Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04 - Spesifikasi & Harga

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Galaxy A04. Langsung saja simak ulasan berikut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04.

Samsung Galaxy A04 ini sebelumnya dirilis secara global pada tanggal 24 Agustus 2022. Kini, HP Samsung terbaru ini sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 18 Oktober 2022. Ini hadir sebagai penerus dari Samsung Galaxy A03 yang dirilis pada bulan Februari 2022 lalu. Dengan hadirnya ponsel ini menyusul Samsung Galaxy A04s yang lebih dulu dirilis pada bulan September 2022 lalu.

Perlu diketahui bahwa Samsung Galaxy A0x series adalah jajaran smartphone entry-level yang umumnya dibanderol dengan harga 1 jutaan. Dengan harga segitu, tentu saja ia hadir dengan spesifikasi yang sederhana yang cocok digunakan untuk browsing, scrolling media sosial, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Samsung Galaxy A04. Langsung saja simak ulasan berikut terkait dengan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04s, beserta spesifikasi dan harganya sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A04

Kelebihan Samsung Galaxy A04

1. Desain Elegan

Dari bagian desain belakang bodi akan terlihat Samsung Galaxy A04 ini hadir dengan desain yang elegan dan tidak neko-neko. Tak terlihat adanya camera island berwarna hitam yang umumnya digunakan kebanyakan smartphone. Alih-alih, justru tersedia 2 (dua) lensa berukuran simetris yang disusun vertikal, langsung ke bodinya. Kemudian, terdapat juga lampu LED Flash.

Hanya terlihat tulisan SAMSUNG pada wilayah bodi bagian bawah si ponsel. Ini tentunya akan mengingatkan ke pendahulunya, yaitu Samsung Galaxy A03. Akan tetapi, desain penyusunan kameranya agak kontras dengan sang pendahulunya.

Bahan material bodi plastik tentu saja tidak bisa dihindari, mengingat Samsung Galaxy A04 dibanderol dengan harga ekonomis. Untuk memberikan opsi yang beragam, ponsel ini tampaknya hadir dalam pilihan warna Orange Cooper, Black, Deep Green. Ponsel ini pun hadir dalam dimensi 184.4 x 76.3 x 9.1 mm dengan bobot 192 gram.

2. Layar Lebar

Samsung Galaxy A04 hadir membawakan panel PLS LCD yang merupakan versi Samsung dari IPS LCD. Ukurannya juga cukup lebar, yakni 6,5 inci. Terlebih lagi, bezel-nya dibuat cukup tipis sehingga pengalaman layar menjadi lebih seru. Layar tersebut juga memiliki resolusi yang memadai di kelasnya yaitu HD+ alias 720 x 1600 piksel. 

Tidak cukup sampai disitu saja, layar dari Samsung Galaxy A04 ini pun berada dalam aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel cukup tinggi yaitu 270 ppi (pixels per inch). Diktehaui, rasio bodi ke layarnya berkisar di angka 81.3 persen.

3. Dapur Pacu

Beralih ke sektor dapur pacu, Samsung Galaxy A04 tampaknya disokong oleh SoC (System on Chip) berupa Unisoc SC9863A. Penggunaan dapur pacu Unisoc SC9863A ini terbilang lebih unggul daripada kebanyakan ponsel 1 jutaan lainnya yang menggunakan SoC (System on Chip) Helio P25 dari MediaTek. Dengan SoC (System on Chip) Unisoc SC9863A, setidaknya pengguna bisa merasakan perfoma yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari.

Sedikit informasi, Unisoc SC9863A ini dibangun atas dasar fabrikasi 28 nanometer yang membuatnya kurang baik dalam hal efisiensi daya alias baterai terbilang lebih boros. Kendati demikian, arsistektur inti CPU (Central Processing Unit) miliknya terbilang handal lantaran membawakan kombinasi 4 (empat) inti high perfomance Cortex A55 (1.6 GHz) dan 4 (empat) unit hemat daya Cortex A55 (1.2 GHz).

Kemudian, Unisoc SC9863A ini pun didukung dengan GPU (Graphics Processing Unit) berupa IMG 8322. Meski kurang gahar dalam bermain game-game berat seperti PUBG Mobile, COD Mobile, Genshin Impact dan sejenisnya. Setidaknya, Anda masih bisa bermain game-game ringan seperti COC, Candy Crush, dan lain-lain.

4. RAM Cukup Besar

Memang bukan hanya hanya dapur pacu saja yang menjadi penentu dalam kinerja smartphone. Di mana, Anda juga harus mempertimbangkan besaran RAM yang tersedia dari ponsel tersebut. Umumnya kebanyakan smartphone entry-level, besaran RAM yang dihadirkan di kisaran RAM 2 GB.

Sehingga, pengguna tentu saja akan kurang puas dengan kinerja dari ponsel tersebut nantinya. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A04 ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda dikarenakan ini hadir dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB.

Namun, produsen hanya menghadirkan 1 (satu) varian memori saja yang diboyong ke Indonesia yaitu penyimpanan internal sebesar 32 GB saja yang bisa dikatakan cukup kecil untuk saat ini. Apabila nantinya dirasa kurang, maka Anda masih bisa menambahkan microSD melalui slot yang disediakan hingga berkapasitas 1 TB.

5. Kamera Berkelas

Apabila mendengar kata smartphone entry-level atau HP 1 jutaan, apa yang ada dibenak Anda terhadap kameranya? Mungkin kebanyakan dari mereka akan menjawab lensa kamera yang dihadirkan beresolusi 8 MP, 13 MP, dan sejenisnya. Nyatanya, Samsung Galaxy A04 hadir dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang super tinggi di kelasnya.

Kamera utama berkekuatan 50 MP ini hadir dengan bukaan apertur f/1.8 dan mengusung fungsi wide-angle. Tersedia juga fitur autofokus agar viewfinder dapat mengunci fokus ke objek secara cepat. Terdapat juga LED Flash untuk menemani kamera tersebut, yang berfungsi untuk membantu pemotretan di lingkungan minim cahaya.

Untuk kamera pendampingnya, Samsung Galaxy A04 dilengkapi dengan kamera depth beresolusi 2 MP dengan bukaan apertur f/2.4. Di sisi depan, terdapat juga kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP pada bukaan f/2.2.

Perihal perekaman video, kamera belakang dari Samsung Galaxy A04 ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps. Kendati demikian, penulis masih belum mengetahui resolusi perekam video dari kamera selfie-nya.

6. Baterai 5.000 mAh

Demi memanjakan penggunanya, Samsung Galaxy A04 ini sudah dibekali baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Biasanya, kebanyakan ponsel dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh ini akan bisa bertahan hingga 1 (satu) hari maupun 2 (dua) hari dengan pemakaian sedang.

Namun mengingat Samsung Galaxy A04 ini hadir dengan dapur pacu yang memiliki fabrikasi 28 nanometer, tentu saja akan lebih boros. Akan tetapi, jika melihat dari sisi lain, ponsel ini hanya menggunakan layar beresolusi HD+ yang bisa dikatakan hemat daya daripada resolusi Full HD+.

Si ponsel ini pun memiliki port pengecasan berjenis microUSB 2.0 yang bisa dikatakan cukup jadul dan tidak memiliki fitur fast charging. Hal tersebut sih masih bisa dimaklumi, mengingat ini dibanderol dengan harga ekonomis.

Kekurangan Samsung Galaxy A04

Kekurangan Samsung Galaxy A04

1. Tidak Ada Fingerprint

Samsung Galaxy A04 ini memang tidak mengharuskan Anda dalam membuka kunci layar menggunakan PIN, Password, Pola, dan sejenisny dikarenakan sudah disediakan fitur face unlock. Akan tetapi, penggunaaan face unlock ini biasanya akan sulit dalam mendeteksi wajah ketika Anda sedang berada di ruangan yang gelap.

Dengan begitu, Samsung Galaxy A04 ini kalah saing dengan rivalnya yang rata-rata sudah menghadirkan sensor pemindai sidik jari di samping bodi maupun di belakang bodi. Sedangkan, Samsung Galaxy A04 tidak memilikinya sama sekali.

2. Belum USB Type-C

Samsung Galaxy A04 ini memang hadir dengan baterai besar yaitu 5.000 mAh. Akan tetapi, ia masih menggunakan port microUSB 2.0 yang terbilang jadul. Padahal, sudah banyak produsen lain di rentang harga 1 jutaan menawarkan port USB Type-C yang lebih kekinian. Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan jika Anda tidak mempermasalahkannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

  • Warna : Orange Cooper, Black, Deep Green.
  • Dimensi : 164.4 x 76.3 x 9.1 mm.
  • Berat : 192 gram
  • Layar : PLS LCD, 720 x 1600, 6.5 inci.
  • Chipset : Unisoc SC9863A (28 nm).
  • GPU : IMG 8322.
  • RAM : 3 GB / 4 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : Android 12, One UI Core 4.1.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Samsung Galaxy A04

Harga Samsung Galaxy A04

Di Indonesia, Samsung Galaxy A04 sendiri hadir dalam 3 (tiga) opsi warna yaitu Orange Cooper, Black, Deep Green dan varian memori RAM 3 GB dan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB dibanderol dengan harga Rp1.499.000 rupiah. Sementara itu, varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah.


Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain