya sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps saja.

5. Speaker Stereo Berkualitas

Kelebihan dari POCO M5s selanjutnya adalah hadir dengan speaker stereo yang akan memanjakan telinga pengguna, baik itu ketika mendengarkan lagu, menonton film, sampai dengan bermain game. Uniknya, speaker stereo dari POCO M5s ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

Ponsel ini juga tampaknya sudah dibekali dengan port 3.5mm audio jack agar pengguna tidak perlu repot menggunakan adapter ketika ingin menggunakan earphone kabel. Umumnya, 3.5mm audio jack ini sudah banyak dihilangkan oleh beberapa produsen lain.

6. Baterai Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, POCO M5s ini ditanamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang tergolong cukup awet. POCO mengklaim bahwa si ponsel dapat bertahan sampai dengan 11 jam lamanya ketika digunakan untuk gaming, 19 jam untuk menonton video, hingga 37 hari saat melakukan panggilan telepon.

Tidak sampai disitu saja, POCO M5s ini juga sudah memiliki fitur pengisian cepat 33W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 64% dalam kurun waktu 30 menit saja.

7. Konektivitas dan Sensor  

Berbicara soal konektivitas, POCO M5s ini bisa dikatakan cukup lengkap. Pasalnya, ponsel ini sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communication). Selanjutnya, terdapat juga fitur IR Blaster yang bisa mengubah si ponsel menjadi remote TV dan AC, WiFi Dual Band 5 GHz, Bluetooth 5.0, dan sensor pemindai sidik jari di samping bodi, yang menyatu dengan tombol power.

Untuk kelengkapan sensor, POCO M5s ini telah menghadirkan accelerometer, gyro, compass, sampai dengan virtual proximity sensing. Terdapat juga protokol GPS yang beragam seperti A-GPS, GLONASS, GALILEO, hingga BDS.

Kekurangan POCO M5s

Kekurangan POCO M5s

1. Belum Mendukung 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) Helio G95, bukan Dimensity. Artinya, POCO M5 memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

Hal ini sih menurut penulis masih bisa ditoleransikan. Sebab, 5G di Indonesia sendiri memang belum sepenuhnya merata. Bahkan hanya beberapa provider saja yang mendukung jaringan 5G, contohnya Telkomsel, XL, dan Indosat.

Spesifikasi POCO M5s

Spesifikasi POCO M5s

  • Warna : Grey, Blue.
  • Dimensi : 160.5 x 74.5 x 8.3 mm.
  • Berat : 178.8 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G95 (12 nm).
  • GPU : Mali G76 MC4.
  • RAM : 4 GB / 6 GB.
  • ROM : 64 GB  / 128 GB.
  • OS : Android 12, MIUI 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga POCO M5s

Harga POCO M5s

Harga terbaru dari POCO M5s berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resmi POCO Indonesia adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Sementara itu, varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.599.000 rupiah.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain