0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 – Spesifikasi & Harga

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12
Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12

Infinix Mobility kembali memperkuat jajaran produk terbarunya di kelas smartphone gaming murah miliknya dengan menghadirkan seri Infinix Hot 12. Beberapa dari seri yang hadir adalah Infinix Hot 12, Infinix Hot 12 Play NFC, Infinix Hot 12 Play, sampai dengan Infinix Hot 12i

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengupas tuntas terkait dengan smartphone Infinix Hot 12 yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan. Smartphone Infinix Hot 12 dirilis pada Juni 2022 yang telah bekerjasama dengan salah satu game populer di Indonesia, yakni AOV (Arena Of Valor).

Kelebihan Infinix Hot 12

Kelebihan Infinix Hot 12
Kelebihan Infinix Hot 12

Jika Anda memiliki budget Rp2 jutaan namun ingin memiliki sebuah smartphone untuk bermain game berat, maka smartphone Infinix Hot 12 bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan harganya yang cukup terjangkau, Anda juga akan mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini.

1. Menggunakan MediaTek Helio G85

Dengan membawa tagline “Dominate The Game” tentu saja smartphone ini tidak dibekali dengan dapur pacu yang asal-asalan. Pasalnya, Infinix Hot 12 diotaki oleh Helio G85 dari MediaTek dengan mengusung fabrikasi 12 nm dengan 2 (dua) kluster CPU Octa-core yang memiliki clock speed maksimum 2.0 GHz.

Bahkan, MediaTek Helio G85 juga digadang-gadang sebagai salah satu SoC terbaik pada segmen entry-level. Smartphone Infinix Hot 12 juga berhasil mencetak skor 246.790, dengan skor tersebut tentu pengguna dapat bermain game berat seperti PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile dan sejenisnya.

Selain itu saja, smartphone ini juga mampu ketika digunakan untuk multitasking, streaming, browsing, hingga bermain game dengan lancar tanpa adanya hambatan serta tidak mudah panas mengingat fabrikasinya hanya 12 nm saja.

2. Kapasitas Baterai Mumpuni

Untuk menunjang kebutuhan pengguna seperti bermain game, streaming, browsing, multitasking dan sejenisnya dengan durasi yang lama. Maka tak heran jika Infinix Hot 12 hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh, menariknya lagi adalah smartphone ini sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W.

Dengan demikian, Infinix Hot 12 mampu mengisi daya baterai dari 0% sampai 100% hanya dengan kurun waktu 2 jam saja. Jika di-charger mulai dari baterai 20% mungkin akan membutuhkan waktu setidaknya 1 jam atau 60 menit saja sampai penuh.

3. RAM 6 GB dan ROM 128 GB

Mengingat diperuntukan khusus gaming, Infinix Hot 12 di dukung dengan RAM sampai dengan 6 GB serta ROM atau penyimpanan internal sebesar 128 GB yang sangat lega dan bisa diandalkan untuk bermain game, menyimpan file atau aplikasi yang cukup banyak dan lain sebagainya.

Selain itu, smartphone ini juga hadir dengan fitur Extended RAM alias RAM Virtual yang dapat diperluas sampai dengan 5 GB. Oh iya, apabila ROM 128 GB dirasa kurang cukup dalam menyimpan file atau aplikasi, maka Anda hanya perlu menambahkan microSD sampai dengan kapasitas maksimum, yakni 512 GB.

4. Tersemat Speaker Stereo

Ketika diperuntukan khusus gaming serta multitasking hingga nonton streaming tentu saja kualitas audio visual yang bagus dicari-cari oleh penggunanya. Oleh karena itu, Infinix Mobility menyematkan speaker stereo pada smartphone kali ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo memang sangat penting diterapkan di sejumlah produsen smartphone di produk-produk terbaru. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan Infinix Hot 12 untuk bermain game, menonton streaming hingga mendengarkan lagu.

5. Hadir Dengan Desain Elegan

Infinix Hot 12 hadir dengan desan yang simple dan elegan bahkan hal tersebut memang ciri khas dari Infinix. Untuk kamera depan dari Infinix Hot 12 memiliki desain punch hole, kemudian untuk kamera belakang berbentuk persegi panjang yang lebih besar. Setidaknya terdapat 2 (dua) buah kamera berukuran besar dan dua kamera tambahan yang berada di bawahnya.

Namun sayang, hanya 1 (satu) buah kamera saja yang berfungsi. Sementara itu, terdapat quad LED Flash dengan desain untik untuk membantu pencahayaan jika pengguna sedang berada di tempat yang gelap atau minim cahaya.

Bobot dari Infinix Hot 12 adalah 195 gram dengan bobot 170,5 x 77,6 x 8,3 mm. Untuk material atau bahan yang digunakan adalah plastik yang sungguh di desain mirip material kaca, sehingga bagian belakang bodi dari Infinix Hot 12 terasa lebih elegan dan kalem.

6. Mendukung Refresh Rate 90 Hz

Layar dari Infinix Hot 12 telah mendukung refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz sehingga bisa menampilkan tampilan yang responsive dan halus. Selain itu saja, layar ini juga telah mendukung panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel dengan ratio layar 20 : 8, dimana layar tersebut tergolong cukup luas sehingga akan terasa nyaman untuk bermain game atau menonton film dan sejenisnya.

7. Kamera yang Support Fitur AI

Berbicara mengenai kamera, Infinix Hot 12 memiliki kamera utama dengan sensor CMOS 12 MP dengan bukaan f/1.8, serta dilengkapi juga dengan fitur autofokus. Kemudian untuk kamera depth memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4 serta kamera kecil berkemampuan 0,3 MP yang diklaim sebagai fitur AI.

Sementara itu, pada bagian depan atau kamera selfie memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0 dan memiliki dual LED untuk membantu pencahayaan yang terang. Mengenai perekaman video, smartphone ini bisa menghasilkan resolusi maksimal Full HD dengan 30 fps. Lalu, untuk kamera depan juga dapat menghasilkan video dengan resolusi yang sama, yakni Full HD 30 fps.

Kekurangan Infinix Hot 12

Kekurangan Infinix Hot 12
Kekurangan Infinix Hot 12

Selain 7 (tujuh) kelebihan Infinix Hot 12 di atas, setidaknya ada beberapa kekurangan Infinix Hot 12 yang wajib Anda perhatikan. Dimana, dengan mengetahuinya tentu Anda akan bisa mengambil keputusan apakah smartphone ini layak atau tidak untuk dibawa pulang.

1. Tidak Tersedia Fitur NFC

Pada era saat ini sudah ada banyak sekali smartphone terbaru yang hadir dengan fitur NFC (Near Field Communication). Namun, tidak dengan Infinix Hot 12. Hal ini mungkin terbilang cukup wajar, pasalnya Infinix Mobility juga mengeluarkan produk baru seperti Infinix Hot 12 Play NFC yang sebelumnya sudah pernah penulis bahas.

Dengan hadirnya fitur tersebut, tentu akan membantu pengguna dalam melakukan pembayaran non tunai, melakukan transfer data ke perangkat lain dengan mudah dan cepat.

2. Aplikasi Kamera Tidak Lengkap

Meski sudah hadir dengan beberapa aplikasi atau fitur kamera Infinix Hot 12 seperti short video, AI cam, video, beauty, potrait, super night, AR shot, panorama, slow motion sampai dengan time lapse. Akan tetapi, ada satu fitur atau aplikasi kamera dari Infinix Hot 12 yang absen, yakni professional.

Spesifikasi Infinix Hot 12

Spesifikasi Infinix Hot 12
Spesifikasi Infinix Hot 12

  • Warna : Racing Black, Legend White, Origin Blue, Lucky Green.
  • Dimensi : 170.5 x 77.6 x 8.3 mm.
  • Berat : 195 gram.
  • Layar : IPS LCD, 6.82 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G85 (12 nm).
  • GPU : Mali-G25 MC2.
  • RAM : 6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, XOS 10.6
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, fast charging 18W.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP + 0.2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Infinix Hot 12

Harga Infinix Hot 12
Harga Infinix Hot 12

Dilansir dari laman resmi Infinix Mobility bahwasannya harga yang dibanderol adalah Rp2.199.000 rupiah dengan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan kartu perdana Smartfren termasuk kuota gaming bulanan 5 GB. Jika Anda penggemar game Arena of Valor (AOV), maka Anda juga nantinya akan bisa mendapatkan skin hero jika akun AOV Anda sudah berada di level 6 ke atas.

Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka langsung saja klik tombol yang penulis berikan di bawah ini. Kemudian, Anda akan tertuju ke salah satu ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee.