0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Bertenaga MediaTek Helio G99 yang Dibanderol Harga Murah

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Bertenaga MediaTek Helio G99 yang Dibanderol Harga Murah - Setelah menggebrak pasar tablet kelas atas melalui Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Samsung Galaxy Tab S9 FE+, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali merilis tablet kelas entry-level terbaru melalui seri Samsung Galaxy Tab A9 series di tanah air, itu terdiri dari dua varian yaitu Samsung Galaxy Tab A9 dan Samsung Galaxy Tab A9+. Adapun keunggulan utama Samsung Galaxy Tab A9 ini adalah desainnya cukup elegan dan minimalis serta memiliki ukuran ringkas, di sisi belakangnya hanya terdapat satu buah modul kamera tanpa adanya LED flash. Lalu, tablet kelas entry-level ini dibalut dalam tiga opsi warna yaitu Graphite, Silver, dan Navy.

Berbicara soal performa, tablet entry-level Samsung Galaxy Tab A9 ini bisa dikatakan salah satu yang paling powerful di kelasnya karena ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 4 GB. Tak cukup sampai disitu saja, Samsung Galaxy Tab A9 ini pun juga sanggup berikan pengalaman menonton video maupun mendengarkan musik yang memukau berkat adanya dua buah stereo speaker yang didukung Dolby Atmos. Perihal stamina, sang tablet hanya diperkuat baterai berkapasitas 5100 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat 15W.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Bertenaga MediaTek Helio G99 yang Dibanderol Harga Murah

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai tablet Samsung Galaxy Tab A9 ini dengan layar sentuh berukuran 8,7 inci yang menggunakan panel TFT (Thin Film Transistor) LCD pada resolusi HD+ alias 800 x  1340 piksel dengan aspek rasio 5:3 dan menawarkan kerapatan hingga 179 ppi (pixel per inch) yang cemerlang.

Sayangnya, layar pada Samsung Galaxy Tab A9 tidak dilengkapi oleh pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya untuk melindunginya dari goresan. Kemudian, ukuran layar sang tablet menurut penulis tidak terlalu besar.

Performa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab A9 tergolong powerful di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 4 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Kemudian, Samsung Galaxy Tab A9 dibekali penyimpanan internal sebesar 64 GB serta masih didukung oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Tablet ini pun sudah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C. Samsung Galaxy Tab A9 juga tersedia dalam dua varian konektivitas, yakni Wi-Fi only dan 4G LTE.

Beralih ke sektor kamera, tablet Samsung Galaxy Tab A9 hadir dengan satu buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci pada bukaan aperture f/2.2 lengkap dengan fitur autofocus. Menilik pada bagian depan, terdapat kamera selfie berkekuatan 2 MP.

Tablet Samsung Galaxy Tab A9 telah mengandalkan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI 5.1 terbaru yang kaya akan fitur. Namun, penulis masih belum mendapatkan informasi apakah nantinya sang tablet mendapat dukungan update sistem operasi atau tidak. Akan tetapi, Samsung biasanya memberikan dukungan update yang cukup terjamin, untuk perangkat murah sekalipun.

Untuk urusan daya, tablet Samsung Galaxy Tab A9 dibekali baterai berkapasitas 5100 mAh yang dirasa masih cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari. Tak lupa, Samsung juga turut membenamkan fitur pengisian cepat 15W.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9

  • Rilis di Indonesia : 26 Oktober 2023
  • Warna : Graphite, Silver, dan Navy (4G LTE) / Gray (Wi-Fi only)
  • Dimensi : 211 x 124.7 x 8 mm
  • Berat : 332 gram
  • Layar : TFT LCD berukuran 8,7 inci beresolusi HD+ atau 800 x 1340 piksel, kerapatan 179 ppi, 16 juta warna
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm), Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G57 MC2
  • Sistem Operasi : Android 13, One UI 5.1
  • Memori : RAM 4 GB dan ROM 64 GB
  • Kamera Belakang : 8 MP, AF, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 2 MP, 1080p@30fps
  • Audio : Stereo speaker
  • Baterai : Li-Po 5100 mAh, non-removable, 15W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, USB Type-C 2.0
  • Sensor : Accelerometer, proximity, compass

Harga Samsung Galaxy Tab A9

Samsung Galaxy Tab A9 adalah salah satu tablet murah yang ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core terkencang di kelas harganya. Tak hanya itu, sang tablet juga didukung oleh baterai besar berkapasitas 5100 mAh lengkap dengan pengisian cepat 15W. Harga tablet Samsung Galaxy Tab A9 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.299.000 rupiah untuk varian Wi-Fi only dengan warna Gray, atau varian LTE yang dibanderol dengan harga Rp2.799.000 rupiah dengan warna Graphite, Silver, dan Navy.