0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10 - Spesifikasi & Harga

Sebelumnya penulis sudah membahas mengenai Xiaomi Redmi 10A dan Xiaomi Redmi 10C, dimana perangkat 1 jutaan tersebut banyak diminati oleh kebanyakan orang. Tak hanya seri tersebut saja, Redmi 10 juga masih bisa diandalkan di tahun ini meskipun sudah dirilis pada 2021 lalu dengan harga 1 jutaan saja. Dari generasi sebelumnya, Redmi 10 mengalami peningkatan yang cukup drastis dari segi kamera dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10

Akan tetapi, harganya masih di 1 jutaan saja. Dengan harga ekonomis tersebut Anda sudah bisa menikmati kamera 50 MP, baterai besar berkapasitas 5000 mAh, desain yang sangat unik dan jarang ditemukan oleh perangkat lain dan beberapa fitur menarik lainnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi 10

Kelebihan Redmi 10
Kelebihan Redmi 10

Hanya memiliki 1 jutaan memang bisa mendapatkan perangkat yang mewah? Tentu, Redmi 10 adalah menjadi salah satu jawaban yang pas dengan budget segitu. Berikut inilah beberapa kelebihan yang nantinya akan Anda nikmati.

1. Desain Unik dan Mewah

Redmi 10 dirancang dengan filosofi desain minimalis dan juga elegan sehingga perangkat ini akan terlihat mewah. Bump kameranya sendiri dibuat di pojok kiri atas dan terlihat seperti digital kamera, jumlahnya pun ada 5 (lima) meski hanya 4 (empat) kamera saja yang dapat digunakan. Kemudian satu bulatannya lagi adalah LED Flash, ini akan membantu untuk menangkan gambar di ruangan yang minim cahaya.

Di harganya yang cuma 1 jutaan, desain Redmi 10 patut diancungi jempol lantaran penulis sendiri cukup jarang menemukan desain seperti ini. Ditambah lagi, kamera selfie dari Redmi 10 sudah berbentuk punch hole sehingga membuatnya sangat berbeda dibandingkan smartphone murah lainnya.

Tak sampai disitu saja, pihak perusahaan juga sudah membekali layarnya dengan Corning Gorilla Glass 3 yang mampu menjaga layar agar tidak mudah baret.

2. Kamera 50 MP

Biasanya smartphone entry-level di harga yang hanya 1 jutaan pasti menawarkan resolusi kamera 13 MP atau sejenisnya. Namun, Redmi 10 tampil berbeda dengan menghadirkan kamera utama berkemampuan 50 MP. Sontak, besarnya resolusi tersebut membuat banyak orang bahagia dan berhasil menarik perhatian banyak orang untuk membeli perangkat yang satu ini.

Selain kamera utama berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8 dengan fungsi wide angle, perangkat ini juga telah mencakup kamera 8 MP ultrawide dengan FOV 120 derajat, sensor 2 MP makro dan sensor kedalaman beresolusi 2 MP saja. Tapi, Redmi 10 masih belum bisa mengambil perekaman video hingga 4K.

Pasalnya, Redmi 10 mentok di resolusi 1080p saja pada frame rate 30 fps. Hal tersebut tentu masih bisa ditoleransikan, karena harganya yang sangat ekonomis dan sangat cocok bagi para pelajar yang ingin sebuah smartphone dengan spesifikasi yang mewah.

3. Dapur Pacu Mumpuni

Redmi 10 hadir dengan dapur pacu MediaTek Helio G88 yang dibuat dengan manufaktur 12 nm FFC pada set intruksi ARMv8.2-A (64-bit). Terdapat juga konfigurasi octa-core yang mencakup dua inti high perfomance ARM Cortex A75 dengan frekuensi 2.0 GHz, dan ada juga enam biji hemat daya berupa ARM Cortex A55 berkekuatan 1,8 GHz.

SoC dari Helio G88 ini memiliki GPU Mali-G52 MC2 dengan frekuensi GPU berkekuatan 1 GHz. Redmi 10 juga menawarkan 2 (dua) varian berbeda seperti RAM 4 GB dan RAM 6 GB serta penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB pada standar eMMC 5.1.

Jika digunakan untuk bermain PUBG Mobile dengan grafis yang disesuaikan, Mobile Legends, Free Fire dan lain sebagainya terbilang masih sanggup. 

4. Baterai Besar 5.000 mAh

Dengan harganya yang murah tentu pengguna akan dimanjakan dengan baterai berkapasitas besar, seperti halnya pada Redmi 10 ini menawarkan baterai 5.000 mAh yang memiliki edurance rating sebesar 127 jam, dengan penggunaan telepon 3G selama 46 jam 37 menit dan web browsing dengan durasi 16 jam 46 menit.

Mengingat kapasitas baterai yang cukup besar, Redmi 10 juga tentu menghadirkan fitur fast charging 18W. Dimana, untuk mengecas dari 0% sampai dengan 100% setidaknya memakan waktu 2 jam 13 menit.

5. Layar Full HD+

Redmi 10 mengusung panel IPS LCD dengan bentang 6,5 inci serta memiliki resolusi Full HD+ yang juga dilengkapi dengan refresh rate 90 Hz. Dengan refresh rate tersebut, tentu Redmi 10 mampu menghasilkan kualitas layar yang sangat halus ketika di scrolling. Oleh karena itu, perangkat ini sangat bisa diandalkan untuk scrolling TikTok, Instagram, Facebook, Browsing dan lain sebagainya.

Layar dari Redmi 10 juga tidak begitu mengecewakan pada saat digunakan diluar ruangan di bawah terik matahari, dimana tingkat kecerahan dari Redmi 10 mencapai 396 nit saat diatur secara manual. Akan tetapi, pada mode auto brightness Redmi 10 mampu memiliki tingkat kecerahan 477 nits.

6. Menggunakan Speaker Stereo

Agar mampu menghasilkan kualitas audio yang baik untuk kegiatan menonton film dan juga bermain game, tentu banyak vendor smartphone yang menghadirkan speaker Stereo. Hal tersebut juga diterapkan pada Redmi 10 di rentang harga 1 jutaan ini. Perlu diketahui, kualitas audio Stereo memang lebih baik dibandingkan dengan speaker Mono biasanya.

Kekurangan Xiaomi Redmi 10

Kekurangan Redmi 10
Kekurangan Redmi 10

Hadir di rentang harga 1 jutaan pasti memiliki kekurangan yang sangat wajar. Akan tetapi, kekurangan tersebut juga sangat wajib untuk diketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli smartphone Redmi 10. Di bawah ini adalah kekurangan Xiaomi Redmi 10.

1. Tidak Ada Slot microSD

Cukup disayangkan Redmi 10 tidak dibekali slot microSD untuk menambahkan kapasitas memori jika nantinya penyimpanan internal smartphone ini penuh. Dengan demikian, Anda harus pintar-pintar dalam menyimpan file dan mengunduh aplikasi agar tidak mudah penuh, untuk mengatasi hal ini ada baiknya mengunduh aplikasi ringan seperti Facebook Lite, TikTok Lite dan lain sebagainya.

2. Tidak Support NFC dan 5G

Selain tidak dibekali dengan slot microSD. Redmi 10 juga tidak support fitur NFC (Near Field Communications) yang bertujuan untuk transfer data dengan lebih cepat, cek saldo eMoney dan masih banyak lagi. Tak sampai disitu saja, Redmi 10 juga tidak mendukung konektivitas 5G. Akan tetapi, kekurangan ini bisa ditoleransikan lantaran konektivitas 4G sudah cukup mengingat harganya 1 jutaan saja. Namun, sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa slot microSD ini tersedia pada Redmi 10 memang sangat disayangkan.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10

Spesifikasi Redmi 10
Spesifikasi Redmi 10

  • Warna : Carbon Gray, Pebble White, Sea Blue.
  • Dimensi : 162 x 75.5 x 8.9 mm.
  • Berat : 181 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12 nm).
  • GPU : Mali G-52 MC2.
  • RAM : 4/6 GB.
  • ROM : 64/128 GB.
  • OS : Android 11, MIUI 12.5.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 18W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Xiaomi Redmi 10

Harga Redmi 10
Harga Redmi 10

Dilansir dari laman resmi Xiaomi Indonesia bahwasannya Redmi 10 dibanderol dengan harga Rp1.999.000 rupiah dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Kemudian, untuk varian RAM 6 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.399.000 rupiah. Berikut adalah link pembeliannya: