0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 Pro NFC - Spesifikasi & Harga

Tecno Spark 10 Pro NFC yang mulai dipamerkan pada ajang tahunan MWC (Mobile World Congress) awal bulan Maret 2023 kemarin kini telah diluncurkan secara resmi di beberapa wilayah, salah satunya adalah Indonesia pada 28 Maret 2023. Ponsel besutan Tecno Mobile ini juga memiliki kemampuan foto selfie mumpuni berkat usung resolusi 32 MP pada bukaan aperture f/2.45.

Dilihat dari spesifikasinya, menurut penulis Tecno Spark 10 Pro NFC ini diperuntukkan untuk bersaing dengan Realme C55 NFC yang diluncurkan pada 7 Maret 2023 lalu. Benar saja, kedua ponsel tersebut memiliki spesifikasi yang sedikit mirip seperti ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88, adanya fitur NFC (Near Field Communication), memori lega, dan lain sebagainya.

Nah, dengan hadirnya Tecno Spark 10 Pro NFC di pasar Indonesia yang dibanderol dengan harga dua jutaan, tentu masyarakat tanah air memiliki opsi luas lagi dalam memilih sebuah ponsel dengan kemampuan selfie memadai serta fitur-fitur menarik.

Yuk, cari tahu lebih lanjut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 10 Pro NFC beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro NFC

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro NFC

1. Desain Menarik

Untuk kali pertama dalam sejarah, akhirnya ponsel besutan Tecno Mobile di seri Spark menggunakan material berbahan kaca pada bagian penutup belakangnya. Ini tentu membuat tampilan bodinya terlihat mentereng. Adapun dua sentuhan di bodi belakang Tecno Spark 10 Pro NFC ini yaitu matte dan glossy.

Permukaan matte menempel pada hampir seluruh permukaan bodi belakang dan samping sang ponsel. Itu juga akan meminimalkan noda sidik jari. Sementara itu, permukaan sentuhan glossy hanya berada di area housing kameranya.

Bagian penutup belakang serta frame Tecno Spark 10 Pro NFC ini dikemas secara flat. Menilik pada desain depannya, sang ponsel kini telah menggunakan lubang kamera berdesain punch hole yang bisa dikatakan cukup modern dibandingkan Infinity-V Display.

Tecno Spark 10 Pro NFC sendiri tersedia dalam dua varian warna di pasar Indonesia yaitu Starry Black dan juga Pearl White. Untuk dimensinya adalah 168.4 x 76.2 x 8.4 mm dengan bobot 208 gram. Bodinya tidak terlalu tebal, namun cukup berat.

2. Layar Lebar dengan Refresh Rate 90Hz

Tecno Spark 10 Pro NFC memang tidak menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Panel yang digunakan oleh si ponsel adalah IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6.8 inci yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel. Tak lagi mengusung desain layar waterdrop notch, kini si ponsel sudah mengusung desain punch hole sebagaimana pada ponsel mahal.

Menariknya lagi adalah layar yang digunakan oleh Tecno Spark 10 Pro tersebut telah didukung oleh refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 270Hz, sehingga akan membuat pengalaman scrolling di menu ponsel ini makin lancar dibandingkan refresh rate 60Hz.

Tecno Mobile juga menyebut layar sang ponsel mampu menampilkan warna dengan sesuai standar DCI-P3. Selain itu, layar tersebut juga memiliki tingkat kecerahan mencapai 580 nits.

3. Performa Memadai Untuk Komputasi Harian

Sektor performa, Tecno Spark 10 Pro NFC ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang diproses dalam fabrikasi 12 nanometer. MediaTek Helio G88 ini mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2 berkecepatan 1 GHz.

SoC (System on Chip) Helio G88 buatan MediaTek ini bisa dikatakan cukup memadai untuk sebuah ponsel di segmen dua jutaan. Meski begitu, memori internal yang didukungnya belum berbasis UFS, melainkan masih eMMC 5.1. Maka waktu yang diperlukan ketika membuka sebuah aplikasi ataupun game berat terbilang cukup lama dan tidak secepat UFS.

Adapun skor AnTuTu 9 dari Tecno Spark 10 Pro NFC ini berada di kisaran 250 ribuan. Sedangkan untuk skor single-core dan multi-core di GeekBench 5 adalah 424 (single-core) dan 1389 (multi-core).

4. Memori Lega di Kelasnya

Ukuran memori pada Tecno Spark 10 Pro NFC sendiri memang bisa dikatakan cukup besar untuk kelasnya. Ada varian RAM 8 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB eMMC 5.1, dan ada pula varian RAM 8 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB eMMC 5.1. Dua-duanya bisa dikatakan cukup besar di sebuah ponsel dua jutaan.

Jika masih kurang, pengguna dapat memanfaatkan slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 2 TB. 

Untungnya, pengguna tak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM lantaran slot microSD pada ponsel ini sifatnya dedicated slot. Oleh karena itu, pengguna dapat memasukkan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

5. Kamera Selfie Unggul Berkekuatan 32 MP

Beralih ke sektor kamera, Tecno Spark 10 Pro NFC hadir dengan konfigurasi Dual Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan f/1.6 disertai fitur phase-detection autofokus yang didukung sensor kedalaman dan Dual-LED Flash.

Tak hanya itu, kamera depan alias kamera selfie pada Tecno Spark 10 Pro NFC memiliki resolusi 32 MP pada bukaan aperture f/2.45 yang cukup memadai. Terdapat juga satu hal yang membuat si ponsel terlihat istimewa, yakni memiliki lampu flash. Tak banyak sebuah ponsel yang memiliki kamera depan diiringi oleh lampu flash, termasuk segmen flagship sekalipun.

Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan dari ponsel besutan Tecno Mobile ini juga sama-sama mendukung perekaman video hingga beresolusi 1080p@30fps saja.

6. Baterai Besar Berkapasitas 5000 mAh

Baterai jenis lithium polimer atau Li-Po mengisi dalam Tecno Spark 10 Pro NFC. Kapasitas tersebut menurut penulis cukup besar dan sesuai dengan standar zaman sekarang yaitu 5000 mAh. Dari informasi yang penulis himpun, baterai 5000 mAh tersebut mampu bertahan hingga seharian penuh.

Untuk pemakaian ringan seperti browsing sampai dengan berkirim pesan, tentu ponsel ini dapat dengan mudah bertahan hingga seharian penuh.

7. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC(Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Tecno Spark 10 Pro NFC ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Spark 10 Pro NFC. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro NFC

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro NFC

1. Sensor Gyro Absen

Sebenarnya kelengkapan sensor dari Tecno Spark 10 Pro NFC ini sudah cukup bagus lantaran sudah menghadirkan sensor side fingerprint, accelerometer, proximity, dan juga compass. Hanya saja, ada satu sensor yang sangat disayangkan harus absen pada ponsel gaming ini, yakni Gyroscope yang memudahkan pengguna dalam mengontrol permainan seperti PUBG Mobile, dan lain sebagainya.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Sisi fotografi dari Tecno Spark 10 Pro NFC memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Tecno Mobile malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

3. Fast Charging Hanya 18W

Tecno Spark 10 Pro NFC sudah mendukung pengisian cepat 18W. Sayangnya, dukungan pengisian tersebut masih belum cukup cepat untuk mengecas baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Bahkan, dari informasi yang penulis himpun, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai sang ponsel dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 1 jam 55 menit lamanya.

Spesifikasi Tecno Spark 10 Pro NFC

Spesifikasi Tecno Spark 10 Pro NFC
  • Warna : Starry Black dan Pearl White.
  • Dimensi : 168.4 x 76.2 x 8.4 mm.
  • Berat : 208 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460 piksel, 6.8 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G88 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 / 256 GB.
  • OS : Android 13, HIOS 12.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + depth sensor.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Tecno Spark 10 Pro NFC

Harga Tecno Spark 10 Pro NFC

Tecno Spark 10 Pro NFC merupakan sebuah ponsel entry-level to mid yang menawarkan spesifikasi memadai, khususnya pada bagian kamera selfie yang jempolan berkat resolusi 32 MP, serta kamera belakang dari si ponsel juga mengusung resolusi tinggi yaitu 50 MP. Bukan hanya mengunggulkan sektor kamera, ponsel ini juga menghadirkan performa oke untuk komputasi harian berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88. Bahkan, fitur NFC (Near Field Communication) turut andil dalam Tecno Spark 10 Pro NFC.

Harga dari Tecno Spark 10 Pro NFC terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.099.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Sementara itu, varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah.