0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C, Kini Sudah Bawakan Fitur NFC serta Layar 90Hz

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C, Kini Sudah Bawakan Fitur NFC serta Layar 90Hz - Setelah sukses merilis smartphone premium mereka melalui seri Xiaomi 13T, kini Xiaomi Indonesia beralih ke pasar entry-level dengan menghadirkan Xiaomi Redmi 13C yang merupakan suksestor dari Xiaomi Redmi 12C yang diluncurkan pada 9 Maret 2023 lalu. Ia juga masih menghadirkan konfigurasi tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP. Menariknya, Xiaomi Redmi 13C sudah mengalami peningkatan dari seri sebelumnya, yaitu mengusung layar HD+ dengan refresh rate 90Hz yang lebih imersif. Kemudian, sang ponsel hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh serta dilengkapi fitur pengisian cepat 18W, yang mana sebelumnya "Xiaomi Redmi 12C" hanya andalkan pengisian standar 10W.

Sektor performa, smartphone entry-level Xiaomi Redmi 13C masih terbilang cukup kompeten di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core dipadukan memori RAM sebesar 6 GB atau 8 GB yang luas di kelasnya. Adapun keunggulan utama yang ditawarkan pada seri kali ini adalah sudah bawakan fitur NFC (Near Field Communication) serta sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power sehingga terlihat lebih modern.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C, Kini Sudah Bawakan Fitur NFC serta Layar 90Hz

Salah satu hal menarik dari Xiaomi Redmi 13C ada pada sektor desainnya. Dibandingkan pendahulunya seperti Xiaomi Redmi 12C atau Xiaomi Redmi 10C, Xiaomi Redmi 13C bisa dibilang memiliki desain yang lebih modern. Terutama pada bagian housing kameranya.

Jika dilihat secara seksama, housing kamera ponsel ini mirip dengan seri Xiaomi Redmi Note 13. Terdapat garis tipis yang memisahkan tiap bagian kameranya. Bedanya, housing kamera Xiaomi Redmi 13C tidak menonjol dan hanya memiliki dua lingkaran kamera saja di dalamnya.

Beralih ke bagian belakang, bodinya dikemas secara rata dengan ketebalan yang cukup tipis yaitu 8,1 mm saja. Meski demikian, bagian frame-nya dibuat sedikit melengkung. Hal ini agar membuat pengguna nyaman dalam menggenggam.

Di sisi depan, Xiaomi Redmi 13C masih memiliki desain yang tak jauh berbeda dari pendahulunya. Ukuran bezel yang dimilikinya tidak bisa dibilang tipis, apalagi bagian dagunya cukup tebal dari yang lain. Untuk bagian notch-nya masih menggunakan desain waterdrop notch khas entry-level.

Smartphone entry-level Xiaomi Redmi 13C pun hadir dengan varian warna lebih banyak, yakni Clover Green, Glacier White, Navy Blue, hingga Midnight Black.

Tak hanya mengalami perubahan pada sektor desain, Xiaomi Redmi 13C juga sudah mengalami peningkatan di sektor layar. Xiaomi Redmi 13C hadir dengan layar IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 260 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan mencapai 450 nits yang cemerlang.

Hal menarik yang jadi peningkatan dari sektor layar ini ada pada refresh rate-nya. Pendahulunya yaitu Xiaomi Redmi 12C hanya mengusung refresh rate 60Hz saja. Kini, pada Xiaomi Redmi 13C sudah dibekali refresh rate 90Hz yang membuatnya memiliki pergerakan yang sedikit lebih mulus dan nyaman digunakan.

Layar tersebut pun sudah terlindungi oleh Corning Gorilla Glass yang cukup tangguh. Hal ini membuatnya lebih awet dan tahan terhadap goresan atau retakan.

Performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 13C ini juga terbilang memadai di kelasnya berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 yang berlari dengan kecepatan 2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang berlari dengan kecepatan 1.8 GHz, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G52 2EEMC2.

MediaTek Helio G85 ini pun dipadukan dengan RAM 6 GB / 8 GB LPDDR4X dengan frekuensi 1800MHz yang masih dapat diperluas berkat adanya fitur RAM Virtual, dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB eMMC 5.1. Jika masih kurang, pengguna masih dapat memperbesar memorinya karena ponsel ini telah dibekali slot microSD. Untungnya, pengguna tak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM lantaran slot microSD pada ponsel ini sifatnya dedicated slot. Oleh karena itu, pengguna dapat memasukkan Dual SIM dan microSD secara bersamaan.

Chipset tersebut diklaim mampu dalam menghasilkan visual grafis yang cukup baik dan lancar saat bermain game. Ini terlihat dari skor AnTuTu v10-nya yang mencapai di angka 263.579 menurut data Nanoreview.

Beralih ke bagian kamera, smartphone Xiaomi Redmi 13C ini hadirnya tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus (PDAF), AI, dan LED flash.

Lalu, terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro. Terakhir, terdapat kamera ketiga berkekuatan 0,08 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai kamera depth sensor.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie beresolusi 8 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.0 fixed-focus serta diperkuat fitur AI Camera untuk foto selfie.

Bukan hanya mengunggulkan sektor kamera, Xiaomi juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Xiaomi Redmi 13C hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Xiaomi adalah salah satu brand yang senantiasa memberikan pengalaman baterai tahan lama setiap lini produknya, tidak terkecuali Xiaomi Redmi 13C ini. Sebab, ponsel entry-level in juga didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan hingga seharian penuh dalam penggunaan normal.

Bahkan, Xiaomi mengklaim bahwa smartphone entry-level ini mampu bertahan hingga 31 jam pada durasi panggilan telepon, 114 jam untuk pemutaran musik, 25 jam untuk browsing, hingga 23 hari lamanya untuk mode siaga. Tak hanya itu, baterai tersebut juga dijejalkan fitur pengisian cepat 18W.

Bagi siapapun yang membeli smartphone Xiaomi Redmi 13C, akan mendapatkan jaminan garansi sampai 15 bulan. Ini menarik karena cukup jarang smartphone Rp 1 jutaan, dapat garansi lebih dari satu tahun.

Tak hanya itu, Xiaomi Redmi 13C juga rupanya dapat jaminan update OS. Xiaomi Indonesia menjanjikan jika ponsel ini dapat OS sampai 2 tahun atau 2 kali. Sejak awal peluncurannya, Xiaomi Redmi 13C menggunakan sistem operasi Android 13. Itu artinya, Xiaomi Redmi 13C dapat pembaruan hingga Android 15.

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Xiaomi Redmi 13C ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Xiaomi Redmi 13C. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C

Spesifikasi Xiaomi Redmi 13C

  • Rilis di Indonesia : 8 Desember 2023
  • Warna : Midnight Black, Navy Blue, Glacier White, Clover Green
  • Dimensi : 168 x 78 x 8.1 mm
  • Berat : 192 gram
  • Layar : IPS LCD dengan ukuran 6,74 inci beresolusi HD+ alias 720 x 1600, kerapatan 260 ppi, tingkat kecerahan 600 nits (HBM), refresh rate 90Hz
  • Chipset : Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm), Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G52 MC2
  • Sistem Operasi : Android 13, MIUI 14
  • Memori : RAM 6 GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB dan ROM 128 GB, microSDXC (dedicated)
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.8, 28mm (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (macro) + 0.08 MP (auxiliary lens), LED flash, HDR, 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 8 MP, f/2.0, (wide), 1080p@30fps.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 18W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.3 dengan codec A2DP dan LE, GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, NFC, Radio FM, port USB Type-C, dan USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor : Fingerprint (side-mounted), accelerometer, compass, virtual proximity sensing

Harga Xiaomi Redmi 13C

Xiaomi Redmi 13C merupakan smartphone terbaru di kelas entry-level yang menawarkan desain modern dengan performa oke di kelasnya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 octa-core. Tak hanya itu, smartphone ini juga memiliki banyak fitur menarik seperti hadirnya fitur NFC (Near Field Communication), refresh rate 90Hz, garansi 15 bulan, hingga dapat jaminan OS sampai 2 tahun. Harga smartphone Xiaomi Redmi 13C terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.499.000 rupiah untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah.