0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE, Tablet Bertenaga Exynos 1380 yang Unggul di Kelas Harganya

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE, Tablet Bertenaga Exynos 1380 yang Unggul di Kelas Harganya - Tak hanya meluncurkan smartphone Samsung Galaxy S9 FE pada 10 Oktober 2023, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) rupanya juga memboyong tablet terbaru mereka melalui Samsung Galaxy Tab S9 FE Series. Seri tablet kelas menengah ini hadir di Indonesia dengan dua model di dalamnya. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab S9 FE sebagai model regulernya. Dilihat dari penamaannya, tablet ini merupakan versi murah dari lini flagship yang ada di Samsung Galaxy Tab S9 FE Series. Menariknya, dengan harga setengahnya saja, Samsung Galaxy Tab S9 FE masih dibekali fitur yang diadopsi langsung dari seri flagship-nya.

Selain itu saja, Samsung Galaxy Tab S9 FE juga tawarkan performa unggul di kelas harganya berkat dukungan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 octa-core dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 6 GB. Bahkan, keseluruhan performa tersebut diperkuat baterai berkapasitas besar 8000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 45W sehingga proses pengisian daya tidak memakan waktu yang cukup lama.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE, Tablet Bertenaga Exynos 1380 yang Unggul di Kelas Harganya

Hal menarik dari Samsung Galaxy Tab S9 FE ini adalah desainnya. Mulai dari bahan material yang digunakan, tablet ini menggunakan material yang sama dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE Series. Desainnya cukup kokoh karena terbuat dari aluminium di bagian penutup belakang serta frame-nya.

Bahkan, material tersebut dianggap sebagai salah satu material paling kokoh milik Samsung. Tak hanya itu, tampilan yang dibawa oleh Samsung Galaxy Tab S9 FE pun elegan dan premium. Bisa dikatakan, tampilannya mirip dengan Samsung Galaxy Tab S9 5G. Hanya saja, Samsung Galaxy Tab S9 FE tidak dibekali LED flash di sisi belakangnya.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S9 FE ini adalah memiliki kemampuan tahan air dengan kedalaman mencapai 1,5 meter selama 30 menit dan tahan terhadap debu berkat sertifikasi IP68.

Ini tentu membuatnya lebih menarik. Sebab, cukup jarang sertifikasi tersebut disematkan untuk perangkat tablet di kelas harganya. Dengan demikian, pengguna sudah tidak perlu khawatir saat menggunakan tablet di luar ruangan atau tidak sengaja ketumpahan air maupun tercemplung ke dalam air.

Terdapat juga tiga varian warna yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy Tab S9 FE, yakni Lavender, Gray, dan Light Green. Sementara, Samsung Galaxy Tab S9 WiFi hanya menghadirkan satu opsi warna saja, yaitu Gray.

Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mempersenjatai tablet kelas menengah Samsung Galaxy Tab S9 FE dengan layar sentuh berukuran luas yaitu 10,9 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi WUXGA+ atau 1440 x 2304 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 249 ppi (pixel per inch). Sementara, rasio layar ke bodinya sudah cukup baik yaitu 81,7 persen. Artinya, desain bezel yang dimilikinya masih cukup wajar untuk seukuran tablet.

Layar Samsung Galaxy Tab S9 FE pun didukung oleh refresh rate 90Hz yang membuat animasi scrolling maupun bermain game menjadi lebih smooth. Terdapat juga fitur Vision Booster guna membuat layarnya mampu mengimbangi kecerahan atau intensitas cahaya yang diterimanya.

Samsung tidak hanya memikirkan kualitasnya saja, tetapi juga kenyamanan bagi penggunanya. Oleh karena itu, layar dari perangkat Samsung Galaxy Tab S9 FE hadir dengan sertifikasi SGS untuk cahaya biru rendah agar mata tidak mudah lelah.

Dengan demikian, pengguna bisa menggunakan tablet ini dengan nyaman dalam menonton, bermain game, atau sekedar scrolling dalam waktu cukup lama.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas bahwa Samsung Galaxy Tab S9 FE ini menawarkan performa unggul di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) Exynos 1380 berfabrikasi 5 nanometer bikinan Samsung yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 dengan frekuensi 2.4 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan frekuensi 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 6 GB, serta juga diperkuat oleh pengolah grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MP5.

Merujuk pada data NanoReview, Samsung Exynos 1380 mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 579.882 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 996 poin untuk single-core dan 2754 poin untuk multi-core. Kemudian untuk 3DMark Wild Life Performance, skornya mencapai di angka 2819 poin.

Kemudian, Samsung Galaxy Tab S3 FE hadir dengan satu varian memori yaitu RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Bahkan, itu juga sudah dilengkapi oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB.

Sebagai perangkat tablet, keberadaan kamera belakang sebenarnya tidak terlalu penting. Penggunaannya juga tidak terlalu sering seperti kamera belakang pada smartphone mengingat ukurannya yang lebih besar dan berat. Kendati demikian, akan sangat kurang apabila perangkat tablet justru tidak menghadirkan satupun kamera di bagian belakang.

Masih sama seperti Samsung Galaxy S9 5G, Samsung Galaxy Tab S9 FE hanya didukung satu buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 8 MP. Sayangnya, tidak ada fitur pendukung apapun untuk kamera belakangnya. Bahkan tidak ada LED flash yang umumnya digunakan dalam membantu pencahayaan saat memotret dokumen dan sejenisnya.

Berbeda dengan kamera depan, kamera depan dari sebuah tablet justru dianggap sangat penting. Sebab, kamera depan ini lebih sering digunakan untuk melakukan panggilan video saat meeting, belajar di kelas, hingga live streaming.

Untungnya, Samsung Galaxy Tab S9 FE hadir dengan kamera depan berkekuatan 12 MP ultrawide yang mampu menangkap objek lebih banyak dalam satu frame. Perihal perekamanan video, baik kamera belakang dan depan sudah sama-sama mampu merekam pada resolusi 4K@30fps.

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE dibekali baterai berkapasitas 8000 mAh yang sudah cukup besar, meski tidak sebesar dari model Samsung Galaxy Tab S9+. Namun, dengan kapasitas tersebut penulis rasa sudah cukup dalam menemani aktivitas Anda selama seharian penuh.

Adapun juga fitur pengisian cepat 45W yang disematkan. Meski tidak terlalu cepat, tetapi setidaknya proses pengisian daya dari sang tablet tidak membutuhkan waktu yang cukup lama hingga terisi penuh.

Jika di antara Anda ingin mencai sebuah tablet untuk digunakan keperluan produktivitas. Samsung Galaxy Tab S9 FE ini bisa dijadikan pilihan yang sangat tepat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan si tablet sudah memiliki dukungan S Pen. Perlu diketahui, S Pen masuk dalam penjualan dari Samsung Galaxy Tab S9 FE.

Menariknya lagi, S Pen yang mendukungnya memiliki latensi rendah yaitu hingga 2,8 milidetik. Bahkan, layar akan langsung merespons sebelum stylus benar-benar menempel pada permukaan layar. S Pen dari Samsung Galaxy Tab S9 FE pun memiliki keunggulan lain, yakni memiliki ketahanan air dan debu.

Apabila baterai habis, Anda dapat langsung menempelkan S Pen ke bodi bagian belakang. Sebab, tablet besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) in juga dibekali tempat khusus yang menggunakan sistem magnetis. Alhasil, S Pen akan secara otomatis terisi dayanya.

Terdapat juga beberapa aplikasi khusus yang ditawarkan Samsung dalam meningkatkan kreativitas. Mulai dari Samsung Notes dan Goodnotes Pro yang telah dioptimalkan. Hingga PAINT yang bisa digunakan untuk membuat sketsa atau desain.

Fitur Samsung DeX tampak masih dipertahankan oleh Samsung pada perangkat Samsung Galaxy Tab S9 FE. Dengan hadirnya fitur yang satu ini, Anda bisa membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Jendela tampilan tiap aplikasi bisa tumpang tindih layaknya sistem operasi Windows maupun MacOS. Samsung Dex plus keyboard dan mouse, mampu menyulap tablet ini menjadi layaknya sebuah laptop.

Samsung Galaxy Tab S9 FE juga hadir dengan sensor yang cukup lengkap. Terdapat akselerometer, proksimitas, cahaya, genggaman, dan giroskop. Adapun juga sensor giroskop yang memberi manfaat bagi Anda yang suka dalam bermain game, khususnya PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Berkat hadirnya sensor ini, Anda hanya perlu mengarahkan bidikan tembakan dengan menggoyangkan bodi si tablet.

Jika Anda hobi menonton film atau mungkin mendengarkan musik, mungkin Samsung Galaxy Tab S9 FE menjadi pilihan yang pas. Bagaimana tidak, aktivitas menonton film di tablet ini sangat asyik. Sebab, speaker dengan konfigurasi stereo hadir. Iya benar, Samsung Galaxy Tab S9 FE ini memiliki 2 dua buah speaker, lokasinya adalah di atas dan di bawah.

Speaker tersebut juga sudah disetel oleh perusahaan audio kenamaan AKG dan surround sound dari Dolby Atmos. Sehingga, suara yang dihasilkan oleh speaker stereo tersebut lebih lantang dibandingkan speaker tunggal alias mono.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S9 FE

  • Rilis di Indonesia : 10 Oktober 2023
  • Warna : Lavender, Gray, dan Light Green (Galaxy Tab S9 FE 5G) / Gray (Samsung Galaxy Tab S9 FE WIFI)
  • Dimensi : 254.3 x 165.8 x 6.5 mm
  • Berat : 523 gram ~ 524 gram
  • Layar : IPS LCD berukuran 10.9 inci beresolusi WUXGA+ atau 1440 x 2304 piksel, kerapatan 249 ppi, refresh rate 90Hz, 81.7% screen-to-body ratio
  • Chipset : Exynos 1380 (5 nm), Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G68 MP5
  • Sistem Operasi : Android 13 (upgrade to Android 17), One UI Core 5.1
  • Memori : RAM 8 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 8 MP, (wide), 4K@30fps
  • Kamera Depan : 12 MP, (ultrawide), 4K@30fps
  • Audio : Stereo speaker
  • Baterai : Li-Po 8000 mAh, non-removable, 45W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.3 dengan codec A2DP dan LE, GPS, GALILEO, GLONASS, USB Type-C, magnetic connector
  • Sensor : Accelerometer, gyro, compass, Virtual proximity sensing

Harga Samsung Galaxy Tab S9 FE

Samsung Galaxy Tab S9 FE merupakan salah satu tablet kelas menengah yang menawarkan performa unggul di kelas harganya. Hal ini tak lepas dari sokongan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1380 octa-core berfabrikasi 5 nanometer. Selain itu, perangkat tablet ini pun didukung oleh kamera dedan memadai berkekuatan 12 MP ultrawide sehingga mampu menangkap objek lebih banyak dalam satu frame. Adapun juga dukungan S Pen yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu, Samsung mengklaim ini merupakan Galaxy S FE pertama dengan kemampuan tersebut. Harga tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp7.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sementara itu, harga Samsung Galaxy Tab S9 FE (WIFI) dibanderol dengan harga Rp6.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.