0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 dengan Selisih Harga 200 Ribu, Lebih Baik Pilih yang Mana?

Duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 dengan Selisih Harga 200 Ribu, Lebih Baik Pilih yang Mana? - Belakangan ini persaingan smartphone di segmen entry-level kian ketat, khususnya di rentang harga Rp 1 juta lebih sedikit. Setidaknya ada dua kandidat yang bisa dipertimbangkan, yakni ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5. Pasalnya, kedua smartphone entry-level terbaru tersebut didukung oleh SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A  yang cukup lampau sehingga kurang mumpuni untuk penggunaan game berat masa kini. Dengan spesifikasi yang terbatas, tentu saja ponsel ini memang bukan dirancang untuk bermain game berat masa kini, melainkan penggunaan standar seperti browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

Duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5

Baik ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5 pun sama-sama diperkuat baterai berkapasitas 5000 mAh yang niscaya dapat bertahan hingga seharian penuh. Kemudian, kedua smartphone ini pun sudah memiliki fitur keamanan canggih, yakni sensor sidik jari di belakang bodi. Ini tentu patut diapresiasi mengingat cukup jarang smartphone entry-level dengan harga di bawah Rp 1,5 juta menawarkan fitur tersebut. Lalu duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 dengan selisih harga 200 ribu, lebih baik pilih yang mana?

Spesifikasi ZTE Blade A53 Pro

Spesifikasi ZTE Blade A53 Pro
  • Warna : Mint Green dan Midnight.
  • Dimensi : 164.8 x 75.8 x 8.7 mm.
  • Berat : 198 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB.
  • OS : Android 12, MyOS 12.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 10W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Spesifikasi Itel Vision 5

Spesifikasi Itel Vision 5
  • Warna : Midnight Black, Mint Green, dan Digital Silver.
  • Dimensi : 164.5 x 76.04 x 8.75 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A.
  • GPU : PowerVR GE8322.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12 Go Edition, Itel OS 8.6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 18W wired.
  • Kamera Belakang : 8 MP + QVGA + AI QVGA.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5

ZTE Blade A53 Pro tampil dengan desain yang cukup menarik dengan layar waterdrop notch dipadukan frame melengkung yang nyaman digenggam. Sementara penutup belakangnya terdapat aksen strip pantulan yang dinamis dan tersedia dalam dua varian warna, yakni Mint Green dan Midnight.

Sementara, desain dari Itel Vision 5 juga menarik, kesan yang diberikan ketika melihat desainnya ini terasa beda. Kilauan cahaya yang ditampilkan membuatnya terasa enak dipandang.

Tak hanya itu, desain housing kamera yang ditampilkan juga cukup rapi dengan tiga lingkaran di dalamnya. Meski demikian, hanya ada satu kamera saja yang berfungsi sehingga ukurannya dibuat lebih besar.

Bahan material yang digunakan pada Itel Vision 5 memang terbuat dari bahan plastik. Namun, kesan yang diberikan saat disentuh terasa beda. Hal ini berasal dari tekstur garis-garis tipis yang dimilikinya. Bodinya pun tidak terasa licin dan tidak menimbulkan bekas sidik jari saat disentuh.

1. Performa

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5 memang diperkuat oleh chipset yang sama. Itu adalah SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,6 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz, serta diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa PowerVR GE8322.

Namun, di sektor ini ZTE Blade A53 Pro unggul tipis dengan kapasitas RAM yang lebih besar yaitu 4 GB sehingga lebih leluasa menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Sedangkan Itel Vision 5 performanya sedikit terbatasi akibat hanya dibekali RAM 3 GB saja.

2. Kamera Belakang

Sektor fotografi, ZTE Blade A53 Pro tentu lebih menarik dari Itel Vision 5 dengan dukungan kamera utama berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.06 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Kemudian kamera kedua berkekuatan 2 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh dengan mode portrait.

Sedangkan Itel Vision 5 hanya diperkuat dengan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.8 lengkap dengan fitur autofocus, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang smartphone ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh. Itel menyebutnya sebagai Blur Effect. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan QVGA sebagai AI Camera.

3. Pengisian Cepat

Baik ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5 memang sudah sama-sama diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Namun, Itel Vision 5 unggul di atas kertas berkat hadirnya fitur pengisian cepat 18W. Sedangkan ZTE Blade A53 Pro tidak didukung fitur pengisian cepat, alias hanya mendukung pengisian standar 10W alias 5 Volt 2 Ampere.

4. Penyimpanan Internal

Lanjut ke sektor media penyimpanan, ZTE Blade A53 Pro unggul telak atas Itel Vision 5 berkat dibekali penyimpanan internal sebesar 64 GB eMMC 5.1. Sedangkan Itel Vision 5 hanya dibekali penyimpanan internal dengan kapasitas setengahnya saja, yakni 32 GB eMMC 5.1. Namun, kedua smartphone ini sudah sama-sama hadir dengan slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal.

Harga ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5

Harga ZTE Blade A53 Pro dan Itel Vision 5

ZTE Blade A53 Pro adalah smartphone murah terbaru di pasar Indonesia yang menawarkan fitur menarik seperti hadirnya sensor sidik jari di belakang bodi, dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh, hingga adanya Extended RAM. Bukan hanya itu saja, smartphone entry-level ini juga cukup bisa diandalkan untuk komunikasi sehari-hari berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,52 inci dengan resolusi HD+. Harga smartphone ZTE Blade A53 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.099.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Sementara itu, Itel Vision 5 juga merupakan salah satu smartphone murah terbaru di pasar Indonesia yang menawarkan fitur-fitur lengkap di kelas harganya seperti dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 18W, adanya sensor sidik jari di belakang bodi, hingga adanya fitur Memory Fusion. Tak hanya itu, smartphone entry-level ini juga cukup bisa diandalkan untuk komunikasi sehari-hari berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A dengan layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci yang mengusung resolusi HD+. Harga smartphone entry-level Itel Vision 5 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Kini, Itel Vision 5 bisa di dapatkan dengan harga Rp899.000 rupiah.

ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 Pilih Mana?

ZTE Blade A53 Pro vs Itel Vision 5 Pilih Mana?

Apabila Anda sudah membaca ulasan duel ZTE Blade A53 Pro vs Itel A60s yang sudah penulis rangkum di atas, lantas mana yang lebih unggul? Keduanya memang membidik segmen entry-level dengan karakteristik yang sama. Akan tetapi, ZTE Blade A53 Pro lebih menarik untuk dipilih karena menawarkan kapasitas RAM dan memori lebih besar sehingga performanya lebih optimal, hingga kamera belakang lebih memadai.

Sedangkan Itel A60s dengan selisih harga 200 ribu lebih mahal hanya menawarkan keunggulan di sektor pengisian cepat saja. Namun, ini juga kembali pada selera, kebutuhan, dan budget Anda masing-masing.