0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T, Hadirkan Pengalaman Fotografi Leica Bertenaga MediaTek Dimensity 8200 Ultra

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T, Hadirkan Pengalaman Fotografi Leica Bertenaga MediaTek Dimensity 8200 Ultra - Xiaomi Indonesia resmi memboyong smartphone premium kelas menengah terbarunya melalui seri Xiaomi 13T ke Indonesia. Smartphone ini adalah hasil kolaborasi dengan perusahaan pencitraan ternama yakni Leica di mana menawarkan pengalaman khas Leica yang disebut menyasar pengguna fotografi. Hal ini tak lepas dari dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP dengan focal lenght 24mm berukuran 1/1.28 inci lengkap dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Selain menawarkan kamera utama mumpuni, kamera selfie dari Xiaomi 13T pun cukup baik dengan dukungan kamera selfie berkekuatan 20 MP yang menggunakan sensor Sony IMX596.

Perihal performa, Xiaomi 13T terbilang powerful di kelas harganya dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra octa-core dipadukan dengan memori RAM 12 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Selain itu, keseluruhan performa tersebut pun didukung baterai berkapasitas 5000 mAh lengkap dengan pengisian cepat 67W.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T, Hadirkan Pengalaman Fotografi Leica Bertenaga MediaTek Dimensity 8200 Ultra

Secara desain, Xiaomi 13T merupakan evolusi dari desain Xiaomi 12T, dengan kombinasi sudut melengkung dan tepi datar yang membuatnya pas dan nyaman ketika digenggam. Menariknya, meski menampilkan teknologi yang hampir sama dengan Xiaomi 13T Pro, sebenarnya bobotnya sedikit lebih ringan yaitu 193 gram meski tidak terlalu terlihat ketika Anda mengenggamnya.

Adapun tiga pilihan warna yang bisa dipilih mencakup Alpine Blue, Meadow Green, dan Black. Uniknya, khusus warna Alpine Blue di bagian belakang penampang bodinya menggunakan material kulit vegan premium yakni BioComfort. Material tersebut memiliki tekstur lembut dan halus yang akan membuat ponsel ini nyaman ketika digenggam.

Kemudian, varian warna Meadow Green dan Black menggunakan material kaca di bodi belakangnya sehingga menampilkan kesan mewah dan elegan. Tak hanya itu, Xiaomi 13T juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang menandakan perangkat memiliki ketahanan terhadap air 30 menit dalam kedalaman 1,5 meter dan tahan di lingkungan debu.

Sayangnya, pilihan warna Meadow Green dan Black yang menggunakan material kaca tersebut bisa dikatakan cukup mudah dihinggapi oleh sidik jari. Disebutkan juga bahwa bodi belakang varian tersebut sangat reflektif, mudah menampilkan pantulan cahaya dan bayangan. Kabar baiknya, bodi belakang itu dapat dijadikan cermin darurat jika perlu.

Smartphone mid-range premium besutan Xiaomi Indonesia ini dipersenjatai layar sentuh punch hole berukuran 6,67 inci dengan panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi 1.5K alias 2712 x 1220 piksel.

Ini jelas membuat tampilan layarnya lebih tajam, mendukung tingkat kerapatan piksel hingga 446 ppi (pixel per inch) dan tingkat kecerahan puncak mencapai di angka 2600 nits (peak). Tersedia juga fitur sunlight mode guna memudahkan mata pengguna membaca tulisan di layar kendati berada di bawah terik matahari. Untuk keperluan edit konten, untungnya layar Xiaomi 13T sudah bisa menampilkan warna yang menyala dengan 100% DCI-P3 color gamut dukungan tampilan 68 miliar warna.

Xiaomi juga turut menjejalkan fitur ultra-dynamic display yang mampu meningkatkan kecerahan hingga 5 kali lebih cerah dari layar smartphone rata-rata. Smartphone ini pun sudah mengantongi sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+.

Layar tersebut pun sudah mendukung refresh rate 144Hz dengan fitur AdaptiveSync yang sanggup dalam menampilkan animasi yang mulus dan responsif. Fitur ini bisa menyesuaikan secara otomatis antara refresh rate 30Hz, 60Hz, 90Hz, 120Hz, hingga 144Hz. Selanjutnya layar ini juga sudah dibekali pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 5.

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi 13T pun masih cukup powerful di kelas harganya dengan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra berfabrikasi 4 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3.1 GHz, triple-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 3.0 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 12 GB LPDDR5, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G610.

MediaTek Dimensity 8200 Ultra pun turut mengandalkan teknologi MediaTek HyperEngine 6.0 yang bisa mengalokasikan sumber daya dengan baik demi kelancaran bermain game. Dengan fitur ini, layar smartphone condong lebih responsif, performa terhindar dari lagging, dan koneksi pun terus nyambung tanpa terputus.

Dilansir dari data Nano Review, MediaTek Dimensity 8200 Ultra mampu meraih skor AnTuTu v10 sebesar 895.649 poin. Sementara, skor Geekbench 6 mendapatkan skor 1.106 poin untuk single-core dan 3.788 poin untuk multi-core.

Selanjutnya, Xiaomi 13T juga disandingkan dengan RAM 12 GB LPDDR5 dan penyimpanan internal sebesar 256 GB UFS 3.1. Kendati demikian, ponsel ini tidak tersedia slot khusus microSD. Sehingga, pengguna tidak bisa ekspansi memori eksternal menjadi lebih besar. Oleh karena itu, pengguna harus puas dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB saja.

Sisi fotografi, smartphone kelas menengah Xiaomi 13T hadir dengan konfigurasi tiga buah kamera di sisi belakangnya dengan kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan lensa 15 - 50 mm ASPH dengan focal lenght 24mm berukuran 1/1.28 inci pada bukaan aperture f/1.9 lengkap dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization), lensa 7P, dan fitur Auto Focus. Kamera utama tersebut juga mampu menghasilkan foto sekitar 12.5 MP dengan fitur 4-in-1 Super Pixel.

Kemudian terdapat juga kamera kedua berkekuatan 50 MP yang berfungsi sebagai kamera telephoto pada bukaan aperture f/1.9 dan lensa ASPH 5P yang menggunakan fixed focus, terakhir ada kamera ultra-wide berkekuatan 12 MP pada bukaan aperture f/2.2 dan lensa ASPH 5P juga menggunakan fixed focus. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 4K@30fps. Sedangkan kamera depan mampu merekam hingga 1080p@30fps.

Kolaborasi dengan Leica bukan hanya pada lensa kameranya saja tapi juga menyediakan warna khas Leica berupa Leica Authentic Look untuk menghasilkan foto lebih estetik. Smartphone ini pun dilengkapi dengan enam elemen filter Leica seperti Leica Sepia dan Leica Blue yang diadaptasi dari kamera profesional full frame Leica M-Type240.

Tidak hanya memiliki spesifikasi kamera belakang yang andal. Xiaomi 13T juga memiliki spesifikasi kamera selfie yang mumpuni dengan resolusi 20 MP yang menggunakan sensor Sony IMX596 1/3.47 inci 0.8um piksel dipadukan dengan bukaan aperture f/2.2 fixed focus.

Demi menunjang kualitas visual ketika bermain game, menonton video, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Xiaomi 13T ini juga dibekali dengan dual stereo speaker bersertifikasi Hi-Res Audio disertai Dolby Atmos guna menghadirkan pengalaman multimedia yang imersif.

Meski hadir dengan dukungan stereo speaker, menurut penulis kualitasnya tidak terlalu bagus, tapi juga tidak buruk-buruk amat. Melansir dari Tech Advisor, disebutkan bahwa kedua speaker tidak dapat menghasilkan suara menakjubkan, dengan adanya tambahan suara distorsi pada volume maksimal.

Cukup disayangkannya lagi, Xiaomi 13T tidak disuguhkan 3.5 mm jack audio port. Alhasil, pengguna harus beralih ke TWS Bluetooth atau menggunakan adapter jika ingin menggunakan earphone.

Sudah tak mengagetkan lagi, keputusan Xiaomi memberikan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh pada ponsel ini. Xiaomi 13T turut disertai dapur pacu hemat daya yang menggunakan fabrikasi 4 nanometer, sehingga turut mendukung dalam masa durasi pakai yang panjang.

Perlu diketahui, kapasitas 5000 mAh juga bisa ditemukan pada varian Xiaomi 13T Pro yang lebih tinggi. Kemudian, itu juga didukung oleh fitur pengisian cepat 67W yang membutuhkan waktu 42 menit untuk mengisi dari kosong hingga penuh.

Xiaomi 13T sendiri sudah memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu soal kelengkapan sensornya. Benar saja, sang ponsel telah dibekali sensor fingerprint atau sidik jari yang disimpan di dalam layar. Hal ini tentu membuat penggunanya lebih mudah dan cepat pada saat ingin membuka ponsel dengan sidik jari.

Smartphone mainstrem ini pun juga dibekali oleh beberapa sensor yang memiliki fungsi cukup penting. Misalnya sensor gyroscope untuk menentukan arah dengan hanya menggerakkan ponsel. Selain itu, sensor gyroscope tersebut juga seringkali digunakan untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, terdapat sensor lain yang juga dimiliki oleh Xiaomi 13T ini adalah accelerometer, proximity, color spectrum, dan compass. Bukan hanya itu, terdapat juga sensor infrared yang berfungsi untuk mengubah kanal televisi dan volume AC tanpa terhubung ke internet.

Keunggulan Xiaomi 13T selanjutnya adalah sudah mendukung fitur NFC (Near Field Communications) yang dimana fitur ini cukup penting untuk ponsel saat ini. Dengan adanya fitur NFC maka pengguna bisa mengecek saldo eMoney, kirim kontak, transfer data, mengisi saldo eToll dan banyak lagi. Bukan hanya bisa dinikmati oleh ponsel mid-range, rupanya ponsel entry-level juga sudah cukup banyak yang menghadirkan fitur NFC ini.

Xiaomi 13T hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14 terbaru yang kaya akan fitur. Di dalamnya memang terdapat sejumlah bloatware yang sebagian bisa dihapus, tapi sebagiannya lagi tidak.

Menariknya, Xiaomi 13T menawarkan masa update cukup panjang, yakni empat tahun untuk versi Android dan lima tahun patch keamanan. Ini artinya, karena ponsel rilis di tahun 2023, maka Xiaomi 13T akan mendapatkan update sistem operasi hingga tahun 2028 yaitu Android 17.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi 13T

Spesifikasi Xiaomi 13T

  • Rilis di Indonesia : 3 Oktober 2023
  • Warna : Alpine Blue, Meadow Green, dan Black
  • Dimensi : 162.2 x 75.7 x 8.5 mm
  • Berat : 193 gram
  • Layar : CrystalRes AMOLED dengan ukuran 6.67 inci beresolusi 1220 x 2712 piksel, kerapatan 446 ppi, refresh rate 140Hz, 68B colors, HDR10+, 2600 nits (peak), Corning Gorilla Glass 5.
  • Chipset : MediaTek Dimensity 8200-Ultra, Octa-core (1x3.1 GHz Cortex-A78 & 3x3.0 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
  • Grafis : Mali-G610 MC6
  • Sistem Operasi : Android 13, MIUI14
  • Memori : RAM 12 GB dan 256 GB 
  • Kamera Belakang : 50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.28", 1.22µm, PDAF, OIS + 50 MP, f/1.9, 50mm (telephoto), 1/2.88", 0.61µm, PDAF, 2x optical zoom + 12 MP, f/2.2, 15mm (ultrawide), 1/3.06", 1.12µm, Leica lens, LED flash, HDR, panorama, 4K@30fps (HDR10+), 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS
  • Kamera Depan : 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.47", 0.8µm, HDR, panorama, 1080p@30/60fps, HDR
  • Audio : Stereo speaker
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, non-removable, 67W wired
  • Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Bluetooth 5.4, A2DP, LE, GPS (L1+L5), GLONASS (L1), BDS (B1I+B1c+B2a), GALILEO (E1+E5a), QZSS (L1+L5), NavIC (L5), NFC (Near Field Communication), infrared port, Radio, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor : Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum

Harga Xiaomi 13T

Xiaomi 13T merupakan salah satu smartphone terbaru di kelas menengah yang menghadirkan kamera Leica di mana menawarkan pengalaman khas Leica yang disebut menyasar pengguna fotografi. Hal ini tak lepas dari dukungan kamera utama berkekuatan 50 MP dengan focal lenght 24mm berukuran 1/1.28 inci lengkap dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Tak hanya itu, ponsel ini juga dipersenjatai layar CrystalRes AMOLED yang mengusung resolusi 1.5K dengan refresh rate 144Hz yang imersif. Kemudian, smartphone Xiaomi 13T juga hadir dengan performa memadai dari SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 8200 Ultra octa-core berfabrikasi 4 nanometer. Harga smartphone Xiaomi 13T terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp6.499.000 rupiah untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Pembeli bisa mendapatkannya secara daring maupun luring. Sebagai penawaran menarik sampai tanggal 15 Oktober 2023, pembeli akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa cashback Rp100.000 rupiah di Tokopedia.