0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G - Spesifikasi & Harga

Samsung Galaxy A15 5G merupakan salah satu smartphone keluaran awal tahun 2024 yang sekaligus menjadi penerus bagi Samsung Galaxy A14 5G. Untuk diketahui, ini merupakan versi 5G dari varian Samsung Galaxy A15 LTE yang menggunakan jaringan 4G. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, banyak perubahan yang Samsung sematkan pada Samsung Galaxy A15 5G. Salah satunya adalah sudah menggunakan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ disertai refresh rate 90Hz yang mampu menghadirkan pengalaman visual yang imersif.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

Tak cukup sampai di situ saja, smartphone Samsung Galaxy A15 5G juga memiliki performa yang kompeten dengan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB. Kemudian, ponsel ini memiliki kemampuan fotografi yang andal berkat hadirnya tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP dan kamera selfie berkekuatan 13 MP. 

Kelebihan Samsung Galaxy A15 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A15 5G

1. Desain Minimalis Khas Samsung

Secara desain, Samsung Galaxy A15 5G masih memiliki desain yang mirip bahkan bisa dibilang seragam. Contohnya pada smartphone ini, dikemas dengan kamera belakang tanpa adanya housing kamera alias contour cut design.

Bahkan, desain ini pun turut dimiliki oleh Samsung Galaxy S23. Fakta ini membuat smartphone Samsung Galaxy A15 5G terlihat bak ponsel flagship jika dilihat secara sekilas dari belakang. Desainnya pun masih mengusung sisi-sisi yang rata untuk kenyamanan genggam. Di sisi kanan, terdapat tombol volume dan power yang cukup menonjol dan nyaman untuk diraih.

Pada bagian depan, terdapat desain bergaya Infinity-U Display atau tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Namun, desain Infinity-U Display menurut penulis kurang cocok jika digunakan pada smartphone Rp 3 jutaan. Pasalnya, banyak vendor yang telah menggunakan desain punch hole di rentang harga Rp 2 jutaan.

2. Layar Super AMOLED yang Tajam, Ada Refresh Rate 90Hz

Samsung Galaxy A15 5G tidak lagi menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) LCD seperti pada generasi sebelumnya, melainkan sudah menggunakan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) kapasitif display berukuran 6,5 inci yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 800 nits (HBM).

Layar tersebut pun sudah mengusung refresh rate 90Hz guna mengurangi screen tearing dan stuttering, sehingga animasi saat scrolling maupun bermain game bisa lebih smooth. Tidak hanya itu, layar tersebut juga dibekali fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar tidak membuat mata pengguna pengguna menjadi cepat lelah. Kemudian, ia juga memiliki sertifikasi Widevine L1.

Dengan demikian, pengguna dapat menonton film dari berbagai platform bioskop online dengan resolusi gambar tertinggi. Akan tetapi, video HDR belum bisa diputar pada ponsel entry-level ini.

Refresh rate 90Hz pada smartphone ini sebenarnya bukan yang paling tinggi di harga Rp 3 jutaan. Sejumlah vendor pesaing bahkan sudah berikan refresh rate 120Hz pada jajaran ponsel di kelas harga yang sama.

3. Kinerja Kompeten dari Dimensity 6100+

Kini Samsung Galaxy A15 5G sudah tak lagi menggunakan Samsung Exynos 1330 seperti pada Samsung Galaxy A14 5G. Umur SoC (System on Chip) ini bisa dikatakan cukup baru saat ponsel dirilis, baru diluncurkan Juli 2023. SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ berfabrikasi 6 nanometer ini mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 MC2.

Hanya ada satu opsi penyimpanan pada unit yang resmi diluncurkan di Indonesia, yakni RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Jenis RAM yang digunakan ialah LPDDR4X, sedangkan penyimpanan internalnya berada pada standar UFS 2.2.

Merujuk pada data Nano Review, smartphone Samsung Galaxy A15 5G ini mampu meraih skor 406.425 poin. Sementara untuk Geekbench 6, sang ponsel mendapatkan skor 665 poin untuk single-core dan 1724 poin untuk multi-core.

4. Triple Camera 50 MP, Ada EIS

Sisi fotografi, ponsel Samsung Galaxy A15 5G mengusung tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel lengkap dengan fitur phase-detection autofocus dan LED flash untuk menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Kemudian, kamera kedua dari smartphone ini mengusung resolusi 5 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 123 derajat. Terakhir, terdapat kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, Samsung Galaxy A15 5G dibekali dengan kamera selfie memadai berkekuatan 13 MP dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed-focus. Perihal perekaman video, baik kamera depan dan belakang sama-sama mendukung perekaman di resolusi 1080p@30fps. Itu juga sudah didukung fitur EIS (Electronic Image Stabilization) untuk meredam guncangan saat merekam saat berjalan.

5. Baterai 5000 mAh dan Fast Charging 25W

Samsung Galaxy A15 5G ditopang baterai 5000 mAh, kapasitas yang standar untuk zaman sekarang. Meski demikian, kapasitas tidak selalu berbanding lurus dengan daya tahan. Pasalnya, selain kapasitas, efisiensi dapur pacu dan sistem manajemen daya ponsel turut menentukan.

Dari informasi yang penulis terima, baterai berkapasitas 5000 mAh ini bisa dikatakan cukup awet. Ia pun bisa digunakan hingga sehari penuh dalam sekali cas pada penggunaan browsing, scrolling medsos, streaming video, serta melakukan aktivitas komunikasi normal.

Sektor pengisian daya, Samsung Galaxy A15 5G kini dibekali dengan fitur pengisian cepat 25W. Ini sebuah peningkatan yang patut diacungi jempol dibandingkan fast charging 15W pada generasi dahulu, yakni Samsung Galaxy A14 5G.

6. Jaminan Pembaruan Software 5 Tahun

Sektor perangkat lunak, Samsung Galaxy A15 5G sudah terpasang sistem operasi Android 14 terbaru dengan antarmuka One UI 6. Bahkan, Samsung Electonics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa si ponsel akan memperoleh dukungan hingga 5 tahun, mungkin hal tersebut sangat jarang ditemukan pada produsen android lainnya.

Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak dua kali (hingga Android 18) dan pembaruan keamanan hingga tahun ketiga ketika ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software sampai dengan 5 tahun ini memang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Inilah yang membuat ponsel dari Samsung cocok digunakan untuk jangka panjang.

7. Adanya Fitur NFC yang Banyak Dicari

Kelebihan Samsung Galaxy A15 5G selanjutnya adalah sudah didukung oleh fitur NFC (Near Field Communication) yang juga didukung oleh fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa fitur ini memiliki banyak fungsi seperti transfer file, melakukan transaksi tanpa kartu, mengecek saldo e-money, dan lain sebagainya.

Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

1. Tidak Memiliki Sertifikasi Tahan Debu dan Air

Perihal build quality, smartphone Samsung Galaxy A15 5G menggunakan bahan material plastik polikarbonat pada bagian bodi belakang dan frame-nya. Bahan ini bisa dikatakan cukup kuat untuk mencegah kerusakan akibat terbentur.

Meski demikian, ketahanannya tidak sebaik smartphone lain yang sudah dilapisi dengan material kaca pelindung Gorilla Glass. Tak hanya itu, Samsung Galaxy A15 5G pun juga tidak memiliki sertifikasi tahan debu dan air sama sekali seperti sejumlah pesaing di harga yang sama, sebut saja POCO X5 5G dengan IP53 atau Infinix Zero 30 dengan IP54.

2. Masih Mono Speaker

Pada sektor audio pada Samsung Galaxy A15 5G hanya satu saja yaitu Mono yang disebut-sebut memiliki suara yang cukup lantang. Hanya saja, speaker Mono sendiri masih tidak bisa menghadirkan dinamika seperti speaker Stereo. Jika Anda ingin menghasilkan audio dengan dinamika seperti Stereo, maka Anda bisa menggunakan earphone atau headset.

3. Fitur OIS Absen

Samsung Galaxy A15 5G memiliki kualitas fotografi yang cukup baik di kelasnya. Namun, kamera utama dari sang ponsel tidak dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization). Sebab, fitur ini sangat berguna ketika kamera belakang digunakan untuk memotret agar terhindar dari blur, terutama pada kondisi yang mengharuskan shutter berjalan lebih lama.

Adapun kekurangan kamera lainnya, itu adalah masih belum mendukung perekaman video di resolusi 4K@60fps, lantaran hanya mentok di 1080p dengan kecepatan 30 fps.

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G
  • Warna : Yellow, Blue Black, dan Black.
  • Dimensi : 160.1 x 76.8 x 8.4 mm.
  • Berat : 200 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2340 piksel, 6.5 inci.
  • Chipset : Mediatek Dimensity 6100+ (6 nm).
  • GPU : Mali-G57 MC2.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 256 GB.
  • OS : Android 14 (up to Android 18), One UI 6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A15 5G

Harga Samsung Galaxy A15 5G

Samsung Galaxy A15 5G adalah salah satu smartphone besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang telah mendukung 5G serta ditopang oleh SoC (System on Chip) powerful dari MediaTek Dimensity 6100+ dan dipersenjatai layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ disertai refresh rate 90Hz yang mampu menghadirkan pengalaman visual yang imersif. Harga smartphone Samsung Galaxy A15 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.599.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB.