Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro+ - Spesifikasi & Harga

Pada artikel kali ini, penulis akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro+ beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk dipertimbangkan.

Realme Indonesia kembali memboyong smartphone 2 (dua) terbaru mereka pada Februari 2022, yakni Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+ 5G. Kedua ponsel ini dipersiapkan untuk bertarung di kelas menengah dan kelas menengah atas yang memang sedang menjadi perhatian Realme. Ulasan kali ini, penulis akan membahas mengenai Realme 9 Pro+ yang disebut-sebut sebagai ponsel flagship di kelas menengah.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro+

Bagaimana tidak, Realme 9 Pro+ hadir dengan beberapa sektor yang unggul di kelasnya seperti membawa kamera utama berkemampuan 50 MP dengan sensor Sony IMX766, dan dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) serta EIS (Electronic Image Stabilization). Di kelas harga Rp4 jutaan hingga Rp5 jutaan, tidak banyak produsen yang memiliki sebuah smartphone dengan konfigurasi kamera yang dibawa oleh Realme 9 Pro+.

Oleh karena itu, sektor fotografi adalah salah satu sektor yang ditonjolkan oleh pihak perusahaan. Nah, pada artikel kali ini, penulis akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro+ beserta spesifikasi dan harga yang wajib untuk dipertimbangkan.

Kelebihan Realme 9 Pro+

Kelebihan Realme 9 Pro+

1. Desain

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa Realme merupakan salah satu perusahaan yang berada dibawah naungan BBK Electronics bersamaan dengan vivo, OPPO, OnePlus, dan juga iQOO. Maka tidak perlu diherankan bila smartphone bikinan Realme ini selalu memiliki karakter desain yang berani, tidak terkecuali Realme 9 Pro+.

Bagian penutup belakang, Realme 9 Pro+ diberi polesan glossy yang cukup nyentrik. Sehingga, membuat banyak orang yang melirik ponsel ini. Terdapat 3 (tiga) opsi warna yang bisa disesuaikan, diantaranya adalah Sunrise Blue, Aurora Green, hingga Midnight Black.

Kemudian, HP ini memiliki dimensi 160.2 x 73.3 x 8 mm dengan bobot 182 gram yang terbilang cukup ringkas dan ringan. Sehingga, akan sangat nyaman ketika digenggam menggunakan 1 (satu) tangan saja.

Terdapat juga beberapa pernak-pernik yang bisa ditemukan di dalam ponsel ini seperti tombol power di sisi kanan, di sisi kiri ada 2 (dua) kartu SIM tanpa microSD dan tombol volume up dan down. Lanjut ke sisi atas, terdapat mikrofon sekunder dan speaker kedua. Terakhir, sisi bawah ditempati oleh jack audio 3,5 mm, port USB Type-C, mikrofon pertama, serta speaker utama.

2. Layar Super AMOLED

Pihak perusahaan tidak mengubah ukuran dan model layar pada si ponsel. Dimana, smartphone ini menggunakan layar 6,4 inci dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang juga memiliki resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel. Kemudian, Realme 9 Pro+ telah mengusung refresh rate tinggi yaitu 90 Hz.

Satu hal yang ada di sektor tampilan ini adalah sensor pemindai sidik jari di bawah permukaan yang mampu memonitor detak jantung. Fitur spesial yang satu ini bisa diakses pada menu bilah Realme Lab pada menu Settings atau Pengaturan.

Layar yang digunakan oleh Realme 9 Pro+ juga sudah dibekali mode natural, vivid, dan pro (pengaturan manual) agar pengguna bisa meningkatkan kualitas visual. Selanjutnya, terdapat juga fitur Always-on Display dan DC Dimming. Terakhir, ada fitur yang konon dapat mengurangi kedipan (flickering) saat layar disetel pada level kecerahan rendah.

Tidak lupa, Realme 9 Pro+ juga telah mengantongi sertifikasi HDR10+ dan Widevine L1, sehingga film Netflix bisa ditampilkan dengan resolusi Full HD. Untuk itu, fitur ini memang sangat membantu pengguna yang hobi menonton film, khususnya di aplikasi Netflix.

3. Dapur Pacu

Untuk dapur pacu yang digunakan, Realme 9 Pro+ disokong oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 920 5G. Perlu diketahui, SoC (System on Chip) yang digunakan ini merupakan dapur pacu kelas menengah dengan kontruksi modern. Ia mengandung 8 (delapan) inti CPU (Central Processing Unit). 2 (dua) infi perfomanya merupakan Cortex A78 dengan clock-speed 2,5 GHz, dan 6 (enam) inti efisiensinya adalah Cortex A55 dengan clock-speed 2,0 GHz.

SoC (System on Chip) ini juga memiliki GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali-G68 MC4 dengan frekuensi 950 MHz, modem internal 5G, dan beberapa komponen lain. CPU (Central Processing Unit) dan seluruh komponen yang ada dijadikan 1 (satu) melalui proses manufakur 6 nanometer yang terbilang lebih hemat daya.

Ia pun juga sudah didukung oleh RAM 8 GB (LPDDR4x) dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB dan juga 256 GB (UFS 2.2). 

4. Kamera Utama 50 MP

Realme 9 Pro+ mengusung konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan f/1.8, kamera ultrawide 8 MP pada bukaan f/2.2, dan kamera makro beresolusi 2 MP pada bukaan f/2.4. Salah satu hal yang paling menarik adalah kamera utamanya. Sebab, kamera tersebut menggunakan sensor Sony IMX766 yang juga digunakan oleh OPPO Find X3 Pro, Xiaomi 12, dan sebagainya.

Lanjut ke sisi depan, terdapat kamera selfie berkemampua16 MP dengan bukaan f/2.4 yang menggunakan sensor Sony IMX 471. Semua kamera pada smartphone ini bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps untuk kamera utamanya. Sedangkan, untuk kamera lainnya hanya bisa merakam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps saja.

5. 60W SuperDart Charge

Sektor baterai, Realme 9 Pro+ hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang memiliki daya tahan yang cukup baik. Sebagian besar penguji mengatakan bahwa smartphone ini masih sanggup dalam menemani aktivitas sehari-hari hingga seharian penuh. Ketika dalam pengujian pemutaran video lokal (720p) yang dilakukan oleh Sheldon Pinto, Realme 9 Pro+ masih sanggup bertahan hingga 23 jam 36 menit.

Menariknya lagi adalah smartphone ini juga telah didukung fitur fast charging 60W SuperDart Charge yang juga hadir di dalam paket penjualan. Dengan begitu, proses pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu setidaknya 50 menit saja.

6. Fitur Menarik

Setidaknya ada banyak sekali fitur baru yang dihadirkan oleh Realme demi meningkatkan pengalaman pakai pada smartphone ini. Tidak hanya pendeteksi detak jantung, Realme 9 Pro+ ini dijejali sistem operasi dan antarmuka anyar. HP dengan fitur NFC (Near Field Communications) ini telah menggunakan sistem operasi Android 12 yang dilapisi oleh antarmuka Realme UI 3.0.

Fitur menarik yang dimiliki oleh si ponsel ini adalah Edge Lighting yang membuat tepian layar pada si ponsel menyala ketika ada notifikasi baru. Selanjutnya, terdapat juga pengaturan privasi untuk mikrofon dan kamera. Dengan fitur ini, aplikasi media sosial tidak bisa lagi menyadap percakapan pengguna untuk kepentingan iklan.

Kemudian ada juga fitur RAM Expansion yang mampu memperluas kapasitas RAM dan terdapat juga fitur baru X-axis Linear Motor.

7. Speaker Stereo

Kini, Realme 9 Pro+ hadir dengan speaker stereo, yang dimana pengguna dapat merasakan dentuman suara dinamis dan lebih lantang. Hal ini juga tentu saja akan meningkatkan pengalaman multimedia, khususnya ketika Anda memuat lagu maupun menonton video atau bahkan bermain game. Apalagi kelantangan dari speaker ini cukup bagus lantaran skor kelantangannya tercatat -25.3 LUFS (Loudness Unit Full Scale).

Apabila nantinya Anda kurang puas dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh Realme 9 Pro+, maka Anda bisa menggunakan earphone. Sebab, HP ini memiliki audio jack 3,5 mm.

Kekurangan Realme 9 Pro+

Kekurangan Realme 9 Pro+

1. Slot MicroSD Absen

Realme 9 Pro+ memang bukan sebuah smartphone flagship, melainkan ia adalah sebuah smartphone di kelas mid-range. Namun, ponsel ini tampaknya sudah mengikuti tren ponsel flagship lantaran menghilangkan slot microSD sehingga pengguna tidak memiliki opsi ekspansi ruang simpan yang murah. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli ponsel ini, ada baiknya memilih varian penyimpanan internal 256 GB. Namun, jika hanya digunakan untuk kebutuhan ringan, penyimpanan internal 128 GB penulis rasa sudah cukup.

Spesifikasi Realme 9 Pro+

Spesifikasi Realme 9 Pro+

  • Warna : Sunrise Blue, Aurora Green, Midnight Black.
  • Dimensi : 160.2 x 73.3 x 8 mm.
  • Berat : 182 gram
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 920 5G (6 nm).
  • GPU : Mali G68 MC4.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 60W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 9 Pro+

Harga Realme 9 Pro+

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun bahwasannya Realme 9 Pro+ dibanderol dengan harga Rp4.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Sedangkan, varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB dibanderol dengan harga Rp5.499.000 rupiah.

Di dalam kotak pembelian, Anda juga akan mendapatkan pelindung layar, case pelindung, kabel USB Type-C, pengisi daya SuperDart 60W, alat kartu SIM, hingga panduan memulai cepat. Nah, jika tertarik untuk membelinya, langsung saja klik tombol di bawah ini.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain