0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 7 - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses merangsek pasar smartphone di kelas mid-range melalui seri Infinix Zero 5G 2023 beberapa waktu lalu, Infinix Mobility Indonesia berlajut ke segmen entry-level melalui seri Infinix Smart 7 pada 6 April 2023 yang merupakan penerus dari Infinix Smart 6 yang juga mengedepankan sisi value for money tinggi. 

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 7

Dibanderol dengan harga Rp1 juta lebih sedikit, sang ponsel akan menjadi opsi menarik bagi yang kepepet dana namun ingin merasakan pengalaman android yang nyaman.

Adapun sejumlah kelebihan yang dibawanya seperti layar lebar dari rata-rata, baterai awet hingga seharian, performa masih cukup oke dalam kumputasi ringan sehari-hari, serta mengusung desain bodi yang ergonomis dan aman untuk kesehatan. 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 7 beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk diketahui sebelum membeli ponsel ini.

Kelebihan Infinix Smart 7

Kelebihan Infinix Smart 7

1. Desain Bodi Unik dan Anti Bakteri

Infinix Smart 7 tampil dengan desain kekinian yang menggunakan konsep 3D Textured Body yang stylish. Bodi belakangnya sendiri dilapisi oleh silver ion antibakteri yang konon memperambat laju pertumbuhan kuman yang menempel di perkumaan. Dengan demikian, ponsel ini bisa terjaga dari 14 jenis bakteri berbeda, bahkan diklaim memiliki antibacterial rate sebesar 99%.

Untuk material yang digunakan pada sisi belakang serta frame nya masih terbuat dari bahan plastik polikarbonat mengingat harganya di rentang harga Rp1 juta lebih sedikit, namun itu terasa lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Di sisi depan, Infinix Smart 7 mengusung material kaca dan menampilkan desain tetesan air atau waterdrop notch sebagai housing kamera depan.

Ponsel ini juga menurut penulis memiliki ketebalan yang baik, hanya sekitar 8,7 mm. Walaupun bukan yang paling tipis di kelasnya, namun ia terasa nyaman ketika digenggam untuk sebagian besar pengguna. Adapun untuk bobotnya sendiri hanya 188 gram. Selain itu, sang ponsel hadir dalam empat varian warna yang terdiri dari Iceland White, Peacock Blue, Polar Black, dan Coastal Green.

2. Layar Lebar

Pengalaman layar pada Infinix Smart 7 ini menurut penulis cukup memuaskan, karena ia dibekali dengan ukuran 6,6 inci berpanelkan IPS (In-Plane Switching) LCD yang sedikit lebih besar dari rata-rata ponsel yang memiliki layar 6,5 inci.

Kendati masih mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel, namun tingkat ketajamannya cukup baik untuk di kelas entry-level. Layar tersebut juga berada dalam aspek rasio 20:9 dan memiliki kerapatan hingga 267 ppi (pixel per inch).

Infinix Mobility Indonesia mengungkap bahwa si ponsel mampu menampilkan isi layar dengan prima terlepas dari kondisi pencahayaan. Ketika dibawa di luar ruangan, tingkat kecerahan pada Infinix Smart 7 mencapai 500 nits yang masih dapat diandalkan untuk sekelasnya.

3. Performa Oke untuk Komputasi Ringan Sehari-hari

Performa yang ditawarkan oleh Infinix Smart 7 sendiri menurut penulis sudah lebih dari cukup untuk komputasi ringan sehari-hari dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio A22 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung quad-core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR GE8320.

MediaTek Helio A22 itu pun dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB atau 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1 yang juga masih mendukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 256 GB triple slot.

4. Kamera Memadai di Kelasnya

Sisi fotografi, Infinix Smart 7 ini terbilang memadai di kelasnya karena dibekali dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 13 MP pada bukaan aperture f/2.0 dengan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, autofocus, dan dual LED flash. Sedangkan kamera keduanya berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor.

Adapun kamera selfie Infinix Smart 7 ini cukup memadai dengan dukungan kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/5 inci fixed focus dipadukan oleh fitur AI dan LED flash untuk memotret di kondisi low light.

5. Baterai 5000 mAh Awet Seharian

Agar dapat bersaing dengan persaingan sengit di kelas entry-level, Infinix Mobility Indonesia tentu wajib menyuguhkan baterai memadai. Baterainya mengusung kapasitas 5000 mAh, angka yang cukup besar dan mungkin sudah menjadi standar masa kini.

Dengan menggunakan layar beresolusi HD+ disertai pemilihan SoC (System on Chip) yang hemat daya, baterai dari Infinix Smart 7 ini pun mampu bertahan dalam waktu lama. Sebab, sang ponsel dapat bertahan hingga 50 jam pemutaran musik, 39 jam durasi menelepon, dan 32 jam lamanya untuk pemutaran video.

Terdapat juga fitur Ultra Power Saving Mode sehingga ponsel Infinix Smart 7 ini bisa bertahan hingga 2 jam lebih lama ketika menelepon, atau penggunaan mode siaga ekstra 24 jam ketika sisa baterai tinggal 5%.

6. Adanya Fingerprint

Sejumlah brand nampak telah meyadari pengaruh dari sensor pemindai sidik jari di belakang bodi terhadap keindangan desain pentup belakangnya. Walaupun mengusung rear-mounted fingerprint scanner, penampakan sensor ini agak melebur dengan housing kamera sehingga terlihat seamless.

Housing kameranya disengaja diperlebar guna dapat menampung sensor sidik jari agar bisa memberikan vibe desain yang streamlined dan lebih terpadu. Dengan adanya sensor ini, tentu pengguna tidak perlu repot-repot lagi dalam membuka kunci layar.

Bahkan hadirnya sensor pemindai sidik jari di sisi belakang bodi ini sangat layak untuk diacungi jempol mengingat kebanyakan ponsel entry-level di rentang harga Rp1 juta lebih sedikit tidak menyediakannya.

Kekurangan Infinix Smart 7

Kekurangan Infinix Smart 7

1. Masih Menggunakan microUSB

Di kala mayoritas smartphone beralih ke port USB Type-C, Infinix Smart 7 justru hanya menawarkan port microUSB 2.0. Ini merupakan port yang sudah cukup jadul dan mulai ditinggalkan karena mengharuskan pengguna untuk memerhatikan posisi ujung kabel charger sebelum dicolok.

Bahkan, port microUSB 2.0 ini juga memiliki kecepatan transfer rate yang lebih lambat dibandingkan USB Type-C. Untungnya, port microUSB 2.0 ini telah mendukung USB OTG (On-The-Go) agar dapat terhubung dengan beragam peripheral, seperti keyboard, mouse, HDD, flashdisk, dan sebagainya.

Spesifikasi Infinix Smart 7

Spesifikasi Infinix Smart 7
  • Warna : Iceland White, Peacock Blue, Polar Black, dan Coastal Green.
  • Dimensi : 163.8 x 75.6 x 8.7 mm.
  • Berat : 188 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio A22 MT6761.
  • GPU : IMG PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB / 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Infinix Smart 7

Harga Infinix Smart 7

Infinix Smart 7 adalah sebuah ponsel murah yang berada di segmen entry-level yang menawarkan desain stylish berlapis antibakteri, baterai besar berkapasitas 5000 mAh disertai fitur Ultra Power Saving Mode, dan adanya fitur rear-mounted fingerprint scanner. Harga Infinix Smart 7 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.099.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 64 GB. Sedangkan varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.199.000 rupiah.