0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia resmi memperkenalkan smartphone mereka pada bulan Februari 2022 yang hadir untuk bersaing di segmen mid-range. Hadirnya smartphone Realme 9 Pro ini juga berbarengan dengan Realme 9 Pro+. Dimana, kedua dari perangkat ini sudah mendukung konektivitas 5G untuk kelancaran internet pada saat digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro
Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro

Adapun berbagai keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh Realme 9 Pro. Beberapa diantaranya adalah desain menarik, refresh rate 120 Hz, dapur pacu mumpuni hingga kamera yang sangat bisa diandalkan. Pada ulasan kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro yang wajib dipertimbangkan terlebih dahulu.

Kelebihan Realme 9 Pro

Di Indonesia sendiri Realme 9 Pro dibanderol dengan harga Rp3 jutaan saja, harga tersebut memang tidak begitu mahal mengingat smartphone ini memiliki banyak fitur menarik. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Realme 9 Pro yang layak untuk dilirik.

1. Desain Menawan

Ada yang unik dari desain Realme 9 Pro saat ini yakni dengan memberikan warna berbeda dan terkesan baru. Dimana desainer Realme mungkin sengaja memilih warna yang melenceng dari pakem warna yang biasa digunakan untuk seri Realme 9 ini. Warna yang dipilih cenderung deep akan tetapi masih ada beberapa warna yang elegan, maka dari itu perusahaan mengklaim desain dari Realme 9 Pro dapat berubah-rubah ketika terkena paparan sinar matahari.

Setidaknya ada beberapa varian warna yang dapat dipilih penggunanya. Beberapa diantaranya seperti Sunrise Blue dan juga Aurora Green, sementara itu untuk ketebalan dari perangkat ini adalah 195 gram dengan ketebalan 8,5 mm sehingga sangat nyaman ketika digenggam.

2. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 120 Hz

Diantara Anda mungkin agak kecewa dengan Realme 9 Pro lantaran masih menggunakan layar IPS LCD. Hal ini dikarenakan pendahulunya, yakni Realme 9 telah menggunakan layar Super AMOLED. Namun, IPS LCD yang digunakan pada perangkat ini terbilang cukup bagus. Sebab, layar IPS LCD ini dijejalkan dengan teknologi refresh rate 120 Hz, dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lantaran sangat hemat dengan daya baterai.

Realme 9 Pro ini juga memberikan beberapa tingkatan. Diantaranya adalah 30 Hz ketika ponsel dengan keadaan diam, 48 Hz pada saat menonton film, 60 Hz saat streaming video, 90 Hz ketika bermain game sampai dengan 120 Hz jika Anda membuka menu-menu di dalam perangkat Realme 9 Pro.

Layar dari Realme 9 Pro membentang 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel). Layar ini juga memiliki aspek rasio 20:9 dengan touch sampling rate 240 Hz. Menariknya lagi adalah smartphone ini sudah dibekali dengan pelindung layar dengan Corning Gorilla Glass 5.

3. Kamera Utama 64 MP

Realme 9 Pro hadir dengan konfigurasi triple camera dengan kamera utama berkemampuan 64 MP dengan bukaan diafragma f/1.8, kamera ultra-wide dengan resolusi 8 MP bukaan diafragma f/2.2 dan kamera makro beresolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Tak sampai disitu saja, Realme 9 Pro juga menawarkan berbagai fitur fotografi yang melimpah kepada penggunanya. Diantaranya adalah AI Scene, HDR, AI Beauty, Starry Mode, Portrait, Tilt-Shift Mode, Ultra Macro, Slow-Mo, Dual-view Video, Movie, Timelapse dan juga Text Scanner.

Sementara itu, untuk kamera selfie dari Realme 9 Pro hadir dengan 16 MP Wide-Angle Selfie dengan FOV 79.3°, Aperture: F2.1. Kemudian dilengkapi juga dengan Front Super Nighspace, Portrait Bokeh + HDR Selfie dan juga Portrait + HDR Video. Untuk kamera utama, kamera selfie sampai dengan kamera utra-wide mampu merekam video dengan resolusi maksimal, yakni Full HD (1080p) pada 30 fps.

4. SoC Snapdragon 695 5G

Realme 9 Pro dibekali dengan perfoma luar biasa seperti menggunakan SoC Snapdragon 695 5G, dimana dapur pacu tersebut dibangun dengan fabrikasi 6 nm yang mampu menghasilkan clock speed sampai 2,2 GHz. Chipset ini juga menggunakan GPU dari Adreno 619.

Dengan menggunakan chipset atau SoC tersebut tentunya Anda masih bisa memainkan game berat seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Genshin Impact dan sejenisnya. Bahkan, pihak perusahaan juga mengklaim bahwasannya SoC Snapdragon 695 5G mampu mendapatkan skor AnTuTu hingga 400 ribu.

Snapdragon 695 5G juga sudah mendukung RAM 6 GB dan juga RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Selain itu saja, Realme 9 Pro juga didukung dengan fitur Dynamic RAM Exspansion hingga 5 GB. Dengan begitu, Anda bisa bermain game dan menjalankan banyak aplikasi tanpa takut terjadinya frame atau lag.

5. Baterai Berkapasitas Besar

Di tahun ini memang sangat wajib jika sebuah smartphone dibekali dengan baterai berkapasitas besar, termasuk juga Realme 9 Pro. Dimana perangkat ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh sehingga akan memanjakan penggunanya dalam menggunakan smartphone ini seharian penuh, baik itu digunakan untuk scrolling media sosial, browser sampai dengan bermain game.

Menariknya lagi adalah, baterai dari Realme 9 Pro juga dilengkapi dengan fitur fast charging 33W. Dengan begitu, proses pengisian daya dari 0% sampai dengan 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.

6. Mendukung Fitur NFC

NFC atau Near Field Communications merupakan sebuah fitur yang paling penting untuk keluaran smartphone terbaru. Dengan hadirnya fitur ini memudahkan banyak orang dalam mengecek saldo eMoney, melakukan transaksi dan masih banyak lagi hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone saja. Menariknya lagi adalah, fitur NFC ini sudah support pada smartphone Realme 9 Pro.

7. Menggunakan Android 12 dan Realme UI 3.0

Realme 9 Pro mengguanakan sistem oeprasi Android 12 dengan Realme UI 3.0. Dilansir dari berbagai sumber mengatakan bahwa sistem operasi yang digunakan oleh Realme 9 Pro terasa lebih smooth, ngebut dan transisinya pun terasa lebih halus. Tak hanya itu saja, opsi kustomisasi dan personalisasi dari sistem operasi ini juga lebih banyak tema dan keamanan juga telah ditingkatkan. Kemudian, icon dan grafis juga sangat enak dipandang.

8. Mendukung Konektivitas 5G

Bagi Anda yang ingin menggunakan koneksi internet yang lebih lancar, maka Realme 9 Pro ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Bagaimana tidak? Smartphone ini sudah mendukung konektivitas 5 G sehingga internetan terbilang sangat ngebut. Selain itu saja, Realme 9 Pro ini juga telah dilengkapi dengan X51 modem dengan mode SA/NSA yang diklaim memiliki kecepatan unduhan mencapai 2.3 Gbps.

Kekurangan Realme 9 Pro

Kekurangan Realme 9 Pro
Kekurangan Realme 9 Pro

Setiap smartphone pastinya memiliki ketidak sempurnaan lantaran pihak perusahaan juga mempertimbangkan biaya produksi dan menyesuaikan harga dan fitur yang di dapat. Termasuk juga Realme 9 Pro, setidaknya ada beberapa kekurangan Realme 9 Pro yang dapat disimak pada ulasan berikut.

1. Tidak Ada Speaker Stereo

Pada Realme 9 Pro pengguna tidak akan mendapatkan speaker Stereo. Pasalnya, speakter Stereo tersebut hanya bisa dirasakan pada smartphone Realme 9 Pro+. Untuk mendengarkan suara yang lebih baik dan jernih, maka sangat direkomendasikan menggunakan headset. Sebenarnya speaker Mono dari Realme 9 Pro ini juga sudah cukup lantang dan masuk ke dalam kategori yang bagus (-25,3 LUFS).

2. Hybrid Dual SIM

Sangat disayangkan Realme 9 Pro hanya tersedia dual SIM saja, jika Anda memiliki dual SIM maka akan sulit untuk menggunakan microSD. Namun, jika Anda hanya menggunakan 1 kartu SIM saja, maka Anda masih bisa menambahkan microSD jika nantinya penyimpanan internal pada perangkat yang Anda gunakan terasa penuh.

Spesifikasi Realme 9 Pro

Spesifikasi Realme 9 Pro
Spesifikasi Realme 9 Pro

  • Warna : Sunrise Blue, Aurora Green.
  • Dimensi : 164.3 x 75.6 x 8.5 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : Snapdragon 695 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 619.
  • RAM : 6/8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 64 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 9 Pro

Harga Realme 9 Pro
Harga Realme 9 Pro

Dilansir dari laman resmi Realme Indonesia bahwasannya smartphone Realme 9 Pro dibanderol dengan harga Rp3.799.000 dengan varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.999.000 rupiah. Tertarik untuk membelinya? Klik tombol di bawah ini!