0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

6 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 12 4G - Spesifikasi & Harga

Membuka bulan Agustus, Xiaomi Indonesia resmi meluncurkan smartphone entry-level terbaru mereka di pasar Indonesia melalui seri Xiaomi Redmi 12 4G pada 1 Agustus 2023. Adapun hal menarik yang ditawarkan oleh sang ponsel adalah desainnya cukup stylish di kelasnya dengan hadirnya konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya tanpa adanya housing kamera yang minimalis.

Itu juga dipadukan dengan penutup belakang berbahan kaca glossy yang mewah dan didukung frame datar alias flat yang kekinian sehingga sang ponsel cukup nyaman ketika digenggam. Xiaomi Redmi 12 4G hadir dalam tiga varian warna, yakni Midnight Black, Sky Blue, dan Polar Silver.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 12 4G

Tak hanya menawarkan desain stylish dan ciamik di kelasnya. Smartphone mainstrem di kelas entry-level ini pun juga dipersenjatai oleh layar superior berukuran besar di kelasnya, yakni 6,79 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ serta mendukung refresh rate 90Hz yang imersif. 

Bahkan, itu juga didukung oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan teknologi pengisian cepat 18W. Bahkan, ia juga hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai.

Lalu sebagus apa sih ponsel entry-level besutan Xiaomi Indonesia ini? Pertanyaan singkat tersebut akan penulis jabarkan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 12 4G beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Xiaomi Redmi 12 4G

Kelebihan Xiaomi Redmi 12 4G

1. Desain Premium Berbahan Kaca

Xiaomi Redmi 12 4G hadir dengan frame datar atau flat yang memungkin tren smartphone masa kini. Penutup belakang dari ponsel ini pun sudah menggunakan material kaca yang membuatnya terasa premium ketika dilihat secara langsung. Bahkan, cukup jarang smartphone di rentang harga Rp1-2 jutaan menggunakan material kaca.

Meski menggunakan bahan kaca, namun penutup belakang dari Xiaomi Redmi 12 4G tidak terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan. Nah, di sisi belakangnya juga terdapat tiga buah kamera tanpa adanya housing kamera. Penempatan modul kamera tersebut mengingatkan penulis pada smartphone POCO F5 yang belum lama ini dirilis di Indonesia.

Lebih lanjut ke sisi samping, terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal. Adapun juga sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Di bagian bawah, terdapat port USB Type-C dan lubang speaker. Sementara port jack audio 3,5mm dan IR Blaster disematkan pada bagian atas.

Tak cukup sampai disitu saja, smartphone Xiaomi Redmi 12 4G pun sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap debu dan cipratan air. Kemudian, ia hadir dalam tiga varian warna, yakni Midnight Black, Sky Blue, dan Polar Silver.

2. Layar Tajam

Dari informasi yang penulis himpun, smartphone entry-level Xiaomi Redmi 12 4G ini dipersenjatai oleh layar sentuh punch hole atau Dot Display berukuran 6,79 inci pada aspek rasio 20:9 yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2460 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan hingga 550 nits (peak).

Layar tersebut juga didukung oleh refresh rate 90Hz sehingga mampu menampilkan animasi dan game yang lebih smooth dibandingkan refresh rate 60Hz. Itu juga mampu menghasilkan warna cemerlang dengan cakupan 70% NTSC color gamut.

Bukan hanya itu, layar Xiaomi Redmi 12 4G pun sudah mengantongi sertifikasi cahaya biru rendah SGS dan Mode Baca 3.0. Dengan demikian, Anda bisa menikmati pengalaman visual dengan lebih leluasa dan bahkan lebih lama dengan mengurangi cahaya biru dan kelelahan mata.

3. Performa Cukup Oke

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 12 4G ini pun menurut penulis cukup kompeten dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 1 GHz.

Smartphone dengan layar Dot Display dengan resolusi Full HD+ ini pun dibekali dengan penyimpanan internal lapang di kelasnya, yakni 128 GB dan 256 GB eMMC 5.1 yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB jenis hybrid slot.

4. Kamera Bersaing dan Ada Ultrawide

Sisi fotografi, smartphone entry-level besutan Xiaomi Indonesia hadir dengan konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP dengan lima elemen lensa pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel serta diperkuat oleh fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian kamera kedua dari sang ponsel juga berkekuatan 8 MP dengan sensor berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai ultra-wide angle serta mampu menghasilkan FoV (Field of View) 120 derajat. Lalu, kamera ketiganya berkekuatan 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor OmniVision OV8856 pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI untuk foto selfie maupun video call. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

5. Baterai Awet

Xiaomi adalah salah satu brand yang senantiasa memberikan pengalaman baterai tahan lama setiap lini produknya, tidak terkecuali Xiaomi Redmi 12 4G ini. Sebab, ponsel entry-level in juga didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan normal.

Bahkan, Xiaomi mengklaim bahwa smartphone entry-level ini mampu bertahan hingga 37 jam pada durasi panggilan telepon, 16 jam untuk memuat video playback, 26 jam untuk browsing, hingga 23 hari lamanya untuk mode siaga. Tak hanya itu, baterai tersebut juga dijejalkan fitur pengisian cepat 18W.

Kekurangan Xiaomi Redmi 12 4G

Kekurangan Xiaomi Redmi 12 4G

1. Sensor Kurang Lengkap

Sebenarnya kelengkapan sensor dari Xiaomi Redmi 12 4G ini sudah cukup bagus lantaran sudah menghadirkan sensor side fingerprint, accelerometer, proximity, IR Blaster dan juga compass. Hanya saja, ada satu sensor yang sangat disayangkan harus absen pada ponsel gaming ini, yakni Gyroscope yang memudahkan pengguna dalam mengontrol permainan seperti PUBG Mobile, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 12 4G

Spesifikasi Xiaomi Redmi 12 4G
  • Warna : Midnight Black, Sky Blue, dan Polar Silver.
  • Dimensi : 168.6 x 76.3 x 8.2 mm.
  • Berat : 198,5 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2460, 6.79 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G88 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 13, MIUI 14.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Xiaomi Redmi 12 4G

Harga Xiaomi Redmi 12 4G

Xiaomi Redmi 12 4G adalah salah satu smartphone entry-level terbaru yang tampil dengan desain stylish di kelasnya dengan hadirnya konfigurasi Triple Camera di sisi belakangnya tanpa adanya housing kamera yang minimalis. Itu juga hadir dengan performa kompeten dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G88. Smartphone mainstrem di kelas entry-level ini pun juga dipersenjatai oleh layar superior berukuran besar di kelasnya, yakni 6,79 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ serta mendukung refresh rate 90Hz yang imersif. Harga smartphone Xiaomi Redmi 12 4G terbaru berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB + ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB + ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.199.000 rupiah.