0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 8 Pro - Spesifikasi & Harga

Bukan hanya meluncurkan seri Infinix Hot 40i dan Infinix Hot 40 Pro saja, Infinix Mobility Indonesia juga tampak merilis smartphone entry-level mereka melalui seri Infinix Smart 8 Pro. Kinerja smartphone ini pun cukup memadai dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB yang cukup luas untuk sekelas harganya. Tak hanya itu, Infinix Smart 8 Pro pun juga bawakan kamera utama berkekuatan 50 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 8 Pro

Adapun keunggulan lain yang ditawarkan oleh smartphone ini seperti didukung baterai besar berkapasitas 5000 mAh dan dipersenjatai layar sentuh yang smooth berkat dukungan refresh rate 90Hz. Bahkan, ponsel ini juga telah mengusung sensor sidik jari di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol power, fitur ini tentu patut diapresiasi karena dibanderol dengan harga murah. Pasalnya, banyak pesaingnya tidak memiliki fitur tersebut.

Penasaran dengan kemampuan dari smartphone ini? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, langsung saja simak ulasan berikut terkait kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 8 Pro beserta spesifikasi dan harganya yang wajib untuk diketahui.

Kelebihan Infinix Smart 8 Pro

Kelebihan Infinix Smart 8 Pro

1. Desain ala iPhone

Secara desain, Infinix Smart 8 Pro masih mengusung desain yang mirip dengan iPhone, begitu juga frame boxy yang rata. Tak semua orang menyukai desain ini. Namun, ini cara yang dipilih Infinix agar smartphone ini terlihat tidak murahan. Bagaimanapun, perangkat yang satu ini bukanlah iPhone. Infinix akhirnya memberikan modifikasi, tidak asal menduplikasi.

Hal itu mereka lakukan dengan memberikan sebuah corak di penutup belakang si ponsel. Corak itu diberi nama Vibrant Glow Texture yang membuat penutup belakang terlihat seperti kaca meski bahan yang digunakan dari plastik. Terdapat juga efek gradient warna serta memiliki sifat reflektif.

Efek tersebut pun dapat dinikmati pada opsi warna Rainbow Blue, Galaxy White, dan Shiny Gold. Akan tetapi, jika Anda ingin mencari warna yang lebih kalem, silahkan pilih Timber Gold.

2. Layar Punch Hole dengan Refresh Rate 90Hz

Infinix Smart 8 Pro dipersenjatai layar sentuh punch hole pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,6 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1612 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 267 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 500 nits.

Tak hanya itu, layar dari smartphone Infinix Smart 8 Pro juga sudah mendukung refresh rate 90Hz yang smooth. Namun, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Refresh rate 90Hz juga bisa diaktifkan untuk mendapatkan manfaat scrolling yang mulus.

Terdapat juga fitur menarik yang ada pada layar Infinix Smart 8 Pro yaitu Magic Ring. Fitur ini mirip dengan Dynamic Island di iPhone. Itu adalah animasi notifikasi yang memanfaatkan lubang kamera depan.

3. Performa Bersaing di Kelas Harganya

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Infinix Smart 8 Pro memang bukan yang terkencang di kelas harganya. Akan tetapi, itu sudah memadai untuk komputasi ringan sehari-hari. Pasalnya, smartphone ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core 2,2 GHz dan quad-core berkecepatan 1,6 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320 680MHz.

Dari informasi yang penulis himpun, MediaTek Helio G36 pada Infinix Smart 8 Pro ini hanya dapat skor 152.522 pada AnTuTu v10, alias lebih rendah dari Unisoc T606 dengan skor 238.347 yang digunakan pada Infinix Smart 8 reguler.

4. Kemampuan Kamera Unggul

Beralih ke sektor kamera, smartphone Infinix Smart 8 Pro dibekali dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel yang didukung fitur phase-detection autofocus, dan dual LED flash.

Kemudian terdapat kamera kedua berkekuatan QVGA yang berfungsi sebagai depth sensor dan AI Lens yang mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh melalui mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel fixed focus yang ditandemkan fitur AI yang andal untuk melakukan video call atau foto selfie.

5. RAM dan Storage Luas

Infinix Smart 8 Pro hadir dengan konfigurasi memori 8 GB RAM dan 128 GB untuk penyimpanan internal. Konfigurasi tersebut bisa dikatakan besar untuk smartphone di bawah Rp 1,5 jutaan. Ia bahkan punya memori lebih tinggi dari seri regulernya "Infinix Smart 8" yang hanya hadirkan RAM 3 GB dan 64 GB atau RAM 4 GB dan ROM 128 GB.

Sedikit informasi tambahan, RAM yang besar tentu akan memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk melakukan multitasking. Infinix mengklaim, smartphone Infinix Smart 8 Pro mampu membuka hingga 18 aplikasi sekaligus. Hal itu bisa dicapai ketika Anda mengaktifkan fitur MemFusion untuk menambah RAM virtual hingga 8 GB.

Sementara itu, dengan penyimpanan internal seluas 128 GB. Infinix Smart 8 Pro diklaim mampu menyimpan lebih dari 30.000 ribu foto. Jika masih terasa kurang, maka Anda bisa tambahkan microSD melalui slot yang sudah tersedia.

6. Baterai Awet Seharian

Sektor stamina, Infinix Smart 8 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh yang lazim dimiliki oleh perangkat zaman sekarang. Menurut klaim dari Infinix, baterai tersebut bisa bertahan hingga 36 jam untuk memutar video. Jika digunakan untuk menelepon, smartphone ini mampu menyala sampai 39 jam.

Apabila di antara Anda sangat memperhatikan ketahanan baterai, Infinix telah menyiapkan fitur Ultra Power Saving Mode. Fitur ini sangat efektif digunakan ketika baterai smartphone Anda tersisa sedikit.

Setidaknya fitur Ultra Power Saving Mode membantu HP bisa standby selama 24 jam meski baterai sisa 5 persen. Dengan sisa baterai tersebut, Anda juga bisa melakukan panggilan telepon hingga 2 jam.

7. Fitur Menarik di Antarmuka XOS

Tak hanya fitur Ultra Power Saving Mode, antarmuka XOS 13 yang digunakan oleh Infinix Smart 8 Pro juga memiliki fitur menarik lain. Salah satunya adalah aplikasi telepon yang terintegrasi dengan WhatsApp.

Ketika hendak menghubungi suatu nomor telepon melalui panggilan WhatsApp, Anda tak perlu menyimpan nomor tersebut ke dalam kontak. Anda hanya perlu mengetiknya di aplikasi telepon lalu pencet tombol bersimbol gagang telepon.

Fitur selanjutnya adalah USB OTG yang berfungsi membuat smartphone dapat tersambung ke flash disk melalui port USB Type-C. Kemudian, ada juga fitur lain yang bernama Smart Scanner. Fitur ini memanfaatkan kamera untuk memindai dokumen.

8. Sensor Lengkap

Walaupun smartphone Infinix Smart 8 Pro dibanderol dengan harga murah tampaknya ia memiliki sensor yang cukup lengkap untuk sekelas harganya. Sensor accelerometer, proximity, compass, hingga gryoscope. Tak lupa, sensor sidik jari juga sudah ada yang diletakkan di samping bodi yang terintegrasi dengan tombol daya.

Namun, banyak yang mengatakan responsivitas sensor sidik jari dari Infinix Smart 8 Pro ini kurang gesit. Ketika jari disentuhkan ke tombol power, setidaknya ada jeda 1 detik sebelum layarnya kebuka. Meski demikian, akurasinya patut diapresiasi karena sensor tidak pernah gagal mengenali sidik jari.

Kekurangan Infinix Smart 8 Pro

Kekurangan Infinix Smart 8 Pro

1. Tanpa Fitur NFC

Kekurangan dari smartphone Infinix Smart 8 Pro ini adalah tidak ada fitur NFC (Near Field Communication). Padahal, fitur ini makin dibutuhkan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk melakukan transaksi digital, mengecek atau mengisi saldo e-money, hingga mengubah jadi kartu akses.

Tak sedikit juga smartphone di kelas yang sama sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) ini. Sebut saja Tecno Spark 10CInfinix Hot 30, dan lain sebagainya.

2. Pengisian Daya Lambat

Adapun kekurangan lain yang dimiliki oleh smartphone Infinix Smart 8 Pro adalah pengisian dayanya yang cukup lambat. Padahal, smartphone ini telah didukung kemampuan ketahanan daya yang baik dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Bahkan, penggunaan chipset dan layar yang lebih hemat daya juga memperpanjang durasi daya baterai setiap harinya.

Sayangnya, fitur pengisian daya pada Infinix Smart 8 Pro ini hanya 10W. Oleh sebab itu, durasi pengisian daya baterai smartphone ini bisa lebih dari dua jam mengingat kapasitasnya besar.

Spesifikasi Infinix Smart 8 Pro

Spesifikasi Infinix Smart 8 Pro
  • Warna : Rainbow Blue, Galaxy White, Shiny Gold, dan Timber Black.
  • Dimensi : 163.6 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 189 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1612 piksel, 6.6 inci.
  • Chipset : Mediatek Helio G36 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 14, XOS13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 10W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.8 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Smart 8 Pro

Harga Infinix Smart 8 Pro

Infinix Smart 8 Pro adalah sebuah smartphone entry-level terbaru besutan Infinix Mobility yang diluncurkan pada Februari 2024 dengan hadirkan performa cukup memadai dari SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB yang cukup luas untuk sekelas harganya. Tak hanya itu, Infinix Smart 8 Pro pun juga bawakan kamera utama berkekuatan 50 MP. Selain itu, sang ponsel juga dipersenjatai baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Harga smartphone Infinix Smart 8 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.399.000 rupiah dengan varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB.