0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 NFC - Spesifikasi & Harga

Tecno Spark 10 Pro NFC dan Tecno Spark 10 NFC yang mulai dipamerkan pada ajang tahunan MWC (Mobile World Congress) awal bulan Maret 2023 kemarin kini telah diluncurkan secara resmi di beberapa wilayah, salah satunya adalah Indonesia pada 28 Maret 2023. Ponsel besutan Tecno Mobile ini juga memiliki kemampuan fotografi mumpuni di kelasnya karena andalkan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.6.

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Nah, dengan hadirnya Tecno Spark 10 NFC di pasar Indonesia yang dibanderol dengan harga satu jutaan, tentu masyarakat tanah air memiliki opsi luas lagi dalam memilih sebuah ponsel dengan kemampuan selfie memadai serta fitur-fitur menarik.

Yuk, cari tahu lebih lanjut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 10 NFC beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui sebelum membelinya.

Kelebihan Tecno Spark 10 NFC

Kelebihan Tecno Spark 10 NFC

1. Desain Menarik

Menilik pada bagian desainnya, Tecno Spark 10 NFC mengusung dua desain sekaligus yaitu glossy dan matte. Desain glossy terdapat pada seluruh area modul kamera. Sedangkan bodi lainnya termasuk frame menggunakan desain matte.

Dengan desain bodi matte ini, tentu saja si ponsel akan cukup nyaman digenggam. Terlebih lagi penutup belakang serta framenya dibuat secara flat atau datar. Lanjut ke sisi depan, Tecno Spark 10 NFC masih mengusung kamera depan waterdrop notch yang terletak di tengah layar.

Perihal dimensi, ponsel ini memiliki ukuran 163.9 x 75.4 x 8.4 mm. Namun, penulis tidak mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai bobot dari Tecno Spark 10 NFC. Adapun tiga varian warna yang dihadirkan seperti Blue, Black, dan White.

2. Layar dengan Refresh Rate 90Hz

Tecno Spark 10 NFC dipersenjatai oleh layar sentuh waterdrop notch berukuran 6.6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel pada aspek rasio 20:9 serta memiliki kerapatan hingga 267 ppi (pixel per inch) dengan 84.7% screen-to-body ratio.

Yang lebih menariknya, layar tersebut juga sudah dilengkapi oleh refresh rate 90Hz. Dengan refresh rate 90Hz alih-alih 60Hz di rentang harga Rp1 jutaan memang sudah cukup baik. Sebab, cukup jarang ponsel entry-level memiliki laar 90Hz. Teknologi ini membuat pergerakan di layar tampak lebih mulus.

Tak hanya itu, layar pada Tecno Spark 10 NFC sendiri memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal sekitar 400 nits. Bahkan, layarnya juga mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona.

3. Kamera Utama 50 MP

Sektor kamera, Tecno Spark 10 NFC hadir dengan konfigurasi Dual Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.6 dan kamera AI atau kamera depth beresolusi 0.3 MP. Dua kamera tersebut sudah ditemani oleh dual LED flash sebagai sumber penerangan kala memfoto atau merekam di malam hari.

Bukan hanya itu, teknologi AI tersebut juga diklaim mampu membuat hasil foto lebih jelas meski di kondisi minim cahaya.

Beralih ke sisi depan, Tecno Spark 10 NFC ini dibekali kamera Glowing Selfie berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture f/2.0 yang juga disematkan dual LED flash dengan fitur 3 level Adjustable Brightness. Yang mana fitur ini akan mengatur 3 level kecerahan lampu sesuai kebutuhan.

Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan juga kamera selfie sama-sama mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

4. Fingerprint Side Mounted

Guna menambah rasa aman pengguna dalam mengoperasikan Tecno Spark 10 NFC, maka di bagian samping bodi sang ponsel telah dibekali sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power atau yang disebut dengan fingerprint side-mounted.

Menariknya lagi adalah sensor ini mampu membuka dan mengunci layar ponsel dalam waktu singkat dan mudah. Bahkan, pengguna juga dapat menggunakan sensor pemindai sidik jari ini secara akurat dan lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

Selain itu, pihak perusahaan juga menyematkan fitur Face Unlock yang sama baiknya, berkat kamera selfie mumpuni, pengguna dapat membuka dengan menatap ke arah kamera selfie dengan cepat.

5. Baterai 5000 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Spark 10 NFC sendiri dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang standar. Walaupun demikian, berkat SoC (System on Chip) MediaTek yang hemat daya, tentu baterai tersebut diklaim bisa lebih lama digunakan untuk aktivitas harian maupun gaming ringan.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun, kala Anda mengakses aplikasi TikTok selama 30 menit, baterai hanya berkurang 3% saja. Itu membuktikan bahwa ponsel ini memang cukup irit daya.

6. Konektivitas dan Sensor Lengkap

Tecno Mobile juga menghadirkan konektivitas dan sensor yang cukup lengkap dalam seri ini. Benar saja, Tecno Spark 10 NFC mengandalkan fitur jaringan 4G, dilengkapi Bluetooth 5.0. Untuk Wi-Fi masih menggunakan Wi-Fi 5. Ia juga dilengkapi fitur NFC dan juga USB Type-C 2.0.

Perlu diketahui, fitur NFC (Near Field Communication) dapat membantu pengguna ponsel dalam melakukan pembayaran non tunai, transfer data ke perangkat lain dengan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, Tecno Spark 10 NFC juga menghadirkan kelengkapan sensor yang cukup lengkap seperti fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

1. Chipset Kurang Cocok untuk Gaming

Sektor performa, Tecno Spark 10 NFC ini hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G37 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2.2 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR GE8320.

MediaTek Helio G37 dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Kapasitas RAM ini juga sudah cukup luas di kelasnya, apalagi terdapat juga fitur Extended RAM yang dapat diperluas hingga 4 GB.

2. Fast Charging Masih 18W

Walaupun Tecno Spark 10 NFC ini dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang tergolong cukup besar. Sayangnya, ponsel besutan Tecno Spark 10 NFC hanya mendukung fitur pengisian cepat 18W. Dengan begitu, untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 2 jam lamanya.

Spesifikasi Tecno Spark 10 NFC

Spesifikasi Tecno Spark 10 NFC
  • Warna : Black, Blue, White.
  • Dimensi : 163.9 x 75.4 x 8.4 mm.
  • Berat : - gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G37 (12nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128.
  • OS : Android 13, HIOS 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + depth sensor 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno Spark 10 NFC

Harga Tecno Spark 10 NFC

Tecno Spark 10 NFC merupakan salah satu ponsel entry-level yang dikhususkan untuk komputasi ringan sehari-hari karena hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G37. Tak hanya itu, sang ponsel juga masih menawarkan berbagai keunggulan seperti hadirnya fitur NFC (Near Field Communication), memori lega, refresh rate 90Hz, sensor lengkap, sampai dengan desain menarik. Harga Tecno Spark 10 NFC terbaru di Indonesia dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB.