0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Itel A70 Bertenaga Unisoc T603 yang Dibanderol dengan Harga Ekonomis

Harga dan Spesifikasi Itel A70 Bertenaga Unisoc T603 yang Dibanderol dengan Harga Ekonomis -  Itel Indonesia tampaknya belakangan ini cukup agresif menggebrak pasar smartphone tanah air setelah sebelumnya merilis seri Itel Vision 5 dan Itel S23 Plus yang cukup menarik perhatian di kelas harganya, kini perusahaan kembali merilis seri terbaru melalui seri Itel A70. Smartphone ini membidik segmen entry-level yang memiliki tampilan desain stylish dipadukan penutup belakang yang menggunakan finishing sandblasting dengan housing kamera berdesain futuristik dipadukan frame flat yang lebih modern.

Perihal performa, smartphone Itel A70 ini memang jauh dari kata powerful karena ia dirancang untuk penggunaan standar karena ia hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc T603 octa-core dipadukan dengan memori RAM sebesar 3 GB atau 4 GB lengkap dengan fitur Memory Fusion hingga 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB yang terbilang luas di kelas harganya. Tak hanya itu, Itel A70 ini pun didukung baterai 5000 mAh dan dipersenjatai layar sentuh waterdrop notch berukuran 6,6 inci yang mengusung resolusi HD+.

Harga dan Spesifikasi Itel A70 Bertenaga Unisoc T603 yang Dibanderol dengan Harga Ekonomis

Smartphone entry-level Itel A70 ini dipersenjatai layar waterdrop notch display pada aspek rasio 20:9 dengan ukuran layar sentuh 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 282 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 450 nits. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Itel A70 ini memang bukan dirancang untuk bermain game berat masa kini, melainkan penggunaan standar seperti browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya. Ini karena ia hanya ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc T603 berfabrikasi 12 nanometer dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A55 64-bit yang terdiri dari quad-core berkecepatan 1,8 GHz dan quad-core berkecepatan 1,2 GHz dipadukan dengan memori RAM 3 GB atau 4 GB lengkap Memory Fusion hingga 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8322.

Beralih ke sektor kamera, Itel A70 bisa dikatakan cukup oke di kelas harganya dengan dukungan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piksel yang didukung fitur autofocus, dan LED flash.

Kamera kedua berkekuatan QVGA sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang smartphone ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh. Itel menyebutnya sebagai Blur Effect.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam pada resolusi 1080p@30fps.

Sebagai smartphone di segmen entry-level, sudah sewajarnya memiliki kemampuan baterai yang awet. Hal ini disebabkan karena kebutuhan smartphone entry-level ini biasanya hanya digunakan untuk aktivitas kasual setiap harinya. Minimal perangkat mampu bertahan hingga seharian dengan sekali pengecasan daya saja.

Hal ini rupanya diterapkan oleh Itel A70 dengan menghadirkan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut tentu membuatnya mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan komunikasi sehari-hari seperti chattingan, menelepon, browsing, hingga menonton.

Sayangnya, ia tidak dilengkapi oleh fitur pengisian cepat 18W. Pasalnya, smartphone Itel A70 hanya mengandalkan pengisian daya standar 10W saja sehingga proses pengisian daya terbilang cukup lama.

Itel tampak mengerti soal bagaimana cara membuat smartphone entry-level miliknya bisa bekerja secara optimal. Salah satunya adalah menggunakan sistem operasi Android Go Edition sebagai basis utamanya.

Penggunaan Android 13 Go Edition dengan antarmuka Itel OS 13 ini tentu membuat smartphone menjadi lebih ringan dan smooth. Meski memiliki spesifikasi yang pas-pasan, performa Itel Vision 5 akan tetap terasa lancar berkat tampilan antarmuka-nya yang ringan dan sederhana.

Bahkan, Itel A70 ini hanya dibekali aplikasi bloatware atau bawaan sedikit saja. Hal ini membuat kapasitas RAM dan memorinya yang terbatas tidak langsung habis hanya untuk menyimpan berkas sistem yang digunakan.

Metode pembukaan kunci layar yang cepat dan praktis adalah hal yang cukup langka di kelas entry-level. Meski kebanyakan sudah dibekali oleh fitur pengenalan wajah melalui kamera depan atau Face Unlock, namun tak banyak yang turut menawarkan sensor sidik jari.

Jadi, apabila di antara Anda sedang mencari sebuah smartphone di bawah Rp 1 jutaan dengan sensor sidik jari, memilih Itel A70 adalah keputusan yang tepat. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa sensor Face Unlock memang bisa diandalkan namun tingkat keamanannya tidak sebaik Fingerprint atau sensor sidik jari.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Harga dan Spesifikasi Itel A70

Spesifikasi Itel A70

  • Rilis di Indonesia : 16 November 2023
  • Warna : Starlish Black dan Azure Blue
  • Dimensi : 164 x 75.6 x 8.6 mm
  • Berat : 187 gram
  • Layar : IPS LCD berukuran 6.6 inci beresolusi HD+ 720 x 1612 piksel, kerapatan 267 ppi, refresh rate 60Hz, touch sampling rate 120Hz
  • Chipset : Unisoc Tiger T603, Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A55 & 4x1.2 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : PowerVR Rogue GE8322
  • Sistem Operasi : Android 13 Go Edition, Itel OS 13
  • Memori :  RAM 3 GB dan ROM 128 GB / RAM 4 GB dan ROM 128 GB
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), f/2.0 + QVGA (depth sensor), AF, dual LED flash, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 8 MP (wide), f/2.2, 1080p@30fps
  • Audio : Mono speaker
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 10W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.2, 5.0, A2DP, LE, Tipe-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, gyro virtual

Harga Itel A70

Itel A70 adalah sebuah smartphone murah terbaru yang menawarkan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan penyimpanan internal lapang di kelasnya, yakni 128 GB. Bukan hanya itu, sang ponsel juga turut menghadirkan kamera belakang berkekuatan 13 MP yang cukup baik serta ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc T603. Adapun hal menarik ditawarkan oleh Itel A70 ini adalah sudah dibekali sensor sidik jari di samping bodi, alih-alih di belakang. Harga smartphone Itel A70 terbaru berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp999.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan ROM 128 GB, sedangkan varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.099.000 rupiah.