0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2 - Spesifikasi & Harga

OPPO Pad 2 dirilis bersamaan dengan OPPO Find X6 series pada 21 Maret 2023 di pasar China. Tablet tersebut merupakan penerus dari OPPO Pad dan OPPO Pad Air. Kini, OPPO Indonesia memboyong OPPO Pad 2 ke Indonesia pada 21 September 2023. Perlu diketahui, tablet ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan demanding, karena menyuguhkan spesifikasi tingkat dewa di hampir semua parameternya. Bahkan, OPPO  Pad 2 diluncurkan dengan SoC (System on Chip) flagship kelas atas sehingga performanya tidak tertandingi.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2

Hal ini tak lepas dari dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 9000 berfabrikasi 4 nanometer dipadukan dengan memori RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Selain itu, tablet ini juga dibekali layar lebar yang mengusung resolusi 2000 x 2800 piksel dengan refresh rate 144Hz yang sangat imersif. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan pengalaman baca novel digital yang nyaman, karena OPPO Pad 2 sudah memiliki rancangan rasio layar yang benar-benar dipikirkan secara matang.

Memiliki banderol harga menengah ke atas, OPPO Pad 2 tak hanya sekedar cocok untuk komputasi ringan sehari-hari melainkan juga untuk menunjang produktivitas secara profesional. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan OPPO Pad 2 beserta spesifikasi dan harganya? Untuk mengetahui ulasannya, simak ulasan berikut.

Kelebihan OPPO Pad 2

Kelebihan OPPO Pad 2

1. Desain Bodi Tipis

Secara desain, OPPO Pad 2 memiliki sisi-sisi rounded yang membuatnya nyaman digunakan. Framenya terbuat dari bahan material logam atau yang biasa disebut aluminium, ini tentu semakin memberikan kesan premium ketika disentuh. OPPO mengklaim telah mengaplikasikan polishing hingga ribuan kali, sehingga menghasilkan tekstur desain bodi yang mewah dan sulit dihinggapi bekas noda sidik jari.

Ketebalan dari tablet ini pun hanya 6,54 mm sehingga begitu mudah diselipkan ke dalam tas. Ini juga tentu membuat tablet terasa nyaman di tangan tanpa membuat tangah mudah pegal ketika memegangnya. Di sisi belakangnya, terdapat konfigurasi kamera yang lain dari biasanya. Apabila tablet lain meletakkan kamera di pojok kiri atas pada posisi portrait, kini OPPO Pad 2 meletakkan kamera tersebut di tengah atas pada orientasi lanskap.

Tak hanya itu, kamera belakang tersebut juga berada di posisi yang selaras dengan posisi kamera selfie. Layout demikian dirancang bukan hanya mempercantik tampilan, namun juga untuk meningkatkan sisi praktis penggunaan.

2. Adanya Stylus Pen

OPPO Pad 2 juga diberikan dukungan kompatibilitas dengan OPPO Pen (stylus) dan juga keyboard. OPPO Pen pada tablet ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki seri-seri sebelumnya, itu memiliki latensi 2 ms yang mampu memberikan pengalaman pen and paper sejati.

Stylus tersebut senantiasa menempel pada sisi bodi, dan bisa langsung dicabut kemudian digunakan untuk menulis serta menggambar dengan instan. Kemudian, bodi dari OPPO Pad 2 juga telah dihiasi oleh konektor pin POGO untuk dihubungkan ke papan ketik.

Berbeda dengan keyboard eksternal biasa, keyboard yang didukung oleh OPPO Pad 2 ini sudah didukung trackpad untuk navigasi antarmuka yang lebih smooth. Ini menurut penulis cukup mirip dengan Magic Keyboard pada produk Apple.

Berkat adanya pin POGO, keyboard tersebut tentunya tidak perlu dicas secara terpisah sebelum digunakan. Pasalnya, ia bisa mengambil daya dari perangkat tablet sesuai sumber kekuatannya. Ini juga turut mengurangi latensi agar pengetikan bisa terhindar dari delay.

3. Layar Luas dengan Refresh Rate 144Hz

Dari informasi yang penulis himpun, OPPO Pad 2 dirancang pada aspek rasio layar 7:5 yang diklaim mampu menampilkan konten dengan lebih luas tanpa harus scrolling-scrolling. OPPO juga menyebutkan bahwa aspek rasio tersebut mengimitasikan tampilan membaca buku sungguhan.

Aspek rasio tersebut juga cukup ideal dalam mendukung tampilan split-screen, lantaran menyajikan proposi jendela yang lebih matang dan nyaman ketika dipandang oleh mata. Alih-alih menggunakan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), rupanya OPPO Pad 2 menggunakan panel layar IPS (In-Plane Switching) LCD berukuran 11,61 inci yang mengusung resolusi 2000 x 2800 piksel serta menawarkan kerapatan hingga 296 ppi (pixel per inch).

Layar tersebut juga sudah didukung oleh refresh rate 144Hz yang mampu menampilkan animasi lebih mulus serta terbebas dari screen tearing. Kemudian, layar pada OPPO Pad 2 ini juga didukung oleh kecerahan tipikal hingga 500 nits, dan sudah mengantongi sertifikasi Dolby Vision.

OPPO Pad 2 juga tidak akan membuat mata cepat lelah ketika memandang layar dalam waktu lama berkat sertifikasi Eye Protection. Terdapat komponen hardware yang bisa menyaring cahaya biru pada rentang 415 hingga 455 nm. Tablet ini juga sudah lolos uji sertifikasi Rheinland dan evaluasi National Eye Engineering Center.

4. Performa Tiada Tanding

Performa yang ditawarkan oleh OPPO Pad 2 menurut penulis tidak tertandingi. Hal ini tak lepas dari dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 9000 berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 berkecepatan 3,05 GHz, triple-core ARM Cortex-A710 berkecepatan 2,85 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 berkecepatan 1,8 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB LPDDR5, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali G710 MC10.

Dilansir dari kanal YouTube Wow Tech Arena, tablet ini tampak memiliki performa yang begitu mulus pada permainan PUBG Mobile. Dengan pengaturan grafis smooth, sang tablet mampu memilih opsi refresh rate paling mentok kanan yaitu 90Hz. Tak ada lag yang terasa sama sekali selama permainan berlangsung.

SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 9000 ini pun memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 1.005.677 poin seperti yang dilansir dari Nano Review. Sementara pada Geekbench 5, chipset ini mampu meraih skor 1271 poin untuk single-core dan 4324 poin untuk multi-core.

5. Kamera Bisa Diandalkan

Sisi fotografi, OPPO Pad 2 dikemas dengan persenjataan fotografi yang layak. Pasalnya, OPPO Pad 2 menggunakan kamera utama berkekuatan 13 MP pada bukaan aperture f/2.2 yang cukup andal dalam menghasilkan foto indah.

Adapun fitur paling menarik dari kameranya adalah kemampuan perekamannya yang sanggup mendukung resolusi 4K pada 30 FPS. Namun sayang, tablet diketahui tidak dapat meraih frame rate 60 FPS saat menggunakan resolusi 1080p.

Guna mengurangi guncangan yang ada ketika sedang merekam video, OPPO Pad 2 tampak dijejalkan fitur stabilisasi gyro-EIS (Electronic Image Stabilization). Ini menjadikannya salah satu tablet paling layak di kelasnya untuk keperluan pembuatan konten.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 8 MP yang mampu merekam hingga resolusi 1080p pada 30 FPS.

6. Baterai Besar yang Awet

Untuk urusan daya, OPPO Pad 2 dibekali baterai berkapasitas 9510 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 16 jam lamanya dalam skenario menonton series. Itu juga didukung fitur pengisian cepat Super Flash Charge 67W, sehingga tablet bisa dicas selama 10 menit untuk melakukan produktivitas kantoran selama 3 jam.

Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, OPPO Pad 2 juga bisa bertahan hingga seharian penuh pada penggunaan normal. Sementara durasi pengecasannya, OPPO mengklaim tablet hanya membutuhkan waktu 80 menit untuk dicas dari kosong hingga penuh.

Fitur pengisian tersebut sudah menggunakan port USB Type-C 2.0 juga mendukung USB OTG (On-The-Go), sehingga bisa melakukan transfer data antar tablet ke laptop, atau bahkan ke flashdisk yang tercolok.

7. Konektivitas Ideal

Konektivitas dari tablet OPPO Pad 2 pun menurut penulis cukup ideal dengan dukungan Wi-Fi 6 yang bisa meraih maksimal kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Wi-Fi 5. Kemudian, terdapat juga Bluetooth 5.3 yang disertai kodek A2DP dan antarmuka Low Energy.

Tidak ada fitur NFC dan FM Radio, sayangnya. Sehingga pengguna tidak bisa melakukan pengecekan dan pengisian kartu eMoney dengan praktis. Untuk mendukung produktivitas menarik, OPPO Pad 2 berjalan dengan sistem operasi terbaru Android 13 dengan antarmuka ColorOS 13.1 dengan fitur gesture menarik.

Adapun fitur menarik lainnya adalah Multi Screen Collaboration, yang mana tablet bisa menampilkan isi layar pada smartphone yang terhubung ke akun yang sama. Dengan begini, pengguna dapat melakukan navigasi smartophone melalui tablet. Cara ini juga bisa dilakukan tanpa harus terhubung ke Wi-Fi yang sama.

Kemudian, pada saat OPPO Pad 2 terhubung ke jaringan Wi-Fi, sang tablet akan meningkatkan kecepatan internet dan menggabungkan jaringan seluler 5G pada smartphone. Ini merupakan sebuah fitur yang cukup jarang ditemukan pada tablet lainnya.

Kekurangan OPPO Pad 2

Kekurangan OPPO Pad 2

1. Hanya Wi-Fi Only

Kekurangan OPPO Pad 2 yang pertama adalah tidak mendukung jaringan seluler. Oleh karena itu, si tablet hanya bisa disambungkan dengan Wi-Fi saja. Bisa juga melalui fasilitas tethering perangkat lain lewat Bluetooth maupun kabel USB.

2. Tidak Ada Slot MicroSD

OPPO Pad 2 hadir dengan memori RAM 8 GB LPDDR5 dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1 saja untuk pasar Indonesia. Menurut penulis, memori berkapasitas 256 GB cukup kecil untuk seukuran perangkat tablet meski memiliki kemampuan transfer data yang cepat.

Namun untuk pengguna yang ingin memisahkan file multimedia dengan aplikasi, sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan oleh OPPO Pad 2 karena tidak memiliki slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

3. Tidak Ada 3.5 mm Jack Audio

Perihal audio, OPPO Pad 2 memang sudah mendukung pengalaman multimedia yang menyenangkan, itu karena dibekali dengan stereo speaker dengan jumlah empat buah serta didukung sertifikasi Dolby Atmos. Bergandengan dengan Dolby Vision pada layar, membuat tablet ini cocok menjadi sarana menonton yang imersif secara audio dan visual. Sayangnya OPPO Pad 2 tidak ada 3.5 mm jack audio untuk mendengarkan earphone dengan kabel. Dengan begitu, Anda harus menggunakan TWS.

Spesifikasi OPPO Pad 2

Spesifikasi OPPO Pad 2
  • Warna : Grey.
  • Dimensi : 258 x 189.4 x 6.5 mm.
  • Berat : 552 gram.
  • Layar : IPS LCD, 2000 x 2800, 11,61 inci.
  • Chipset : Mediatek MT6983 Dimensity 9000 (4 nm).
  • GPU : Mali-G710 MC10.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 13, ColorOS 13.1.
  • Baterai : Li-Po 9510 mAh, non-removable, 67W wired.
  • Kamera Belakang : 13 MP.
  • Kamera Depan : 8 MP.

Harga OPPO Pad 2

Harga OPPO Pad 2

OPPO Pad 2 merupakan salah satu tablet terbaru yang menyuguhkan spesifikasi tingkat dewa di hampir semua parameternya. Bahkan, OPPO  Pad 2 diluncurkan dengan SoC (System on Chip) flagship kelas atas sehingga performanya tidak tertandingi. Hal ini tak lepas dari dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 9000 berfabrikasi 4 nanometer dipadukan dengan memori RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Selain itu, tablet ini juga dibekali layar lebar yang mengusung resolusi 2000 x 2800 piksel dengan refresh rate 144Hz yang sangat imersif. Harga tablet OPPO Pad 2 terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp9.999.000 rupiah.