0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A58 4G - Spesifikasi & Harga

Setelah meluncurkan OPPO A78 5G dan OPPO A78 4G beberapa waktu lalu, kini OPPO Indonesia melanjutkannya dengan merilis smartphone terbaru melalui seri OPPO A58 4G yang membidik segmen 2 jutaan. Keputusan dalam menghadirkan varian 4G LTE ini didasari karena minat masyarakat akan ponsel 4G masih cukup tinggi. Ini karena smartphone 4G umumnya hadir dengan harga yang lebih terjangkau, namun dengan value dan spesifikasi yang tak kalah menarik. Terlebih lagi jaringan 5G masih belum merata, bahkan di kota besar sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A58 4G

Berbicara soal performa, smartphone terbaru OPPO A58 4G ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 6 GB. Kemudian, keseluruhan performa tersebut juga didukung dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W. Selain itu, ponsel tersebut pun hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai.

OPPO A58 4G ini pun hadir di pasar Indonesia dengan membawa konektivitas NFC (Near Field Communication) guna membantu pengguna dalam menjalani hidupnya lebih praktis. Desain dari sang ponsel juga termasuk salah satu yang terbaik di kelas harganya. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO A58 4G? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan OPPO A58 4G

Kelebihan OPPO A58 4G

1. Desain Menawan

Smartphone ini pun hadir dengan desain yang cukup unik dengan frame datar dipadukan housing kamera yang simpel berwarna hitam yang elegan serta didukung oleh penutup belakang bergaya OPPO Glow yang inovatif dipadukan dekorasi kamera vertikal. Tak cukup sampai disitu saja, sang ponsel juga telah mengantongi sertifikasi IPX4 sehingga ia tahan percikan air dari segala sisi. Itu juga hadir dalam dua varian warna, yakni Glowing Black dan Dazzling Green.

Bodi smartphone memiliki dimensi panjang 165,7 mm dengan lebar 76 mm. Sementara pada ketebalannya berada di angka 8 mm. Ini memang bukan yang paling tipis di dunia, namun tingkat ketebalan ini masih tergolong tipis guna memberikan kenyamanan genggam.

OPPO A58 4G pun masih mengusung bahan material plastik polikarbonat di sisi belakang dan frame. Kendati tidak semewah kaca pada sejumlah ponsel kelas atas atau mid-range yang sudah menggunakan kaca, bahan plastik ini membuat sang ponsel lebih kokoh terhadap benturan.

2. Kualitas Layar Cukup Baik

Smartphone kelas menengah terbaru OPPO A58 4G dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,72 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 391 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 680 nits (peak) pada aspek rasio 20:9. Kemudian, layar tersebut juga telah tersemat screenguard bawaan pabrik.

Tapi, layar tersebut masih didukung oleh rerfresh rate 60Hz. Kendati demikian, layar yang mengusung touch sampling rate cukup tinggi yaitu 180Hz. Alhasil ia mampu memberikan kesempatan bagi pengguna melayangkan serangan ke lawan lebih dulu.

Guna menunjang beragam aktivitas yang berbeda, pengguna dapat memilih dua mode warna pada pengaturan layar. Pertama adalah mode vivid yang menampilkan gamut warna 100% DCI-P3. Namun, jika Anda ingin menggunakan ponsel ini untuk membuat konten, ada baiknya memilih mode gentle untuk menunjukkan gamut warna 100% sRGB.

3. Performa Masih Bersaing

Performa dari OPPO A58 4G ini menurut penulis masih bisa bersaing di tahun 2023 walaupun bukan yang terbaik di kelasnya karena hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Smartphone kelas menengah besutan OPPO Indonesia itu pun juga dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB eMMC 5.1 dan masih didukung kehadiran slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 512 GB.

4. Kamera Utama Berkekuatan 50 MP

Sisi fotografi, OPPO A58 4G hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel juga diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian untuk kamera keduanya adalah berkekuatan 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.75um piksel dipadukan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor. Sayangnya, ponsel ini tidak memiliki lensa ultra-wide angle.

Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps saja.

5. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali OPPO A58 4G.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi OPPO A58 4G. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

6. Adanya Fitur IR Blaster

Infrared (IR) Blaster ini memang bukanlah salah satu fitur ekslusif yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi saja. Fitur ini juga bisa Anda jumpai di beberapa ponsel keluarga OPPO. Sebut saja OPPO A58 4G yang penulis bahas ini. 

Perlu diketahui, fungsi dari IR Blaster ini merupakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti menjadikan HP menjadi remote TV, AC, dan sejenisnya.

7. Dukungan Stereo Speaker

OPPO A58 4G pun didukung oleh dual stereo speaker dipadukan teknologi Dirac 3.0 untuk menghasilkan suara yang imersif. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suaranya dengan jelas dengan cara menaikkan volumenya hingga 200%. Fitur ini pun mampu memaksimalkan suara volume ini juga sangat berguna saat harus mengangkat telepon penting maupun mendengarkan pesan suara di tempat yang ramai atau crowded.

Tak cukup sampai disitu saja, sang ponsel ini dilengkapi dengan kehadiran 3.5mm jack audio port agar bisa mendengarkan lagu menggunakan earphone reguler.

8. Baterai Awet dengan SuperVOOC 33W

Untuk urusan daya, smartphone kelas menengah OPPO A58 4G ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas ini memang sudah menjadi standar paling umum di industri smartphone, sehingga dapat membuat ponsel bertahan hingga seharian penuh.

Dari informasi yang penulis himpun, baterai dari OPPO A58 4G ini hanya berkurang 6 persen setelah digunakan bermain game Mobile Legends di kecerahan 30 persen dan volume sekitar 40 persen.

Tak cukup sampai disitu saja, OPPO A58 4G juga dijejalkan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W yang mampu mengisi daya 52% dalam waktu 30 menit saja. Sementara untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh, OPPO mengklaim HP hanya butuh waktu 75 menit saja.

Bahkan, ketahanan baterai OPPO A58 4G ini pun didukung oleh dua fitur penghemat baterai, yakni Super Power Saving Mode dan Super Night-time Standby Mode.

Kekurangan OPPO A58 4G

Kekurangan OPPO A58 4G

1. Kamera Ultrawide Absen

Kamera dari OPPO A58 4G bisa dikatakan sudah cukup baik. Namun ada kekurangan yang bisa menjadi deal-breaker bagi sebagian orang, terlebih pada pengguna yang sering berpergian ke tempat alam. 

Ya, ponsel kelas menengah besutan OPPO ini tak memiliki sensor ultrawide sehingga Anda tak dapat memotret pada sudut keluasan yang tinggi. Padahal, para pesaingnya dengan harga yang lebih murah telah menghadirkan ultra-wide angle, sebut saja Xiaomi Redmi 12 yang belum lama ini diluncurkan di pasar Indonesia.

2. Tanpa Dukungan 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85, bukan Dimensity. Artinya, OPPO A58 4G memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

Spesifikasi OPPO A58 4G

Spesifikasi OPPO A58 4G
  • Warna : Glowing Black dan Dazzling Green.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 8 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO A58 4G

Harga OPPO A58 4G

OPPO A58 4G adalah salah satu aplikasi kelas menengah terbaru besutan OPPO Indonesia yang hadir dengan desain stylish serta mengantongi sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap percikan air dari segala arah. Selain itu, ponsel ini juga dipersenjatai dengan layar berukuran besar yang mengusung resolusi Full HD+ serta dipersenjatai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core. Harga smartphone OPPO A58 4G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.