0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Sebelum Beli! Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Realme C67 - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia secara resmi merilis smartphone terbaru mereka di kelas menengah melalui seri Realme C67. Smartphone ini menggunakan sejumlah fitur premium yang membuatnya naik kelas, seperti datangkan sensor kamera premium dengan hasil foto memukau serta desain stylish dengan Sunny Oasis Design. Yang membuat smartphone ini menarik adalah banderol harganya yang begitu terjangkau, berada di rentang harga Rp 2 jutaan. Di harga tersebut, Realme C67 menawarkan fitur premium seperti adanya fitur NFC (Near Field Communication), dukungan stereo speaker, mengantongi sertifikasi IP54 dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C67

Smartphone Realme C67 sendiri hadir dengan dua buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 MP yang didukung fitur 3x in-sensor zoom. Perihal performa, Realme C67 ditopang oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB yang bisa dikatakan masih cukup kompeten di kelas harganya. Kemudian, ponsel ini pun dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Ponsel yang termasuk dalam seri C "Champion" ini akan terasa cocok buat yang hobi fotografi dan senang melakukan aktivitas gaming ringan dengan harga murah. Berikut adalah penjabaran poin-poin terkait kelebihan dan kekurangan Realme C67 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Realme C67

Kelebihan Realme C67

1. Desain Stylish dengan Bezel Tipis

Secara desain, Realme C67 mungkin banyak yang mengira ini adalah smartphone Rp 3 jutaan ke atas. Pasalnya, layarnya sudah usung desain kamera punch hole dengan bezel yang tipis, suatu hal yang jarang ditemukan pada smartphone murah, khususnya di rentang harga Rp 2 jutaan.

Punch hole tersebut tidak diletakkan di pojok kiri atas melainkan di tengah. Ini untuk mendukung fitur antarmuka Mini Capsule 2.0 yang memang berpusat pada kamera punch hole tersebut. Kemunculan terkait dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen. Ketiga skenario tersebut adalah terkait dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, sampai dengan menghitung langkah. Namun, sejauh ini Mini Capsule Notification pada Realme C67 hanya baru bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemat, dan saat pengisian daya berlangsung.

Beralih ke sisi belakang, sang ponsel juga sudah dirancang dengan desain lebih fresh, mengusung desain bernama Sunny Oasis Design yang terlihat estetis. Terdapat housing kamera berisikan dua lensa yang memiliki bentuk pil alias lonjong, ini mengingatkan penulis pada smartphone besutan OPPO. Namun, hal ini bisa dikatakan wajar mengingat Realme masih berada di bawah naungan BBK Electronics.

Terlihat juga adanya "alas" yang membelakangi camera bump tersebut sehingga memberikan kesan dual tone yang cantik. Keempat ujung sisi ponsel dibuat rounded edge, sementara sisi frame-nya dibuat flat atau datar yang bisa meningkatkan cengkraman tangan pada ponsel.

2. Adanya Sertifikasi IP54 dan Dilengkapi NFC

Realme C67 juga termasuk salah satu smartphone murah di harga Rp 2 jutaan yang memiliki ketahanan cipratan air dan paparan debu. Hal ini dikarenakan Realme C67 memiliki sertifikasi IP54. Sertifikasi ini memang tidak sebagus IP68, yang punya ketahanan air lebih baik.

Namun, untuk kelas Rp 2 jutaan, hadirnya sertifikasi IP54 patut diapresiasi. Tak hanya menghadirkan sertifikasi IP54. Smartphone Realme C67 juga memiliki fitur NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna dalam menempelkan kartu eMoney pada bodi belakang untuk mengisi saldo atau cek saldo.

Meski sudah ada beberapa smartphone entry-level di harga Rp 1 jutaan menghadirkan fitur NFC (Near Field Communication), kehadiran fitur penting ini tetap layak diapresiasi di harga Rp 2 jutaan. Ini lantaran masih banyak juga sejumlah HP lain di kelas yang sama mengabsenkan fitur penting ini.

3. Layar IPS LCD 90Hz

Smartphone Realme C67 mengusung spesifikasi layar punch hole yang kekinian pada aspek rasio 20:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,72 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan 392 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 800 nits dengan touch sampling rate 180Hz.

Kemudian, layar dari smartphone Realme C67 ini sudah mengusung refresh rate 90Hz yang membuatnya memiliki pergerakan yang sedikit lebih mulus dan nyaman digunakan. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.

4. Dapur Pacu Sungguh Kompeten di Kelasnya

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Realme C67 bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelas harganya. Sebab, ponsel ini dikemas dengan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 dengan proses manufaktur 6 nanometer yang mengusung octa-core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 yang berlari dengan kecepatan 2.8 GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 yang berlari dengan kecepatan 1.9 GHz, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

Realme C67 juga dipadankan dengan RAM 8 GB LPDDR4X serta dua opsi penyimpanan 128 GB dan 256 GB. Terdapat juga slot microSDXC terpisah untuk melakukan ekspansi memori eksternal. Adapun juga fitur penambahan RAM hingga 8 GB secara virtual.

Dilansir dari Nano Rewiew, Qualcomm Snapdragon 685 di Realme C67 ini meraih skor AnTuTu v10 sebesar 343.136 poin. Penilaian Geekbench 6 dari sumber yang sama menyatakan skor single-core 471 poin dan multi-core 1506 pada Snapdragon 685.

5. Hadirkan Dual Camera dengan Kamera Utama 108 MP

Sisi fotografi, smartphone Realme C67 bisa dikatakan cukup menarik dengan dukungan dua buah kamera di sisi belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 MP dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur Dual Pixel phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Adapun kamera utama Realme C67 ini ditandemkan fitur 3x In-sensor zoom yang mendukung hingga tiga kali lossless zoom sehingga tidak akan mengurangi kualitas gambar ketika melakukan zoom. Bahkan, smartphone ini juga mendukung 3x portrait di mana pengguna bisa memanfaatkan fitur untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang estetik.

Sedangkan kamera kedua Realme C67 mengusung resolusi 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor atau portrait. Sehingga, kombinasi kedua kamera ini dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh yang artistik melalui Mode Portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.1. Perihal perekaman video, baik kamera belakang dan depan sudah sama-sama sanggup merekam pada resolusi Full HD.

6. Dukungan Stereo Speaker, Volume Bisa Ditingkatkan Hingga 200 Persen

Smartphone Realme C67 tak lagi menggunakan mono speaker seperti sejumlah smartphone Realme C series lainnya. Melainkan, kini sudah tersedia stereo speaker dengan kualitas audio yang lebih lantang dan pastinya dukung audio spasial yang imersif.

Bukan hanya mendukung stereo speaker, smartphone ini juga sudah dibekali port audio 3.5 mm untuk dihubungkan dengan kabel earphone. Menariknya, pengguna masih bisa meningkatkan suara volume lebih kencang hingga 200 persen, melewati batas yang umumnya hanya 100 persen.

7. Baterai 5000 mAh, Terdapat Fitur SuperVOOC 33W

Daya tahan baterai dari smartphone Realme C67 bisa dikatakan cukup awet hingga seharian penuh berkat kapasitas baterai 5000 mAh. Ini merupakan standar kapasitas yang paling umum di industri smartphone. Adapun juga fitur penghematan bertenaga AI, sehingga ketahanannya lebih awet lagi.

Sistem akan mendeteksi pola penggunaan dan akan menyesuaikan diri secara otomatis untuk memperpanjang masa durasi ketahanan baterai. Tak hanya itu, Realme C67 juga diperkuat fitur pengisian cepat SuperVOOC 33W yang bisa dikatakan cukup kencang.

Kekurangan Realme C67

Kekurangan Realme C67

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Realme C67 memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Realme Indonesia malah memilih untuk menghadirkan depth sensor sebagai kamera keduanya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide, sebut saja Xiaomi Redmi 12 4G yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan.

2. Perekaman 60fps Absen

Realme C67 ini sayangnya tidak sanggup merekam video 60fps pada resolusi 1080p, yang mana ia hanya sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps saja. Ini tak lain karena keterbatasan ISP Spectra 346T yang dimiliki oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685. Hal ini mungkin masih bisa ditoleransikan oleh sebagian orang.

Spesifikasi Realme C67

Spesifikasi Realme C67
  • Warna : Sunny Oasis, Black Rock.
  • Dimensi : 165.7 x 76 x 7.9 mm.
  • Berat : 190 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400, 6.5 inci.
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 685
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 14, Realme UI 4.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme C67

Harga Realme C67

Realme C67 adalah salah satu smartphone terbaru yang diluncurkan di akhir tahun 2023 yang mengusung desain stylish dengan kamera utama berkekuatan 108 MP. Tak hanya itu, kinerja yang ditawarkan oleh sang ponsel pun cukup kompeten berkat dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 octa-core. Harga smartphone Realme C67 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp2.599.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000 rupiah.

Smartphone Realme C67 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB digelar Early Bird 19-21 Desember 2023 mulai pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan Realme.com, dengan penawaran khusus meliputi voucher belanja sebesar Rp100.000 rupiah, paylater dengan bunga 0%, promo bank up to Rp100.000 rupiah, hingga gratis biaya pengiriman, syarat dan ketentuan berlaku.

Sementara itu, untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB digelar pre-order pada 19 Desember 2023 - 4 Januari 2024 pada platform penjualan online dan offline Realme, serta toko mitra resmi. Varian ini akan tersedia menyeluruh mulai 5 Januari 2024 mendatang.