0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 12 5G - Spesifikasi & Harga

Beberapa waktu lalu, Realme Indonesia resmi merilis smartphone premium mereka melalui seri Realme 12 Series. Menariknya, Indonesia adalah negara pertama yang menyambut kehadiran smartphone yang satu ini. Realme 12 5G menjadi model paling sederhana dua model lain yang mengisi lini serinya yaitu Realme 12+ 5G dan Realme 12 Pro+ 5G. Smartphone Realme 12 5G ini pun mengusung desain mewah dengan konsep Trendy Watch Design dengan sentuhan Polished Sunburst Dial dipadukan PVD Edges yang menambah aksen keanggunan pada sang ponsel. Ini juga tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Twilight Purple dan Woodland Green.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 12 5G

Berbicara soal performa, Realme 12 5G bisa dikatakan bersaing di kelas harganya dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ 5G octa-core dipadukan RAM 8 GB. Adapun hal menarik lain yang dimiliki oleh sang ponsel adalah sektor fotografinya lantaran didukung dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 108 MP yang dilengkapi fitur 3X Cinematic Portrait Mode. Kemudian, ponsel ini diperkuat baterai berkapasitas 5000 mAh dengan SuperVOOC 45W.

Daya pikat pada Realme 12 5G terletak pada desain, performa, hingga kameranya. Untuk tampilannya sendiri masih mengikuti jejak kedua kakaknya, yaitu Realme 12+ 5G dan Realme 12 Pro+ 5G. Berikut adalah ulasan terkait dengan kelebihan dan kekurangan Realme 12 5G yang bisa Anda simak secara seksama.

Kelebihan Realme 12 5G

Kelebihan Realme 12 5G

1. Desain Mewah

Tak jauh berbeda dengan dua saudaranya "Realme 12+ 5G dan Realme 12 Pro+ 5G", tampilan bodi belakang Realme 12 5G juga tampak menyerupai jam tangan mewah. Bedanya, housing kamera di ponsel ini dibuat lebih kecil meski sama-sama berbentuk lingkaran dan disimpan di tengah.

Bodi belakangnya pun tidak menggunakan bahan kulit imitasi sepertu dua saudaranya, namun masih menghadirkan 500 pola gradasi sinar matahari untuk menyamai efek lempengan jam tangan mewah. Di bawah camera island, terdapat garis memanjang vertiakal yang mencapai ujung bawah ponsel. Kemudian, garis tersebut diberikan pola berlian mirip tali luxury watch.

Tampilan dari Realme 12 5G pun cukup unik karena mirip dengan Realme 12 Series lainnya. Sebab, berkaca pada sentuhan sebelumnya, Realme 11 4G dan 5G membawakan desain yang sama sekali berbeda dengan varian Pro dan Pro+.

Realme 12 5G juga sudah dibekali sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air dari segala sisi, misalnya seperti gerimis atau tetesan air minum. Kehadiran IP54 tentu membuat ponsel ini jadi opsi menarik bagi mereka yang membutuhkan smartphone dengan tahan cipratan air.

2. Layar Lebar, Hadirkan Refresh Rate 120Hz

Smartphone Realme 12 5G dipersenjatai dengan layar punch hole berukuran 6,72 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 392 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan puncak mencapai di angka 920 nits dengan DCI-P3 color gamut.

Layar tersebut mendukung tampilan 16,7 juta warna yang terasa cukup untuk berikan visual memukau, seperti ketika bermain game atau menonton film. Adapun refresh rate layarnya hingga 120Hz guna tampilkan pergeseran mulus saat navigasi antarmuka.

Saat menjelajahi antarmuka sistem, Realme 12 5G mencapai 120Hz. Sementara untuk memutar video, refresh rate-nya menurun jadi 50 atau 48Hz. Ponsel juga menerapkan refresh rate 60Hz ketika membaca, 45Hz ketika menulis, serta 90Hz ketika membaca informasi stream.

3. Memiliki Fitur yang Menarik

Realme 12 5G juga sudah dibekali sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air dari segala sisi, misalnya seperti gerimis atau tetesan air minum. Kehadiran IP54 tentu membuat ponsel ini jadi opsi menarik bagi mereka yang membutuhkan smartphone dengan tahan cipratan air.

Adapun fitur lain yang turut dihadirkan oleh smartphone Realme 12 5G ini adalah NFC (Near Field Communication). Yang menarik, Realme 12 5G di beberapa negara justru tidak menghadirkan fitur ini. Berbeda dengan versi Indonesia, yang punya fitur NFC (Near Field Communication).

Tak cukup sampai disitu saja, Realme 12 5G juga sudah dibekali serangkaian konektivitas lain yang lengkap, seperti 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, port USB Type-C 2.0, serta sensor yang lengkap seperti giroskop, compass, proximity, dan accelerometer.

Kemudian, terdapat fitur Mini Capsule versi 2.0 yang sudah bisa menerima input seperti tap dan playback musik. Bisa dibilang, fiturnya kini semakin berguna. Selain itu, fitur ini juga dapat menampilkan informasi yang lebih beragam seperti status pengecasan, penggunaan data, hingga baterai lemah.

4. Tawarkan Performa Kencang

Performa smartphone Realme 12 5G pun cukup bersaing dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ 5G berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB + 8 GB RAM virtual, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Dilansir dari NanoReview, MediaTek Dimensity 6100+ 5G hadirkan skor AnTuTu v10 sebesar 408.727 poin. Namun, skor tersebut kembali lagi ke masing-masing smartphone yang terpasang dengan chip tersebut.

Jika menilik pada laman Kimovil, smartphone mid-range premium Realme 12 5G mendapatkan skor AnTuTu v10 sebesar 442.599 poin.

5. Kamera 108 MP Mutakhir

Beralih ke sektor kamera, smartphone Realme 12 5G hadir dengan dua buah kamera dengan kamera utama berkekuatan 108 MP dengan enam elemen lensa 24mm pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan lampu flash. Kedua, terdapat kamera kedua berkekuatan 2 MP pada bukaan f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor.

Menilik pada bagian depan, Realme 12 5G hadirkan kamera selfie berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 26mm pada bukaan aperture f/2.0. Perihal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan sama-sama mampu merekam di resolusi 1080p@30fps.

6. Memiliki Stereo Speaker

Realme 12 5G pun dapat menghasilkan audio spesial yang lebih jelas berkat dukungan dua buah speaker atau stereo speaker. Bagaimana tidak, ponsel ini dapat memberikan efek separasi suara yang lebih kentara antara kanan dan kiri.

Speaker pada Realme 12 5G mengusung teknologi pemrosesan Hi-Res Audio untuk meningkat kejernihan suara. Di kala ingin mendengarkan lagu dengan lebih fokus, pengguna dapat hubungkan kabel earphone ke lubang 3.5 mm jack yang telah disediakan.

7. Hadirkan Fast Charging 45W

Sektor stamina, ponsel kelas menengah besutan Realme ini ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan hingga seharian. Pada kondisi baterai penuh, ponsel mampu menunjang pemutaran video selama 2 jam, bermain game selama 1 jam, serta pemotretan hingga 2 jam.

Tak hanya itu, fitur pengisian daya yang dimilikinya pun terbilang kencang yaitu SuperVOOC 45W yang diklaim mampu mengisi daya dari kosong hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Namun, tidak ada fitur wireless charging pada sang ponsel, ini masih bisa ditoleransikan mengingat dibanderol dengan harga terjangkau.

8. Daya Tahan Baterai Cukup Awet

Sektor stamina, ponsel kelas menengah besutan Realme ini ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan hingga seharian. Pada kondisi baterai penuh, ponsel mampu menunjang pemutaran video selama 2 jam, bermain game selama 1 jam, serta pemotretan hingga 2 jam.

Tak hanya itu, fitur pengisian daya yang dimilikinya pun terbilang kencang yaitu SuperVOOC 45W yang diklaim mampu mengisi daya dari kosong hingga 50 persen dalam waktu 30 menit. Namun, tidak ada fitur wireless charging pada sang ponsel, ini masih bisa ditoleransikan mengingat dibanderol dengan harga terjangkau.

Kekurangan Realme 12 5G

Kekurangan Realme 12 5G

1. Tidak Memiliki Kamera Ultrawide

Kamera Realme 12 5G memang sudah cukup bagus, namun memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama, konfigurasi kamera pada smartphone ini sama persis dengan Realme 11 5G, tidak ada peningkatan sama sekali. Yang kedua, ponsel tidak memiliki kamera ultrawide untuk menangkap gambar pada bidang pandang luas.

Menilik pada smartphone dengan rentang harga Rp2-3 jutaan di pasar Indonesia, rata-rata sudah hadirkan kamera ultrawide. Namun, Realme, OPPO, Infinix merupakan brand yang mulai jarang berikan kamera ultrawide di harga murah.

Beda halnya dengan Xiaomi yang masih konsisten menghadirkan kamera ultrawide di harga murah, seperti Xiaomi Redmi 12 dan Xiaomi Redmi Note 12.

2. Masih Usung Layar IPS LCD

Kendati tampilan layar dari smartphone ini sudah cukup bagus, namun Realme 12 5G belum menyajikan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang dapat tampilkan konten dengan lebih cerah. Panel AMOLED selalu menjadi sebuah fitur yang tampak mewah, kanera mulanya hanya bisa didapatkan oleh ponsel dengan harga tinggi.

Namun, kini sudah banyak smartphone murah di rentang harga Rp2 jutaan yang telah menggunakan panel AMOLED seperti Itel S23+, Xiaomi Redmi Note 12, dan Infinix Note 12 2023. Sejumlah keunggulan menggunakan panel AMOLED ialah mencakup tingginya kontras rasio ketika menonton film, mengurangi konsumsi baterai, dan menampilkan warna yang lebih terang.

Spesifikasi Realme 12 5G

Spesifikasi Realme 12 5G
  • Warna : Twilight Purple dan Woodland Green.
  • Dimensi : 165.6 x 76.1 x 7.7 mm.
  • Berat : 188 gram
  • Layar : IPS LCD, 1080 x 2400, 6.72 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6100+ (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 14, Realme UI 5.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme 12 5G

Harga Realme 12 5G

Realme 12 5G adalah salah satu smartphone kelas menengah premium terbaru yang mengusung desain premium dan didukung kamera utama berkekuatan 108 MP lengkap dengan fitur 3x zoom portrait. Tak hanya itu, kinerja yang ditawarkan oleh smartphone ini pun cukup memadai dengan mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ 5G. Harga smartphone Realme 12 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.699.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB.