0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Itel S23 Plus, Smartphone Di Bawah Rp 2,5 Juta yang Usung AMOLED Curved dan 32MP AI Selfie

Harga dan Spesifikasi Itel S23 Plus, Smartphone Di Bawah Rp 2,5 Juta yang Usung AMOLED Curved dan 32MP AI Selfie - Setelah sukses merilis seri Itel S23 4G pada Mei 2023 lalu, kini Itel Indonesia kembali memboyong seri tertingginya di Indonesia, yakni Itel S23 Plus. Harganya sendiri dibanderol dengan harga di bawah Rp 2,5 juta. Menilik kelas harganya, smartphone ini tentu dapat meramaikan segmen ponsel kelas menengah, alias mid-range. Pasalnya, dengan harga terjangkau smartphone Itel S23 Plus ini hadir dengan layar AMOLED 3D Curved Screen berukuran 6.78 inci yang mengusung resolusi Full HD+. Tentu, spesifikasi layar pada Itel S23 Plus ini sangat jarang dan langka ditemukan pada smartphone di bawah Rp 2,5 juta. Sebab, layar AMOLED 3D Curved Screen umumnya bisa didapatkan dengan harga Rp 5 jutaan atau di atasnya.

Tak cukup sampai disitu saja, Itel S23 Plus juga memiliki keunggulan lain di kelas harganya yaitu memiliki kemampuan kamera powerful. Ini berkat dukungan kamera selfie berkekuatan 32 MP AI Selfie. Di sisi belakang, terdapat dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 50 MP dan ditemani oleh kamera QVGA. Adapun hal yang paling menarik dari smartphone ini adalah sudah dilengkapi oleh GPT AI Assistant hingga mendapatkan garansi 3 tahun lamanya, perusahaan juga siap menyediakan layar pengganti jika kerusakan terjadi pada kurun waktu 6 bulan setelah pembelian.

Harga dan Spesifikasi Itel S23 Plus, Smartphone Di Bawah Rp 2,5 Juta yang Usung AMOLED Curved dan 32MP AI Selfie

Itel S23 Plus menyajikan desain kamera belakang yang impresif dan mirip seperti iPhone. Hanya aja, lensa kameranya dibuat agak besar, dengan tiga buah lensa yang disusun secara "zig zag" sehingga menyerupai kamera boba pada seri iPhone.

Layar ponsel ini pun sudah mengusung desain punch hole alih-alih waterdrop notch, sehingga menambah kesan premium meski dibanderol harga ekonomis. Smartphone ini juga memiliki ketebalan bodi yang tipis di angka 7,9 mm. Berkat layarnya yang melengkung alias curved, pengalaman genggam tentu akan terasa lebih nyaman dan ergonomis dibandingkan HP lain dengan bodi flat yang memiliki ujung sisi yang tajam.

Bodi dari Itel S23 Plus pun memberikan kesan flagship yang rasanya sangat sulit didapatkan untuk sebuah ponsel di kelas harganya. Bodi belakangnya diberi finishing matte yang tak hanya bikin bodi semakin cakep tapi juga ampuh samarkan noda bekas sidik jari seperti finishing glossy.

Smartphone premium yang dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan terbaru dari Itel Indonesia ini dipersenjatai oleh layar melengkung di kedua sisinya berdesain punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel dan menawarkan kerapatan hingga 388 ppi (pixel per inch) yang juga tersematkan fitur Always-on display.

Untuk gamut warnanya, layar mendukung 99 persen DCI-P3 dengan kontras rasio 400.000:1 untuk pengalaman visual yang lebih menjanjikan. Biasanya, panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) di harga murah sekalipun telah dipadukan dengan refresh rate 90Hz. 

Namun pada Itel S23 Plus, sayangnya hanya mendukung refresh rate standar 60Hz saja. Ini bukan masalah besar menurut penulis, setidaknya layarnya sudah memberikan kesan premium berkat layar melengkung di harga yang cukup murah. Bahkan, layarnya juga telah dilindungi proteksi layar berupa Corning Gorilla Glass 5.

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Itel S23 Plus sendiri juga sudah cukup pas untuk kelas harganya berkat sokongan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T616 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8 GB + 8 GB untuk RAM Virtual, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) ARM Mali-G57.

Guna mendukung performanya ini, perusahaan juga menghadirkan fitur Atom Storage Technology. Dengan fitur tersebut, membantu menyusun kembali seperti disk defragmented, alhasil performanya akan lebih optimal.

Melansir dari Nano Review, SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T616 mampu meraih skor AnTuTu v10 sebesar 271.698 poin serta skor Geekbench 6 pada nilai 451 poin untuk single-core, dan 1501 poin untuk multi-core. Dengan hasil tersebut, bisa dikatakan chipset pada Itel S23 Plus memiliki performa yang setara dengan MediaTek Helio G85 dan Snapdragon 675.

Satu hal yang membuat smartphone Itel S23 Plus begitu layak dinikmati adalah penyimpanan internalnya yang cukup besar, yakni 256 GB. Jenis storage-nya pun sudah UFS 2.0, di saat mayoritas ponsel entry-level lain dengan eMMC 5.1.

Sisi fotografi, smartphone Itel S23 Plus hadir dengan dua buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.7 lengkap dengan fitur phase-detection autofocus, dan LED flash.

Terakhir, terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1.75um piksel yang ditandemkan lensa 27mm pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus yang disematkan fitur AI. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan sama-sama mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps saja.

Satu hal lagi, perekaman video di smartphone ini turut dijejalkan fitur Ultra Steady Video yang bisa menstabilkan output perekaman di resolusi 1080p. Bisa dikatakan, fitur tersebut tidak pernah ada pada ponsel yang dibanderol dengan harga murah.

Bukan hanya menawarkan spesifikasi memadai di kelas harganya, Itel S23 Plus ini juga dibekali baterai yang cukup awet. Walaupun kapasitas yang dimilikinya cukup standar yaitu 5000 mAh, itel S23 Plus ini juga diklaim mampu bertahan hingga seharian penuh..

Anda juga bisa menggunakan smartphone ini untuk menemani aktivitas sehari-hari. Selain itu, terdapat fitur pengisian cepat 18W. Meski terbilang lambat dalam mengisi daya di kelas harganya, hal ini sudah cukup untuk mempersingkat waktu pengisian daya.

Itel S23 Plus juga nantinya akan otomatis bergenti mengisi daya ketika baterai sudah mencapai angka 100 persen sebagai mekanisme keamanan. Juga, fitur software bernama AI Smart Charge bisa mengadaptasikan alokasi daya berdasarkan pola penggunaan sehari-hari.

Smartphone Itel S23 Plus juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penunjang saat berada di perjalanan. Sebab, ponsel ini turut disertai konektivitas NFC (Near Field Communication) guna memungkinkan perangkat bertukar data dengan perangkat lain yang mendukung dalam jarak dekat.

Fungsi NFC (Near Field Communication) antara lain untuk melakukan pengecekan saldo eToll, serta untuk berkirim-kirim data kontak atau file antar perangkat. Keuntungannya, penggunaan NFC (Near Field Communication) tak mengharuskan pengguna untuk pairing seperti ketika gunakan Bluetooth.

Soal Bluetooth, ini sudah mendukung versi 5.0 dengan antarmuka A2DP dan LE. Itel S23 Plus juga memiliki protokol Wi-Fi 5 dual band, serta port USB Type-C 2.0 guna mendukung USB OTG.

Itel S23 Plus sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Itel S23 Plus ini adalah accelerometer, proximity, dan compass. Menurut penulis, sensor sidik jari di dalam layar cukup sulit ditemukan pada sebuah ponsel dengan harga di bawah Rp 2,5 juta. Sebab, sensor sidik jari dalam layar umumnya bisa ditemukan pada HP di rentang harga Rp 3 jutaan, sebut saja Tecno Camon 20 Pro dan lain sebagainya.

Umumnya, sebuah smartphone hanya memiliki garansi resmi selama 1 tahun alias 12 bulan saja. Tapi Itel S23 Plus menawarkan sesuatu yang berbeda, lantaran perusahaan memberikan masa garansi yang cukup panjang, yakni 3 tahun.

Adapun kerusakan layar, perusahaan juga siap menyediakan layar pengganti jika kerusakan terjadi pada kurun waktu 6 bulan setelah pembelian. Dirilis di tahun 2023, tentu Itel S23 Plus hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Itel OS 13 terbaru yang kaya akan fitur.

Sebagai salah satu fitur menariknya, terdapat dukungan asisten suara berbasiskan GPT AI yang bernama Aivana. Fitur ini diyakini bisa mengerti perintah suara pengguna dengan lebih akurat, sebagaimana memberikan prompt saat menggunakan Chat GPT.

Harga dan Spesifikasi Itel S23 Plus

Spesifikasi Itel S23 Plus

  • Rilis di Indonesia : 5 Oktober 2023
  • Warna : Black dan Cyan
  • Dimensi : -
  • Berat : 178 gram
  • Layar : AMOLED 3D Curved Screen dengan ukuran 6,78 inci beresolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel, kerapatan 388 ppi, refresh rate 60Hz, Alyaws-on display
  • Chipset : Unisoc Tiger T616 (12 nm), Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57 MP1
  • Sistem Operasi : Android 13, Itel OS 13
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 256 GB
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.6, (wide), AF + 0.08 MP, LED Flash, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 32 MP, f/2.0, (wide), 1080p@30fps
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 18W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS, NFC, USB Type-C 2.0, OTG
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

Harga Itel S23 Plus

Itel S23 Plus merupakan salah satu smartphone murah yang mengusung layar melengkung di kedua sisinya dengan panel AMOLED berukuran 6,78 inci beresolusi Full HD+, terdapat juga sensor sidik jari yang diletakkan di bawah layar sehingga menambah kesan flagship meski dibanderol harga murah. Selain itu, kamera Itel S23 Plus juga menurut penulis cukup memadai dengan dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP di sisi belakangnya, dan 32 MP AI Selfie di sisi depannya. Harga smartphone Itel S23 Plus terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB + 8 GB dan penyimapanan internal sebesar 256 GB. Untuk pembelian ekslusif di e-commerce Tokopedia mulai 6-9 Oktober 2023 akan mendapatkan harga spesial, yakni Rp1.899.000 rupiah.