0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 10 Pro - Spesifikasi & Harga

Setelah sukses meluncurkan seri Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro beberapa waktu lalu, kini Infinix Mobility Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone tanah air dengan meluncurkan smartphone gaming terjangkau dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya berkekuatan 108 MP serta ditopang oleh SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core dipadukan dengan RAM sebesar 8 GB + 5 GB extension RAM.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 10 Pro

Tak cukup sampai disitu saja, pengalaman bermain game dengan smartphone Infinix GT 10 Pro ini kian mulus berkat dipersenjatai layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung refresh rate 120Hz yang smooth. Kemudian, itu juga didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat 45W.

Sebagai debut pertama Infinix di segmen smartphone gaming terjangkau, jelas Infinix GT 10 Pro menarik banyak tanya perihal kapabilitasnya. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan Infinix GT 10 Pro beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Kelebihan Infinix GT 10 Pro

Kelebihan Infinix GT 10 Pro

1. Desain Khas Gaming

Secara desain, Infinix GT 10 Pro tampak mengambil inspirasi dari Nothing Phone lantaran penutup belakangnya semi transparan. Meski tidak semuanya transparan seperti Nothing Phone, namun Anda masih bisa melihat nuansa transparan dengan pola-pola yang serupa.

Infinix menyebut desain tersebut sebagai Cyber Meca Design, itu memberikan vibe Cyberpunk yang cukup kental sehingga membuatnya terlihat begitu futuristik. Di antara lensa kamera belakang, terdapat beberapa garis mini LED yang nantinya akan menyala pada kondisi tertentu, seperti menerima panggilan telepon, notifikasi, menerima pesan, dan sebagainya.

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh sang ponsel adalah sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dan debu.

2. Layar AMOLED 120Hz

Smartphone gaming terjangkau Infinix GT 10 Pro ini dipersenjatai layar sentuh punch hole pada aspek rasio 20:9 berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 395 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan hingga 900 nits (peak) serta didukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz.

Layar Infinix GT 10 Pro juga memiliki profil warna 10 bit yang dapat menampilkan hingga 1 miliar warna. Untuk akurasi warnanya sendiri, sang ponsel mendukung DCI-P3 100% color gamut. Ini membuatnya cukup ideal untuk keperluan kreasi konten, agar kreator dan audiens bisa melihat warna yang sama di layar mereka.

Itu juga memiliki PWM Frekuensi 1920Hz untuk mengurangi flicker saat layar berada di kecerahan rendah. Agar memastikan mata pengguna tetap nyaman melihat layar ponsel, Infinix GT 10 Pro sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland. Hal ini bisa mengurangi itensitas cahaya biru yang dapat merusak mata.

Agar aplikasi streaming seperti Netflix dan Amazon Prime Video dapat menampilkan konten pada resolusi Full HD, ponsel tentunya harus mengantongi sertifikasi layar Widevine L1. Kebanyakan ponsel di harga terjangkau umumnya hadir dengan Widevine L3 yang membuatnya eligible terhadap resolusi SD. Untungnya, Infinix GT 10 Pro sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1+.

3. Performa Sangat Powerful

Performa yang ditawarkan oleh Infinix GT 10 Pro pun menurut penulis sangat powerful di kelasnya dengan sokongan SoC (System on Chip) Dimensity 8050 5G berfabrikasi 6 nanometer dengan prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,6 GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan memori RAM 8 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 886MHz yang powerful.

Infinix GT 10 Pro pun dibekali dengan kemampuan Z Axis Linear Motor yang dapat memberikan haptic feedback dalam arah sumbu Z atau vertikal. Fitur ini dapat memberikan efek getaran dan sensasi menyenangkan terhadap sentuhan pengguna atau ketika sang ponsel menerima notifikasi.

Smartphone gaming terjangkau ini pun dibekali dengan penyimpanan internal berkapasitas  256 GB UFS 3.1 yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB triple slot.

4. Kamera Utama 108 MP

Sektor kamera, Infinix GT 10 Pro hadir dengan tiga buah kamera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 108 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 berukuran 1/1.67 inci 0.64um piksel pada bukaan aperture f/1.8 disertai fitur phase-detection autofocus, dan quad LED flash.

Kemudian kamera keduanya berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai depth sensor. Sedangkan terdapat juga kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 32 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS pada bukaan aperture f/2.0 fixed focus juga disematkan fitur AI. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam pada resolusi 4K@30fps dan kamera depan mampu merekam di resolusi 1440p@30fps.

5. Baterai Besar dan Awet

Infinix GT 10 Pro menawarkan masa ketahanan baterai yang cukup baik, ia dibekali dengan kapasitas 5000 mAh dengan layar serta chipset pada efisiensi daya yang tinggi. Ketika smartphone ini diuji dengan kegiatan pemutaran video loop selama 30 menit, baterainya hanya berkurang 3% dari 88% ke 85%.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun, Infinix GT 10 Pro juga mampu bertahan hingga seharian penuh pada penggunaan sedang. Itu juga hadir dengan pengisian cepat 45W pada boks penjualan. Untuk mengisi daya dari kosong hingga 90%, ia hanya memakan waktu 45 menit saja.

6. Dukungan Stereo Speaker dan Vapor-Chamber

Hal yang menarik dari smartphone Infinix GT 10 Pro ini adalah sudah dibekali dengan dua buah speaker stereo dengan DTS Audio yang sudah dijejalkan sertifikasi Hi-Res Audio guna menghasilkan pengalaman bermain game atau menikmati konten multimedia yang lebih imersif. Kemudian, ia juga sudah dilengkapi oleh 4D vibration haptic untuk menghasilkan getaran yang lebih tactile saat memainkan game.

Tak cukup sampai disitu saja, adapun juga fitur Bypass mode yang memasok daya langsung ke mainboard agar suhu tetap dingin saat bermain game ketika ponsel sedang di charge. Infinix juga membekali teknologi Vapor-Chamber dengan luas 4319mm dipadukan 11-layer desain untuk meredam panas.

7. Tanpa Iklan dan Ada Jaminan Update

Sebagai informasi singkat, salah satu kekurangan brand Infinix adalah kurang memerhatikan kenyamanan pengguna dari segi software. Ini bisa dilihat dari banyaknya produk Infinix yang hadirkan iklan, bloatware, serta jarang punya kejelasan mengenai jaminan update.

Namun, Infinix GT 10 Pro hadir dengan antarmuka XOS 13 for GT yang jauh lebih bersih. Terdapat jumlah bloatware yang 40% lebih sedikit dibandingkan seri Infinix lain. Bahkan, Infinix mengklaim antarmuka ini tidak memiliki iklan menurut laman resminya.

Pengguna juga masih disuguhkan dengan beragam fitur menarik seperti X Arena dan Dark-Link Engine untuk konfigurasi pengalaman gaming, melakukan floating window untuk multi-tasking, hingga melakukan split screen.

Tak hanya itu, OS pada Infinix GT 10 Pro pun menawarkan jaminan dukungan update software hingga 2 tahun, terhitung sejak pertama kali HP diluncurkan secara global. Smartphone ini dijanjikan akan mendapatkan update hingga Android 14 pada tahun 2024.

8. Dukungan Fitur NFC

Fitur NFC (Near Field Communication) memang bukan lagi digunakan oleh ponsel di kelas flagship. Namun, fitur NFC (Near Field Communication) ini sudah digunakan oleh digunakan oleh smartphone di kelas entry-level sampai dengan mid-range, tidak terkecuali Infinix GT 10 Pro ini.

Dengan dukungan fitur NFC (Near Field Communication), tentunya pengguna dapat mengisi saldo eMoney dengan cara membuka aplikasi dan menempelkan kartu ke bagian belakang bodi Infinix GT 10 Pro. Ini juga tentu akan memudahkan pengendara roda dua hingga roda empat saat hendak melalui tol maupun parkir.

Kekurangan Infinix GT 10 Pro

Kekurangan Infinix GT 10 Pro

1. Kamera Ultrawide Absen

Sisi fotografi dari Infinix Note 30 Pro memang sudah sangat baik di kelasnya lantaran ia memberikan resolusi yang cukup besar. Kendati demikian, absennya sensor ultrawide pada si ponsel bisa jadi deal-breaker. Infinix Mobility Indonesia malah memilih untuk menghadirkan sensor depth sebagai kamera keduanya dan dedicated macro sebagai kamera ketiganya. Padahal, belakangan ini sudah banyak ponsel entry-level to mid-range yang menggunakan sensor ultrawide.

2. Tidak Ada Pelindung Layar

Infinix GT 10 Pro memang menghadirkan build quality yang cukup baik di kelasnya. Bodi dari ponsel ini memiliki ketahanan terhadap percikan air, dan tidak mudah rusak walau terjatuh. Kendati demikian, tidak adanya pelindung layar akan membuka kesempatan untuk risiko baret dan retak yang tinggi.

Spesifikasi Infinix GT 10 Pro

Spesifikasi Infinix GT 10 Pro
  • Warna : Mirage Silver dan Cyber Black.
  • Dimensi : 162.7 x 75.9 x 8.1 mm.
  • Berat : 187 gram.
  • Layar : AMOLED, 1080 x 2400 piksel, 6.67 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 8050 (6 nm).
  • GPU : Mali-G77 MC9.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, XOS 13.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 45W wired.
  • Kamera Belakang : 108 MP + 2 MP +  2 MP.
  • Kamera Depan : 32 MP.

Harga Infinix GT 10 Pro

Harga Infinix GT 10 Pro

Infinix GT 10 Pro merupakan smartphone gaming terjangkau terbaru yang menawarkan performa tinggi berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8050 5G octa-core serta diperkuat oleh kamera utama berkekuatan 108 MP yang cukup tinggi. Selain itu, ponsel ini juga dipersenjatai oleh layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) pada refresh rate 120Hz yang imersif. Adapun fitur-fitur menarik yang turut dihadirkan seperti antarmuka tanpa iklan, adanya fitur bypass mode, Vapor-Chamber, dukungan stereo speaker, dan lain sebagainya. Harga smartphone Infinix GT 10 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.499.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 256 GB.