0bWxA4NNJWjfr34QONZPz8NklWqx9xw8pbdyf2VJ
Bookmark

8 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G - Spesifikasi & Harga

Tak lama setelah merilis smartphone Samsung Galaxy A34 5G yang dibekali baterai berkapasitas besar, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali meluncurkan seri Samsung Galaxy A25 5G yang membidik segmen menengah atau mid-range. Samsung Galaxy A25 5G ini tampil dengan desain minimalis yang dipadukan dengan susunan tiga buah kamera yang tersusun secara vertikal tanpa adanya housing kamera dan tersedia dalam tiga opsi warna, yakni Yellow, Blue Black, dan Blue. Tampilan layar dari ponsel ini juga bisa dikatakan cukup baik karena dipersenjatai panel layar Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dengan refresh rate 120Hz yang imersif.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

Kinerja dari smartphone kelas menengah Samsung Galaxy A25 5G pun kian kompeten dengan sokongan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1280 octa-core dipadukan dengan memori RAM 8 GB. Perihal fotografi, smartphone ini cukup menarik berkat dukungan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 MP lengkap dengan fitur NFC (Near Field Communication). Uniknya, ponsel ini sudah mendukung stereo speaker.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A25 5G beserta spesifikasi dan harganya. Anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

Kelebihan Samsung Galaxy A25 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A25 5G

1. Desain Bodi Minimalis

Desain Samsung Galaxy A25 5G bisa dikatakan cukup mirip dengan dua saudara kandungnya, Samsung Galaxy A15 LTE dan Samsung Galaxy A15 5G. Ketiganya mengusung desain minimalis yang menggunakan gaya contour cut pada penutup belakang glossy. Di area tersebut setidaknya terdapat tiga buah lensa kamera besar yang ditata secara vertikal tanpa adanya sebuah modul atau yang disebut dengan Contour Cut Design. Kemudian pada bagian casing belakangnya memiliki bentuk flat alias datar.

Bahkan, desain ini pun turut dimiliki oleh Samsung Galaxy S23. Fakta ini membuat smartphone Samsung Galaxy A25 5G terlihat bak ponsel flagship jika dilihat secara sekilas dari belakang. Desainnya pun masih mengusung sisi-sisi yang rata untuk kenyamanan genggam. Di sisi kanan, terdapat tombol volume dan power yang cukup menonjol dan nyaman untuk diraih.

Pada bagian depan, terdapat desain bergaya Infinity-U Display atau tetesan air layaknya pada ponsel entry-level lainnya. Namun, desain Infinity-U Display menurut penulis kurang cocok jika digunakan pada smartphone Rp 3 - 4 jutaan. Pasalnya, banyak vendor yang telah menggunakan desain punch hole di rentang harga Rp 2 jutaan.

2. Layar Super AMOLED 120Hz

Smartphone kelas menengah Samsung Galaxy A25 5G ini mengandalkan layar sentuh 2.5D berponi minimalis atau Infinity-U Display berukuran 6,5 inci dengan panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang mengusung resolusi Full HD+ atau 1080 x 2340 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 396 ppi (pixel per inch) dengan kecerahan 1000 nits (peak).

Layar tersebut pun sudah mengusung refresh rate 120Hz guna mengurangi screen tearing dan stuttering, sehingga animasi saat scrolling maupun bermain game bisa lebih smooth. Tidak hanya itu, layar tersebut juga dibekali fitur Eye Comfort Shield guna mengurangi pancaran cahaya biru pada layar agar tidak membuat mata pengguna pengguna menjadi cepat lelah. Kemudian, ia juga memiliki sertifikasi Widevine L1.

Dengan demikian, pengguna dapat menonton film dari berbagai platform bioskop online dengan resolusi gambar tertinggi. Akan tetapi, video HDR belum bisa diputar pada ponsel entry-level ini.

3. Performa Exynos 1280 yang Kompeten

Performa yang ditawarkan oleh smartphone Samsung Galaxy A25 5G juga terbilang kompeten karena didukung SoC (System on Chip) Samsung Exynos 1280 5G berfabrikasi 5 nanometer yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A78 berkecepatan 2,4 GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz dipadukan dengan memori RAM 8 GB, serta diperkuat oleh pengolah grafis memadai dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G68 MC4.

Exynos 1280 5G tersebut dipadukan dengan memori RAM 8 yang diperkuat fitur RAM Plus hingga 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB dan 256 GB. Tak hanya itu, ia juga dilengkapi oleh slot microSD untuk melakukan ekspansi memori eksternal hingga berkapasitas 1 TB dedicated slot.

Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun melalui kanal YouTube Legawa Gadget, smartphone Samsung Galaxy A25 5G ini mampu meraih skor AnTuTu 10 mencapai 484.788 poin. Sementara untuk Geekbench 6, sang ponsel mendapat skor 971 untuk single-core dan 2086 untuk multi-core.

4. Triple Camera 50 MP, Ada Fitur OIS

Sisi fotografi, Samsung Galaxy A25 5G hadir dengan konfigurasi Triple Camera yang terdiri dari kamera utama berkekuatan 50 MP pada bukaan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 berukuran 1/2.76 inci 0.64um piksel disertai fitur phase-detection autofocus dan dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) serta LED flash.

Untuk kamera kedua sang ponsel berkekuatan 8 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/4 inci dipadukan lensa ultra-wide pada bukaan aperture f/2.2 dengan FoV (Field of View) 120 derajat. Sedangkan untuk kamera ketiga berkekuatan 2 MP pada bukaan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai dedicated macro.

Menilik pada bagian depan, terdapat sebuah kamera selfie berkekuatan 13 MP yang menggunakan sensor BSI CMOS berukuran 1/3.1 inci 1.12um piksel pada bukaan aperture f/2.2 fixed-focus. Perihal perekaman video, kamera belakang mampu merekam hingga resolusi 4K UHD dan kamera selfie hanya mampu merekam pada resolusi 1080p atau Full HD.

5. Baterai Besar 5000 mAh yang Awet

Samsung Galaxy A25 5G membawa baterai 5000 mAh, kapasitas yang standar untuk zaman sekarang. Meski demikian, kapasitas tidak selalu berbanding lurus dengan daya tahan. Pasalnya, selain kapasitas, efisiensi dapur pacu dan sistem manajemen daya ponsel turut menentukan.

Dari informasi yang penulis terima, baterai berkapasitas 5000 mAh ini bisa dikatakan cukup awet. Ia pun bisa digunakan hingga sehari penuh dalam sekali cas pada penggunaan browsing, scrolling medsos, streaming video, serta melakukan aktivitas komunikasi normal. 

Sektor pengisian daya, Samsung Galaxy A25 5G kini dibekali dengan fitur pengisian cepat 25W yang mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh dalam kurun waktu 1 jam 25 menit.

6. Dukungan Stereo Speaker

Samsung Galaxy A25 5G kini sudah menggunakan dua buah speaker. Satu diletakkan di frame bawah dan satunya lagi menyatu dengan earpice. Alhasil konfigurasinya stereo. Hal ini merupakan sebuah peningkatan karena pendahulunya, Samsung Galaxy A24, masih menggunakan satu buah speaker saja alias mono.

Adapun speaker stereo dari smartphone Samsung Galaxy A25 5G ini sudah didukung fitur Dolby Atmos untuk menambah mantap kelantangan suara. Anda pun dapat memilih efek suara yang ditimbulkan, atau mengatur preset audio sesuai preferensi.

7. Adanya Audio Jack dan Fitur NFC

Berbeda halnya dengan smartphone kelas menengah lainnya yang menghilangkan audio jack 3,5 mm. Samsung justru mempertahankan audio jack 3,5 mm di seri Samsung Galaxy A25 5G yang terpasang di frame bawah sebelah lubang pengecasan. Audio jack ini sebenarnya memang masih sangat diperlukan karena banyak dari mereka yang menggunakan earphone berkabel.

Tak hanya itu, Samsung juga memberikan fitur lain pada ponsel ini. Itu adalah fitur NFC (Near Field Communication) yang didukung oleh fitur Google Play dan transaksi elektronik lainnya. Itu juga memiliki banyak fungsi seperti melakukan transaksi tanpa kartu, cek saldo e-money, transfer file, dan sebagainya.

8. Jaminan Pembaruan Software

Sektor perangkat lunak, Samsung Galaxy A25 5G sudah terpasang sistem operasi Android 14 terbaru dengan antarmuka One UI 6. Bahkan, Samsung Electonics Indonesia (SEIN) memastikan bahwa si ponsel akan memperoleh dukungan hingga 5 tahun, mungkin hal tersebut sangat jarang ditemukan pada produsen android lainnya.

Rinciannya adalah update sistem operasi sebanyak dua kali (hingga Android 18) dan pembaruan keamanan hingga tahun ketiga ketika ponsel ini dirilis. Dukungan pembaruan software sampai dengan 5 tahun ini memang sangat jarang ditemukan di kelasnya. Inilah yang membuat ponsel dari Samsung cocok digunakan untuk jangka panjang.

Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A25 5G

1. Tidak Mendapatkan Charger

Ponsel kelas menengah ini tidak jauh berbeda dengan beberapa ponsel Samsung lainnya ketika berbicara mengenai kotak penjualannya. Sebab, di dalam kotak penjualan si ponsel Anda tidak akan mendapatkan charger 25W dan harus membelinya secara terpisah.

Samsung tidak menghadirkan charger dikarenakan mereka sangat peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya itu, tidak menghadirkan charger juga dilakukan untuk menjual ponsel ini dengan harga serendah mungkin.

2. Perekaman Video Kamera Depan Terbatas

Meski smartphone Samsung Galaxy A25 dibekali kamera utama berkekuatan 50 MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1. Kemudian terdapat kamera ultrawide 5 MP, dan kamera makro 2 MP yang sudah cukup baik untuk kebutuhan fotografi. Namun, penulis mendapatkan kekurangan pada Samsung Galaxy A25 ini yaitu terletak pada videografinya.

Pasalnya, kamera depan dari smartphone Samsung Galaxy A25 5G ini tak mampu hasilkan video dengan frame rate 60 FPS. Kempuan tersebut mestinya ada mengingat Exynos 1280 bisa memproses video 60 FPS dengan kamera mana pun. Hanya, kemampuan itu tidak diberikan di kamera depan milik Samsung Galaxy A25 5G. Resolusi yang bisa dihasilkan pada kamera depan ponsel ini adalah 1080p@30fps saja.

Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G
  • Warna : Yellow, Blue Black, dan Black.
  • Dimensi : 161 x 76.5 x 8.3 mm.
  • Berat : 197 gram.
  • Layar : Super AMOLED, 1080 x 2340 piksel, 6.5 inci.
  • Chipset : Exynos 1280 (5 nm).
  • GPU : Mali-G68.
  • RAM : 8 GB.
  • ROM : 128 GB / 256 GB.
  • OS : Android 14 (up to Android 18), One UI 6.
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, fast charging 25W.
  • Kamera Belakang : 50 MP + 5 MP + 2 MP.
  • Kamera Depan : 13 MP.

Harga Samsung Galaxy A25 5G

Harga Samsung Galaxy A25 5G

Samsung Galaxy A25 5G merupakan sebuah smartphone mid-range terbaru besutan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) yang menawarkan kemampuan kamera utama berkekuatan 50 MP serta dilengkapi oleh fitur OIS (Optical Image Stabilization). Bahkan, ponsel ini juga sudah didukung dua buah speaker alias stereo speaker sehingga kualitas suaranya terdengar mantap. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki performa kompeten berkat sokongan SoC (System on Chip) Exynos 1280 5G. Harga smartphone Samsung Galaxy A25 5G terbaru di Indonesia berdasarkan dari informasi yang penulis himpun adalah Rp3.999.000 rupiah untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB dibanderol dengan harga Rp4.399.000 rupiah.