Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16e - Spesifikasi & Harga

Apa saja yang istimewa dari ponsel ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penulis akan memaparkan kelebihan dan kekurangan OPPO A16e.

Jika Anda sedang mencari sebuah smartphone dengan harga Rp1 jutaan saja, maka OPPO A16e ini bisa dijadikan referensi menarik untuk Anda. Hadir sebagai smartphone di kelas entry-level, OPPO A163 ditujukan kepada mereka yang sedang membutuhkan sebuah smartphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Baik itu untuk menonton film, browsing, scrolling TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16e

Ponsel ini hadir dengan dapur pacu yang tergolong standar di segmen entry-level, yakni Helio P22 dari MediaTek yang dibangun atas proses fabrikasi 12 nanometer. Bukan hanya itu saja, desain dari OPPO A16e juga cukup menarik di kelasnya, sehingga ponsel ini tidak akan terlihat murahan meskipun harganya berkisar Rp1 jutaan.

Meskipun ponsel ini menyasar di segmen entry-level, bukan berarti smartphone OPPO A16e tidak punya sesuatu yang istimewa. Lantas apa saja yang istimewa dari ponsel ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini penulis akan memaparkan kelebihan dan kekurangan OPPO A16e beserta spesifikasi dan harganya.

Kelebihan OPPO A16e

Kelebihan OPPO A16e

1. Desain

OPPO A16e didesain agar cukup nyaman dioperasikan dengan 1 (satu) tangan saja. Bukan tanpa sebab, ketebalan dari OPPO A16e sendiri adalah 7,85 mm. Selanjutnya, ia juga terbilang cukup ringan dikarenakan beratnya hanya 175 gram saja. Oleh karena itu, OPPO mengklaim produk-nya bisa dioperasikan dengan 1 (satu) tangan saja.

Tidak hanya nyaman ketika dipakai, ponsel ini juga sudah mengantongi sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air dari segala arah. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ponsel ini terkena tetesan air hujan.

Dilansir dari laman resminya, OPPO A16e sudah melewati serangkaian tes pengendalian mutu. Beberapa tes tersebut meliputi tes cabut-colok pada port microUSB sebanyak 10.000 kali, test tombol volume sebanyak 100.000 kali, hingga tes tombol power sebanyak 100.000 kali.

Soal dimensi, OPPO A16e memiliki dimensi 164 x 75.4 x 7.9 gram dengan bobot 175 gram. Adapun 2 (dua) opsi warna yang dihadirkan oleh OPPO A16e yaitu Biru dan juga Hitam.

2. IPS LCD 6.52 Inci

Layar dari ponsel ini menyematkan layar berpanel IPS LCD berukuran 6.52 inci yang memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel dengan kepadatan piksel 169 ppi. Akan tetapi, resolusi HD+ ini akan menjadi sebuah keuntungan. Sebab resolusi yang cukup rendah akan membuat beban kerja chipset menjadi lebih ringan, sehingga konsumsi daya lebih irit dibandingkan resolusi tinggi.

Ketika digunakan diluar ruangan, OPPO A16e sih masih dibilang sanggup lantaran tingkat kecerahannya mencapai 480 nit. Tidak lupa, pihak perusahaan juga sudah membekali ponsel ini dengan fitur Eye-care guna menjaga kesehatan mata konsumen.

Layar yang digunakan oleh OPPO A16e juga sudah mendukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz. Untungnya, OPPO A16e telah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3 agar tahan terhadap goresan.

3. Dapur Pacu

OPPO A16e disokong oleh SoC (System on Chip) dari MediaTek yaitu Helio P22 yang memiliki konfigurasi 8 (delapan) inti CPU yang semuanya dirancang dengan arsitektur Cortex A53 (2.0 GHz). Tidak sampai disitu saja, MediaTek Helio P22 juga mengandung GPU PowerVR GE8320 dengan frekuensi 650 MHz.

MediaTek Helio P22 adalah bukan SoC (System on Chip) yang cukup kencang. Sebab, Cortex A7x tidak ada pada barisan CPU serta GPU-nya cukup lawas. Untuk itu, pengguna tidak akan bisa bermain game berat seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, COD Mobile dan sejenisnya. Namun, jika digunakan untuk pemaikaian sehari-sehari sih terbilang oke.

4. Memori

Ponsel ini sebenarnya memiliki 2 (dua) varian yaitu RAM 3 GB dan ROM 32 GB, dan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Akan tetapi, OPPO A16e yang beredar di pasar Indonesia hanya tersedia versi RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB saja. Bisa dikatakan, RAM 3 GB sudah cukup tangguh untuk pemakaian sehari-hari dan bermain game ringan juga masih sanggup asalkan grafisnya disesuaikan.

Bagi sebagian orang memori internal 32 GB mungkin sangat kecil untuk ponsel masa kini. Untungnya, OPPO A16e dibekali 3 (tiga) slot yang dapat menampung 2 (dua) kartu SIM dan 1 (satu) buah microSD secara bersamaan. Dengan demikian slot microSD, pengguna bisa menambah kapasitas menjadi 1 TB.

5. Baterai 4230 mAh

OPPO A16e dibekali dengan baterai berkapasitas yang terbilang lumayan besar, yakni 4230 mAh. Ketika digunakan untuk pemakaian standar seperti menonton film, mendengarkan musik, browing dan sejenisnya, ponsel ini mampu bertahan seharian penuh. Selanjutnya, baterai ini didukung dengan teknologi charging 10W saja.

Selain itu, ponsel yang satu ini rupanya juga dibekali dengan fitur Optimized Night Charging yang memanfaatkan AI dalam mengamati kebiasaan pengguna saat melakukan pengisian daya baterai. Bisa disimpulkan, mengecas pada malam hari menjelang tidur tentu saja sangat aman dilakukan.

6. Sensor

Meskipun dibanderol dengan harga ekonomis, tampaknya OPPO A16e memiliki sensor yang bisa dikatakan cukup lengkap. Sensor esensial yang dimiliki oleh si ponsel mencakup akselerometer, proksimitas, cahaya, dan juga kompas.

Dengan adanya sensor cahaya tentu saja membuat OPPO A16e mampu menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Selanjutnya, sensor kompas akan membantu pengguna dalam menunjuk arah mata angin.

Kekurangan OPPO A16e

Kekurangan OPPO A16e

1. Port Masih MicroUSB

Sebagaimana yang sudah diketahui belakangan ini kebanyakan ponsel masa kini telah menggunakan port USB Type-C yang dapat mengeceas bolak balik tanpa menyesuaikan rumah port pada ponsel. Akan tetapi, OPPO A16e masih menggunakan port microUSB sehingga pengguna harus berhati-hati ketika mengisi daya baterai agar tidak terbalik dan merusak port tersebut.

2. Kamera Biasa Saja

Pengguna tentunya tidak perlu berharap lebih mengenai kualitas kamera dari OPPO A16e. Sebab, ia hanya mengandalkan 1 (satu) buah kamera utama berkemampuan 13 MP pada bukaan f/2.2. Kemudian, lensa makro dan sensor kedalaman absen di perangkat ini. Sementara itu, kamera selfie fixed focus-nya memiliki resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.4.

Berbicara mengenai perekaman video, kedua kameranya masih sama-sama sanggup merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

3. Pemindai Wajah

OPPO A16e sendiri memang memiliki sensor esensial yang tergolong lengkap di kelasnya. Hanya saja, ponsel ini tidak menghadirkan pemindai sidik jari yang berada di bagian belakang bodi ataupun di samping bodi yang menyatu dengan tombol power. Hal ini sih tidak menjadi masalah besar, dikarenakan OPPO A16e dibanderol dengan harga murah.

Untuk mengganti kekurangan tersebut, OPPO A16e menutupinya dengan menghadirkan fitur pemindai wajah untuk kemanan perangkat. Hanya saja, pemindai wajah ini kurang maksimal jika digunakan diruangan yang gelap.

Spesifikasi OPPO A16e

Spesifikasi OPPO A16e

  • Warna : Black, White.
  • Dimensi : 164 x 75.4 x 7.9 mm.
  • Berat : 175 gram
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.52 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio P22 (12 nm).
  • GPU : PowerVR GE8320.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 11, Colos OS 11.1.
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga OPPO A16e

Harga OPPO A16e

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari OPPO Online Store, bahwa OPPO A16e dibanderol dengan harga Rp1.599.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Sementara itu, varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB tidak dihadirkan di pasar Indonesia. Ketika Anda ingin membeli ponsel ini, langsung saja klik tombol pembelian yang sudah penulis bagikan di bawah.

Sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya smartphone. Saat ini menjadi penulis aktif di Ponselesa.com.

Posting Komentar

© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain