0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Realme C55 NFC - Spesifikasi & Harga

Realme C Series dengan desain cantik bukanlah sesuatu yang baru atau aneh. Realme C33 dan Realme C35 merupakan contoh ponsel di jajaran Realme C Series yang tampil dengan desain cantik. Hanya saja, dua ponsel tersebut masih menggunakan layar sentuh berdesain waterdrop notch atau tetesan air khas ponsel entry-level.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C55 NFC

Namun, itu tidak berlaku lagi pada Realme C55 NFC. Sebuah ponsel entry-level to mid yang diluncurkan pada 7 Maret 2023 ini hadir dengan layar sentuh berdesain punch hole sebagaimana pada ponsel mahal. Tak hanya itu, seri Realme C55 NFC ini juga membawa sederet perubahan dibandingkan dengan Realme C Series lainnya.

Bagaimana tidak, di seri kali ini Realme membuat terobosan baru dengan untuk kali pertamanya meluncurkan fitur yang bernama Mini Capsule Notification disektitar punch hole kamera depan layaknya iPhone 14 Series, ini juga tersematkan fitur NFC (Near Field Communication) 360 derajat yang jarang dimiliki oleh ponsel sekelasnya. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Realme C55 NFC? Langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Realme C55 NFC

Kelebihan dan Kekurangan Realme C55 NFC - Spesifikasi & Harga

1. Desain Keren dengan Bodi Tipis di Kelasnya

Soal desain, Realme C55 NFC tampil dengan konsep Sunshower, dimana diinspirasi dari alam. Pada bagian penutup belakangnya memiliki 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis-garis hijau daun. Untuk varian Sunshower, terdapat struktur proses 13 lapis dengan berbagai proses pencetakan dengan total ketebalan hanya 0.6 mm.

Baik untuk varian Sunshower dan Rainy Night sendiri sudah sama-sama dilengkapi permukaan glossy dan matte yang terintegrasi pertama di kelasnya, proses glitter sand, tekstur linier luar dan proses litografi skala abu-abu tingkat mikro. Tak hanya itu, di bagian sampingnya sudah terdapat sebuah sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power.

Realme C55 NFC memiliki panjang 165.65mm x lebar 75.98 mm x ketebalan hanya 7.89 mm saja. Itu merupakan ketebalan paling tipis di kelasnya. Desain dari ponsel entry-level to mid-range ini pun sudah mengotak sehingga terlihat premium. Selanjutnya, bagian housing kameranya hadir dengan desain glossy yang terdapat dua buah lensa yang menonjol dan flash light vertikal.

2. Layar Lebar dengan Refresh Rate 90Hz

Realme C55 NFC memang tidak menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Panel yang digunakan oleh si ponsel adalah IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 6.72 inci yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Tak lagi mengusung desain layar waterdrop notch, kini Realme C55 NFC sudah mengusung desain punch hole sebagaimana pada ponsel mahal.

Menariknya lagi adalah layar yang digunakan oleh Realme C55 NFC tersebut telah didukung oleh refresh rate 90Hz, sehingga akan membuat pengalaman scrolling di menu ponsel ini makin lancar dibandingkan refresh rate 60Hz.

Layar yang mampu menampilkan 16.7 miliar warna serta memiliki screen-to-body ratio mencapai 91.4% ini juga sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Dengan demikian, pengguna dapat menonton film pada platform Netflix hingga resolusi Full HD.

Tak diketahui kaca proteksi apa yang digunakan pada Realme C55 NFC. Namun, produsen telah melapisi layar ponsel ini dengan screen protector.

3. Performa Masih Oke Dalam Komputasi Harian

Sektor performa, Realme C55 NFC ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang diproses dalam fabrikasi 12 nanometer. MediaTek Helio G88 ini mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2 berkecepatan 1 GHz.

SoC (System on Chip) Helio G88 buatan MediaTek ini bisa dikatakan cukup memadai untuk sebuah ponsel di segmen dua jutaan. Meski begitu, memori internal yang didukungnya belum berbasis UFS, melainkan masih eMMC 5.1. Maka waktu yang diperlukan ketika membuka sebuah aplikasi ataupun game berat terbilang cukup lama dan tidak secepat UFS.

Adapun skor AnTuTu 9 dari Realme C55 NFC ini berada di kisaran 250 ribuan. Sedangkan untuk skor single-core dan multi-core di GeekBench 5 adalah 376 (single-core) dan 1463 (multi-core).

4. Kamera Utama Berkekuatan 64 MP

Beralih ke sektor kamera, Realme C55 NFC hadir dengan konfigurasi Dual Camera di bagian belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 64 MP dengan sensor OmniVision OV64B 1/2 inci pada bukaan f/1.79 dan kamera makro 2 MP dengan lensa B&W.

Adapun juga kamera depan dari Realme C55 NFC berkekuatan 8 MP pada bukaan f/2.0. Perihal perekaman video, ponsel ini mampu merekam hingga resolusi 1080P@60fps untuk kamera belakang, sedangkan kamera depan hanya sanggup merekam hingga 1080p@30fps.

5. Memori Cukup Besar di Kelasnya

Ukuran memori pada Realme C55 NFC sendiri memang bisa dikatakan cukup besar untuk kelasnya. Ada varian RAM 6 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB eMMC 5.1, dan ada pula varian RAM 8 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB eMMC 5.1. Dua-duanya bisa dikatakan cukup besar di sebuah ponsel dua jutaan.

Jika masih kurang, pengguna dapat memanfaatkan slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Untungnya, pengguna tak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM lantaran slot microSD pada ponsel ini sifatnya dedicated slot. Oleh karena itu, pengguna dapat memasukkan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

6. Baterai 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W

Guna memenuhi kebutuhan daya, Realme C55 NFC dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W yang sangat cepat di kelasnya. Dengan fitur SuperVOOC 33W tersebut, ponsel ini hanya membutuhkan waktu selama 63 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Namun, jika Anda hanya ingin mengisi daya hingga 50%, itu hanya membutuhkan waktu 29 menit saja.

Ketika diuji menggunakan aplikasi PCMark, baterai dari Realme C55 NFC tersebut mampu bertahan hingga 15 jam 9 menit lamanya untuk penggunaan normal. Dengan daya tahan seperti itu, diyakini pengguna bisa beraktivitas lebih nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan baterai di saat di luar rumah.

7. Mengadopsi Fitur Baru Bernama Mini Capsule Notification

Kali ini Realme membuat terobosan baru pada seri Realme C55 NFC untuk kali pertamanya meluncurkan fitur yang bernama Mini Capsule Notification disekitar punch-hole kamera depan layaknya pada iPhone 14 series. Kemunculan terkait dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Ketiga skenario tersebut adalah terkait dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, sampai dengan menghitung langkah. Namun, sejauh ini Mini Capsule Notification pada Realme C55 NFC hanya baru bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemat, dan saat pengisian daya berlangsung.

Untuk perangkat lunak, Realme C55 NFC menggunakan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0 terbaru yang diluncurkan bersamaan dengan Realme 10 Pro 5G dan Realme 10 Pro Plus 5G-nya.

8. Didukung Oleh Fitur NFC 360 Derajat

Realme C55 NFC juga dilengkapi oleh fitur NFC (Near Field Communication) 360 dengan tingkat akurasi 2 kali lipat. Melalui NFC dengan swipe 360 derajat, pengguna dapat tap posisi manapun di bagian atas ponsel dengan pengalaman NFC yang ditingkatkan. 

Fitur NFC (Near Field Communication) juga memiliki banyak fungsi seperti mengecek saldo e-Money, dan lain sebagainya.

9. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Konektivitas yang dibawa oleh Realme C55 NFC pun menurut penulis cukup lengkap di kelasnya dengan mengandalkan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0 dengan codec A2DP dan LE, port USB Type-C 2.0, GPS, aGPS, GLONASS, BDS, dan NFC. 

Bahkan, Realme C55 NFC juga menghadirkan sensor yang tergolong lengkap seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, magnet.

Kekurangan Realme C55 NFC

Kekurangan Realme C55 NFC

1. Speaker Stereo Absen

Speaker dengan konfigurasi stereo harus absen pada perangkat Realme C55 NFC ini. Lagi-lagi keputusan ini kemungkinan besar ada kaitannya agar harga jual produk tetap terjangkau. Jumlah speaker pada Realme C55 NFC hanya ada satu, yang mana diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan karena kualitas suara yang dihasilkan pada Realme C55 NFC terbilang cukup baik di kelasnya. Adapun juga fitur UltraBoom Speaker guna meningkatkan kelantangan suara hingga 200%, yang umumnya hanya 100% saja.

Spesifikasi Realme C55 NFC

Spesifikasi Realme C55 NFC
  • Warna : Sunshower dan Rainy Night.
  • Dimensi : 165.65mm x 75.98 mm x 7.89 mm.
  • Berat : 189.5 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12 nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6/8 GB.
  • ROM : 128/256 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme C55 NFC

Harga Realme C55 NFC

Realme C55 NFC merupakan salah satu ponsel entry-level to mid dengan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 yang menghadirkan desain stylish. Berada di segmen entry-level to mid, rupanya Realme C55 NFC mmemiliki berbagai macam fitur menarik seperti NFC (Near Field Communication) 360 derajat, Mini Capsule Notification ala Dynamic Island pada iPhone, dibekali fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W, layar yang mendukung refresh rate 90Hz, dan kamera utama berkekuatan 64 MP.

Harga dari Realme C55 NFC adalah Rp2.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB + 6 GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Sementara itu, varian RAM 8 GB + 8 GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah.