0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13 - Spesifikasi & Harga

Samsung resmi merilis smartphone mereka pada Maret 2022 dengan nama Samsung Galaxy A13 dengan spesifikasi yang cukup menawan di kelasnya dengan bentang harga Rp2 jutaan saja. Dengan menghadirkan beberapa keunggulan seperti kamera yang solid, baterai yang sangat awet, memori yang melegakan dan lain sebagainya tentu membuat kebanyakan orang menjadi pensaran dengan kualitasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A13

Pada ulasan kali ini penulis akan membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13 beserta spesifikasi dan harga yang wajib diketahui sebelum membelinya. Sudah penasaran dengan apa beberapa kelebihan yang diberikan? Berikut adalah ulasannya!

Kelebihan Samsung Galaxy A13

Kelebihan Samsung Galaxy A13
Kelebihan Samsung Galaxy A13

Tidak banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A13. Namun, dari segi kamera perangkat ini memang sangat diunggulkan bagi mereka yang senang berfotografi.

1. Desain yang Cukup Menarik

Perlu diketahui bahwa Samsung sendiri memang sangat menyukai desain yang minimalis namun tetap terlihat elegan dan menarik perhatian banyak orang. Tidak terkecuali Samsung Galaxy A13 ini yang hadir dengan 4 (empat) kamera pada bagian belakang dan ada 1 (satu) LED Flash yang membantu menerangkan cahaya jika nantinya pengguna menangkap gambar di ruangan yang minim cahaya.

Meski desain yang dihadirkan Samsung Galaxy A13 ini adalah hasil daur ulang dari Samsung Galaxy A32. Namun, desainnya masih disukai oleh pengguna mengingat harganya juga terbilang cukup murah. Adapun beberapa varian yang dihadirkan oleh Samsung ketika merilis perangkat ini di Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah Black, White, Blue dan juga Peach. Tak hanya itu, bodi dari smartphone ini memiliki ukuran dengan panjang 165.1 x 76.4 x 8.8 mm. Sementara itu, bobot dari Samsung Galaxy A13 adalah 195 gram saja sehingga akan nyaman pada saat digenggam.

2. Layar Lebar dan Full HD+

Pada dasarnya smartphone dengan harga 2 jutaan hadir dengan layar beresolusi HD+ 720p. Akan tetapi, Samsung Galaxy A13 tampil berbeda dengan menyuguhkan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel) dengan bentang 6,6 inci. Menariknya lagi adalah kerapatan piksel dari perangkat ini sudah mencapai 400 ppi, dengan begitu pengguna akan merasakan ketajaman yang lebih baik pada layar ketika digunakan untuk menonton streaming, film, sampai dengan bermain game.

Ketika digunakan pada luar ruangan, Samsung Galaxy A13 memang masih bisa diandalkan lantaran mampu meraih kecerahan 498 nits secara manual. Sementara itu, untuk mode auto smartphone ini menghasilkan kecerahan layar yang lebih tinggi, yakni 587 nits dengan rasio kontras 1310:1.

Seolah-olah tidak cukup, pihak perusahaan juga membekali Samsung Galaxy A13 dengan Corning Gorilla Glass 5 pada layar. Dengan demikian, pengguna tidak perlu takut jika nantinya ada goresan pada layar yang tidak disengaja ataupun jatuh pada saat digenggam.

3. Baterai yang Awet

Dengan harganya pada 2 jutaan memang sudah seharusnya jika Samsung Galaxy A13 dibekali dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh, dimana baterai tersebut digadang-gadang mampu bertahan seharian penuh. Sebab, ketahanan baterai ini juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti penggunaan chipset, jenis panel layar yang digunakan, software dan lain sebagainya.

Mengingat baterainya yang besar tentu Anda tidak perlu khawatir lagi jika baterainya habis ketika sedang diluar rumah. Pasalnya, Samsung Galaxy A13 sanggup melakukan panggilan telepon selama 38 jam 20 menit, melakukan browsing di internet selama 16 jam 13 menit, menonton film atau melakukan pemutaran video selama 15 jam 59 menit.

4. Kamera 50 MP + Ultra-wide

Seperti yang sudah penulis katakan sebelumnya bahwasannya Samsung Galaxy A13 dibekali dengan Quad Camera 50 MP dengan bukaan apertur f/1.8 serta memiliki fitur PDAF di dalamnya. Selain itu, perangkat ini juga memiliki kamera 5 MP ultra-wide dengan sensor 1/5 inci dan ukuran piksel 1.13  µm yang dapat berjalan pada field of view 123 derajat.

Kedua sensor tersebut memang sangat diunggulkan pada smartphone 2 jutaan ini. Sebab, lensa lainnya hanyalah kamera 2 MP dengan fungsi makro dan juga sensor depth dengan bukaan f/2.4.  Sementara itu, pada bagian kamera selfie dari Samsung Galaxy A13 memiliki resolusi 8 MP pada bukaan f/2.2. Baik kamera selfie dan juga kamera belakang juga sama-sama bisa merekam video hingga 1080p pada 30 fps.

5. Penyimpanan Sangat Lega

Buat yang memiliki file dan juga aplikasi yang terbilang sangat banyak, maka Samsung Galaxy A13 masih dapat menampung itu semua. Hal ini dikarenakan, Samsung Galaxy A13 dibekali dengan varian RAM 4 GB dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB. Selain itu saja, Anda juga bisa memilih varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Apabila penyimpanan internal 128 GB tersebut masih dirasa kurang, tenang. Samsung Galaxy A13 juga telah menyediakan slot microSD sampai dengan 1 TB. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika nantinya kehabisan ruang untuk menyimpan file penting.

6. Side Fingerprint

Pada bodi bagian belakang dari smartphone ini memang terbilang clean, dimana hanya terdapat Quad Camera saja tanpa adanya sidik jari atau fingerprint yang diletakkan di dekat kamera atau di bagian belakang bodi. Bukan tanpa sebab, Samsung memang senagaja meletakkan fingerprint di bagian samping yang disatukan dengan tombol power. 

Hal tersebut tentu akan membuat smartphone ini terbilang sangat mewah mengingat side fingerprint biasanya digunakan pada HP 3 jutaan atau 4 jutaan (meskipun ada juga sebagian HP 2 jutaan yang menghadirkan side fingerprint).

7. Menggunakan Android 12

Awal rilis Samsung Galaxy A13 sudah menggunakan antarmuka One UI 4.1 berbasis sistem operasi Android 12. Sehingga pengguna akan menikmati berbagai macam fitur menarik seperti Privacy Dashboard, dengan demikian pengguna bisa mengetahui seacara realt-time apabila ada sebuah aplikasi yang menggunakan mikrofon atau kamera dengan melihat indikator berwarna hijau di ujung kanan atas.

Tak sampai disitu saja, pengguna juga bisa mengunsintall atau disable aplikasi bawaan untuk menghemat ruangan. Pada intinya, sistem operasi Android 12 ini memang sangat baik lantaran menyediakan berbagai macam fitur menarik.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

Kekurangan Samsung Galaxy A13
Kekurangan Samsung Galaxy A13

Dari semua kelebihan yang sudah penulis bagikan di atas, ternyata Samsung Galaxy A13 juga masih memiliki kekurangannya loh. Inilah dia beberapa kekurangan Samsung Galaxy A13 yang harus dipertimbangkan oleh penggunanya.

1. SoC Tidak Mumpuni

Jika diantara Anda senang bermain game berat, mungkin SoC yang digunakan oleh Samsung Galaxy A13 ini masih tidak dapat dikatakan baik. Hal ini disebabkan karena Galaxy A13 masih menggunakan chipset Exynos 850 yang hadir dengan fabrikasi 8 nm. Selain itu, SoC ini juga menawarkan konfigurasi CPU delapan inti yang mencakup empat buah Cortex A55 berkekuatan 2 GHz serta juga empat inti hemat daya Cortex A55 berkekuatan 2 GHz.

Kemudian, chipset Exynos 850 juga memiliki GPU Mali G52. Sebagaimana yang diketahui bahawasanya GPU dari chipset Samsung Galaxy A13 ini tidak bisa dikatakan baik. Namun, Anda masih bisa bermain game ringan seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya.

2. Pengisian Daya Hanya 15W

Meskipun Samsung Galaxy A13 dibekali dengan baterai awet berkapasitas 5.000 mAh. Akan tetapi sangat disayangkan pengguna hanya puas dengan pengisian daya yang hanya 15W saja, bisa dikatakan Samsung masih kalah dengan kompetitornya di harga 2 jutaan. Contohnya seperti Realme Narzo 50A Prime dan Infinix Hot 11s NFC.

Sekedar info, Samsung Galaxy A13 juga tidak dibekali dengan kepala charger di dalam kotak pembelian. Dengan begitu, pengguna harus membeli kepala charger secara terpisah atau menggunakan kepala charger smartphone lain. Sebab, pengguna hanya mendapatkan kabel datanya saja di dalam kotak pembelian.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Spesifikasi Samsung Galaxy A13
Spesifikasi Samsung Galaxy A13

  • Warna : Black, Blue, Peach.
  • Dimensi : 165.1 x 76.4 x 8.8 mm.
  • Berat : 195 gram
  • Layar : PLS LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : Exynos 850 (8 nm).
  • GPU : Mali G-52.
  • RAM : 4/6 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, One UI 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 15W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Samsung Galaxy A13

Harga Samsung Galaxy A13
Harga Samsung Galaxy A13

Samsung Galaxy A13 dibanderol dengan harga Rp2.499.000 rupiah dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Sedangkan, untuk varian RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.699.000. Apabila Anda berminat untuk membelinya, di bawah ini penulis sudah menyediakan link pembelian dari beberapa ecommerce yang ada di Indonesia.