0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Berikut 8 Kelebihan dan 4 Kekurangan Infinix Zero 30 4G - Spesifikasi & Harga

Vendor smartphone Infinix Mobility Indonesia pada 26 Oktober 2023 merilis smartphone terbarunya di lini Zero 30 Series, itu mencakup Infinix Zero 30 5G dan Infinix Zero 30 4G. Perlu diketahui, seri "Zero" ini merupakan seri mid-range ala flagship milik Infinix, sehingga tak heran apabila fitur-fitur yang diusungnya berada di level yang berbeda dengan seri Note maupun Hot. Salah satunya pada Infinix Zero 30 5G ini yang mengusung desain stylish dan mewah dengan frame melengkung dipadukan layar 3D curved yang terkesan premium.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 30 4G

Sektor performa, smartphone Infinix Zero 30 4G memiliki performa kencang dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 octa-core dipadukan memori RAM sebesar 8 GB. Tak hanya itu, pengalaman bermain game dengan smartphone Infinix Zero 30 5G ini kian mulus berkat dipersenjatai layar 3D curved AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung refresh rate 120Hz yang superior di kelas harganya. Kemudian, sang ponsel didukung tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 MP dan kamera selfie 50 MP lengkap dengan fitur PDAF yang menjadi daya tarik utama pada smartphone ini.

Meski demikian, sisi menarik yang dimiliki sang ponsel bukan hanya itu. Masih ada banyak dan ulasannya bisa Anda simak melalui artikel berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 30 4G beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Infinix Zero 30 4G

Kelebihan Infinix Zero 30 4G

1. Desain Lengkung yang Premium

Infinix Zero 30 4G hadir dengan desain stylish dan mewah dipadukan layar curved dan profil yang tipis serta ketahanannya terbilang cukup baik meski masih menggunakan material plastik, alih-alih kaca seperti varian 5G-nya. Menariknya, smartphone ini menggunakan dua opsi bahan material, yakni plastik polikarbonat untuk varian warna Sunset Gold dan Pearly White, serta eco leather alias kulit imitasi untuk varian warna Misty Green.

Bodi sang ponsel pun cukup ringan dan tipis dengan ketebalan 7,9 mm dan bobot 182 gram. Adapun hal menarik lainnya yang ditawarkan oleh smartphone Infinix Zero 30 4G ini adalah sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Layar Superior di Kelas Harganya

Smartphone kelas menengah Infinix Zero 30 4G mengusung spesifikasi layar punch hole 3D curved display pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 388 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 950 nits (peak).

Teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) sendiri mampu memberikan warna yang vivid dan menghasilkan warna hitam yang amat pekat. Selain itu, layar tersebut juga telah mengusung refresh rate 120Hz yang imersif. Dengan kualitas layar seperti ini, tentu saja Infinix Zero 30 4G cukup asyik digunakan untuk bermain game, browsing, hingga menonton video.

Itu juga memiliki PWM Frekuensi 1920Hz untuk mengurangi flicker saat layar berada di kecerahan rendah. Agar memastikan mata pengguna tetap nyaman melihat layar ponsel, Infinix Zero 30 4G sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland. Hal ini bisa mengurangi itensitas cahaya biru yang dapat merusak mata.

3. Kinerja Tergolong Powerful

Kinerja yang ditawarkan oleh Infinix Zero 30 4G pun cukup powerful di kelas harganya berkat sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Merujuk pada data Kimovil, kekuatan dari MediaTek Helio G99 pada Infinix Zero 30 4G terbilang cukup baik dengan skor AnTuTu v10 mencapai angka 420.090 poin. Pada Geekbench 6 yang diuji oleh MySmartPricec, MediaTek Helio G99 mendapat skor 3247 untuk multi-core dan 972 untuk single-core.

Selanjutnya, Infinix Zero 30 4G disandingkan dengan memori RAM sebesar 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB UFS 2.2. Kendati demikian, ponsel ini tidak tersedia slot khusus microSD. Sehingga, pengguna tidak bisa ekspansi memori eksternal menjadi lebih besar. Oleh karena itu, pengguna harus puas dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB saja.

4. Kamera Utama Berkekuatan 108 MP

Beralih ke sektor kamera, smartphone Infinix Zero 30 4G hadirkan tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 108 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.7 disertai fitur phase-detection autofocus, OIS (Optical Image Stabilization), dan quad LED flash.

Kamera kedua dari Infinix Zero 30 4G ini mengusung resolusi 2 MP dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai dedicated macro. Terakhir, terdapat kamera ketiga berkekuatan 2 MP dengan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.2 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/2.5 didukung fitur phase-detection autofocus dan dual LED flash. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam pada resolusi 1440p@30fps.

5. Baterai Awet dengan Fast Charging 45W

Infinix Zero 30 4G pun juga sangat cocok digunakan di luar ruangan atau berpergian. Sebab, kapasitas baterainya yang sebesar 5.000 mAh dan bisa bertahan hingga seharian penuh, dari pagi hingga malam. Terdapat juga fitur yang bernama power marathon yang dapat memperpanjang masa penggunaan ponsel.

Saat fitur power marathon tersebut aktif, sisa baterai 5% bisa digunakan untuk menelepon selama 2 jam atau mode stand by. Tak hanya itu, terdapat juga fitur bypass charging yang dapat menangani HP langsung dari sumber listrik alih-alih dari baterai.

Smartphone Infinix Zero 30 4G pun sudah didukung oleh teknologi pengisian cepat 45W yang mampu mengisi daya dari 1 persen hingga 75 persen hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.

Smartphone Infinix Zero 30 4G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar.

6. Under Display Fingerprint

Smartphone Infinix Zero 30 4G sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Infinix Zero 30 4G ini adalah accelerometer, proximity, dan compass.

7. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Infinix Zero 30 4G ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix Zero 30 4G. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

8. Adanya Stereo Speaker yang Memukau

Sebagai ponsel di kelas mid-range, tentu Infinix tidak mau kalah saing dengan rivalnya yang sudah didukung oleh audiovisual memukau. Ya, tak hanya unggulkan sisi layar yang superior hingga performa memadai. Infinix Zero 30 4G ini juga bawakan dua buah speaker yang terletak di bawah dan atas, sekaligus menjelma sebagai earpice.

Hasil suara yang dikeluarkan terbilang jernih dan clean, dengan frekuensi mid dan high yang terdengar jelas dengan distorsi yang minim.

Kualitas suara yang dihasilkan memukai ini tentu juga berkat tuning-an dari DTS, turut menyediakan empat opsi preset yang dapat disesuaikan berdasarkan aktivitas tertentu seperti music, video, game, dan lain sebagainya.

Kekurangan Infinix Zero 30 4G

Kekurangan Infinix Zero 30 4G

1. Sistem Operasi Banyak Bloatware

Infinix Zero 30 4G hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka XOS 13 terbaru yang memiliki banyak fitur menarik, seperti Dark-Link dan X Arena untuk meningkatkan pengalaman gaming, X Clone untuk menggandakan aplikasi, Peek Proof untuk menutupi sebagian layar agar tidak diintip orang, serta Folax Translate untuk fitur penerjemah bertenagakan ChatGPT.

Namun, di luar dari itu XOS ini terbilang banyak bloatware atau aplikasi pra-instal yang tentunya memenuhi separuh sisa penyimpanan.

2. Tidak Ada 3,5mm Audio

Absennya jack audio 3,5 mm juga menjadi salah satu kekurangan dari Infinix Zero 30 4G ini. Bukan berarti tidak bisa menggunakan headset ya. Hanya saja, Anda harus menggunakan earphone yang sudah mendukung TWS Earphone Bluetooth atau earphone yang menggunakan port USB Type-C.

3. Tidak Mendukung Slot MicroSD

Kekurangan selanjutnya dari Infinix Zero 30 4G ini adalah tidak mendukung slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB. Kendati demikian, hal ini masih bisa ditoleransikan mengingat memori internal atau storage dari sang ponsel sudah sangat besar, yakni 256 GB.

4. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Infinix Zero 30 4G memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Infinix Mobility malah memilih untuk menghadirkan dedicated macro sebagai kamera keduanya dan depth sensor sebagai kamera ketiganya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide, sebut saja Xiaomi Redmi 12 4G yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.

Spesifikasi Infinix Zero 30 4G

Spesifikasi Infinix Zero 30 4G
  • Warna : Sunset Gold, Pearly White, Misty Green.
  • Dimensi : 164.5 x 75 x 7.9 mm.
  • Berat : 182 gram
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400, 6.78 inci.
  • Chipset : Mediatek MT8781 Helio G99 (6nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 50 MP.

Harga Infinix Zero 30 4G

Harga Infinix Zero 30 4G

Infinix Zero 30 4G merupakan salah satu smartphone terbaru yang menghadirkan kualitas layar superior berkat dukungan layar sentuh punch hole berukuran 6,78 inci dengan panel AMOLED yang mengusung refresh rate 120Hz. Itu juga membawa performa powerful berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99. Tak cukup sampai disitu saja, Infinix Zero 30 4G juga andalkan kamera selfie unggul berkekuatan 50 MP lengkap dengan fitur phase-detection autofocus yang sangat sulit ditemukan pada HP lain dengan kamera depan yang mendukung fitur PDAF. Harga smartphone Infinix Zero 30 4G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.099.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB.