Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 - Spesifikasi & Harga

Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50 beserta spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Realme Indonesia.

Realme Narzo 50 secara resmi masuk ke Indonesia pada Maret 2022 lalu yang hadir dengan menawarkan berbagai macam kelebihan bagi konsumen. Bagiamana tidak, dengan harga Rp2 jutaan saja Anda sudah bisa menikmati baterai berkapasitas besar, perfoma yang cukup baik di kelasnya, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50

Smartphone yang satu ini juga menjadi penerus dari pendahulunya, yakni Realme Narzo 30. Perlu diketahui bahwa series Narzo sendiri memang dikhususkan untuk kaum milenial yang dijual secara online. Berikut ini penulis akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50.

Kelebihan Realme Narzo 50

Kelebihan Realme Narzo 50

Setidaknya ada banyak sekali fitur menarik yang dikemas di dalam ponsel Realme Narzo 50 ini, untuk mengetahuinya lebih lanjut, ada baiknya simak ulasannya sampai habis.

1. Desain Menarik

Realme Narzo 50 menghadirkan desain Kevlar Speed Texture yang terinspirasi dari mobil balap. Bagian belakang pada ponsel ini memberikan sensasi matte yang cukup halus di ketika dipegang, kemudian terdapat 4 (empat) buah lensa kamera, namun satunya lagi adalah LED Flash.

Dilansir dari beberapa sumber mengatakan bahwasannya desain dari Realme Narzo 50 termasuk stylish dan memberikan impresi premium. Pada saat dilihat dari angle tertentu, varian warna Speed Blue akan menunjukkan adanya aksen gradasi yang menarik dan terlihat kece bagi penggunannya.

Sementara itu, dimensi dari Realme Narzo 50 adalah 164.1 x 75.5 x 8.5 mm dengan berat 194 g. Hanya dengan memiliki ketebalan 8.5 mm saja, maka dapat dipastikan pengguna akan lebih nyaman ketika menggenggam ponsel ini.

2. Tampilan Layar Solid

Bagian layar dari Realme Narzo 50 sudah tersemat panel IPS LCD berukuran 6,6 inci. Oh iya, layar ini juga telah berada di resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel) pada aspek rasio 20:9. Untuk ketajaman layarnya juga sangat sudah memanjakan mata pengguna, dikarenakan ia menghasilkan kerapatan piksel sebesar 400 ppi (pixel per inch).

Menariknya lagi adalah layar yang disematkan pada ponsel ini sudah mendukung refresh rate tinggi sampai 120Hz agar tampilan animasi ketika scrolling dan membuka aplikasi bisa terlihat dua kali lipat lebih mulus dibandingkan dengan 60Hz atau 90Hz.

Tak sampai disitu saja, layarnya juga telah menghadirkan touch sampling rate 180 Hz yang membuat pengguna mampu melakukan maneuver secara lebih cepat saat bermain game. Tersedia juga beberapa level mode laju penyegaran yang bisa disesuaikan secara otomatis, mulai dari 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz hingga 120Hz.

3. Kamera Terbilang Cukup Bagus

Terdapat 3 (tiga) lensa yang berfungsi pada Realme Narzo 50, kamera utama berkemampuan 50 MP bukaan f/1.8 dengan sensor 1/2.76 inci pada ukuran piksel 0.64 ┬Ám disertai juga fitur PDAF (Phase Detection Autofocus). Untuk lensa pendampingnya, terdapat 2 (dua) sensor beresolusi 2 MP bukaan f/2.4 dengan fungsi depth dan juga makro.

Pada ponsel ini terdapat berbagai macam fitur seperti portrait, mode malam, Dual-Video, mode Pro, Ultra Macro, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk kamera selfie dari Realme Narzo 50 beresolusi 16 MP bukaan f/2.1, kedua kameranya juga mampu merekam video hingga resolusi maksimal yaitu 1080 piksel pada 30 fps.

Sekedar informasi tambahan, Realme Narzo 50 juga dibekali dengan fitur tambahan yaitu Ultra Steady Stabilization menggunakan EIS. Dengan begitu, pengguna dapat meminimalisir goyangan saat merekam sambil berjalan. Sehingga, sangat cocok bagi mereka yang ingin membuat video cinematic dan sejenisnya.

4. Baterai Besar

Sudah seharusnya smartphone dengan harga Rp2 jutaan yang dirilis pada tahun 2022 ini menggunakan baterai berkapasitas besar. Tidak terkecuali Realme Narzo 50. Sehingga, ketahanan baterai lebih ditentukan pada faktor lain seperti penggunaan layar, chipset, optimasi perangkat dan faktor lainnya.

Dengan kapasitas yang tergolong besar, tentu saja ponsel ini sudah harus dibekali dengan fitur fast charging 33W. Dengan harga Cuma Rp2 jutaan saja, pengguna sudah bisa merasakan fast charging 33W. Umumnya, kebanyakan HP 2 jutaan masih menggunakan fast charging 15W sampai dengan 18W.

5. Adanya Fitur Dynamic RAM

Adapun fitur Dymanic RAM Expansion yang juga dihadirkan oleh smartphone Realme Narzo 50 yang memungkinkan RAM 6 GB dapat diperluas sampai 5 GB dan total RAM yang nantinya akan didapatkan adalah RAM 11 GB. Sementara itu, untuk penyimpanan internalnya sendiri sebesar 64 GB, dimana nantinya dapat diperluas sampai 1 TB menggunakan microSD.

6. Perfoma Oke

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya Realme series Narzo memang dikhususkan untuk anak muda atau milenial untuk kebutuhan gaming dan multitasking. Itulah mengapa, Realme Narzo 50 diotaki dengan chipset yang memadai dari sisi perfoma untuk menunjang kebutuhan tersebut, yaitu MediaTek Helio G96.

Chipset MediaTek Helio G96 berjalan pada konfigurasi CPU octa-core dengan cakupan dua inti berperfoma tinggi yaitu Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz, dengan enam inti hemat daya Cortex A55 berfrekuensi 2 GHz. Kemudian untuk GPU-nya masih menggunakan Mali G57 MC2 yang berjalan pada clock speed 850 MHz, ia masih dibangung dengan fabrikasi 12 nm.

Berbicara mengenai perfoma untuk gaming, Realme Narzo 50 masih sanggup dalam memainkan game PUBG Mobile yang dapat meraih frame rate sekitar 45 FPS. Tak hanya PUBG Mobile, pengguna juga bisa bermain game lain seperti COD Mobile, Free Fire, Mobile Legends, Genshin Impact dan sejenisnya.

7. Kualitas Sangat Baik

Realme Narzo 50 juga memiliki kualitas yang sangat baik dikarenakan sudah melewati berbagai uji ketahanan. Setidaknya sebanyak lebih dari 320 tes sudah dilakukan, diantaranya adalah 300.000x pengujian tombol daya, 150.000x pengujian tombol volume, 4.000x pengujian daya on dan off, 20.000x pengujian port plug in dan plug out, 300 jam pengujian suhu pada -40 derajat celcius hingga 75 derajat celcius, 14 hari pengujian suhu tinggi pada 65 derajat celcius.

Kekurangan Realme Narzo 50

Kekurangan Realme Narzo 50

Kualitas dan fitur dari ponsel ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, dengan harga Rp2 jutaan saja tentunya Anda akan mendapatkan beberapa kekurangan dari Realme Narzo 50 seperti di bawah ini.

1. Lensa Ultrawide Absen

Realme Narzo 50 sendiri tidak hadir dengan lensa ultrawide yang memungkinkan pengguna dalam memotret dengan sudut pandang yang luas. Sebab, ponsel ini hanya dibekali dengan kamera utama berkemampuan 50 MP, dan lensa makro 2 MP dan depth beresolusi 2 MP saja. Hal ini memang tidak menjadi masalah besar, lantaran harga yang ditawarkan oleh Realme Narzo 50 cukup ekonomis.

2. Tanpa Speaker Stereo

Kualitas suara juga tentunya sangat wajib untuk diperhatikan pada sebuah smartphone. Realme Narzo 50 sayangnya tidak dibekali dengan dual speaker Stereo, alias hanya tersedia di bawah bodi. Alhasil suara yang dihasilakan tidak sebaik dengan speaker Stereo pada umumnya. Akan tetapi, kualitas suara dari speaker Mono yang disematkan pada ponsel ini sudah cukup kencang dan baik. Sehingga, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Spesifikasi Realme Narzo 50

Spesifikasi Realme Narzo 50

  • Warna : Speed Black, Speed Blue.
  • Dimensi : 164.1 x 75.5 x 8.5 mm.
  • Berat : 194 gram
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.6 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G96 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 4/6 GB.
  • ROM : 64/128 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI 2.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme Narzo 50

Harga Realme Narzo 50

Dikutip dari halaman resmi Realme Indonesia bahwasannya Realme Narzo 50 dibanderol dengan harga Rp2.499.000 rupiah dengan varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB yang masih bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan microSD. Tertarik untuk membeli ponsel ini? Klik tombol di bawah ini untuk membelinya.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain