0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 HD - Spesifikasi & Harga

Tepat pada April 2022 Infinix kembali merilis 2 (dua) smartphone terbaru mereka yaitu Infinix Hot 12i dan juga Infinix Smart 6 HD. Oh iya, sebelumnya penulis juga sudah pernah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12i beserta kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6. Akan tetapi, saat ini penulis akan membahas mengenai smartphone Infinix Smart 6 HD.

Pada versi Infinix Smart 6 HD ini adalah sebuah versi ringan dari Infinix Smart 6. Sebab, setidaknya ada beberapa fitur yang dihilangkan salah satunya adalah fingerprint atau pemindai sidik jari. Smartphone ini hadir membawa tagline “Layar Luas, Baterai Ganas” yang artinya layar luas yang cukup nyaman ketika digunakan untuk menonton film.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Sedangkan baterai ganas yang artinya Smart 6 HD hadir dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh untuk memanjakan pengguna. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 HD beserta spesifikasi dan harganya? Ini dia jawabannya!

Kelebihan Infinix Smart 6 HD

Kelebihan Infinix Smart 6 HD

Jika Anda sedang mencari smartphone entri level untuk sekedar browsing, scrolling media, menonton video dan sejenisnya maka Infinix Smart 6 HD bisa menjadi jawaban yang tepat. Berikut adalah beberapa poin-poin penting mengenai kelebihan Infinix Smart 6 HD yang akan penulis jelaskan.

1. Desain

Dilansir dari laman resmi Infinix Mobility bahwasannya si ponsel ini di desain dengan balutan pola Aura Waves yang tampak berkilau dari setiap sisi. Tak hanya tampil dengan gaya, Infinix Smart 6 HD juga mempunyai setidaknya 4 (empat) warna memukau yang akan membuat Anda menonjol dari keramaian. Oh iya, desain dari Infinix Smart 6 HD ini terinspirasi dari batu alam memesona.

Modul kamera dari Infinix Smart 6 HD memiliki penataan seperti dadu. Sementara itu, modul pada bagian depan masih menggunakan desain tetesan air layaknya seperti smartphone entri level lainnya di harga Rp1 jutaan lebih sedikit.

Si ponsel juga memiliki dimensi 165.64 x 76.4 x 9.05 dengan berat 228 gram. Terdapat juga 3 (tiga) opsi warna yang bisa disesuaikan oleh konsumen, diantaranya adalah Origin Blue, Force Black dan juga Aqua Sky.

2. Layar Luas

Sesuai dengan slogannya, Infinix Smart 6 HD hadir dengan layar luas dengan bentang 6,6 inci dan menggunakan panel IPS LCD beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Untuk kecerahan maksimal dari layar yang digunakan oleh si ponsel juga diklaim bisa mencapai 500 nit yang tentu akan sangat aman jika digunakan di luar ruangan.

Meskipun resolusi layar dari ponsel ini bukan yang terbaik, namun konten yang ditampilkan juga terbilang masih terlihat tajam dan sangat enak untuk digunakan menonton video ataupun streaming. Bahkan resolusi HD+ ternyata bisa mengurangi beban chipset, sehingga akan lebih irit daya.

3. Baterai Ganas

Layar Luas, Baterai Ganas” itulah slogan dari Infinix Smart 6 HD. Oleh karena itu, si ponsel telah membekali Infinix Smart 6 HD dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh untuk memanjakan pengguna. Terlebih lagi, baterai tersebut sudah memiliki teknologi manajemen daya yang disebut dengan “Power Marathon”.

Dengan demikian, Infinix Smart 6 HD bisa digunakan menelepon sampai 135 menit dan pemutaran video hingga 26 jam. Agar bisa lebih irit daya, maka pengguna bisa mengaktifkan fitur Power Marathon yang sudah disediakan oleh Infinix pada perangkat ini.

4. Dapur Pacu

Hadir dengan harga Rp1.1 jutaan tentu saja pengguna tidak perlu berharap lebih, dimana smartphone ini masih menggunakan dapur pacu UNISOC SC9863A yang diarsitekturi Cortex A53 yang seluruhnya disetel pada frekuensi hingga 2,0 GHz. Oleh karena itu, smartphone ini memang tidak cocok digunakan untuk pekerjaan berat seperti bermain game.

Apalagi Infinix Smart 6 HD hanya hadir dengan konfigurasi RAM 2 GB dan juga penyimpanan internal hanya 32 GB saja. Sebenarnya, penulis ingin memasukkan dapur pacu dari ponsel ini ke dalam kekurangan. 

Akan tetapi, dengan harga seperti ini penulis rasa jadikan kelebihan saja. Terpenting, kinerja dari dapur pacu ini juga cukup lancar jika digunakan untuk scrolling, browsing dan pekerjaan ringan lainnya.

5. Kamera

Ketika Anda melihat di bodi bagian belakang dari Smart 6 HD ini tentu Anda akan melihat banyak modul kamera belakang yang tersedia. Hanya saja, ada 1 (satu) kamera yang berfungsi yaitu kamera utama berkemampuan 8 MP, sensor kedalaman (QVGA), serta LED Flash yang jumlahnya 2 (dua) biji.

Berbicara mengenai kamera selfie, Infinix Smart 6 HD hanya memiliki resolusi 5 MP saja. Menariknya lagi adalah kamera selfie tersebut sudah ditemani dengan LED Flash ala Infinix untuk melakukan video call dan selfie di pencahayaan redup.

6. Tersedia MicroSD

Kelebihan Infinix Smart 6 HD selanjutnya adalah adalah tersedia Triple Slot yang bisa menampung dua kartu SIM dan juga satu slot microSD. Oleh karena itu, bagi pengguna yang menggunakan dua kartu SIM tidak perlu khawatir dan tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM yang mereka gunakan.

Sebagaimana yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwasannya ponsel ini hanya menyediakan RAM 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB saja. Untuk itu, pihak perusahaan sudah menyediakan 1 (satu) slot microSD hingga berukuran 512 GB.

7. Fitur Lengkap

Infinix Smart 6 HD sendiri sudah menggunakan XOS 7.6 berbasiskan Android 11 Go. Setidaknya di dalam antarmuka ini terdapat beberapa fitur menarik dan lengkap. Beberapa diantaranya adalah App Lock, X-proof, Xclone, Xvocal, Kids Mode dan DTS Audio Processing+Bess 2.0.

Masing-masing fitur tersebut tentunya memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda, contohnya seperti di bawah ini:

  • App Lock : Dapat mengunci aplikasi yang bersifat privasi.
  • Xclone : Berfungsi untuk menggandakan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
  • Xvocal : Fungsinya untuk mengubah suara Anda. Bahkan, fitur ini bisa diaktifkan pada saat Anda bermain game atau melakukan pesan suara di WhatsApp dan sejenisnya untuk prank teman dekat.

Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Dengan harga Rp1.1 jutaan, tentu saja ponsel ini memiliki beberapa kekurangan yang wajib untuk dimaklumi. Untuk itu, simak kekurangan Infinix Smart 6 HD yang akan penulis jelaskan di bawah ini.

1. Pengisian Daya

Teknologi pengisian daya yang digunakan oleh Infinix Smart 6 HD ini adalah 5W (5V, 1 A) saja. Dengan demikian, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwasannya proses pengisian daya dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi, Infinix Smart 6 HD memiliki baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh.

2. Sensor Kurang Lengkap

Terdapat 3 (tiga) jenis sensor yang didukung oleh Infinix Smart 6 HD yaitu akselerometer, proksimitas, dan juga cahaya. Tidak ada sensor giroskop dan juga kompas di dalam ponsel ini, namun dengan tidak adanya sensor giroskop memang masih bisa dimaklumi, tetapi tidak dengan sensor kompas yang begitu penting.

Bagaimana tidak, dengan adanya sensor kompas tentunya si ponsel akan menunjukkan arah mata angin dan orientasi pengguna. Bahkan tanpa tidak adanya koneksi internet sekalipun, untuk itu ponsel ini kurang cocok digunakan untuk petualangan.

3. Masih MicroUSB

Akhir-akhir ini memang kebanyakan smartphone yang dirilis pada tahun 2022 sudah menggunakan port USB Type-C yang lebih fleksibel. Namun sangat disayangkan, Infinix Smart 6 HD masih menggunakan port microUSB bahkan belum mendukung OTG (On-The-Go). Untuk itu, pengguna tidak akan bisa mencolokkan flashdisk di dalam ponsel ini.

Spesifikasi Infinix Smart 6 HD

Spesifikasi Infinix Smart 6 HD

  • Warna : Origin Blue, Force Black, Aqua Sky.
  • Dimensi : 165.64 x 76.4 x 9.05 mm.
  • Berat : 228 gram.
  • Layar : IPS LCD, HD+ (720 x 1600 piksel).
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28nm).
  • GPU : IMG8322.
  • RAM : 2 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11 Go Edition, XOS 7.6
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 8 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Infinix Smart 6 HD

Harga Infinix Smart 6 HD

Penulis sendiri belum menemukan harga resmi dari situs resmi Infinix Mobility. Akan tetapi, dilansir dari beberapa sumber terpercaya mengatakan bahwa harga dari Infinix Smart 6 HD dengan konfigurasi RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB adalah Rp1.149.000 rupiah. Jika Anda ingin membelinya, langsung saja klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan harga termurah dan potongan harga.