0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e: Harga Selisih 300 Ribu, Mana yang Lebih Unggul?

Duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e: Harga Selisih 300 Ribu, Mana yang Lebih Unggul? -  Belum lama ini Luna Indonesia kembali meluncurkan ponsel entry-level mereka melalui seri Luna V6 pada 30 Januari 2023 dengan tagline "Maximum Perfomance" dalam unggahannya di Instagram, ini menandakan bahwa ponsel brand lokal ini ditopang oleh SoC (System on Chip) mumpuni dari Unisoc T606 yang tergolong cukup kencang di kelas entry-level.

Duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e

Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan, ponsel besutan Luna Indonesia tersebut akan bersaing dengan Samsung Galaxy A04e. Perlu diketahui, ponsel buatan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) ini cukup laris di pasaran karena bodinya yang trendi serta cukup nyaman ketika digenggam. Lalu duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e, mana yang lebih unggul?

Spesifikasi Luna V6

Spesifikasi Luna V6
  • Warna : Black dan Blue.
  • Dimensi : - mm.
  • Berat : - gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600, 6.51 inci.
  • Chipset : Unisoc T606 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1 650MHz.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12 Stock.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 20 MP + AI + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e
  • Warna : Black, Light Blue dan Copper.
  • Dimensi : 164.2 x 75.9 x 9.1 mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : TFT PLS, 720 x 1600, 6.5 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB / 64 GB.
  • OS : Android 12, One UI Core 4.1
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e

Soal desain, mungkin desain dari Luna V6 ini tidaklah orisinil. Sebab, penampilan atau desain dari ponsel ini cukup mirip dengan Realme 9. Housing kameranya pun terbilang mirip, bedanya hanya di bagian peletakkan LED Flash-nya saja. Terdapat satu modul yang sedikit menonjol dan berkilau. Di sana terdapat dua buah lensa berukuran besar segaris dan rata, dan terdapat juga satu lensa kecil yang menyamping. Di atas lensa kecil tersebut ada sebuah LED Flash.

Kemudian casing belakang ponsel brand lokal ini menggunakan polesan matte, sehingga bodinya tidak mudah dekil seperti terkena bekas sidik jari dan sebagainya. Bahkan, debu dan minyak diklaim tidak mudah menempel. Tak hanya itu, Luna V6 pun menghadirkan dua varian warna yang ditawarkan yaitu Black dan juga Blue.

Sedangkan Samsung Galaxy A04e ini terbilang sederhana. Ia tampil apa adanya tanpa corak neko-neko. Bahkan dua lensa kamera di sisi belakangnya dibiarkan tanpa adanya housing kamera atau modul. Akan tetapi, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menawarkan tiga pilihan warna yang trendi. Ada Black, Light Blue dan Copper. Semuanya memiliki polesan glossy yang bisa memantulkan kilau pastel.

1. Layar

Sektor layar, menurut penulis Samsung Galaxy A04e menurut penulis unggul tipis dengan dukungan layar sentuh 2.5D berponi minimalis atau Infinity-V Display berukuran 6,5 inci dengan panel TFT PLS (Plane to Line Switching) kapasitif display yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel serta menawarkan kerapatan mencapai 270 ppi (pixel per inch) dengan 81.8% screen-to-body ratio pada aspek rasio 20:9.

Tak hanya itu, layar pada Samsung Galaxy A04e pun sudah dibekali fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi emisi cahaya biru di layar agar mata tidak mudah lelah. Layar pada ponsel entry-level dari Samsung ini hanya mendukung refresh rate 60Hz saja.

Perlu diketahui, panel TFT PLS (Plane to Line Switching) bikinan Samsung tersebut diklaim lebih hemat daya serta mampu menampilkan detail yang lebih baik.

Sedangkan Luna V6 hanya dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop notch atau tetesan air dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 270 ppi (pixel per inch). Sama halnya seperti HP Samsung, Luna juga menggunakan refresh rate 60Hz.

2. Performa

Beralih ke sektor performa, menurut penulis performa dari Luna V6 cukup kencang di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T606 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1.6 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.6 GHz dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X yang juga diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 MP1 dengan frekuensi 650MHz.

Sedangkan Samsung Galaxy A04e harus mengakui keunggulan Luna V6 karena ia hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P35 MT6765V yang mengusung octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,3 GHz dan quad-core berkecepatan 1,8 GHz dipadukan RAM 3 GB dengan RAM Plus 3 GB, serta diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR GE8320.

3. Kamera

Sisi fotografi, Luna V6 hadir dengan konfigurasi Triple Camera di belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 20 MP dengan sensor Sony IMX376 1/2.78 inci 1um piksel bukaan aperture f/2.2 yang juga disematkan fitur autofocus dan LED Flash. Untuk kamera keduanya adalah AI dan kamera ketiga dari ponsel Luna V6 ini tidak diketahui resolusi maupun fungsinya.

Menilik pada bagian depan, ponsel brand lokal ini menghadirkan kamera selfie yang standar di kelasnya berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus yang menggunakan sensor BSI CMOS.

Untuk kualitas tangkapan, foto yang dihasilkan oleh Luna V6 ini kurang memuaskan karena warna foto terlihat pudar, detailnya kurang, eksposurnya kurang akurat, dan rentang dinamisnya tidak akurat. Akan tetapi, tangkapan foto malam hari yang dihasilkan kamera utamanya terbilang cukup baik berkat warnanya yang cerah dan detailnya cukup baik.

Beralih pada kamera utama Samsung Galaxy A04e. Ponsel entry-level tersebut hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 13 MP pada bukaan aperture f/2.2 dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel disertai fitur phase-detection autofocus dipadukan lampu flash.

Untuk kamera kedua Samsung Galaxy A04e ini hanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh dengan mode portrait melalui fitur Live Focus.

Sedangkan untuk kamera depan atau selfie pada Samsung Galaxy A04e ini berkekuatan 5 MP yang standar dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan sama-sama mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps saja.

Dari informasi yang penulis himpun dari GadgetIn, hasil kameranya terbilang cukup memuaskan. Gambarnya bisa dikatakan cukup tajam namun warna ala kadarnya khas ponsel entry-level.

4. Perangkat Lunak

Sisi perangkat lunak, baik Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e sendiri telah menggunakan sistem operasi yang sama berupa Android 12. Hanya saja, Luna V6 hadir dengan sistem operasi Android murni tanpa adanya antarmuka. Sedangkan Samsung Galaxy A04e hadir dengan antarmuka One UI Core 4.1.

Oleh karena itu, tampilan sistem dari ponsel Luna V6 tampak minimalis. Bahkan, bloatware juga bisa dikatakan minim. Hal ini juga membuat performa dari ponsel entry-level Luna V6 terasa lebih lancar dan irit. Sementara itu, One UI Core menawarkan tampilan khas yang unik.

Perihal update sistem operasi, sayangnya sebagai produk lokal, Luna V6 tidak memiliki kepastian. Kendati demikian, untuk One UI, Samsung menjanjikan akan mendapat update sistem hingga 3 sampai 4 kali kedepannya.

5. Sensor Sidik Jari

Sektor sistem keamanan, Luna V6 terbilang lengkap. Ponsel entry-level dengan harga Rp1 jutaan ini telah dilengkapi oleh sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Bahkan, sensor tersebut cukup responsif ketika digunakan. Tak hanya sensor pemindai sidik jari, rupanya Luna V6 juga menghadirkan fitur pemindai muka alias Face Unlock. Sedangkan Samsung Galaxy A04e tidak memiliki sensor pemindai sidik jari dan pemindai muka.

Harga Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e

Harga Luna V6 dan Samsung Galaxy A04e

Harga dari Luna V6 berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari Luna Official Store adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Akan tetapi, jika Anda membeli ponsel ini secara online, maka Anda akan mendapatkan harga mulai dari Rp1.599.000 hingga Rp1.699.000 rupiah.

Sedangkan Samsung Galaxy A04e dibanderol dengan harga Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Kemudian, untuk varian RAM 3 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.399.000 rupiah.

Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e Unggul Mana?

Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e Unggul Mana?

Setelah membaca ulasan duel Luna V6 vs Samsung Galaxy A04e yang sudah penulis rangkum di atas, lantas mana yang lebih unggul? Menurut penulis Luna V6 jelas lebih unggul dari Samsung Galaxy A04e karena ditenagai oleh dapur pacu mumpuni di kelasnya, terdapat sistem keamanan berupa fingerprint serta face unlock, kamera selfie yang lebih baik, serta menggunakan sistem operasi Android 12 murni tanpa adanya antarmuka sehingga terbilang lebih ringan. Hanya saja, tidak ada kejelasan untuk update sistemnya.

Sedangkan Samsung Galaxy A04e unggul di sektor panel layar yang digunakan serta adanya fitur Eye Comfort Shield, kamera belakang yang sedikit lebih baik, dan mendapatkan update sistem operasi selama 3 hingga 4 kali. Akan tetapi, ini juga kembali pada selera, kebutuhan, dan budget Anda masing-masing.