0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C35 - Spesifikasi & Harga

Pada Februari 2022 Realme Indonesia resmi memperkenalkan smartphone seri C di segmen entry-level mereka dengan nama Realme C35. Sebagaimana yang sudah diketahui bahwasannya seri C memang menyasar di segmen entry-level di rentang harga Rp1 jutaan sampai dengan Rp2 jutaan saja. Umumnya, spesifikasi yang dihadirkan juga cenderung standar.

Akan tetapi, hal ini cukup berbeda ditunjukan oleh Realme C35. Sebab, smartphone terbaru ini memiliki beberapa peningkatan dibandingkan seri C lainnya. Lantas, apa saja sih beberapa peningkatan yang dimiliki oleh Realme C35? Berikut ini penulis akan membahas terkait dengan kelebihan dan kekurangan Realme C35.

Kelebihan Realme C35

Kelebihan Realme C35
Kelebihan Realme C35

Sebagai smartphone dengan rentang harga Rp2 jutaan saja, Realme C35 juga menawarkan berbagai keunggulan yang ditonjolkan untuk menarik perhatian banyak orang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Realme C35.

1. Desain Flat dan Menarik

Penulis sendiri juga sangat suka dengan desain dari Realme C35, hal tersebut bisa dilihat dari kerangka bodi smartphone yang dikemas secara flat. Sehingga menjadikan Realme C35 nampak seperti smartphone premium dengan harga yang tergolong ekonomis.

Desain flat pada Realme C35 memiliki ketebalan 8,1 mm sehingga membuatnya menjadi lebih ramping. Selain itu saja, Realme juga menggunakan permukaan plastik yang dibuat seolah-olah seperti kaca. Kemudian pihak perusahaan juga menghadirkan 2 (dua) warna, yakni Glowing Green dan juga Glowing Black.

Adapun sensor sidik jari di bagian samping bodi, dimana sudah disatukan dengan tombol power. Sehingga, membuat desain dari Realme C35 tampak seperti smartphone dengan kelas atas.

2. Layar Full HD+

Biasanya Realme seri C menghadirkan layar HD+ saja. Namun, hal tersebut tidak berlaku dengan Realme C35 yang menghadirkan layar Full HD+ dengan resolusi 1080 x 2408 piksel. Dimana layarnya membentang 6,6 inci dengan kerapatan layar mencapai 401 ppi (pixel per inch). Kemudian untuk kecerahan puncak hingga mencapai 600 nits.

Dengan kecerahan tersebut tentu smartphone ini cocok ketika digunakan di luar ruangan. Selain itu saja, Realme C35 juga dibekali pelindung layar dengan Panda Glass. Sebagian dari mereka mungkin cukup asing dengan pelindung layar tersebut lantaran kebanyakan vendor menggunakan Corning Gorilla Glass.

3. Baterai Besar 5000 mAh

Zaman sekarang memang sudah kebanyakan smartphone hadir dengan baterai besar, yakni 5000 mAh. Realme C35 juga dibekali dengan daya baterai berkapasitas besar 5000 mAh yang mampu memanjakan penggunanya untuk berselancar di internet, nonton streaming, bermain game dan kegiatan multitasking lainnya.

Untuk pemakaiannya, Realme C35 mampu bertahan selama seharian penggunaan. Faktor yang membuat daya baterai dari smartphone ini awet dikarenakan memiliki layar dengan refresh rate 60 Hz serta tidak mendukung konektivitas 5G.

4. Hadir Dengan Triple Camera 50 MP

Realme C35 hadir dengan triple camera yang berada di bagian belakang bodi, dimana kamera utama berkemampuan 50 MP dengan bukaan diafragma f/1.8. Tak hanya itu saja, adapun kamera macro 2 MP dan kamera kedalaman 0.3 MP. Sementara itu, untuk kamera selfie dari Realme C35 berkemampuan 8 MP dengan diafragma f/2.2.

Berbicara mengenai fitur pada kamera utama mungkin terbilang sangat lengkap. Dimana pihak dari Realme Indonesia membekali beberapa fitur seperti mode burst, filter, pro, panorama, macro, night pro, portrait sampai dengan HDR. Untuk perekam video, Realme C35 mampu menghasilkan resolusi maksimal yakni 1080p dengan frame rate 30 fps.

5. Memiliki Setifikasi TUV Rheinland

Menariknya lagi adalah Realme C35 telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland yang sudah melewati berbagai macam uji skenario. Mulai dari ketahanan komponen, pemakaian dengan kondisi ekstream sampai dengan pengujian penggunaan seharian penuh. Bahkan, Realme C35 juga diklaim mampu bertahan selama 3 tahun pemakaian.

6. Dapur Pacu Unisoc T616

Berbicara mengenai perfoma, Realme C35 ditenagai oleh Unisoc T616 yang digadang-gadang mampu menghasilkan perfoma yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. SoC dari Unisoc T616 terdiri dari Octa-core (2 x 2.0 GHz), Cortex A75 (6 x 1.8 GHz), dan juga Cortex A55. Sementara itu, fabrikasinya dapat mencapai 12 nm sehingga tidak mudah panas. Untuk GPU yang digunakan oleh Realme C35 adalah Mali-G57 MP1.

Kekurangan Realme C35

Kekurangan Realme C35
Kekurangan Realme C35

Itulah 6 (enam) kelebihan dari smartphone Realme C35 yang dapat penulis sampaikan. Disamping itu, Realme C35 juga mempunyai kekurangan, lho. Apa saja demikian? Di bawah ini adalah ulasannya.

1. Masih Menggunakan Speaker Mono

Perlu diketahui, sudah kebanyakan vendor smartphone dibekali dengan speaker Stereo. Sebab, penggunaan speaker Stereo mampu menghasilkan suara yang lebih keras dan sangat cocok ketika digunakan untuk mendengarkan lagu, bermain game, menonton streaming, scrolling TikTok dan lain sebagainya.

Namun tidak dengan Realme C35, smartphone ini hanya dibekali dengan speakor Mono yang terbilang kurang baik dibandingkan speaker Stereo.

2. Absennya Kamera Ultra-wide

Meski hadir dengan kamera utama berkemampuan 50 MP. Namun sangat disayangkan, smartphone dari Realme C35 tidak ada kamera ultra-wide yang mampu mengambil gambar dengan jarak yang sangat besar atau mengambil gambar dengan jarak yang sangat dekat. Besar kemungkinan kamera ini di-absenkan oleh Realme untuk menekan budget produksi.

Dengan tidak hadirnya kamera ultra-wide tentu membuat smartphone Realme C35 agak kurang cocok digunakan fotografi dengan jarak yang sangat dekat. Namun, bagi pengguna yang tidak terlalu mementingkan kamera ultra-wide mungkin Realme C35 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Spesifikasi Realme C35

Spesifikasi Realme C35
Spesifikasi Realme C35

  • Warna : Glowing Green, Glowing Black.
  • Dimensi : 164.4 x 75.6 x 8.1 mm.
  • Berat : 189 gram.
  • Layar : IPS LCD, Full HD+, 6.5 inci.
  • Chipset : UNISOC Tiger T616 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57 MP1.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64/128 GB.
  • OS : Android 11, Realme UI 2.0
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 2 MP + 0.3 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga Realme C35

Harga Realme C35
Harga Realme C35

Dilansir dari laman resmi Realme.com bahwasannya smartphone Realme C35 dibanderol dengan harga Rp2.299.000 rupiah dengan RAM 4 GB serta penyimpanan internal sebesar 64 GB. Nah, untuk varian RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.499.000 rupiah.

Setidaknya ada 2 (dua) varian warna yang bisa Anda pilih, yakni Glowing Green dan juga Glowing Black. Untuk membelinya, silahkan langsung saja klik tombol di bawah ini.