0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark Go 2023 - Spesifikasi & Harga

Setelah menghadirkan Tecno Spark Go 2022, kini Tecno Mobile kembali meluncurkan generasi lanjutannya melalui seri Tecno Spark Go 2023. Perlu diketahui, ponsel yang satu ini berada di segmen entry-level, memiliki spesifikasi yang terbilang standar namun cukup mumpuni di kelasnya. Sedikit informasi, Tecno Mobile sendiri juga akhir-akhir ini cukup dilirik oleh banyak orang berkat hadirnya Tecno POVA 4 dan juga Tecno POVA 4 Pro dengan mengandalkan MediaTek Helio G99.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark Go 2023

Kemudian, Tecno Mobile juga meluncurkan Tecno Camon 19 Pro pada Desember 2022 lalu yang berfokus pada kemampuan kameranya. Dengan demikian, ponsel besutan Tecno Mobile ini cenderung cepat menarik perhatian masyarakat karena dibanderol dengan harga terjangkau namun dengan performa yang dapat diandalkan untuk multitasking maupun gaming.

Nah, dengan hadirnya Tecno Spark Go 2023 di pasar Indonesia yang dibanderol dengan harga sejutaan, tentu masyarakat tanah air memiliki opsi luas lagi dalam memilih sebuah ponsel ekonomis untuk komputasi ringan sehari-hari.

Yuk, cari tahu lebih lanjut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark Go 2023 beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Tecno Spark Go 2023

Kelebihan Tecno Spark Go 2023

1. Desain Unik dan Memiliki Sertifikasi IPX2

Umumnya sebuah ponsel dengan fingerprint di bodi belakang kurang dilirik, hal itu lantaran akan menganggu estetika bodi secara menyeluruh. Walaupun Tecno Spark Go 2023 ini menghadirkan fingerprint di belakang bodinya, tapi keberadaan sensor tersebut cukup tersamarkan. Itu karena, housing kameranya dirancang lebih luas sehingga dapat menampung fingerprint tersebut. Ini juga mengingatkan penulis dengan Realme Narzo 50A, dan POCO C40.

Ponsel besutan Tecno Mobile ini mengusung konsep desain Cloud Mirror Geometry yang menampilkan bentuk geometris garis-garis dengan sudut siku-siku. Kemudian, pada bagian sampingnya memiliki frame datar dengan sudut melengkung.

Selain itu, Tecno Spark Go 2023 dibalut dalam dimensi 163.9 x 75.5 x 8.9 mm dengan bobot yang masih belum penulis ketahui. Terdapat juga dua pilihan warna yang diboyong di pasar Indonesia, yakni Endless Black serta Uyuni Blue.

Tak cukup sampai disitu saja, Tecno Spark Go 2023 ini pun juga telah mengantongi sertifikasi IPX2 yang dapat terlindungi dari tetesan air secara vertikal bahkan ketika kerangka penutup miring hingga 15 derajat.

2. Layar Cukup Lebar

Dari informasi yang penulis terima, Tecno Spark Go 2023 dipersenjatai oleh layar sentuh berdesain waterdrop notch atau tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Layar tersebut berukuran 6,56 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD pada resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 267 ppi (pixel per inch).

Ponsel ini pun menawarkan bezel yang cukup tipis di sekelilingnya, itu memiliki screen-to-body ratio hingga 84.0%. Selanjutnya, Tecno Spark Go 2023 ini hanya mendukung refresh rate 60Hz dan touch sampling rate 120Hz saja.

Layar yang digunakan oleh Tecno Spark Go 2023 juga punya kecerahan puncak hingga 480 nits yang menurut penulis cukup baik di kelasnya. Dengan kecerahan itu, layar si ponsel pun masih terbilang layar ketika digunakan di luar ruangan pada siang hari.

3. Dilengkapi Sensor Sidik Jari

Tidak semua ponsel di segmen entry-level dengan harga sejutaan dilengkapi oleh sensor sidik jari, untungnya Tecno Spark Go 2023 ini dilengkapi oleh sensor sidik jari di bagian belakang atau yang biasa disebut dengan rear-mounted fingerprint. 

Bahkan, Tecno Mobile menyebutkan bahwa sensor tersebut dapat dibuka hanya dalam kurun waktu 0,23 detik.

4. Kamera Tergolong Cukup Oke

Beralih ke sektor fotografi, Tecno Spark Go 2023 menghadirkan konfigurasi Dual Camera di belakangnya yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 13 MP dengan bukaan aperture lensa f/1.9 serta didukung oleh phase-detection autofocus serta terdapat sebuah lensa QVGA. Lalu, kamera belakangnya dilengkapi oleh LED Flash.

Melansir dari laman Tecno Mobile, terdapat berbagai mcam fitur yang turut disematkan pada kamera belakangnya. Adalah AI Beauty, Portrait, HDR, AI Scene Detection, Filters, 4X Zoom, Panorama, Time-lapse, AR Shot, 4X Zoom.

Sementara itu, di sisi depannya terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 5 MP dengan lensa aperture f/2.0. Itu juga memiliki fitur-fitur menarik seperti AI Portrait, Wide Selfie, HDR, AI Scene detection, Filters, Time-lapse, AR Shot, dan 2X Zoom.

Pada fitur perekaman videonya, itu hanya mendukung resolusi 1080p pada 30fps saja baik itu untuk kamera belakang maupun selfie.

5. Konfigurasi Memori Melimpah

Diketahui dari laman tech specs pada Tecno Spark Go 2023, ponsel ini memiliki konfigurasi RAM dan memori yang terbagi menjadi tiga opsi yaitu RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 3 GB + ROM 64 GB, dan RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Apabila dirasa masih kurang, Tecno Spark Go 2023 telah membawa dedicated slot, artinya Anda bisa memasangkan dua kartu SIM dan menyelipkan microSD. Namun, itu hanya mendukung kapasitas penyimpanan eksternal hingga 256 GB.

Tak cukup sampai disitu saja, ponsel entry-level besutan Tecno Mobile ini rupanya juga didukung oleh fitur Memory Fusion yang dapat memperluas RAM hingga 3 GB. Dengan begitu, total RAM akan menjadi 7 GB. Akan tetapi, itu hanya berlaku pada varian RAM 4 GB + ROM 64 GB saja.

6. Baterai Besar 5000 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Spark Go 2023 dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh, yang mana ukuran baterai tersebut memang diharuskan mengingat banyak produsen smartphone yang mengeluarkan baterai 5000 mAh di zaman sekarang. Artinya, dengan baterai besar tersebut, ponsel entry-level besutan Realme Indonesia ini mampu bertahan dari pagi sampai malam dalam penggunaan normal.

7. Sudah Menggunakan USB Type-C

Port yang digunakan Tecno Spark Go 2023 untuk mengisi daya juga tak kalah pentingnya dalam memberikan pengalaman pengguna. Mengingat ia hanya dibanderol dengan harga sejutaan, lumrah dalam mengasumsikan bahwa ponsel ini hanya dibekali port microUSB. Akan tetapi, rupanya ia telah menggunakan port USB Type-C 2.0 yang lebih modern.

USB Type-C 2.0 sendiri juga  memudahkan Anda dalam mengecas tanpa harus mengatur posisi ujung kabel terlebih dahulu lantaran bentuknya sudah simetris dibanding microUSB. Bahkan, port USB Type-C juga memiliki kecepatan transfer rate yang lebih kencang.

8. Dukungan Bluetooth 5.0

Bluetooth sudah menjadi barang wajib pada sebuah ponsel. Walaupun jarang digunakan untuk transfer data atau file melalui Bluetooth, tetapi sensor gelombang radio tersebut masih tetap berguna untuk menghubungkan sebuah ponsel dengan perangkat nirkabel seperti headphone, keyboard, mouse, hingga speaker.

Untungnya, Tecno Spark Go 2023  ini sudah menghadirkan dukungan Bluetooth 5.0 yang layak diapresiasi mengingat harganya hanya sejutaan saja. Padahal, kompetitornya di segmen entry-level hanya mendukung Bluetooth 4.3 atau di atasnya.

Kekurangan Tecno Spark Go 2023

Kekurangan Tecno Spark Go 2023

1. Belum Mendukung Wi-Fi Dual Band

Tecno Spark Go 2023 hanya mendukung protokol WiFi 802.11 b/g/n yang artinya ponsel yang satu ini hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz. Sementara itu, jika Anda sedang berada di ruang publik yang menggunakan router 5 GHz, tentu saja Nokia C21 Plus tidak akan bisa terhubung dengan WiFi di lokasi tersebut.

2. Performa Kurang Gahar

Ponsel ini sejatinya bukanlah sebuah perangkat ponsel pintar yang digunakan untuk bermain game berat. Sebagai dapur pacunya, Tecno Spark Go 2023 hanya ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio A22 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung quad-core yang berisikan ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 2.0 GHz.

Sementara itu, MediaTek Helio A22 pun disertai oleh GPU (Graphics Processing Unit) dari PowerVR GE8320 yang setidaknya masih cukup untuk rendering grafis saja.

Spesifikasi Tecno Spark Go 2023

Spesifikasi Tecno Spark Go 2023
  • Warna : Endless Black, Uyuni Blue, Nebula Purple.
  • Dimensi : 163.9 x 75.5 x 8.9.
  • Berat : - gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+, 6.56 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio A22 (12nm).
  • GPU : PowerVR IMG8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, HIOS 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Tecno Spark Go 2023

Harga Tecno Spark Go 2023

Tecno Spark Go 2023 merupakan sebuah ponsel entry-level yang menghadirkan desain unik dengan konsep Cloud Mirror Geometry. Bahkan, ia juga telah mengantongi sertifikasi IPX2. Walaupun berada di segmen entry-level, Tecno Spark Go 2023 ini rupanya tetap memberikan fitur-fitur unggulan di kelasnya. Itu adalah dukungan Bluetooth 5.0, telah menggunakan port USB Type-C 2.0, sampai dengan hadirnya RAM Fusion atau RAM Virtual yang dapat diperluas hingga 3 GB. Harga dari Tecno Spark Go 2023 melansir dari laman Tecno Mobile adalah Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB.