0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan ponsel premium melalui lini vivo V27 dan vivo V27e beberapa waktu lalu, vivo Indonesia melanjutkannya dengan meluncurkan ponsel mainstream dengan menghadirkan seri vivo Y36 di pasar tanah air. Bahkan, bisa dikatakan vivo Y36 ini memiliki tampilan desain yang mewah dan mahal. Padahal, ponsel ini hanya dibanderol dengan harga Rp3 jutaan saja. Desain dari vivo Y36 ini menggunakan teknologi Dynamic Glass Design. Ini juga sekaligus membuatnya menjadi ponsel vivo Y series pertama yang memiliki desain mewah.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36

Tak hanya menawarkan desain mewah, vivo Y36 juga memiliki sektor lain yang cukup menarik seperti layar, kapasitas memori luas, hingga baterai awet yang didukung fitur Flash Charging. Apabila di antara Anda penasaran dengan kelebihan dan kekurangan vivo Y36 beserta spesifikasi dan harganya, yuk langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan vivo Y36

Kelebihan vivo Y36

1. Desain Super Mewah

vivo Y36 memiliki tampilan desain di bagian belakang yang menggunakan teknologi Dynamic Glass Design. HP ini juga menjadi ponsel pertama yang membawa teknologi tersebut untuk vivo Y series. Bahkan, bagian belakang dari sang ponsel juga telah menggunakan bahan material kaca yang cukup jarang ditemukan di kelasnya.

Material kaca tersebut juga dipadukan dengan teknologi Golden Ripple Process dan Fluorite AG Glass. vivo juga menjelaskan bahwa desain yang digunakannya ini mampu menghadirkan warna seperti kilauan air di danau yang terkena cahaya. Dari informasi yang penulis himpun, vivo Y36 hadir dalam dua varian warna, yakni Glitter Aqua dan Meteor Black.

Tak hanya itu, vivo Y36 juga dibekali oleh housing kamera berbentuk persegi. Di dalamnya terdapat dua buah lingkaran yang cukup besar sebagai tempat kamera dan LED flash. Tampilan dari housing kameranya memang biasa saja, tetapi yang membuatnya terlihat unik adalah frame dari housingnya itu sendiri.

Perihal ketahanan, vivo Y36 juga bisa dikatakan cukup baik. Bagian belakangnya terbuat dari kaca yang menghasilkan permukaan matte. Oleh karena itu, bodinya tidak mudah terkena noda sidik jari atau goresan. Bahkan, vivo Y36 ini sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air.

2. Layar dengan Refresh Rate 90Hz

Lanjut ke sektor layar, vivo Y36 dipersenjatai oleh layar sentuh Ultra O Screen berukuran 6,4 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD. Walaupun menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD, sang ponsel mampu menampilkan konten dengan kualitas warna yang cukup tajam. Warna yang ditampilkan juga memiliki mode lain yaitu Standard, Pro, dan Bright.

Kemampuan dari layar tersebut juga tidak lepas dari resolusi Full HD+ atau 1080 x 2388 piksel. Apabila Anda sering menggunakan smartphone di luar ruangan dengan cuaca cerah pun tidak masalah. Ini berkat kecerahan layar standarnya di angka 600 nits.

Untuk meningkatkan kenyamanan selama penggunaannya, vivo Y36 menyematkan refresh rate 90Hz. Menariknya, terdapat fitur adaptif atau Smart Switch pada refresh rate yang bisa menyesuaikan dengan aktivitas atau aplikasi yang sedang digunakan.

3. Kamera Utama 50 MP

Sisi fotografi, vivo Y36 hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash. Kemudian untuk kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Sedangkan kamera depan atau selfie pada vivo Y36 ini bisa dikatakan cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.4. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

4. Kapasitas Memori Lapang

Beralih ke sektor memori, vivo Y36 menawarkan kapasitas RAM 8 GB LPDDR4X. Kapasitas tersebut bisa dikatakan cukup besar untuk saat ini sehingga cocok untuk diajak ber-multitasking. Terlebih lagi didukung oleh Memory Booster yang menawarkan berbagai fitur menarik.

Adapun fitur paling menariknya adalah fitur Extended RAM yang bisa memperluas kapasitas RAM hingga dua kali lipat yaitu 8 GB. Bahkan, vivo mengklaim bahwa vivo Y36 mampu membuka 25 aplikasi sekaligus tanpa lag.

Kemudian, terdapat memori internal berjenis UFS yang memiliki kapasitas hingga 256 GB. Kapasitas ini tentu cukup besar bahkan di kelas harganya. Tersedia juga slot khusus untuk microSD, yang mana Anda bisa memperluas memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

5. Baterai Awet dengan Flash Charging 44W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, vivo Y36 sendiri dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa dikatakan cukup awet. Selain itu, ia juga memiliki fitur Flash Charging 44W yang mampu mengisi daya 30% dalam waktu 15 menit saja.

Melansir dari JagatReview, vivo Y36 mampu memutar video playback 1080p selama 24 jam 10 menit tanpa henti. Sedangkan ketika digunakan streaming YouTube pada 1080p@30fps tanpa HDR, baterainya hanya berkurang 2% saja setelah 30 menit lamanya.

Bahkan pada saat digunakan untuk bermain Genshin Impact dengan grafik lowest 30fps, baterainya hanya berkurang 7% selama 30 menit. Sementara itu, untuk mengisi daya baterai vivo Y36 dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit saja.

6. Sensor dan Konektivitas Lengkap

Kelebihan vivo Y36 selanjutnya adalah memiliki sensor yang lengkap. Mulai dari sensor pemindai sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power. Selain itu, terdapat juga sensor gyroscope yang selalu dicari untuk bermain game, khususnya PUNG dan game balapan. Sensor accelerometer, proximity, dan juga compass.

Bukan hanya sensor saja, konektivitas pada vivo Y36 pun menurut penulis cukup lengkap dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), USB Type-C 2.0, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi yang mendukung Wi-Fi direct.

Kekurangan vivo Y36

Kekurangan vivo Y36

1. Chipset Kurang Cocok di Kelasnya

Kekurangan vivo Y36 yang pertama adalah sektor dapur pacunya. Benar, vivo Y36 hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680. Chipset yang satu ini sebenarnya tidak terlalu buruk untuk penggunaan sehari-hari. Namun, mengingat sang ponsel dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, rasanya kurang pas saja jika menggunakan chipset tersebut.

Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 memiliki fabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz dipadukan dengan RAM 8 GB + 8 GB RAM extended, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

Walaupun masih memiliki performa dan kemampuan yang masih cukup baik, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 ini biasanya hadir untuk smartphone di rentang Rp2 jutaan. Sebut saja Realme 9i, Xiaomi Redmi 10C, dan sejenisnya.

2. Masih Mono Speaker

Sektor audio, vivo Y36 ini bisa dikatakan kurang mumpuni. Sebab, ia hanya dibekali speaker tunggal atau mono tanpa dukungan stereo speaker. Sehingga ini akan mengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat ia masih menyediakan headphone jack yang bisa dimafaatkan untuk menghasilkan suara yang lebih berkualitas ketika bermain game.

3. Tanpa Dukungan 5G

Kekurangan lain yang dimiliki oleh vivo Y36 ini adalah tidak mendukung jaringan 5G. Walaupun jaringan 5G ini masih belum bisa digunakan dengan optimal di Indonesia, cukup disayangkan sekelas smartphone Rp3 jutaan tidak memiliki jaringan 5G di dalamnya.

Sebab, akhir-akhir ini sudah banyak smartphone dengan harga yang lebih murah namun sudah mendukung jaringan 5G. Sebut saja Samsung Galaxy A14 5G, Redmi Note 10 5G, Infinix Hot 20 5G, dan lain sebagainya.

Spesifikasi vivo Y36

Spesifikasi vivo Y36
  • Warna : Glitter Aqua dan Meteor Black.
  • Dimensi : 164.06 x 76.17 x 8.07 mm.
  • Berat : 202 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2388 piksel, 6.64 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, FunTouch OS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 44W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga vivo Y36

Harga vivo Y36

vivo Y36 merupakan salah satu ponsel kelas menengah terbaru besutan vivo Indonesia yang tampil dengan desain Dynamic Glass yang stylish dan modern, serta menawarkan fitur teknologi pengisian cepat terkencang di kelasnya yaitu 44W. Tak hanya itu, sang ponsel juga ditopang oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 yang ditemani oleh memori yang lapang. Harga smartphone vivo Y36 terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.399.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.