0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C51 NFC - Spesifikasi & Harga

Realme Indonesia baru-baru ini telah resmi meluncurkan smartphone entry-level mereka melalui seri Realme C51 NFC melalui acara peluncuran bertajuk "5th Anniversary Leap Up Launch Event" bersamaan dengan ponsel Realme 11 NFC, TWS Realme Buds Air 5 dan juga Realme Buds T300.  Realme C51 NFC ini pun menawarkan desain stylish dengan konsep Stylish Glittering Design yang menampilkan dual tekstur matte, serta dipadukan efek glitter yang mewah.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C51 NFC

Perihal performa, Realme C51 NFC ini ditopang oleh SoC (System on Chip) yang kompeten di kelasnya dari Unisoc Tiger T612 dipadukan dengan RAM 4 GB yang powerful. Di sisi lain, itu juga dibekali oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang masih diperkuat oleh teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W. Tak cukup sampai disitu saja, Realme C53 NFC ini juga hadir dengan konfigurasi Dual Camera berkekuatan 50 MP serta mendukung fitur NFC (Near Field Communication).

Untuk itu, menarik membahas Realme C51 NFC. Apalagi, smartphone ini dijanjikan Realme sebagai produk entry-level yang memiliki charger dengan kualitas terdepan untuk kelas harganya. Sekilas, spesifikasi Realme C51 NFC ini cukup mirip dengan Realme C53 NFC yang lebih dulu hadir di Indonesia. Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan Realme C51 NFC ini? Ini dia ulasannya.

Kelebihan Realme C51 NFC

Kelebihan Realme C51 NFC

1. Desain Stylish dan Bodi Tipis

Realme C51 NFC hadir dengan desain stylish dan bodi tipis. Di sisi belakang, ia memiliki dua sentuhan akhir yang digunakan yaitu glossy dan matte. Bagian glossy-nya ini bisa dibilang sebagai housing kamera karena berada di bagian atas. Selain itu, jika diperhatikan lagi, pantulan cahaya yang ditampilkan berpusat pada kamera utamanya.

Sedangkan di bagian bawah memiliki sentuhan akhir matte atau lebih bertekstur. Ini membuatnya mampu memberikan kesan berada dan khas pada saat disentuh. Namun, garis pemisah antara keduanya terasa cukup kasar.

Bukan hanya memiliki desain stylish, bodi dari Realme C51 NFC pun menurut penulis cukup tipis. Dimensi yang dimilikkinya yaitu 167,2 x 76,7 x 7,9 mm. Ketebalannya ini sudah cukup nyaman untuk digenggam dalam waktu lama. Apalagi bobotnya hanya 186 gram saja.

2. Layar 6.7 Inci dengan Refresh Rate 90Hz

Smartphone Realme C51 NFC ini dipersenjatai oleh layar sentuh berponi berukuran 6,7 inci dengan panel IPS (In-Plane Switching) LCD yang mengusung resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 260 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 560 nits (peak).

Demi meningkatkan kenyamanan saat penggunaannya, Realme juga sudah menyematkan refresh rate 90Hz. Sedangkan untuk touch sampling rate-nya mencapai 180Hz. Angka tersebut sudah cukup baik di kelasnya. Pergerakan animasi yang ditampilkan mampu bergerak lebih mulus dan nyaman untuk dilihat.

3. Performa Masih Andal

Performa dari smartphone Realme C51 NFC pun cukup kompeten di kelasnya dengan mengandalkan SoC (System on Chip) Unsico Tiger T612 berfabrikasi 12 nanometer yang mengusung octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 1,8 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB LPDDR4X, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57.

Merujuk data dari Nanoreview, chipset ini hanya mampu meraih skor 193.655 poin untuk AnTuTu v9. Sedangkan Geekbench 5, skor single-core dan multi-core yang diraihnya adalah 346 dan 1.327 poin.

4. Hadir dengan Triple Slot

Walaupun performa dari Realme C51 NFC ini masih terbilang andal, namun untuk menjalankan game berat tentu saja kurang mumpuni. Sebab, kapasitas RAM yang dimilikinya tidak terlalu besar. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja ponsel jika harus bekerja maksimal.

Realme C51 NFC ini hanya dibekali RAM 4 GB saja dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB. Kapasitas tersebut memang bukan yang terbaik di kelasnya, bahkan untuk sekelas harganya masih terasa pas-pasan.

Kendati demikian, Realme C51 NFC hadir dengan slot microSD triple slot untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 2 TB.

5. Kamera Cukup Baik

Sisi fotografi, Realme C51 NFC hadir dengan konfigurasi Dual Camera di sisi belakangnya. Komposisinya adalah kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofocus, AI, dan LED flash.

Sedangkan untuk kamera keduanya adalah berkekuatan 0.3 MP yang berfungsi sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie yang cukup bersaing berkekuatan 5 MP di smartphone ini yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel pada bukaan aperture f/2.2. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps dan kamera depan hanya mampu merekam pada resolusi 720p@30fps.

6. Pengisian Cepat Ngebut di Kelasnya

Adapun keunggulan lain yang ditawarkan oleh Realme C51 NFC ini adalah fitur pengisian dayanya. Sebab, dengan budget sekitar Rp1,6 jutaan saja, Anda sudah bisa memiliki smartphone dengan pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Kecepatan ini bisa dikatakan cukup mirip dengan saudara-saudaranya yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, yakni Realme C53 NFC dan Realme C55 NFC. Dengan demikian, sang ponsel mampu mengisi daya dari kosong hingga 50% dalam waktu 31 menit. Sedangkan untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh memakan waktu sekitar 63 menit saja.

Tak hanya memiliki fitur pengisian cepat ngebut di kelasnya, Realme C51 NFC juga dibekali baterai yang awet. Sebab, kapasitasnya sudah berada di angka 5000 mAh.

7. Dukungan NFC 360 Derajat

Realme C51 NFC juga dilengkapi oleh fitur NFC (Near Field Communication) 360 dengan tingkat akurasi 2 kali lipat. Melalui NFC dengan swipe 360 derajat, pengguna dapat tap posisi manapun di bagian atas ponsel dengan pengalaman NFC yang ditingkatkan. 

Fitur NFC (Near Field Communication) juga memiliki banyak fungsi seperti mengecek saldo e-Money, dan lain sebagainya.

8. Adanya Fitur Mini Capsule Notification

Tak jauh berbeda dengan Realme C53 NFC yang diluncurkan beberapa waktu lalu, kini Realme C51 NFC pun ikut menghadirkan fitur Mini Capsule Notification disekitar kamera depan layaknya pada iPhone 14 series. Kemunculan terkait dengan tiga skenario fungsional yang telah ditentukan oleh produsen.

Ketiga skenario tersebut adalah terkait dengan pengisian daya baterai, penggunaan data seluler, sampai dengan menghitung langkah. Namun, sejauh ini Mini Capsule Notification pada Realme C55 NFC hanya baru bisa menampilkan notifikasi ketika baterai sudah terisi penuh, baterai lemat, dan saat pengisian daya berlangsung.

Kekurangan Realme C51 NFC

Kekurangan Realme C51 NFC

1. Speaker Stereo Absen

Speaker dengan konfigurasi stereo harus absen pada perangkat Realme C51 NFC ini. Lagi-lagi keputusan ini kemungkinan besar ada kaitannya agar harga jual produk tetap terjangkau. Jumlah speaker pada Realme C51 NFC hanya ada satu, yang mana diletakkan di sebelah kiri port USB Type-C 2.0.

Namun, hal ini masih bisa ditoleransikan karena kualitas suara yang dihasilkan pada Realme C53 NFC terbilang cukup baik di kelasnya. Adapun juga fitur UltraBoom Speaker guna meningkatkan kelantangan suara hingga 150%, yang umumnya hanya 100% saja.

2. RAM Hanya 4 GB

Kekurangan selanjutnya dari smartphone Realme C51 NFC ini adalah kapasitas RAM-nya. Dijual dengan harga Rp1,6 jutaan saja, sang ponsel hanya menawarkan kapasitas RAM 4 GB saja. Kapasitas tersebut tentu terasa masih kurang di kelas harganya. Bahkan, kapasitas RAM tersebut sudah terpakai oleh sistem mencapai 2,1 GB atau sekitar 56% dari keseluruhan. Artinya, kapasitas RAM yang tersisa hanya 1,6 GB saja.

Padahal, beberapa merek smartphone lain di kelas harga yang berdekatan sudah menghadirkan RAM yang lebih besar. Sebut saja itel S23 dengan harga Rp1,3 juta yang dibekali RAM hingga 8 GB. Di sisi lain, ada juga Infinix Hot 30 dengan harga Rp1,8 jutaan dengan RAM 8 GB.

Spesifikasi Realme C51 NFC

Spesifikasi Realme C51 NFC
  • Warna : Mint Green dan Carbon Black.
  • Dimensi : 167.3 x 76.7 x 7.5 mm.
  • Berat : 182 gram.
  • Layar : IPS LCD, 720 x 1600 piksel, 6.74 inci.
  • Chipset : Unisoc Tiger T612 (12 nm).
  • GPU : Mali-G57.
  • RAM : 4 GB.
  • ROM : 64 GB / 128 GB.
  • OS : Android 13, Realme UI T Edition.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, SuperVOOC 33W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 0.03 MP.
  • Kamera Depan : 5 MP.

Harga Realme C51 NFC

Harga Realme C51 NFC

Realme C51 NFC merupakan smartphone entry-level terbaru yang ditopang oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 dengan dukungan baterai 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat SuperVOOC 33W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 50% dalam waktu 28 menit saja. Selain itu saja, ponsel ini juga memiliki keunggulan lain seperti hadirnya fitur NFC (Near Field Communication) yang banyak dicari. Harga smartphone Realme C51 NFC terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp1.699.000 rupiah untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Sementara itu, varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga Rp1.899.000 rupiah.