Kelebihan dan Kekurangan Realme C33 - Spesifikasi & Harga

Agar dapat mengetahuinya lebih mendalam soal Realme C33 ini, Anda perlu simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C33 berikut ini.

Pada tanggal 25 Oktober 2022, Realme Indonesia kembali merilis smartphone entry-level mereka di jajaran C series, yaitu Realme C33. Ini sekaligus menjadi suksestor dari Realme C30. Tentu dengan penambahan fitur dan spesifikasi. Dibanderol dengan harga Rp1 jutaan saja, tentu wajar apabila jika berbagai mata memandang sebelah ponsel Realme tersebut. Kendati demikian, Realme C33 juga sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yang mungkin belum dimiliki oleh kompetitornya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C33

Agar dapat mengetahuinya lebih mendalam soal Realme C33 ini, Anda perlu simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C33 beserta spesifikasi dan harga, yang akan penulis jabarkan sebagai berikut, simak sampai habis ya.

Kelebihan Realme C33

Kelebihan Realme C33

1. Desain Menawan

Meskipun dibanderol dengan harga sejutaan, Realme tidak lantas asal-asalan dalam merancang desain bodi dari smartphone entry-level ini. Bidangnya yang flat alias datar membuatnya lebih nyaman pada saat digenggam, terlebih lagi karena beratnya yang tidak terlalu berat. Realme C33 ini mengusung desain “Boundless Sea Design”. Dengan proses desain unicover, bodi punggungnya sungguh terlihat layaknya lautan membentang luas tanpa batas.

Agar terlihat lebih menawan, Realme nampaknya menambahkan sedikit aksen-akses glitter pada bodi si ponsel, sehingga terlihat seperti permukaan air laut yang menampilkan refleksi dikarenakan terkena terik matahari.

Realme C33 juga menampilkan konfigurasi Dual Camera yang diletakkan di dalam bulatan besar. Di sebelahnya, terdapat 1 (satu) bulatan kecil sebagai rumah untuk LED Flash. Di pasar Indonesia, Realme C33 hadir dalam 2 (dua) opsi warna yaitu Aqua Blue dan juga Night Sea.

2. Layar Oke di Kelasnya

HP Realme terbaru ini hadir dengan layar yang tergolong lebar yaitu 6.5 inci dengan panel IPS LCD. Layar tersebut mengusung resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel pada aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel sebesar 270 ppi (pixels per inch).

Selanjutnya, layar yang digunakan oleh Realme C33 ini juga sudah mendukung tingkat kecerahan hingga 400 nit, yang menjadikannya cukup layak untuk digunakan penggunaan sehari-hari seperti scrolling media sosial, browsing, dan lain-lain.

Anda juga akan merasakan refresh rate yang standar yaitu 60 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz. Benar saja, memang tidak ada refresh rate tinggi pada kompetitornya yang sudah menggunakan refresh rate 90 Hz. Hal ini sih bisa dikatakan cukup wajar ya, mengingat Realme C33 dibanderol dengan harga sejutaan saja.

3. Dapur Pacu

Di benak Anda mungkin akan terlintas bahwa ponsel sejutaan tidak bisa diandalkan untuk bermain game maupun rendering. Itu tidak benar, ya. Sebab, Realme C33 tidak lagi menggunakan SoC (System on Chip) seperti MediaTek Helio P35, MediaTek Helio A22, dan sejenisnya. Namun, Realme C33 ini akan membuat Anda terkejut dengan perfomanya, lantaran ini ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612.

SoC (System on Chip) dari Unisoc Tiger T612 ini biasanya digunakan oleh kebanyakan ponsel yang dibanderol dengan harga ekonomis, seperti Realme Narzo 50A Prime, Realme C31, Realme C30, dan lain sebagainya. Satu hal yang membuat SoC (System on Chip) tersebut menarik, ia sudah disertakan dengan mikroarsitektur ARM Cortex A7x.

Unisoc Tiger T612 ini dibangun pada proses fabrikasi 12 nanometer, mencakup konfigurasi prosesor sebanyak 8 (delapan) buah atau octa-core. Unisoc Tiger T612 ini juga didukung dengan 2 (dua) unit powerful Cortex A75 (1,8 GHz), serta 6 (enam) inti hemat daya berupa Cortex A55 (1,8 GHz). Tidak lupa, SoC (System on Chip) ini juga dibekali GPU (Graphics Processing Unit) berupa Mali G57.

Berdasarkan dari informasi yang penulis dapat dari kanal YouTube Kuliah Sore bahwa ia mengatakan Realme C33 ini sanggup dalam bermain game populer. Beberapa diantaranya adalah game Mobile Legends (High) yang berhasil mendapatkan FPS yang stabil di kisaran 58-60fps, PUBG Mobile (Smooth-Hight atau HD-High) dan ia mendapatkan FPS yang stabil di kisaran 30fps untuk grafis HD-High, Genshin Impact (Lowest) dan FPS yang didapat berkisar diantara 20fps dan juga 30fps.

4. Sudah Menggunakan Memori Internal UFS

Umumnya kebanyakan ponsel di rentang harga yang sama menggunakan tipe penyimpanan internal eMMC dengan kecepatan transfer yang cukup lamban. Hanya ponsel kelas menengah yang menggunakan memori internal UFS (Universal Flash Storage). Namun, di harga Rp1 jutaan saja Anda sudah bisa merasakan memori internal UFS pada Realme C33 ini. 

Sehingga, Anda akan merasakan perfoma yang lebih cepat pada saat menjalankan aplikasi, melakukan loading, sampai dengan menyalin data. Di Indonesia sendiri, ia terbagi dalam 2 (dua) varian yaitu RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB, dan juga RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Memori tersebut masih dirasa kurang? Tenang, Anda masih bisa kok menampung banyak file seperti foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya hingga berkapasitas 1 TB berkat Realme C33 sudah dibekali slot microSD.

5. Kamera Masih Oke

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Realme C33 ini tergolong hadir dengan kamera yang lebih oke sehingga membuat siapa pun tercengan. Hal ini diakrenakan, Realme C33 hadir dengan kamera utama berkekuatan 50 MP, di saat kompetitornya yang menggunakan resolusi 13 MP dan sejenisnya. Kamera utama dari si ponsel pun didukung dengan PDAF, agar pengguna tidak perlu lagi mengarahkan fokus secara manual.

Selanjutnya, Realme C33 juga memiliki kamera kedua yang memiliki resolusi 0.3 MP untuk mode portrait. Di sisi depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 5 MP saja.

Namun, perekaman videonya masih belum sanggup mencapai 60fps, alias 30fps saja. Untungnya, resolusinya sudah mencapai resolusi 1080p.

6. Baterai 5.000 mAh

Beralih ke sektor baterai, Realme C33 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah sesuai standar ponsel masa kini. Dilansir dari informasi yang penulis dapat dari kanal YouTube Kualiah Sore, ketika Anda menonton YouTube selama 1 jam, baterai dari si ponsel akan bekurang 6% saja. Lalu, pada saat scrolling media sosial selama 1 jam, ia hanya berkurang setidaknya 8% saja. Nah, ketika Anda gunakan untuk bermain Genshin Impact selama 1 jam, baterai dari Realme C33 hanya berkurang setidaknya 20% saja.

Namun, baterai tersebut tidak didukung pengisian cepat 18W ataupun 25W. Di mana, ia hanya mengandalkan pengisian daya 10W saja yang membuat proses pengisian daya akan memakan waktu hingga 3 jam ketika mengisi daya dari 0% ke 100%.

7. Sudah Menggunakan Side Fingerprint

Sudah lama, produsen smartphone menambahkan sensor pemindai sidik jari agar dapat membuka layar kunci dengan mudah, cepat, dan praktis. Nah, Realme C33 pun juga telah menyediakannya. Di mana, sensor pemindai sidik jari tersebut diletakkan di samping bodi, yang menyatu dengan tombol power. Ini tentu saja menjadi sebuah kelebihan dari Realme C33 ini. Daripada meletakkan sensor pemindai sidik jari di bodi belakang, yang tentu akan merusak desain dari ponsel itu sendiri.

Kekurangan Realme C33

Kekurangan Realme C33

1. Masih Menggunakan MicroUSB

Saat ini, sebagian besar smartphone Android sudah beralih dari microUSB ke port USB Type-C yang berbentuk simetris dan mendukung antarmuka blind mating. Artinya, tidak ada lag isu “casan terbalik” yang cukup menyulitkan pengguna dalam mencolokkan casan ke port tersebut. Akan tetapi, pada ponsel ini Anda harus kecewa lantaran Realme C33 masih menggunakan port microUSB.

2. Belum Mendukung WiFi Dual Band

Tidak perlu heran jika Anda menggunakan Realme C33 dan tidak bisa terhubung ke WiFi publik. Bisa jadi, WiFi pada lokasi tersebut sudah menggunakan router 5 GHz demi memberikan kecepatan yang lebih kencang.

Realme C33 sendiri masih mendukung protokol WiFi 802.11 b/g/n, alias hanya bisa terhubung ke WiFi yang menggunakan router 2.4 GHz saja.

Spesifikasi Realme C33

Spesifikasi Realme C33

  • Warna : Aqua Blue, Night Sea.
  • Dimensi : 164.2 x 75.7 x 8.3 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.5 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 3/4 GB.
  • ROM : 32/64 GB.
  • OS : Android 12, Realme UI S.
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme C33

Harga Realme C33

Di Indonesia, Realme C33 dibanderol dengan harga Rp1.599.000 rupiah untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Sedangkan, varian RAM 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB dibanderol dengan harga Rp1.799.000 rupiah. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati beberapa kelebihan sebagaimana yang sudah penulis jabarkan di atas. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja klik tombol pembelian sebagai berikut.

Gabung dalam percakapan
© Ponselesa.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain