0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A3 - Spesifikasi & Harga

Februari 2024, Xiaomi Indonesia resmi hadirkan smartphone entry-level terbaru mereka melalui seri Xiaomi Redmi A3 yang menjadi penerus Xiaomi Redmi A2. Menariknya, Xiaomi Redmi A3 bisa dibilang tampil glow-up dan sangat berbeda dari pendahulunya. Alih-alih gunakan housing persegi seperti smartphone entry-level pada umumnya, Xiaomi Redmi A3 justru gunakan housing kamera dengan lingkaran besar yang mirip dengan HP flagship Xiaomi 13 Ultra. Xiaomi menyebutnya Premium Halo Design untuk housing kameranya, itu juga dipadukan penutup belakang yang terbuat dari kaca.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi A3

Perihal performa, smartphone Xiaomi Redmi A3 bisa dikatakan cukup memadai untuk sekelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 octa-core dipadukan dengan memori RAM 4 GB. Bahkan, perangkat juga didukung oleh penyimpanan internal yang lega berkapasitas 128 GB. Kemudian, Xiaomi Redmi A3 dipersenjatai oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal.

Kabarnya, smartphone Xiaomi Redmi A3 dibanderol dengan rentang harga Rp 1 jutaan saja. Dengan harganya, kelebihan yang ditawarkan sang ponsel terbilang menarik. Agar lebih jelas, Anda bisa simak ulasan berikut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi A3 beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan Xiaomi Redmi A3

Kelebihan Xiaomi Redmi A3

1. Hadirkan Desain Premium

Xiaomi Redmi A3 memiliki tampilan desain yang premium untuk harga smartphone di kelas sejutaan. Alih-alih gunakan housing persegi seperti smartphone entry-level pada umumnya, Xiaomi Redmi A3 justru gunakan housing kamera dengan lingkaran besar yang mirip dengan HP flagship Xiaomi 13 Ultra. Desain tersebut diberinama Premium Halo Design.

Smartphone ini dibekali dua kamera di bagian belakang dengan menempatkan kamera utamanya di bagian tengah housing. Kemudian di sisi kanan dan kirinya diisi kamera tambahan dan LED flash agar memiliki komposisi yang bagus.

Untuk bodi belakangnya, Xiaomi Redmi A3 menggunakan material lapisan polikarbonat yang menarik. Itu memiliki tekstur yang khas ala kulit imitasi. Inilah yang membuatnya terasa makin premium. Bukan hanya nyaman digenggam, bodinya juga jadi lebih mampu mengurangi noda bekas sidik jari sehingga tetap terlihat bersih.

Sebenarnya Xiaomi Redmi A3 memiliki tiga opsi warna. Pertama adalah Midnight Black sebagai warna netral dengan kesan butiran bintang dan Lake Blue yang masing-masing menggunakan material kaca. Kemudian, terdapat pilihan warna Olive Green yang memiliki tekstur khas ala kulit imitasi dengan kesan premium. Sayangnya, opsi warna Olive Green tidak boyong ke pasar Indonesia.

2. Layar Mulus 90Hz

Di sektor layar, smartphone entry-level Xiaomi Redmi A3 dipersenjatai layar sentuh berponi pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,71 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 268 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan mencapai di angka 400 nits.

Adapun peningkatan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi A3 dari pendahulunya yaitu layarnya yang sedikit lebih baik dengan refresh rate 90Hz. Dengan begitu, aktivitas seperti scrolling media sosial atau browsing jadi lebih nyaman. Bahkan, bermain game juga cukup nyaman dengan touch sampling rate 120Hz.

Bukan hanya ditingkatkan pada tampilannya saja, ia juga sudah ditingkatkan soal keamanannya. Sebab, layarnya ini sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan oleh benda tajam atau terjatuh.

3. Performa Cukup Oke

Kinerja yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Redmi A3 memang bukan yang terkencang di kelas harganya. Akan tetapi, itu sudah memadai untuk komputasi ringan sehari-hari. Pasalnya, smartphone ini ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G36 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang terdiri dari quad-core 2,2 GHz dan quad-core berkecepatan 1,6 GHz dipadukan dengan memori RAM 4 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320 680MHz.

Agar performanya tetap stabil, chipset ini didukung teknologi HyperEngine 2.0 Lite yang terdiri dari Networking dan Resource Management Engine 2.0. Dihimpun dari laman resmi MediaTek, kedua teknologi tersebut dinilai sanggup menyuguhkan koneksi yang lebih baik, dan membantu perangkat agar bisa menjalankan game dengan lebih lama.

Merujuk pada data Nanoreview, MediaTek Helio G36 pada Xiaomi Redmi A3 mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 152.522 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 227 untuk single-core dan 834 untuk multi-core.

4. Kamera Memuaskan

Beralih ke sektor kamera, smartphone Xiaomi Redmi A3 bisa dikatakan cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 8 MP pada bukaan aperture f/2.0 yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur autofocus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua Xiaomi Redmi A3 berkekuatan QVGA pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated depth sensor untuk menghasilkan bokeh saat mode portrait.

Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan hanya sanggup merekam di resolusi 1080p@30fps.

5. Tawarkan Android Go

Dari Xiaomi Redmi A Series generasi pertama hingga Redmi A3, sistem operasi yang digunakannya yaitu Android Go. Jadi, smartphone ini pun tidak menggunakan MIUI seperti smartphone Redmi atau Xiaomi lainnya. Google mengklaim Android Go mampu suguhkan performa 30% lebih kencang pada saat membuka aplikasi.

Untuk sistem operasi, Anda dapat menikmati fitur dan aplikasi bawaan Google, tapi dalam versi yang lebih ringan. Misalnya Google Go, Gallery Go, Assistant Go, Google Play Service Go, dan lain sebagainya.

Kehadiran Android Go pada smartphone Xiaomi Redmi A3 juga memiliki kelebihan tersendiri. Terlebih, ketidakhadiran MIUI membuat perangkat tidak dibanjiri oleh bloatware atau iklan yang menganggu. Bahkan, Xiaomi juga memberikan software update hingga 2 tahun.

6. Baterai Awet

Sektor stamina, Xiaomi Redmi A3 hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Ukuran kapasitas baterai sebesar ini sudah menjadi hal yang wajar. Pasalnya, salah satu hal yang diunggulkan smartphone entry-level adalah ketahanannya untuk penggunaan harian.

Menariknya, dibandingkan pendahulunya yang masih gunakan port microUSB, Xiaomi Redmi A3 sudah lebih canggih dengan mengadopsi port USB Type-C. Inilah yang membuat pengisian daya 10W yang disematkan sedikit lebih cepat.

7. Fingerprint Side Mounted

Bukan hanya mengunggulkan sektor performa, Xiaomi juga condong memerhatikan unsur desain. Oleh sebab itu, Xiaomi Redmi A3 hadir dengan bodi belakang yang bersih dan rapi tanpa menampilkan sensor sidik jari di sisi belakangnya.

Alih-alih di belakang, sensor sidik jari pada ponsel ini sudah diletakkan di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Selain membuat bodi terlihat lebih clean di bagian belakang, pengalaman buka kunci juga kian mudah dan natural.

Kekurangan Xiaomi Redmi A3

Kekurangan Xiaomi Redmi A3

1. Tanpa Fitur NFC

Kekurangan dari smartphone Xiaomi Redmi A3 ini adalah tidak ada fitur NFC (Near Field Communication). Padahal, fitur ini makin dibutuhkan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk melakukan transaksi digital, mengecek atau mengisi saldo e-money, hingga mengubah jadi kartu akses.

Tak sedikit juga smartphone di kelas yang sama sudah memiliki fitur NFC (Near Field Communication) ini. Sebut saja Tecno Spark 10CInfinix Hot 30, dan lain sebagainya.

2. Pengisian Daya Lambat

Adapun kekurangan lain yang dimiliki oleh smartphone Xiaomi Redmi A3 adalah pengisian dayanya yang cukup lambat. Padahal, smartphone ini telah didukung kemampuan ketahanan daya yang baik dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Bahkan, penggunaan chipset dan layar yang lebih hemat daya juga memperpanjang durasi daya baterai setiap harinya.

Sayangnya, fitur pengisian daya pada Xiaomi Redmi A3 ini hanya 10W. Angka ini bisa dibilang masih sama dengan pendahulunya yaitu Redmi A2 dan Redmi A1.

Spesifikasi Xiaomi Redmi A3

Spesifikasi Xiaomi Redmi A3
  • Warna : Midnight Black dan Lake Blue.
  • Dimensi : 168.3 x 76.3 x 8.3 mm.
  • Berat : 193 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1650 piksel, 6.71 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 14 (Go edition), MIUI.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 10W.
  • Kamera Belakang : 8 MP + 0.8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Xiaomi Redmi A3

Harga Xiaomi Redmi A3

Xiaomi Redmi A3 adalah smartphone kelas entry-level yang tampil megah berkat mengusung desain Premium Halo Design dengan housing kamera bulat. Tak cukup sampai disitu saja, ponsel ini juga menawarkan performa unggul dari MediaTek Helio G36 octa-core. Harga smartphone Xiaomi Redmi A3 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.299.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.