0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

11 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 4G NFC - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses meluncurkan smartphone OPPO A78 5G pada 21 Maret 2023 lalu, kini OPPO Indonesia kembali menggebrak segmen mainstrem kelas menengah melalui seri OPPO A78 4G. Adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel ini yaitu desain stylish dengan OPPO Glow dipadukan dengan frame flat elegan, itu juga masih dibekali oleh konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya berkekuatan 50 MP.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 4G NFC

OPPO A78 4G juga memiliki kualitas layar imersif yang andal dalam menonton streaming, pengalaman grafis lancar ketika digunakan untuk bermain game masa kini, hingga kekuatan baterai besar yang awet di kelas menengah. Nah, berikut penulis akan membagikan sebuah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A78 4G beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO A78 4G

Kelebihan OPPO A78 4G

1. Desain Cantik dan Kokoh

Secara desain, OPPO A78 4G benar-benar terlihat cantik dengan menampilkan dua camera bump berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Kedua lingkaran tersebut nampak tidak terlalu menonjol secara fisik. Kedua lingkaran itu pun berada di dalam elemen visual berbentuk lonjong yang memanjang dari atas hingga ke area bawah bodi, sekilas desain elemen visual tersebut mirip dengan OPPO Reno8 T 4G yang belum lama ini diluncurkan di pasar Indonesia.

OPPO A78 4G pun dibalut dalam dimensi 160.1 x 73.2 x 7.9 mm dengan bobot 188 gram. Itu juga hadir dalam dua varian warna, yakni Aqua Green dan Mist Black. Untuk varian warna Aqua Green ini terinspirasi dari danau yang berkilauan dan laut tropis, tampilan tersebut memiliki energi tenang yang akan membuat Anda lebih dekat dengan keindahan alam. Sedangkan untuk varian warna Mist Black terlihat lebih simpel dan elegan serta ditambahkan kedalaman 3 dimensi dari awan gelap di langit dan danau yang berkilauan di malam hari.

Bukan hanya menawarkan desain stylish dengan penutup belakang bergaya OPPO Glow, sang ponsel ini pun menawarkan build quality yang kokoh. Pasalnya, OPPO A78 4G sudah mengantongi sertifikasi IP54. Dengan demikian, sang ponsel mampu bertahan mesi telah terkena percikan air dan debu.

OPPO A78 4G ini pun juga sudah lolos serangkaian uji ketahanan seperti kejatuhan dari ketinggian 1 meter, pengujian suhu panas dan kelembaban tinggi selama 14 hari, uji ketahanan 28.000 kali pencolokkan port USB Type-C 2.0,  dan 200.000 kali penekanan tombol daya.

2. Layar AMOLED 90Hz

Smartphone OPPO A78 4G dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,43 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai di angka 409 ppi (pixel per inch) pada aspek rasio 20:9.

Selain itu, layar OPPO A78 4G tersebut pun didukung oleh refresh rate 90Hz, sehingga mampu menampilkan animasi dan game yang lebih smooth dibandingkan refresh rate 60Hz dengan touch sampling rate hingga 180Hz. Tak hanya itu, layar tersebut juga sudah dilindungi antigores dari Corning Gotilla Glass 5.

Guna menunjang beragam aktivitas yang berbeda, pengguna dapat memilih dua mode warna pada pengaturan layar. Pertama adalah mode vivid yang menampilkan gamut warna 100% DCI-P3. Namun, jika Anda ingin menggunakan ponsel ini untuk membuat konten, ada baiknya memilih mode gentle untuk menunjukkan gamut warna 100% sRGB.

Ini tentu merupakan sebuah peningkatan signifikan dari varian 5G-nya. Sebab, OPPO A78 5G masih mengusung panel IPS (In-Plane Switching) LCD beresolusi HD+ atau 720 x 1612 dan dilindungi oleh antigores dari Panda MN228 Glass.

3. Storage Luas Dibanding Pendahulunya

OPPO A78 4G sendiri hadir dengan penyimpanan internal atau storage dan RAM yang lebih luas dan besar dibandingkan pendahulunya "OPPO A78 5G" yang masih didukung oleh memori RAM berkapasitas 8 GB + 5 GB Extended RAM dan penyimpanan internal sebesar 128 GB saja. Walaupun masih didukung oleh slot microSD, namun itu hanya bisa melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 256 GB saja.

Kini, OPPO A78 4G menawarkan memori RAM sebesar 8 GB dengan fitur Extended RAM hingga 8 GB. Alhasil, pengguna akan dapat menikmati RAM 16 GB. Selain kapasitas RAM yang luas, storage atau penyimpanan internal dari smartphone ini juga cukup lega berkapasitas 256 GB. Itu juga didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

4. Sektor Kamera yang Menawan

Sisi fotografi, OPPO A78 4G tidak memiliki perubahan dibandingkan saudaranya 'OPPO A78 5G' karena sama-sama didukung oleh Dual Camera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED Flash.

Untuk kamera keduanya adalah berkekuatan 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.75um piksel dipadukan lensa 27mm bukaan aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait.

Adapun kamera selfie OPPO A78 4G ini berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0. Perihal perekaman video,  baik kamera belakang ataupun depan sama-sama sanggup merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

5. Baterai Besar dan Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, OPPO A78 4G dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa diisi melalui port USB Type-C 2.0 dengan teknologi pengisian cepat 67W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam kurun waktu 45,5 menit saja. 

Selain itu, ketahanan baterai OPPO A78 4G ini pun didukung oleh dua fitur penghemat baterai, yakni Super Power Saving Mode dan Super Night-time Standby Mode.

6. Konektivitas Unggul Disertai NFC

Ponsel kelas menengah besutan OPPO ini pun menawarkan beragam konektivitas lain yang tak kalah unggulnya dengan beberapa ponsel kelas menengah lainnya. Sebut saja Bluetooth 5.0, dukungan protokol Wi-Fi 5 GHz dual band, USB Type-C 2.0, USB On-The Go, serta sensor sidik jari di samping yang terintegrasi dengan tombol power.

Tak hanya itu, sang ponsel juga dibekali fitur NFC (Near Field Communication) yang didukung fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui, NFC (Near Field Communication) sendiri memiliki banyak fungsi seperti transfer file, transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, dan lain sebagainya.

7. Dukungan Stereo Speaker dan 3.5mm Jack Audio

Mengingat OPPO A78 4G merupakan sebuah ponsel yang bersaing di kelas mid-range, sudah seharusnya ia dilengkapi konfigurasi dual stereo speaker, atau satu speaker di atas dan satu speaker di bawah bodi. 

Untungnya, smartphone kelas menengah ini telah menyediakannya. Bahkan, stereo speaker pada sang ponsel sudah mengantongi sertifikasi Real HD Sound 3.0 guna memanjakan telinga pengguna.

Selain itu, jika Anda membutuhkan privasi yang lebih mendalam, Anda juga bisa mendengarkan suara dengan cara memuaskan menggunakan earphone reguler. Ini karena sang ponsel masih menyediakan port 3.5mm jack audio.

8. Fingerprint Under Display dan Sensor Lengkap

OPPO A78 4G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh OPPO A78 4G ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

Kekurangan OPPO A78 4G

Kekurangan OPPO A78 4G

1. Performa Kurang Cocok di Kelasnya

Kekurangan OPPO A78 4G yang pertama adalah sektor dapur pacunya. Benar, sang ponsel hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680. Chipset yang satu ini sebenarnya tidak terlalu buruk untuk penggunaan sehari-hari. Namun, mengingat sang ponsel dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, rasanya kurang pas saja jika menggunakan chipset tersebut.

Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 memiliki fabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz dipadukan dengan RAM 8 GB + 8 GB RAM extended, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

Walaupun masih memiliki performa dan kemampuan yang masih cukup baik, SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 ini biasanya hadir untuk smartphone di rentang Rp2 jutaan. Sebut saja Realme 9iXiaomi Redmi 10C, dan sejenisnya.

2. Kamera Ultrawide Absen

Kamera dari OPPO A78 4G bisa dikatakan sudah cukup baik. Namun ada kekurangan yang bisa menjadi deal-breaker bagi sebagian orang, terlebih pada pengguna yang sering berpergian ke tempat alam. Ya, ponsel kelas menengah besutan OPPO ini tak memiliki sensor ultrawide sehingga Anda tak dapat memotret pada sudut keluasan yang tinggi.

3. Tanpa Dukungan 5G

Kekurangan lain yang dimiliki oleh OPPO A78 4G ini adalah tidak mendukung jaringan 5G. Walaupun jaringan 5G ini masih belum bisa digunakan dengan optimal di Indonesia, cukup disayangkan sekelas smartphone Rp3 jutaan tidak memiliki jaringan 5G di dalamnya.

Sebab, akhir-akhir ini sudah banyak smartphone dengan harga yang lebih murah namun sudah mendukung jaringan 5G. Sebut saja Samsung Galaxy A14 5G, Redmi Note 10 5G, Infinix Hot 20 5G, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda lebih mementingkan jaringan 5G untuk jangka panjang. Ada baiknya untuk memilih varian 5G yang diluncurkan beberapa waktu lalu, yakni OPPO A78 5G. Sebab, OPPO A78 Series terbagi menjadi dua model, yakni OPPO A78 4G dan OPPO A78 5G.

Spesifikasi OPPO A78 4G

Spesifikasi OPPO A78 4G
  • Warna : Aqua Green dan Mist Black.
  • Dimensi : 160.1 x 73.2 x 7.9 mm.
  • Berat : 180 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.43 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 67W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO A78 4G

Harga OPPO A78 4G

OPPO A78 4G NFC merupakan salah satu ponsel mainstrem kelas menengah terbaru yang menawarkan desain stylish dengan teknologi pengisian cepat terkencang di kelasnya. Tak hanya itu, ini juga dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole dengan panel AMOLED dengan sensor sidik jari di dalam layar yang lebih modern. Harga smartphone OPPO A78 4G terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.599.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.