0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G: Dibanderol dengan Harga Sama, Mana yang Lebih Menarik?

Duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G: Dibanderol dengan Harga Sama, Mana yang Lebih Menarik? - Pertarungan pasar smartphone kelas entry-level dengan harga Rp 2 jutaan kian ketat. Produsen berlomba-lomba menghadirkan produk terbarunya untuk berkompetisi di segmen ini. Baru-baru ini ZTE Indonesia mengumumkan kehadiran ZTE Nubia Neo 5G ke pasar Indonesia pada Asgustus 2023 kemarin. Untuk harganya, ZTE Indonesia baru mengumumkan pada akhir September 2023. Harganya sendiri dibanderol dengan harga di bawah Rp 3 jutaan. Menilik kelas harganya, ponsel ini tentu dapat meramaikan segmen ponsel gaming di kelas menengah, alias mid-range. Performa dari ZTE Nubia Neo 5G pun cukup kencang di kelasnya. Sebab, smartphone ini ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G yang menurut penulis performanya tak kalah unggul dengan MediaTek Helio G99, bahkan melampauinya.

Duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G

Sementara itu, di bulan yang sama OPPO Indonesia juga meluncurkan OPPO A-series terbarunya melalui seri OPPO A58 4G yang ditenagai oleh MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 6 GB. Kemudian, keseluruhan performa tersebut juga didukung dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan SuperVOOC 33W. Selain itu, ponsel tersebut pun hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang memadai. Lalu duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G dengan sama, mana yang lebih menarik?

Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G

Spesifikasi ZTE Nubia Neo 5G
  • Warna : War Damage Yellow dan Phantom Black.
  • Dimensi : 163.7 x 75 x 8 mm.
  • Berat : 192 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2408 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc T820 (6 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, MyOS 13.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, 22.5W wired.
  • Kamera Belakang : 50 MP +  2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Spesifikasi OPPO A58 4G

Spesifikasi OPPO A58
  • Warna : Glowing Black dan Dazzling Green.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 8 mm.
  • Berat : 192 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400 piksel, 6.72 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm).
  • GPU : Mali-G52 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W Super VOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G

Soal desain, ZTE Nubia Neo 5G menawarkan desain futuristik. Untuk varian warna War Damage Yellow menawarkan estetika karakter Transformers, itu menunjukkan daya tarik unik yang jarang didapatkan pada smartphone lain di kelas harga yang sama.

Dengan aksen emas yang menyerupai motif roda, kualitas keseluruhan bangunannya tetap kokoh meski masih menggunakan material plastik di sisi belakangnya. Hanya saja, di sisi depannya masih mengusung desain waterdrop notch, alih-alih punch hole seperti kebanyakan HP lain di kelas yang sama.

Selain varian War Damage Yellow, ZTE Nubia Neo 5G juga menghadirkan varian warna lain yang lebih kalem, yakni Phantom Black. Tak ada perbedaan dari segi desain, namun warna Phantom Black ini cukup direkomendasikan bagi mereka yang tidak terlalu suka tampil mentereng.

Baca JugaDuel OPPO A58 4G vs Vivo Y27 dengan Harga yang Sama, Lebih Baik Pilih yang Mana?

Sementara itu, OPPO A58 4G hadir dengan desain yang cukup unik dengan frame datar dipadukan housing kamera yang simpel berwarna hitam yang elegan serta didukung oleh penutup belakang bergaya OPPO Glow yang inovatif dipadukan dekorasi kamera vertikal. Tak cukup sampai disitu saja, sang ponsel juga telah mengantongi sertifikasi IPX4 sehingga ia tahan percikan air dari segala sisi. Itu juga hadir dalam dua varian warna, yakni Glowing Black dan Dazzling Green.

Bodi smartphone memiliki dimensi panjang 165,7 mm dengan lebar 76 mm. Sementara pada ketebalannya berada di angka 8 mm. Ini memang bukan yang paling tipis di dunia, namun tingkat ketebalan ini masih tergolong tipis guna memberikan kenyamanan genggam.

OPPO A58 4G pun masih mengusung bahan material plastik polikarbonat di sisi belakang dan frame. Kendati tidak semewah kaca pada sejumlah ponsel kelas atas atau mid-range yang sudah menggunakan kaca, bahan plastik ini membuat sang ponsel lebih kokoh terhadap benturan.

1. Layar

Sektor layar, ZTE Nubia Neo 5G lebih unggul atas OPPO A58 4G menurut penulis karena dipersenjatai layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci pada aspek rasio 20:9 dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2408 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 400 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga mampu memberikan viewing angle yang luas. Kemudian, layar pada ZTE Nubia Neo 5G ini sudah mendukung refresh rate 120Hz yang membuat animasi dan scrolling lebih smooth. Bahkan, itu juga dikemas dengan teknologi True Bright Display untuk meningkatkan kecerahan layar hingga 35 persen ketimbang smartphone lain di kelas harga yang sama.

Sedangkan OPPO A58 4G hanya didukung layar sentuh punch hole berukuran 6,72 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 391 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 680 nits (peak) pada aspek rasio 20:9. Namun, layar tersebut hanya mendukung refresh rate 60Hz.

2. Performa

Sektor performa, ZTE Nubia Neo 5G unggul signifikan dari OPPO A58 4G berkat dukungan SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,7 GHz, triple-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,3 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2,1 GHz dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC4 dengan frekuensi 850MHz.

Baca JugaPerbedaan OPPO A38 dan OPPO A58: Sama-sama Hadirkan Desain yang Mirip, Ternyata Bedanya di Sektor Ini!

Sedangkan OPPO A58 4G harus mengakui keunggulan ZTE Nubia Neo 5G karena hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6 GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

3. Baterai

Beralih ke sektor baterai, OPPO A58 4G di atas kertas lebih unggul dibandingkan ZTE Nubia Neo 5G dengan dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga seharian penuh serta didukung oleh pengisian cepat SuperVOOC 33W. Sedangkan ZTE Nubia Neo 5G hanya dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh dengan pengisian cepat 22.5W saja.

4. Dukungan Stereo Speaker

Perihal audio, di sektor ini OPPO A58 4G kembali unggul berkat dukungan dual stereo speaker dipadukan teknologi Dirac 3.0 untuk menghasilkan suara yang imersif. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suaranya dengan jelas dengan cara menaikkan volumenya hingga 200%. Fitur ini pun mampu memaksimalkan suara volume ini juga sangat berguna saat harus mengangkat telepon penting maupun mendengarkan pesan suara di tempat yang ramai atau crowded. Sedangkan ZTE Nubia Neo 5G hanya mendukung satu buah speaker saja alias mono speaker.

5. Infrared Blaster

Infrared (IR) Blaster ini memang bukanlah salah satu fitur ekslusif yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi saja. Fitur ini juga bisa Anda jumpai di beberapa ponsel keluarga OPPO. Sebut saja OPPO A58 4G yang penulis bahas ini. 

Perlu diketahui, fungsi dari IR Blaster ini merupakan untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti menjadikan HP menjadi remote TV, AC, dan sejenisnya. Sementara itu, ZTE Nubia Neo 5G tidak memiliki fitur unik ini.

6. Dukungan Jaringan 5G

Sesuai dengan namanya, ZTE Nubia Neo 5G sendiri telah didukung oleh teknologi 5G berkat SoC (System on Chip) Unisoc T820 5G yang digunakan. Perlu diketahui, jaringan 5G sendiri mampu menawarkan kecepatan koneksi data yang jauh lebih cepat dari 4G LTE yang dimiliki oleh OPPO A58 4G, yakni kecepatan download maksimal 2,1 Gbps dan kecepatan upload maksimal 245 Mbps.

7. Penyimpanan Internal

Lanjut ke sektor media penyimpanan atau storage, ZTE Nubia Neo 5G jelas lebih unggul atas OPPO A58 4G menurut penulis karena dibekali penyimpanan internal berkapasitas 256 GB. Sementara itu, OPPO A58 4G hanya dibekali penyimpanan internal dengan kapasitas setengahnya saja, yakni 128 GB. Kendati demikian, dua dari smartphone tersebut sudah sama-sama didukung hadirnya slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal.

Baca JugaDuel OPPO A38 vs Xiaomi Redmi 12 dengan Harga Tak Jauh Berbeda, Lebih Unggul Mana? Ini dia Jawabannya!

Harga ZTE Nubia Neo 5G dan OPPO A58 4G

Harga ZTE Nubia Neo 5G dan OPPO A58 4G

ZTE Nubia Neo 5G adalah sebuah smartphone gaming yang berada di kelas menengah tang tampil futuristik dan ditenagai SoC (System on Chip) Unisoc T820 yang powerful karena performanya melebihi Helio G99. Bisa dikatakan, Unisoc T820 itu memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 4 Gen 1. Bukan hanya memiliki performa powerful, sang ponsel juga hadir dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang tak bisa dipandang sebelah mata. Harga smartphone ZTE Nubia Neo 5G terbaru di pasar Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB.

Sedangkan OPPO A58 4G juga termasuk salah satu smartphone kelas menengah terbaru besutan OPPO Indonesia yang hadir dengan desain stylish serta mengantongi sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap percikan air dari segala arah. Selain itu, ponsel ini juga dipersenjatai dengan layar berukuran besar yang mengusung resolusi Full HD+ serta dipersenjatai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core. Harga smartphone OPPO A58 4G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dan Rp2.799.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G Unggul Mana?

ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G Unggul Mana?

Apabila Anda sudah membaca ulasan duel ZTE Nubia Neo 5G vs OPPO A58 4G yang sudah penulis rangkum di atas, lantas mana yang lebih unggul? Menurut penulis ZTE Nubia Neo 5G lebih unggul dengan harga sama untuk varian tertinggi, menawarkan performa kencang di kelas harganya, layar imersif, storage lebih besar, hingga mendukung jaringan 5G.

Namun, OPPO A58 4G juga bisa dijadikan alternatif yang menarik dengan harga 300 ribu lebih murah untuk varian terendah, hadir dengan baterai besar, pengisian cepat lebih kencang, dukungan stereo speaker, hingga adanya fitur infrared blaster. Akan tetapi, ini juga kembali pada selera, kebutuhan, dan budget Anda masing-masing.