0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C31 - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka pada Maret 2022 lalu, dimana sebelumnya perusahaan telah meluncurkan smartphone flagship Realme GT 2 Pro serta mid-range, yakni Realme Narzo 50 dan Realme Narzo 50A Prime. Dimana Realme C31 hadir dengan desain baru pada smartphone entry-level mereka, bahkan pihak Realme juga menawarkan desain modul kamera yang tergolong cukup mirip dengan iPhone.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C31
Kelebihan dan Kekurangan Realme C31

Jika Anda hanya memiliki budget Rp1 jutaan saja mungkin Realme C31 bisa menjadi pilihan, terlebih desain modul kamera yang mirip dengan iPhone. Bahkan, HP ini juga sudah melewati berbagai uji ketahanan sebelum diluncurkan di pasaran. Sebelum mempertimbangkannya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Realme C31 pada ulasan berikut.

Kelebihan Realme C31

Kelebihan Realme C31
Kelebihan Realme C31

Meski hadir dengan smartphone pada segmen entry-level. Akan tetapi, Realme C31 memiliki berbagai kelebihan sehingga membuat pengguna merasa puas dengan uang yang nantinya dikeluarkan untuk membawa smartphone ini pulang.

1. Desain

Sebagaimana yang sudah dikatakan oleh kebanyakan orang bahwasanya desain dari Realme C31 mengacu pada smartphone iPhone. Lihat saja pada bagian modul kamera belakang yang cukup mirip, pada modul kamera smartphone ini terdapat lensa kamera yang telah ditata secara simetris sehingga terlihat lebih keren.

Untuk case belakang dari Realme C31 mempunyai tekstur dinamis sehingga ketika digenggam akan terasa nyaman dan tidak licin. Daya cengkram terhadap smartphone ini juga sudah didukung dengan adanya lengkungan di bagian tepi penutup belakang.

Menariknya lagi adalah sensor fingerprint dari Realme C31 terletak di bagian samping yang menyatu dengan tombol power. Smartphone ini memiliki dimensi 164.7 x 76.1 x 8.4 mm dengan berat 197 gram.

2. Layar

Realme C31 sudah dipasangi dengan layar yang cukup lebar dengan bentang 6,5 inci. Panel yang digunakan oleh smartphone kali ini adalah IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel), mungkin pengguna akan kurang puas dengan resolusi tersebut mengingat smartphone zaman sekarang sudah kebanyakan Full HD+.

Tampilan layar dari Realme C31 juga terbilang cukup tajam, terutama pada menu dan digunakan untuk berselancar di internet. Bahkan, resolusi HD+ memiliki sisi positif lantaran dapat menghemat konsumsi daya yang irit.

Layar dari smartphone ini bisa mengeksekusi sentuhan secara instan. Hal tersebut memang wajar mengingat touch sampling rate layar dari Realme C31 mencapai 120 Hz.

3. 13 MP AI Triple Camera

Realme C31 memang hadir dengan 3 (tiga) buah kamera pada bagian belakang bodi. Akan tetapi, kamera yang berfungsi hanya 1 (satu), yakni kamera utama Realme C31 berkemampuan 13 MP dengan bukaan diafragma f/2.2, autofokus dan disebut telah menggunakan sensor Sony.

Sementara itu, untuk dua kamera pendamping ini hanya kamera makro 2 MP f/2.4 dengan sensor depth (kedalaman) 0,3 MP f/2.8. Pada bagian kamera selfie memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan diafragma f/2.2, serta kamera selfie mampu merekam video sampai resolusi 720p (HD) dengan 30 fps.

Kemudian untuk kamera utamanya dapat menghasilkan video sampai dengan resolusi 1080p (Full HD) dengan 30 fps.

4. Dapur Pacu Unisoc Tiger T612

Dapur pacu yang digunakan oleh Realme C31 adalah SoC Unisoc Tiger T612. Dimana, SoC ini juga digunakan oleh Realme Narzo 50A Prime yang sebelumnya telah tim Ponselesa.com bahas. Tiger T612 merupakan SoC dengan CPU delapan inti, 6 (enam) sisanya adalah klaster efisiensi berupa Cortex A55 (1,8 GHz).

Selain itu saja, SoC ini juga mengandung GPU Mali-G57, ISP tiga inti, dengan konektivitas 4G. Seluruhnya disatukan dengan fabrikasi 12 nm. Pada pengujian GFX Bench untuk mengetahui kemampuan GPU, hasil tes menggunakan smartphone ini meraih skor 10 fps pada GFX Car Chase dan 18 fps GFX Manhattan 3.1.

Realme C31 juga menghadirkan 2 (dua) varian RAM, yakni RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Selain itu, Realme C31 juga mendukung 3 slot kartu yang terdiri dari Dual SIM dan microSD yang bisa diperluas sampai 1 TB.

5. Baterai Besar 5000 mAh

Realme C31 juga dibekali dengan baterai besar yakni 5000 mAh sehingga akan memanjakan penggunanya dalam menggunakan smartphone ini hingga seharian penuh. Jika digunakan lebih dari 8 jam sehari maka daya baterai yang akan tersisa adalah 40% sampai dengan 50% saja, ketika diuji menggunakan PC Mark Skor daya tahan baterai dari Realme C31 tembus 10 jam 19 menit.

Kekurangan Realme C31

Poin-poin di atas merupakan beberapa hal-hal yang ditonjolkan oleh smartphone Realme C31. Akan tetapi, pengguna juga sangat diharuskan mengetahui kekurangannya sebelum memutuskan membelinya. Berikut adalah ulasannya.

1. Speaker di Belakang Bodi

Posisi speaker yang berada di bagian belakang bodi ini sebenarnya kurang ideal lantaran akan membuat keluaran suara kurang maksimal atau terhambat. Khususnya jika HP ini diletakkan di atas meja dan sejenisnya, namun hal tersebut juga kembali lagi kepada selera masing-masing.

2. Kamera Selfie Hanya 5 MP

Apakah Anda ingin membeli sebuah smartphone untuk digunakan foto selfie? Jika iya, smartphone Realme C31 memang kurang direkomendasikan. Pasalnya, Realme C31 hanya dibekali dengan kamera selfie berkemampuan 5 MP saja, dimana banyak pesaing lainnya dengan harga serupa dibekali dengan kamera selfie berkemampuan 8 MP.

3. Charging 10W

Mengingat daya baterainya cukup besar, yakni 5000 mAh. Sudah seharusnya untuk dibekali dengan fitur fast charging 18W agar proses pengisian daya menjadi lebih cepat. Sayangnya, pihak Realme tidak melakukan itu. Dimana, pihak perusahaan hanya membekali Realme C31 dengan charging 10W saja sehingga membuat proses pengisian daya terbilang agak lama.

Spesifikasi Realme C31

Spesifikasi Realme C31
Spesifikasi Realme C31

  • Warna : Lidght Silver, Dark Green.
  • Dimensi : 164.7 x 76.1 x 8.4 mm.
  • Berat : 197 gram.
  • Layar : IPS LCD, 6.5 inci.
  • Chipset : UNISOC Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI 2.0
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP + 2 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme C31

Harga Realme C31
Harga Realme C31

Smartphone Realme C31 memang sangat bisa diandalkan untuk aktivitas ringan, anti lemot dan tidak mudah panas. Beberapa keunggulan yang sudah penulis sebutkan di atas bisa Anda dapatkan di harga Rp1 jutaan saja, dimana harga tersebut memang sudah sangat layak dan ramah dikantong.

Dilansir dari laman resmi Realme Indonesia, harga Realme C31 dibanderol dengan harga Rp1.599.000 dengan varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sedangkan untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah saja.

Apabila tertarik untuk membeli smartphone Realme C31, silahkan klik tombol yang sudah penulis bagikan di bawah ini, dimana Anda akan langsung tertuju ke salah satu ecommerce di Indonesia.