0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G - Spesifikasi & Harga

Samsung Electronics kembali mengeluarkan produk flagship mereka pada 2 Februari 2023, yakni Samsung Galaxy S23 series yang menjadi penerus dari Samsung Galaxy S22 series. Series tersebut mencakup Samsung Galaxy S23 5G, Samsung Galaxy S23+ 5G, dan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G yang akan penulis bahas pada artikel kali ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G sendiri masih seperti generasi S23 series lainnya, yang mana Anda dapat mengekspektasikan hal-hal baik di series kali ini seperti desain premium, performa berkinerja tinggi, kamera memukau, dan masih banyak lagi.

Varian tertinggi dari Samsung Galaxy S23 series ini adalah Samsung Galaxy S23 Ultra 5G yang membawa fitur ekslusif yang tidak tersedia pada varian Galaxy S23 5G dan Galaxy S23+ 5G. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Kelebihan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

1. Desain Premium

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini pun tampil dengan desain yang sekilas mirip dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy S22 Ultra 5G karena masih mengusung frame bersudut tegas yang juga ditandemkan dengan Quad Camera yang tersusun tanpa adanya housing atau yang biasa disebut dengan Contour Cut Design. Kemudian, si ponsel dibalut dalam dimensi 163.4 x 78.1 x 8.9 mm dengan bobot 234 gram. Varian warna yang diboyong ke pasar Indonesia pun tergolong beragam, mulai dari Green, Phantom Black, Lavender, sampai dengan Cream.

Bodi dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini pun diklaim tahan banting dikarenakan material armor aluminium frame dapat menjaga goresan maupun benturan. Bukan hanya itu saja, kaca penutup belakang si ponsel sudah menggunakan Gorilla Glass Victus 2.

Terlebih ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang tahan dengan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tidak hanya tahan air, ponsel ini juga tahan terhadap debu.

2. Layar Dynamic AMOLED 2X

Sektor layar, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G mengusung layar sentuh punch hole berukuran 6,8 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2X (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kapasitif display pada resolusi Quad HD+ alias 1440 x 3088 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 500 ppi (pixel per inch) dengan tingkat kecerahan hingga 1750 nits (peak) serta layarnya juga telah mendukung HDR10+.

Layar tersebut juga diklaim mampu menghasilkan animasi yang mulus dengan teknologi super smooth berkat refresh rate tinggi 120Hz. Selain itu, tersematkan juga fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru di layar agar mata tidak mudah lelah ketika memandang layar dalam waktu lama. 

Bahkan, layar Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga didukung oleh Corning Gorilla Glass Victus+. Berkat layar tersebut, ponsel ini telah mengusung under display fingerprint sensor atau sensor sidik jari di dalam layar.

3. Performa Berkinerja Tinggi

Di bawah kap, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan fabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X3, dual-core ARM Cortex-A715 berkecepatan 2.8 GHz, dual-core ARM Cortex-A710 yang berlari dengan kecepatan 2.8 GHz, dan triple-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 2 GHz. 

Selain itu, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ini pun diperkuat oleh grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 740 dengan frekuensi 712 MHz.

Dengan chipset tersebut, tentunya Anda akan mudah dalam bermain game berat seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, CarX Sreet, dan lain sebagainya dengan grafis tertinggi.

5. Memori Lega

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memiliki tiga varian di pasar Indonesia. Pertama ada varian RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal sebesar 256 GB, kedua terdapat varian RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal sebesar 512 GB, dan terakhir adalah varian tertingginya dengan RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal sebesar 1 TB yang tergolong sangat lega untuk digunakan jangka panjang.

Dengan memori yang sudah cukup besar, tentu file dan aplikasi pengguna akan tertampung dengan baik. Akan tetapi, pengguna harus tetap membatasi agar penyimpanan tidak mudah penuh dikarenakan terisi oleh file-file yang tidak penting.

6. Baterai Besar

Sebelumnya seri Samsung Galaxy S23 5G dibekali dengan baterai 3900 mAh, Samsung Galaxy S23+ 5G dibekali dengan baterai 4700 mAh, dan kini pada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G sudah mengalami peningkatan kapasitas daya baterai sebesar 5000 mAh yang tergolong cukup besar dan terbilang awet.

Selanjutnya ia pun juga dibekali fitur teknologi pengisian cepat 45W. Tidak cukup sampai disitu, terdapat juga wireless charge 10W dan reversi charge alias pengisian balik 4.5W.

7. Adanya Fitur Samsung DeX

Hal yang membuat ponsel flagship digemari oleh kebanyakan orang adalah kinerjanya yang cukup memukau, bahkan bukan tidak mungkin mengalahkan kinerja PC ataupun Laptop. Hanya saja, smartphone memiliki ukuran layar yang terbatas jika dibandingkan dengan PC ataupun Laptop.

Dengan begitu, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G membekali teknologi Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX. Anda hanya perlu menghubungkan ponsel dengan monitor, mouse hingga keyboard untuk mendapatkan pengalaman layaknya seperti menggunakan laptop atau PC.

8. Speaker Stereo

Ponsel ini juga sudah menggunakan speaker stereo, satu speaker diletakkan di bagian bawah dan speaker lain menyatu dengan earpiece. Speaker tersebut juga sudah memperoleh tuning dari AKG, serta ia juga dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos.

Sehingga, kualitas dari speaker yang ditanamkan pada ponsel ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan, banyak juga yang menyatakan bahwa Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memiliki suara yang lantang bahkan masuk ke dalam kategori sangat baik (-26,0 UFS).

9. Tersedia S-Pen

Hal yang paling menarik dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini adalah mempunyai fitur S-Pen yang menjadi ciri khas Samsung Galaxy Note. Dengan hadirnya S-Pen ini membuat si ponsel sangat cocok digunakan untuk para profesional yang membutuhkan smartphone untuk mendukung produktivitas.

Namun kemampuan stylus S Pen pada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini masih serupa dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. Karena serupa, S Pen bawaan pada Samsung Galaxy S23 Ultra 5G memiliki tingkat latency 2,8 ms.

Bisa dikatakan tingkat latensi tersebut lebih baik dibandingkan S Pen pada Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang sebesar 9 ms. Tak hanya itu, ujung pena dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini pun telah memiliki diameter sebesar 0,7 mm dengan tingkat sensitivitas tekanan mencapai 4.096. Itupun diklaim dapat membantu pengguna dalam menulis ataupun menggambar lebih rapi di atas layar.

10. Mendukung Fitur NFC

Adapun kelebihan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G selanjutnya adalah sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang juga didukung oleh fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, melakukan transaksi tanpa kartu, mengecek saldo e-money, dan lain sebagainya.

11. Jaminan Update

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G menggunakan user interface alias antarmuka Samsung One UI 5.1 pada Android 13. Apabila sebelumnya Anda menyukai antarmuka Samsung One UI, edisi ini tentunya akan cukup menyenangkan. Sebab, Samsung mengklaim bahwa mereka sudah menambahkan fitur privasi serta kustomisasi kepada pengguna agar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Dari informasi yang penulis terima, antarmuka One UI Core 5.1 ini sudah menghadirkan sejumlah peningkatan dari One UI Core 4.1. Mulai dari aplikasi kamera, galeri, widgets, fitur konektivitas, Samsung Dex, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, setidaknya terdapat juga peningkatan yang menjanjikan dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Bagaimana tidak, Samsung telah menyediakan pembaruan software hingga Android 17 pada 2026 mendatang. Tak hanya itu, ia juga bakal mendapatkan patch keamanan hingga tahun 2028.

Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Kekurangan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

1. Tidak Dibekali Kepala Charger

Sudah menjadi tren baru dari ponsel flagship untuk tidak menyertakan kepala casan di dalam kotak pembelian. Bukan hanya flagship saja, ponsel mid-range juga ikut serta untuk tidak menyertakan casan di dalam kotak pembelian. Awal mulanya tren ini dilakukan oleh perusahaan Apple dengan alasan mengurangi jejak karbon, yang menyarankan konsumen untuk menggunakan casan dari ponsel Apple sebelumnya.

Dengan seiring berjalannya waktu brand Samsung, Xiaomi dan lain sebagainya juga turut serta melakukan hal serupa. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli Samsung Galaxy S23 Ultra 5G pastikan memiliki anggaran lebih untuk membeli kepala casan tersebut.

2. Downgrade Pada Kamera Selfie

Setup kamera belakang atau utama pada ponsel ini cukup disayangkan tidak diimbangi dengan kamera depan. Pasalnya, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G ini hanya menggunakan sensor berkekuatan 12 MP. Benar saja, sensor tersebut bisa dikatakan mengalami penurunan dari generasi sebelumnya, yakni Samsung Galaxy S22 Ultra 5G yang telah didukung oleh kamera selfie berkekuatan 40 MP yang diklaim mampu memberikan hasil foto dan video yang cukup baik di berbagai kondisi.

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra 5G
  • Warna : Green, Phantom Black, Lavender, Cream.
  • Dimensi : 163.4 x 78.1 x 8.9 mm.
  • Berat : 234 gram.
  • Layar : Dynamic AMOLED 2X, 120 Hz, 1440 x 3088 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : Snapdragon 8 Gen 2 5G  (4 nm).
  • GPU : Adreno 740.
  • RAM : 12 GB.
  • ROM : 256 GB / 512 GB / 1 TB.
  • OS : Android 13, One UI 5.1.
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 200 MP + 10 MP + 10 MP + 12 MP.
  • Kamera Depan : 12 MP.

Harga Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Harga Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G adalah sebuah smartphone flagship terbaru dan tercanggih yang diluncurkan oleh Samsung lantaran dilengkapi oleh S Pen, kamera utama berkekuatan 200 MP dengan sensor Samsung ISOCELL, sampai dengan perfoma andal dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Harga terbaru dari Samsung Galaxy S23 Ultra 5G berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp19.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB, Rp21.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan ROM 512 GB, dan Rp25.999.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan ROM 1 TB.