0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A2 - Spesifikasi & Harga

Usai menghadirkan seri Xiaomi Redmi A1 pada tahun lalu yang dirancang untuk pengguna pemula, kini Xiaomi Indonesia kembali meluncurkan penerusnya melalui seri Xiaomi Redmi A2. Apabila dilihat dari desain fisiknya, Xiaomi Redmi A2 ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yang mengusung konsep minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A2

Tentu, ponsel ini cukup menarik untuk dibahas walaupun tak banyak ubahan yang dihadirkan. Xiaomi Redmi A2 setidaknya menyuguhkan peningkatan signifikan di sektor performanya, berkat kehadiran SoC (System on Chip) kelas entry teranyar dari MediaTek, yakni MediaTek Helio G36 dipadukan dengan memori RAM sebesar 3 GB.

Nah, kira-kira apa saja sih kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi A2 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui pembahasan lengkapnya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Xiaomi Redmi A2

Kelebihan Xiaomi Redmi A2

1. Desain Elegan

Secara desain, Xiaomi Redmi A2 hadir dengan desain elegan, modul kameranya dibuat sungguh unik, dengan sebuah pil berisikan dua lensa yang juga diselimuti oleh bidang persegi berujung melengkung. Tidak jauh berbeda dengan HP entry-level lainnya, bodi dari Redmi A1 ini pun juga menggunakan material plastik polikarbonat di bagian belakang frame-nya. Akan tetapi, Redmi A1 juga dilapisi dengan tekstur kulit imitasi yang sekilas seperti POCO M5.

Kemudian, sang ponsel memiliki dimensi 164.9 x 76.8 x 9.1 mm dengan bobot 192 gram. Dengan dimensi tersebut, si ponsel memang tidak dapat dikatakan ringan maupun tipis. Kendati demikian, Redmi A1 sendiri menjadi salah satu ponsel di  harga Rp1,1 jutaan yang memiliki build quality yang terbaik di kelasnya. Selanjutnya, ia hadir dalam dua varian warna, yakni Black dan Light Blue.

2. Layar Luas

Xiaomi Redmi A2 sendiri dipersenjatai oleh layar sentuh Infinity-V Display pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,52 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan 269 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan mencapai 400 nits yang cemerlang.

Bahkan, layar dari Xiaomi Redmi A2 ini sudah dilengkapi oleh mode baca yang mereduksi cahaya biru, sehingga membuat mata tak lekas lelah. Namun, tidak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel entry-level besutan Xiaomi Indonesia ini.

3. Performa Oke di Kelasnya

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi A2 pun bisa dikatakan cukup kompeten untuk komputasi ringan sehari-hari dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 yang mengusung octa-core prosesor ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,2 GHz dan quad-core berkecepatan 1,7 GHz dipadukan dengan RAM 3 GB yang dilengkapi fitur Extended RAM hingga 2 GB, ia juga diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320.

MediaTek Helio G36 ini pun dipadukan dengan memori internal berkapasitas 32 GB eMMC 5.1 yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB bertipe dedicated slot.

SoC (System on Chip) ini pun didukung oleh MediaTek HyperEngine 2.0 Lite yang terdiri dari Networking dan Resource Management Engine 2.0. Dilansir dari laman resmi MediaTek, kedua teknologi ini mampu menyuguhkan opsi konektivitas yang lebih baik, dan akan membantu perangkat agar dapat menjalankan game dengan lebih lama.

4. Kamera Bersaing

Sisi fotografi, Xiaomi Redmi A2 bisa dikatakan cukup bersaing dengan menghadirkan konfigurasi dual camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture f/2.0 dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur autofocus, AI, dan lampu flash.

Sedangkan untuk kamera kedua dari Xiaomi Redmi A2 ini berkekuatan QVGA pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Perihal perekaman video, kamera belakang ini sanggup merekam hingga resolusi Full HD atau 1080p.

Menilik pada bagian depan, Xiaomi Redmi A2 didukung oleh kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur AI Camera.

5. Perangkat Lunak

Sektor perangkat lunak, ponsel entry-level Xiaomi Redmi A2 ini menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition yang memang dirancang khusus untuk sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi terbatas sehingga performanya tetap ringan. Bahkan, pihak perusahaan memberikan dukungan update keamanan hingga 2 tahun sejak sang ponsel diluncurkan.

Di sistem operasi ini, Anda masih bisa menikmati fitur dan aplikasi bawaan Google, namun dalam versi yang lebih ringan. Contohnya adalah Google Go, Gallery Go, Assistant Go, Google Play Service, Find My Device, hingga fitur untuk menerjemahkan teks melalui Google Lens.

6. Baterai Besar dan Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Xiaomi Redmi A2 ini diperkuat oleh baterai berkapasitas besar yaitu 5000 mAh. Kendati demikian, sang ponsel tidak mendukung fitur pengisian cepat, yang mana ia hanya mendukung pengisian 10W saja.

Xiaomi mengklaim baterai sang ponsel mampu bertahan hingga seharian. Dengan kapasitas baterai ini, ponsel Xiaomi Redmi A2 mampu menjejal berbagai aktivitas. Sebut saja menonton video hingga 19 jam lamanya, melakukan panggilan telepon selama 24 jam lebih, dan membaca hingga 33 jam.

Kekurangan Xiaomi Redmi A2

Kekurangan Xiaomi Redmi A2

1. Tidak Memiliki Fingerprint

Xiaomi Redmi A2 merupakan sebuah smartphone yang berada di kelas entry-level, sehingga fitur pemindai sidik jari di samping bodi ataupun di belakang bodi tidak akan ada pada ponsel yang satu ini. Akan tetapi, Anda masih bisa membuka kunci layar dengan praktis berkat adanya sensor pemindai wajah atau Face Unlock.

2. Sensor Minim

Kekurangan Xiaomi Redmi A2 selanjutnya adalah ia menghadirkan sensor Akselerometer saja. Sehingga, Anda tidak akan menemukan sensor Gyro maupun Compass pada Redmi A1. Dengan begini, Redmi A1 kurang cocok bagi Anda yang sering menggunakan Maps di kesehariannya seperti Kurir, Ojek Online, dan lain sebagainya.

3. Tidak Mendukung Wi-Fi Dual Band

Terakhir, Xiaomi Redmi A2 masih tidak mendukung WiFi Dual Band. Sehingga, ia hanya dapat terhubung dengan pita jaringan 2,4 GHz saja. Tentu, ini akan menjadi masalah ketika Anda berada di tempat umum yang menggunakan router 5 GHz. Ketika teman Anda berhasil terkoneksi dengan WiFi, sayangnya Anda yang menggunakan ponsel Xiaomi Redmi A2 ini tidak bisa mendeteksi SSID-nya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi A2

Spesifikasi Xiaomi Redmi A2
  • Warna : Black, Light Blue.
  • Dimensi : 164.9 x 76.8 x 9.1 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G36 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP + 0.08 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Xiaomi Redmi A2

Harga Xiaomi Redmi A2

Xiaomi Redmi A2 merupakan sebuah ponsel entry-level terbaru yang sangat cocok untuk pemula dengan performa memadai dari MediaTek Helio G36 yang menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition yang ringan serta didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Harga ponsel terbaru Xiaomi Redmi A2 terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.149.000 rupiah.