0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova Neo 3 - Spesifikasi & Harga

Membuka awal Agustus 2023, Tecno Mobile Indonesia telah menggebrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan tiga smartphone anyar mereka di segmen entry-level to mid melalui seri Tecno Pova 5, Tecno Pova 5 Pro dan Tecno Pova Neo 3. Seri termurah dari ketiga ponsel tersebut adalah Tecno Pova Neo 3 yang hadir dengan desain futuristik dengan 3D Mecha Design di bagian penutup belakangnya. Adapun tiga varian warna yang bisa disesuaikan oleh pengguna, yakni Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.

Soal performa, smartphone terbaru besutan Tecno Mobile Indonesia ini hadir dengan performa memadai di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer octa-core dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai oleh layar berukuran lega di kelasnya, yakni 6,82 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz yang mulus. 

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova Neo 3

Kemudian, sang ponsel juga diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 16 MP. Adapun keunggulan lain yang ditawarkan oleh Tecno Pova Neo 3 ini adalah sudah andalkan baterai besar berkapasitas 7000 mAh serta dijejalkan fitur pengisian cepat 18W.

Berada di rentang harga Rp1 jutaan, Tecno Pova Neo 3 tampaknya akan bersaing dengan Xiaomi Redmi 12 4G dan itel S23 4G yang belum lama ini dirilis di pasar Indonesia. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan Tecno Pova Neo 3? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Tecno Pova Neo 3

1. Desain Futuristik

Secara desain, Tecno Pova Series memang dikenal akan tampilan desainnya yang unik dan berbeda dari smartphone lain pada umumnya. Hal ini tentu terus berlanjut dan tetap dipertahankan oleh Tecno Pova Neo 3. Kali ini, Tecno Pova Neo 3 tampil lebih menawan dengan mengusung tema mecha 3D di bagian penutup belakangnya. Tecno sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan yang tak kalah keren, yakni 3D Mecha Design.

Adapun beberapa varian warna yang ditawarkan oleh Tecno Mobile. Mulai dari Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue yang sangat cocok bagi Anda untuk mendapatkan tampilan lebih keren.

Tampilan smartphone ini benar-benar keren, mulai dari pola garis-garis, hingga tekstur yang khas pada saat disentuh. Tak jauh berbeda dengan Tecno Pova 5, smartphone Tecno Pova Neo 3 juga memiliki bentuk housing kamera yang unik dan khas. Dengan mengikuti pola yang ada, housing tersebut terlihat pas dengan warna hitam pekat walaupun memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal menarik yang membuat housing kamera pada ponsel ini adalah desainnya yang dibuat rata. Di dalamnya terdapat dua buah kamera dan satu buah LED flash. Tetapi, tidak ada satu pun kamera yang terlihat menonjol. Bahkan, di sisi samping atau frame-nya pun dibuat rata dengan sudut yang tidak tajam, sehingga tetap nyaman ketika digenggam.

2. Layar Besar dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone terjangkau Tecno Pova Neo 3 pun dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole berukuran 6,82 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1640 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 263 ppi (pixel per inch) yang cemerlang. Menariknya, sang ponsel juga menghadirkan desain bezel yang tidak terlalu tebal dan menganggu. Bahkan, rasio layar ke bodi yang dimilikinya mencapai angka 83,4%.

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 90Hz yang smooth, serta touch sampling rate 180Hz yang imersif. Dengan angka tersebut, Anda sudah bisa menikmati pergerakan animasi dengan lebih lancar dan mulus.

3. Performa Cukup Kencang di Kelasnya

Performa dari Tecno Pova Neo 3 menurut penulis cukup kencang dan bersaing di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek MT6769Z Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

Dilansir dari kanal YouTube AD Review, Tecno Pova Neo 3 mendapatkan skor AnTuTu v10 sebesar 263.318 poin. Sementara untuk skor Geekbench 5, MediaTek Helio G85 ini mampu meraih skor 357 poin untuk single core dan 1260 poin untuk multi-core. Bahkan, SoC (System on Chip) ini juga meraih skor 3DMark cukup tinggi di kelas harganya, yakni 743 poin.

4. Baterai 7000 mAh

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Tecno Pova Neo 3 ini didukung oleh baterai berkapasitas 7000 mAh. Kapasitas tersebut bahkan lebih besar dibandingkan ponsel lain di kelasnya yang hanya diperkuat oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, perusahaan Tecno Mobile Indonesia mengklaim bahwa ponsel anyar mereka sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Merujuk pada laman web resminya, sang ponsel mampu bertahan hingga 33 jam lebih lamanya untuk memutar musik, 14 jam untuk bermain game Free Fire, 22 jam untuk menonton YouTube, hingga 45 jam lamanya untuk panggilan.

Kemudian, baterai tersebut juga didukung dengan fitur fast charging 18W. Memang bukan yang tercepat, tapi itu bisa membantu proses pengisian daya baterai dalam waktu yang tidak terlalu lama dibandingkan tidak adanya fast charging sama sekali.

Tidak sampai disitu saja, Tecno Pova Neo 3 pun memiliki teknologi keamanan yang dimiliki oleh baterai-nya yaitu STS. Sehingga, si ponsel bisa memberikan lebih banyak daya dan keamanan tingkat tinggi pada saat yang sama.

Lapisan teknologi STS ini juga nantinya mampu untuk meningkatkan kemanan demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan, misalnya terjadi korsleting internal.

5. Memori Cukup Lega

Di pasar Indonesia, Tecno Pova Neo 3 ini hanya hadir dalam satu pilihan RAM yaitu 8 GB saja. Hal ini terpampang dari landing page produk resmi di situs Tecno Mobile. Tetapi yang perlu Anda ketahui lagi, RAM tersebut dipadukan dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB. Inilah yang membedakannya dengan Tecno Pova Neo 2. Sang generasi pendahulu yang menyediakan storage berkapasitas 64 GB saja untuk varian tertingginya.

Dengan storage 128 GB yang lapang, tentu Anda bisa menyimpan lebih banyak aplikasi maupun game dalam sekali waktu. Jika Anda masih memiliki file multimedia yang melimpang, maka Anda bisa menyimpan di microSD.

6. Dukungan Stereo Speaker

Untuk mengimbangi kualitas visual dan kenyamanan dalam bermain game, menonton film, sampai dengan mendengarkan musik. Tecno Pova Neo 3 ini juga menghadirkan spekaer stereo alias speaker ganda. 

Dengan begini, ponsel ini mampu mengurangi kebisingan AI sehingga bermain game menjadi semakin menarik dan seolah terbawa masuk ke dalam game yang sedang dimainkan nantinya. Di mana, speaker utama dari Tecno Neo 3 ini diletakkan di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya diletakkan di bagian atas yang menyatu dengan earpice.

Mengingat ini sebagai smartphone entry-level, tentu ia masih menyediakan port 3.5mm jack audio agar bisa dihubungkan dengan earphone kabel tanpa adapter.

7. Sensor Sidik Jari di Samping

Apabila Anda menilik pada sebagian besar smartphone Rp1 jutaan, tentu akan mengetahui bahwa mayoritas masih menggunakan sensor sidik jari di belakang. Bahkan, ada juga yang tidak menawarkan sensor sidik jari.

Tecno Pova Neo 3 justru menyuguhkan hal berbeda. Terlepas dari harganya yang terjangkau, sang ponsel rupanya telah meletakkan sensor sidik jari di samping bodi yang menyatu dengan tombol power.

8. Ada Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Tecno Pova Neo 3 ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Tecno Pova Neo 3. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Tecno Pova Neo 3

Kekurangan Tecno Pova Neo 3

1. Kamera Kurang Memadai

Sisi fotografi, Tecno Pova Neo 3 hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Untuk komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 16 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/1.8 serta diperkuat oleh fitur autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ini tentu mampu menghasilkan efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun kamera depan sama-sama sanggup merekam pada resolusi 1080p@30fps.

2. Pelindung Layar Tidak Ada

Selanjutnya adalah Tecno Pova Neo 3 tidak menghadirkan pelindung layar di dalam kotak pembelian. Untuk itu, menggunakan ponsel ini harus sangat berhati-hati agar tidak terkena goresan benda tajam yang tidak disengaja atau terjatuh. Agar lebih aman, Anda bisa membelinya secara terpisah.

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3

Spesifikasi Tecno Pova Neo 3
  • Warna : Amber Gold, Mecha Black dan Hurricane Blue.
  • Dimensi : 170.7 x 77.6 x 9.3 mm.
  • Berat : -.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1640 piksel, 6.82 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, HiOS 13.
  • Baterai : Li-Po 7000 mAh, Fast Charging 18W.
  • Kamera Belakang : 16 MP + AI.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Tecno Pova Neo 3

Harga Tecno Pova Neo 3

Tecno Pova Neo 3 adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang menawarkan performa memadai dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 serta didukung oleh baterai berkapasitas jumbo di kelasnya, yakni 7000 mAh serta dijejalkan fitur fast charging 18W. Tak hanya itu, ia juga dipersenjatai oleh layar berukuran lega di kelasnya, yakni 6,82 inci yang mengusung resolusi HD+ dengan refresh rate 90Hz yang mulus. Kemudian, sang ponsel juga diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 16 MP. Harga smartphone Tecno Pova Neo 3 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.