0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 5G - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses dengan vivo Y36 4G yang belum lama ini diluncurkan, vivo Indonesia kini secara resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya melalui seri vivo Y36 5G. Smartphone ini juga sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order secara ekslusif untuk mendapatkan berbagai benefit mulai 16-23 Juni 2023. Dibanderol dengan harga 3 jutaan, ponsel vivo Y36 5G membawa sejumlah spesifikasi dan kemampuan yang cukup unggul. Sebut saja desain kelas atas, sudah mendukung jaringan 5G, memori lapang, sampai dengan andalkan Flash Charge 44W yang cukup kencang.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 5G

Performa dari vivo Y36 5G ini pun lebih unggul dari varian 4G karena ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB. Selain mengandalkan teknologi pengisian cepat Flash Charge 44W, smartphone kelas menengah ini juga didukung baterai berkapasitas 5000 mAh. Selain itu, kamera pada vivo Y36 5G juga bisa dikatakan cukup kompeten dengan dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP, juga dibekali oleh kamera selfie bersaing di kelasnya beresolusi 16 MP.

Beberapa keunggulan yang dibawanya ini memang cukup menarik, tetapi itu belum semua. Oleh karena itu, jika Anda ingin melihat kelebihan dan kekurangan vivo Y36 5G beserta spesifikasi dan harganya secara lengkap, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan vivo Y36 5G

Kelebihan vivo Y36 5G

1. Desain Bergaya Sultan

Secara desain, vivo Y36 5G memang cukup menarik soal desain dan bahkan dijuluki sebagai "Gaya Sultan" yang menandakan bahwa smartphone kelas menengah besutan vivo ini memiliki tampilan desain ala sultan atau smartphone flagship. Julukan tersebut menurut penulis tidak terlalu berlebihan, itu karena ponsel ini mengusung desain berteknologi Dynamic Glass Design. Perlu diketahui, teknologi tersebut umumnya dapat ditemukan pada ponsel mahal.

Bodi belakangnya juga tampak berkilau seperti layaknya cermin. Ada dua varian warna yang diluncurkan di pasar Indonesia, yakni Matte Black dan Crystall Green. Kedua varian itu juga sudah sama-sama mengusung teknologi Glossy Effect yang terlihat berkilau seperti sebuah kristal. Apabila Anda menyentuhnya, bodi belakangnya akan terasa halus. Bahkan, itu juga tidak menimbulkan bekas sidik jari maupun goresan.

Housing kamera pada vivo Y36 5G juga tak kalah menarik. Komposisinya mungkin cukup sederhana yaitu housing kamera berbentuk persegi diisi oleh dua buah kamera berukuran besar dan ditemani oleh satu buah LED flash. Dari informasi yang penulis himpun, housing kameranya diberi sebutan Fantasy Frame. Ini karena terdapat efek kilauan yang menarik dengan menampilkan warna pelangi pada saat terkena cahaya yang pas.

Ukuran dimensi pada vivo Y36 5G pun cukup pas ditangan sehingga nyaman digenggam yaitu 164.06 x 76.17 x 8.07 mm dengan bobot 190 gram. Tak cukup sampai disitu saja, smartphone premium ini juga telah mengantongi sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air.

2. Layar Tajam dengan Refresh Rate 90Hz

Vivo Y36 5G sendiri dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole atau Ultra O Screen berukuran 6,64 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel pada aspek rasio 20:9 yang menawarkan kerapatan mencapai angka 398 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga sudah mengusung refresh rate 90Hz yang membuat tampilan animasi dan game menjadi lebih smooth. Selain itu, layar vivo Y36 5G sudah mampu memancarkan warna hingga 96% NTSC/P3 color gamut.

Apabila di antara Anda sering berada di luar ruangan, Anda kini tak perlu khawatir akan sulit pada saat melihat layar. Sebab, layarnya sendiri sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 650 nits. Sehingga, Anda masih bisa melihat layarnya dengan jelas ketika sedang di luar ruangan. Ini juga akan membantu bagi mereka yang bekerja sebagai ojek online, kurir, dan lain sebagainya.

3. Performa Tangguh

Performa smartphone vivo Y36 5G pun bisa dikatakan cukup tangguh dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G berfabrikasi 7 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz, serta juga diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G57 MC2.

Merujuk pada skor benchmark terhadap vivo Y36 5G yang menggunakan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020. Skor Benchmark AnTuTu v10 yang berhasil diraih yaitu 412.804. Itu juga sekaligus membuktikan bahwa ponsel premium besutan vivo ini cukup baik digunakan bermain game favorite Anda.

4. Memori Lapang

Salah satu sektor yang juga ikut andil dalam meningkatkan performa sebuah smartphone adalah kapasitas memori yang dimilikinya. Menariknya, vivo Y36 5G hadir dengan konfigurasi memori yang lapang di kelas harganya.

Benar saja, vivo Y36 5G hadir dengan memori RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4X. Tak hanya itu, terdapat juga fitur Memory Booster yang dapat memperluas kapasitas RAM hingga 8 GB. Fitur ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mengharuskan multitasking menggunakan ponsel. Pasalnya, pengguna dapat menjalankan 25 aplikasi sekaligus tanpa adanya lag.

Tak hanya RAM yang luas, vivo Y36 5G juga menghadirkan memori internal yang luas berkapasitas 256 GB UFS 2.1. Tersedia juga slot khusus untuk microSD, yang mana Anda bisa memperluas memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

5. Kamera Utama 50 MP

Beralih ke sektor kamera, vivo Y36 5G bisa dikatakan masih sama dengan vivo Y36 4G dengan menghadirkan konfigurasi Dual Camera. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash. Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Sedangkan kamera depan atau selfie pada vivo Y36 5G ini bisa dikatakan cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.4. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

6. Baterai 5000 mAh dengan Flash Charge 44W

Sektor stamina, vivo Y36 5G juga masih dibekali kemampuan baterai dan pengisian daya yang sama dengan vivo Y36 4G. Kendati demikian, hal tersebut bukan hal yang buruk, ini karena kemampuannya sudah lebih dari cukup untuk smartphone di kelas harganya.

Bahkan, baterai dari vivo Y36 5G ini terbilang cukup awet. Ini berkat sang ponsel masih menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang lebih hemat baterai hingga adanya fitur Smart Switch untuk refresh rate. Selain itu, dapur pacu MediaTek Dimensity 6020 juga tidak mengonsumsi daya baterai yang cukup banyak.

Tak cukup sampai disitu saja, smartphone ini juga makin menarik berkat dukungan teknologi pengisian cepat yang bernama Flash Charge 44W. Menurut klaim dari vivo itu sendiri, vivo Y36 5G ini mampu mengisi daya dari kosong hingga 70% dalam waktu 34 menit saja.

7. Dukungan Ultra Game Mode dan NFC

Dari informasi yang penulis terima, vivo Y36 5G ini dibekali oleh fitur Ultra Game Mode dan Multi Turbo 5.5 untuk memanjakan gamer dan mengurangi frame-drop pada saat bermain game. Tak hanya itu, vivo Y36 5G juga mendukung fitur NFC (Near Field Communication) yang mana pengguna dapat mengisi saldo e-Money tanpa harus mengampiri minimarket maupun ATM. 

Terdapat juga beragam sensor tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas seperti fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, dan juga gyro.

Kekurangan vivo Y36 5G

Kekurangan vivo Y36 5G

1. Kamera Ultrawide Absen

Kekurangan pertama pada vivo Y36 5G ini adalah tidak dibekali oleh kamera ultrawide. Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa konfigurasi kamera pada smartphone ini masih sama dengan vivo Y36 4G. Padahal, kamera ultrawide ini memiliki fungsi yang menarik dan banyak dicari oleh penggemar fotografi. Sebab, hadirnya kamera ultrawide akan membantu Anda dalam menangkap banyak objek sekaligus dalam satu frame.

2. Masih Mono Speaker

Kekurangan selanjutnya yang mungkin sulit diatasi oleh vivo itu sendiri adalah sering mengandalkan speaker tunggal atau mono, salah satunya pada ponsel vivo Y36 5G ini. Perlu diketahui, kekurangan dari mono speaker adalah ketika speaker tersebut tertutup, alhasil suara yang dihasilkan akan menghilang. Tak hanya itu, suara dari mono speaker juga tidak lebih kencang ketimbang stereo speaker.

Alih-alih menambahkan stereo speaker, produsen tampaknya menambahkan fitur Audio Booster. Menurut klaimnya, fitur yang satu ini memungkinkan Anda menaikkan volume melebihi 100%. Benar saja, Anda dapat menaikkan volume hingga 200%.

Hasilnya juga bisa dikatakan lebih lantang dibanding speaker mono biasa. Namun, pada saat speaker ini tidak sengaja tertutup oleh tangan maka suara akan hilang.

Spesifikasi vivo Y36 5G

Spesifikasi vivo Y36 5G
  • Warna : Matte Black dan Crystall Green.
  • Dimensi : 164.06 x 76.17 x 8.07 mm.
  • Berat : 190 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6020 (7 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 44W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga vivo Y36 5G

Harga vivo Y36 5G

vivo Y36 merupakan salah satu ponsel kelas menengah dengan jaringan 5G terbaru besutan vivo Indonesia yang tampil dengan desain Dynamic Glass yang stylish dan modern, serta menawarkan fitur teknologi pengisian cepat terkencang di kelasnya yaitu 44W. Tak hanya itu, sang ponsel juga ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6020 5G berfabrikasi 7 nanometer. Harga smartphone vivo Y36 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.