0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition - Spesifikasi & Harga

Mungkin banyak orang tua masa kini yang telah mengenalkan sebuah smartphone kepada sang anak tercinta sejak usia dini. Smartphone memang dikenal sebagai penyelamat andalan, contohnya ketika anak sedang rewel. Smartphone atau ponsel pun juga bisa dijadikan sarana anak untuk belajar seperti mengenal angka, huruf, menghafal warna, nama-nama binatang, bernyanyi, sampai dengan bermain game.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Namun yang dikhawatirkan oleh mayoritas orang tua adalah seberapa aman sebuah ponsel tersebut untuk anak? Dan bagaimana cara agar anak tidak kecanduan menggunakan sebuah smartphone? Masalah tersebut merupakan menjadi perhatian bagi vendor smartphone, khususnya Huawei.

Usai meluncurkan tablet Huawei MatePad SE 10.4 pada November 2022 lalu. Kini, Huawei Device Indonesia melanjutkannya dengan memperkenalkan tablet yang dirancang khusus untuk anak-anak, yaitu Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition. Dalam artikel ini, penulis akan membabar apa saja kelebihan dan kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition beserta spesifikasi dan harganya di bawah ini.

Kelebihan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Kelebihan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

1. Dilengkapi Casing yang Aman untuk Anak

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition pada dasarnya merupakan Huawei MatePad SE 10.4 yang meluncur pada November 2022 lalu. Sebab, tidak ada perbedaan soal desain antara kedua ponsel tersebut, misalnya pada bagian lokasi tombol, material yang digunakan, sampai dengan warna yang dihadirkan di pasar Indonesia.

Akan tetapi, pada seri Huawei MatePad 10.4 Kids Edition ini adalah adanya casing pelingung yang cukup tebal dan imut yang dikhususkan untuk anak. Warnanya hijau dengan tangkai pegangan berwarna kuning yang berfungsi sebagai penyangga tablet ketika anak sedang menonton film kartun ataupun yang lainnya.

Uniknya, casing pelindung tersebut terbuat dari karet silikon food grade. Dimana bahan tersebut sudah lolos pengujian LFGB dan FBA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sehingga memperoleh kategori food grade. Lembaga yang berada di bawah naungan Amerika Serikat tersebut kurang lebih mirip halnya pada BPOM di Indonesia.

Selain itu saja, casing pelindung dari tablet ini juga telah dilengkapi slot untuk menyimpan pena stylus. Letak tempat pen stylus tersebut terdapat di gagang pegangan yang juga tersambung oleh tali, itu juga didesain khusus oleh Huawei agar anak tidak menghilangkan stylus tersebut.

2. Adanya Fitur Kids Corner dan Perlindungan Anak

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition ini juga menghadirkan fitur yang bernama Kids Corner yang mana orang tua bisa mengatur aplikasi apa saja yang dimunculkan. Selain itu, para orang tua juga dapat mengatur durasi pemakaian tablet pada anak, mengatur foto dan video yang ditampilkan di galeri, dan lain-lain.

Tak hanya itu, di dalam Kids Corner ini pun juga telah memiliki bloatware bawaan seperti bloatware untuk menggambar, memotret, merekam suara, dan masih banyak lagi.

Adapun juga fitur perlindungan anak seperti tablet akan mati secara otomatis jadi black screen apabila posisi anak menggunakan tablet dengan posisi tidur telentang. Nantinya, akan ada notifikasi yang muncul untuk memperbaiki posisinya.

Bahkan, Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition ini juga dilengkapi oleh fitur Safe Charging guna mencegah anak menggunakan tablet ini ketika sedang melakukan pengisian daya baterai.

3. Dilengkapi Game dan Konten Khusus Anak

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition ini pun makin sempurna untuk dipertimbangkan oleh para orang tua lantaran si tablet dijejali segudang game dan konten khusus anak. Yang mana konten-konten tersebut berasal dari tiga aplikasi yang ada di dalam Kids Corner seperti Baby Panda World, Azoome, dan juga Huawei Video.

Terdapat game dan konten khusus anak yang bisa dinikmati oleh anak tercinta. Bahkan, paket langganan Baby World diberikan selama 1 bulan, dan Azoome selama 1 tahun atau 12 bulan lamanya.

4. Layar Lebar dengan Resolusi 2K

Sektor layar, Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition dipersenjatai oleh layar lega dengan mengandalkan layar sentuh Huawei FullView Display berdiagonal 10,5 inci dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi 2K alias 2000 x 1200 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 225 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga dapat menampilkan konten dengan tajam dan memuaskan. Sebab, produsen mengklaim bahwa layar yang digunakan oleh Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition sudah lolos dua sertifikasi dari TUV Rheinland. Dua sertifikasi tersebut mencakup rendah emisi cahaya biru dan bebas kedipan.

5. Performa Memadai Untuk Komputasi Harian

Performa yang dibawa oleh tablet Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition pun menurut penulis cukup memadai dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 berfabrikasi 6 nanometer yang mengusung prosesor octa-core. Ini terdiri dari quad-core berbasis Kryo 256 Gold berkecepatan 2,4 GHz dan quad-core berbasis Kryo 265 Silver berkecepatan 1,9 GHz. Juga dipadukan dengan RAM 3 GB, Snapdragon 680 tersebut juga ditopang oleh GPU (Graphics Processing Unit) berupa Adreno 610.

Selain itu saja, tablet dengan performa kencang yang dikhususkan untuk anak ini menghadirkan memori internal sebesar 32 GB yang juga dapat diperluas melalui slot microSD hingga berkapasitas 1 TB.

6. Baterai Besar dan Awet

Untuk memenuhi kebutuhan dayanya, tablet besutan Huawei Device Indonesia ini dibekali baterai berkapasitas 5100 mAh yang hanya mendukung pengisian daya 10W, artinya si tablet tidak dilengkapi fitur pengisian cepat 15W maupun 18W.

Dari informasi yang penulis himpun dari Jagat Review, tablet Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition ini mampu bertahan hingga 14 jam 48 menit lamanya dalam skenario video playback dengan resolusi 1080p.

7. Sudah Stereo Speaker

Walaupun tablet ini dibanderol dengan harga terjangkau, Huawei tetap memberikan yang terbaik kepada konsumennya, salah satunya pada Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition ini. Pasalnya, tablet ini telah dilengkapi oleh stereo speaker yang berada di bawah dan atasnya.

Perlu diketahui, stereo speaker mampu menghasilkan suara yang lebih lantang dan berkualitas. Dinamikanya juga ada, sehingga anak dapat merasakan satu langkah lebih dekat dengan konten yang sedang diputar.

Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

1. Hanya Mendukung Wi-Fi Only

Kekurangan Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition adalah tidak mendukung jaringan seluler. Oleh karena itu, si tablet hanya bisa disambungkan dengan Wi-Fi saja. Bisa juga melalui fasilitas tethering perangkat lain lewat Bluetooth maupun kabel USB.

Spesifikasi Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Spesifikasi Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition
  • Warna : Graphite Black.
  • Dimensi : 254.46 x 164.22 x 30.08.
  • Berat : 740.8 gram.
  • Layar : IPS LCD, 1200 x 2000 piksel, 10.4 inci.
  • Chipset : Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm).
  • GPU : Adreno 610.
  • RAM : 3 GB.
  • ROM : 32 GB.
  • OS : HarmonyOS 3.0.
  • Baterai : Li-Po 5100 mAh, 10W wired.
  • Kamera Belakang : 5 MP.
  • Kamera Depan : 2 MP.

Harga Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Harga Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition

Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition merupakan sebuah tablet khusus anak yang ditopang oleh SoC (System on Chip) powerful dari Qualcomm Snapdragon 680. Tak hanya itu, tablet ini juga dibekali resolusi layar yang imersif lantaran memiliki resolusi 2K alias 2000 x 1200 piksel yang juga dilengkapi fitur Eye Comfort bersertifikasi TUV Rheinland. Harga dari Huawei MatePad SE 10.4 Kids Edition adalah Rp3.299.000.