0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Luna V6, Brand Lokal dengan Performa Mumpuni di Kelasnya!

Harga dan Spesifikasi Luna V6, Brand Lokal dengan Performa Mumpuni di Kelasnya! - Submerek Evercoss, Luna, tampak jarang mengeluarkan sebuah ponsel terbaru mereka. Kali terakhir jenama ini meluncurkan sebuah produk adalah pada Agustus 2021 silam, pada saat itu masih memperkenalkan Luna G9. Kini, Luna Indonesia kembali meluncurkan ponsel entry-level mereka melalui seri Luna V6 pada 30 Januari 2023 dengan tagline "Maximum Perfomance" dalam unggahannya di Instagram, ini menandakan bahwa ponsel brand lokal ini ditopang oleh SoC (System on Chip) mumpuni dari Unisoc T606 yang tergolong cukup kencang di kelas entry-level.

Harga dan Spesifikasi Luna V6, Brand Lokal dengan Performa Mumpuni di Kelasnya!

Soal desain, mungkin desain dari Luna V6 ini tidaklah orisinil. Sebab, penampilan atau desain dari ponsel ini cukup mirip dengan Realme 9. Housing kameranya pun terbilang mirip, bedanya hanya di bagian peletakkan LED Flash-nya saja. Terdapat satu modul yang sedikit menonjol dan berkilau. Di sana terdapat dua buah lensa berukuran besar segaris dan rata, dan terdapat juga satu lensa kecil yang menyamping. Di atas lensa kecil tersebut ada sebuah LED Flash.

Kemudian casing belakang ponsel brand lokal ini menggunakan polesan matte, sehingga bodinya tidak mudah dekil seperti terkena bekas sidik jari dan sebagainya. Bahkan, debu dan minyak diklaim tidak mudah menempel. Tak hanya itu, Luna V6 pun menghadirkan dua varian warna yang ditawarkan yaitu Black dan juga Blue. Namun, penulis masih belum mengetahui dimensi dari Luna V6 ini. Pasalnya, Luna tak mencantumkan informasi tersebut melalui laman resmi ataupun Official Store-nya.

Ponsel entry-level buatan anak bangsa ini dipersenjatai oleh layar sentuh berponi Infinity-V Display layar sentuh berukuran 6.51 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 267 ppi (pixel per inch).

Dapur pacu yang ditawarkan oleh Luna V6 pun menurut penulis paling kencang di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc T606 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A73 berkecepatan 1.6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.6 GHz, ini juga diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 dengan frekuensi 650MHz.

Unisoc T606 tersebut juga dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal sebesar 128 GB UFS 2.0. Itu juga dilengkapi oleh slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 256 GB hybrid.

Sisi fotografi, Luna V6 hadir dengan konfigurasi Triple Camera di belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 20 MP dengan sensor Sony IMX376 1/2.78 inci 1um piksel bukaan aperture f/2.2 yang juga disematkan fitur autofocus dan LED Flash. Untuk kamera keduanya adalah AI dan kamera ketiga dari ponsel Luna V6 ini tidak diketahui resolusi maupun fungsinya.

Menilik pada bagian depan, ponsel brand lokal ini menghadirkan kamera selfie yang standar di kelasnya berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus yang menggunakan sensor BSI CMOS.

Sebuah ponsel entry-level dengan performa mumpuni ini didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh tanpa hadirnya fitur pengisian cepat. Pasalnya, Luna V6 hanya mendukung pengisian daya 10W saja. Untuk itu, proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai 3 jam lamanya melansir dari Legawa Gadget.

Untuk perangkat lunak, Luna V6 hanya dibekali sistem operasi Android 12 dengan antarmuka khas vendor tersebut. Kemudian, si ponsel juga telah dibekali sensor sidik jari di samping bodi yang menyatu dengan tombol power serta face unlock untuk keamanannya.

Konektivitas yang dibawa oleh Luna V6 sendiri menurut penulis cukup baik dengan mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, GPS, A-GPS, USB Type-C 2.0, dan mendukung USB On-The-Go (OTG). Kemudian, Luna V6 membawa sensor fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, hingga ambiemt light sensor.

Harga dan Spesifikasi Luna V6

Spesifikasi Luna V6

  • Rilis di Indonesia : 30 Januari 2023
  • Warna : Black dan Blue
  • Dimensi : -
  • Berat : -
  • Layar : IPS LCD berukuran 6.51 inci beresolusi 720 x 1600 piksel, kerapatan 267 ppi, refresh rate 60 Hz
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm), Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57 650MHz
  • Sistem Operasi : Android 12
  • Memori : RAM 6 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 20 MP dengan sensor Sony IMX376 + AI Camera + unknown camera
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Audio : Mono speaker
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, GPS, A-GPS, USB Type-C 2.0, dan mendukung USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, ambient light sensor

Harga Luna V6

Luna V6 merupakan salah satu ponsel brand lokal dengan harga terjangkau yang menawarkan performa mumpuni di kelasnya berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc T606 dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X yang cukup lega. Harga dari Luna V6 berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari Luna Official Store adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Akan tetapi, jika Anda membeli ponsel ini secara online, maka Anda akan mendapatkan harga mulai dari Rp1.599.000 hingga Rp1.699.000 rupiah.