Kelebihan dan Kekurangan Realme 10 - Spesifikasi & Harga

Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme 10? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Setelah berminggu-minggu bocor, akhirnya Realme 10 4G secara resmi diluncurkan di Indonesia tepat hari ini (09/11/2022). Ini merupakan seri Realme Numbers yang menjadi penerus dari Realme 9 yang diluncurkan pada April 2022 lalu. Tentu, ada beberapa peningkatan pada Realme 10, misalnya saja dari sisi dapur pacu.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 10

Kabar baiknya, Realme 10 ini dibekali SoC (System on Chip) berperfoma lebih tinggi dari series sebelumnya. Sehingga, ponsel ini juga sangat cocok untuk bermain game favorite seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, dan sejenisnya. Kendati demikian, Realme 10 ini bukan ditujukan sebagai ponsel gaming. Melainkan, ia dimaksudkan sebagai ponsel all-rounder di kelas menengah seperti pendahulunya.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp2 jutaan, si ponsel hadir dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), dapur pacu powerful di kelasnya, hadir dengan fitur Dynamic RAM yang bisa memperluas kapasitas RAM, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Realme 10? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Realme 10

Kelebihan Realme 10

1. Desain Ciamik

Realme 10 kali ini menyuguhkan desain Light Particles yang bisa menampilkan warna berbeda apabila dilihat dari sudut pandang berbeda. Satu hal yang penulis suka dari Realme 10 ini adalah form factor-nya yang mengusung flat edge, sehingga desain bodi dari si ponsel terlihat layaknya ponsel mahal, padahal ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp2 jutaan saja.

Ponsel ini pun hadir dengan konfigurasi dual camera, bodi belakangnya menyusun 2 (dua) lensa besar secara vertikal tanpa camera bump yang menonjol. Desain kamera yang disebut sebagai Unicover ini hanya menunjukkan tonjolan kamera di bagian lensa-nya saja, ponsel ini juga memiliki sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di sisi samping, yang menyatu dengan tombol power.

Untuk dimensinya, Realme 10 ini hanya memiliki dimensi 159.9 x 73.3 x 8 mm dengan bobot 178 gram. Kemudian, ini juga hadir dalam 2 (dua) varian warna yaitu Clash White dan juga Rush Black.

Tidak hanya tampil dengan desain ciamik, Realme 10 ini pun ternyata memiliki build quality yang cukup baik. Bagaimana tidak, si ponsel sudah lolos beragam tes ketahanan, seperti penekanan tombol 4000 kali, tombol volume 150.000 kali, dan pengujian tombol power 500.000 kali.

Di sisi lain, Realme 10 ini juga lolos tes colok-cabut port USB sebanyak 20.000 kali, serta pengujian di suhu tinggi 65 derajat celcius selama 21 hari.

2. Layar Super AMOLED

Sebagaimana seperti yang sudah disinggung di paragraf awal bahwa Realme 10 ini memamerkan panel layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar tersebut memiliki ukuran 6,4 inci yang juga hadir dengan kerapatan piksel 441 ppi (pixel per inch). 

Kemudian, si ponsel juga diproduksi dengan refresh rate layar sampai 90Hz, serta touch sampling rate 360Hz. Bukan hanya menampilkan gerakan layar 50% lebih mulus, layar dari Realme 10 ini juga akan lebih cepat menerima respon dari sentuhan jari pengguna.

3. Dapur Pacu Powerful

Untuk dapur pacu yang digunakan oleh Realme 10 ini bisa dikatakan powerful di kelasnya. Sebab, ia ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 yang dibangun atas fabrikasi 6 nanometer, sehingga efisiensi dayanya cukup bisa diandalkan. Tidak hanya itu, MediaTek Helio G99 juga dikemas dengan kombinasi 8 (delapan) inti prosesor (octa-core) yang cukup kencang.

Di mana, ke-8 (delapan) CPU (Central Processing Unit) ini mencakup klaster high perfomance yang berisikan 2 (dua) unit Cortex A76 yang berlari dengan kecepatan 2.2 GHz. Untuk menunjang aktivitas harian yang ringan-ringan, terdapat juga klaster efisiensi daya yang terdiri dari 6 (enam) unit Cortex A55 yang berlari dengan kecepatan 2.0 GHz.

MediaTek Helio G99 ini juga didukung dengan GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57 MC yang memiliki 2 (dua) inti dan frekuensi di angka 950 MHz. Bahkan, pihak Realme juga mengklaim bahwa Realme 10 ini dapat meraih skor AnTuTu v9 hingga 400.086 di kelasnya.

4. Baterai 5.000 mAh + Fast Charging 33W

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, Realme 10 ini ditanami baterai berkapasitas 5.000 mAh yang merupakan angka paling umum di kelas harga entry-level sampai dengan menengah. Mengingat Realme 10 ini menggunakan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) serta SoC (System on Chip) yang dibangun atas proses fabrikasi 6 nanometer yang hemat daya, tentu saja ponsel ini bisa membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama lagi.

Hal ini juga disampaikan oleh Realme itu sendiri bahwa Realme 10 dapat bertahan hingga 688 jam pada mode siaga. Artinya, ponsel ini bisa bertahan hingga 28 hari dalam mode siaga. Terlebih lagi, ketahanan baterai dari Realme 10 sudah didukung oleh mode penghemat yang bernama Ultra Saving Mode. Sehingga, fitur ini disinyalir bisa membuat si ponsel bertahan 2 jam lebih lama ketika sisa baterai hanya 5% saja.

Tidak cukup sampai disitu saja, Realme 10 juga tampaknya menghadirkan fitur SuperVOOC 33W yang diklaim bisa mengisi daya dari kosong hingga penuh hanya dalam kurun waktu 75 menit saja.

5. Dual Camera 50 MP

Realme 10 sendiri hadir dengan konfigurasi dual camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1.8 pada fungsi wide-angle yang diiringi oleh fitur PDAF, dan kamera makro yang memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. 

Namun, kamera ultrawide turut absen pada ponsel ini. Padahal, di ponsel Realme 9 memiliki kamera ultrawide yang memiliki resolusi 8 MP. Mungkin hal ini dilakukan oleh Realme untuk memangkas harga jual agar menjadi lebih murah atau mungkin akan dihadirkan pada Realme 10 Pro ataupun Realme 10 Pro Plus nantinya.

Lanjut, di sisi depan pada Realme 10 ini terdapat sebuah kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.5 yang berfungsi untuk selfie, video call dan sejenisnya. Perihal perekaman video, resolusi 1080p dengan kecepatan 30fps adalah resolusi maksimum yang bisa dihasilkan oleh kamera belakang dan juga depan.

6. Dynamic RAM Expansion

Dynamic RAM Expansion adalah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna dalam memperluas RAM yang diambil dari penyimpanan internal dan dijadikan RAM Virtual. Dengan hadirnya fitur ini tentu akan meningkatkan perfoma pada saat bermain game atau melakukan multitasking sehingga berjalan dengan lancar.

Untungnya, Realme 10 4G sudah mendukung fitur Dynamic RAM Expansion hingga 8 GB yang diambil dari memori internal. Di Indonesia sendiri, Realme 10 hadir dalam dua varian yaitu RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB serta RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Kekurangan Realme 10

Kekurangan Realme 10

1. Stereo Speaker Absen

Akhir-akhir ini sudah banyak ponsel di kelas 2 jutaan menggunakan stereo speaker untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik daripada mono speaker. Sayangnya, Realme 10 tidak menyediakan stereo speaker. Kendati demikian, Realme 10 sudah mengusung penyetelan speaker  dari Hi-Res untuk meningkatkan kualitas suara. Bukan hanya itu, volume speaker dari ponsel ini juga bisa ditingkatkan melebihi batas maksimum.

Tentu saja ini akan berguna bagi mereka yang ingin mendengarkan konten TikTok, YouTube, dan sebagainya di tengah keramaian. Selanjutnya, Realme 10 ini pun sudah menawarkan 3.5mm jack audio port.

2. Belum Mendukung 5G

Mengingat si ponsel hanya mengandalkan SoC (System on Chip) Helio G99, bukan Dimensity. Artinya, Realme 10 memang tidak menyediakan jaringan seluler generasi kelima alias 5G. Ia hanya mendukung jaringan 4G LTE Dual Sim Card.

3. NFC Absen

Jika Anda sedang mencari sebuah ponsel yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication), tampaknya perlu mencari opsi lain selain Realme 10. Sebab, ponsel ini tidak memiliki fitur NFC (Near Field Communication). 

Spesifikasi Realme 10

Spesifikasi Realme 10

  • Warna : Clash White, Rush Black.
  • Dimensi : 159.9 x 73.3 x 8 mm.
  • Berat : 178 gram
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.4 inci.
  • Chipset : MediaTek Helio G99 (6 nm).
  • GPU : Mali G57 MC2.
  • RAM : 4/8 GB.
  • ROM : 128 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W SuperVOOC.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 16 MP.

Harga Realme 10

Harga Realme 10

Harga dari Realme 10 berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari laman resminya adalah Rp2.799.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Sementara itu, untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.199.000 rupiah.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain